Yuk Cari Tahu Lebih Dalam Tentang Arti Anomali

3 min read

Anomali, mungkin kata ini masih terasa kurang familiar bagi anda. Namun sedikit banyak saya yakin anda pernah mendengarnya. Entah itu dari koran, buku sekolah, ataupun dari film fiksi sains yang anda tonton. Bagi anda yang belum tahu arti anomali, ini adalah beberapa pemaparannya :

Arti anomali secara umum

Secara bahasa sehari-hari,konsep anomali itu digunakan untuk menyatakan suatu keganjilan dan keanehan. Parameter ganjil dan aneh di sini adanya penyimpangan dari hal yang lumrah atau normal yang berbeda dari kondisi masyarakat.

Singkatnya anomali adalah penyimpangan  terhadap sesuatu yang biasa atau normal. Sesuatu yang menjadi standar umum yang telah disepakati oleh mayoritas masyarakat dalam suatu lingkungan tertentu

Dari arti anomali secara umum ini bisa disimpulkan dalam makna anomali itu meliputi dua dimensi, yaitu :

Dimensi fisik

Berdasarkan dimensi ini, anomali digambarkan mengenai keanehan atau penyimpangan dari kondisi tubuh manusia pada umumnya. Kondisi tubuh ini bisa secara keseluruhan atau 1 bagian tertentu.

Dimensi perilaku

Berangkat dari dimensi perilaku, fenomena anomali bisa diulik secara lebih dalam pada dari 2 sisi yaitu :

  • Ekonomi

Dari aspek ekonomi, anomali menunjuk pada fenomena fluktuasi harga. Ada harga dari suatu produk yang entah itu melambung atau turun dari harga normal yang ditetapkan pasaran. Fenomena ini bisa terjadi karena berbagai faktor misalnya: harga bahan makanan yang melonjak karena didorong untuk persiapan wabah covid-19. Harga bahan pertanian yang rendah akibat permainan calo.

  • Sosiologi/norma

Konsep anomali terhadap segi norma/kehidupan sosial masyarakat didefinisikan oleh beberapa ahli yaitu:

  • Menurut   Paul Rock, arti anomali dari segi norma merujuk pada suatu pelarangan, pembatasan,   penyensoran atas suatu perilaku yang buruk. Yang melakukannya akan diancam dengan sebuah hukuman. Menurut beliau anomali lebih ke arah pelanggaran peraturan
  • Seorang psikolog bernama C.P. Chaplin pada tahun 1989 menyebutkan dalam sebuah bukunya menjelaskan tentang anomali dari sisi psikologi. Beliau menjelaskan bahwa anomali merupakan suatu perilaku yang menyimpang, aneh, ganjil. Penilaian ini diberikan berdasarkan perbandingan dengan perilaku wajar yang biasa manusia lakukan sebagai makhluk individu ataupun sosial
  • Menurut Matsaze dalam bukunya yang berjudul Deviant tahun 1969 mengaitkan anomali sebagai terjadinya pergeseran standar moral. Pergeseran ini menyebabkan mana yang benar dan salah dalam moral menjadi rancu yang menjurus kepada standar ganda.
  Asas dan Prinsip Manajemen Kelas serta Faktor yang Mempengaruhi

Pengertian, Fungsi dan Ciri-Ciri Teks Deskripsi Lengkap 

Dalam buku tersebut beliau juga menyebutkan keyakinannya bahwa anomali bisa terjadi karena kehidupan sosial yang dinamis sehingga terjadi standar moral yang mengaturnya juga tidak konsisten.

  • Garfinkel dan Goman memberikan pandangan baru mengenai fenomena anomali ini. Kalau sosiolog sebelumnya seakan menyalahkan pada suatu individu yang melanggar aturan. Namun mereka berdua justru melihat anomali sebagai salah 1 upaya dari tiap individu untuk mengatasi konflik yang terjadi. Adakalanya cara mereka mengatasi persoalan berbenturan dengan standar umum yang berlaku dalam masyarakat
  • Menurut Scott, anomali atau penyimpangan hanya merupakan sebuah perspektif atau penilaian dari satu pihak pada pihak lain. Penilaian itu yang akhirnya mempersoalkan keanehan pada perilaku individu tertentu dan bisa saja menganggapnya gangguan bahwa ciri penyimpangan terletak pada penilaian pihak lain yang menganggapnya aneh, dan penyimpangan dipersoalkan karena dipandang sebagai gangguan.
  • Menurut Albert K. Cohen, anomali adalah perilaku yang menyimpang dari  aturan-aturan  normatif, toleransi   atau   harapan-harapan  dari  sistem sosial dalam masyarakat.
  • Menurut Soerjono Soekanto, anomali menyatakan kecenderungan untuk menyimpang atau tidak   patuh   pada suatu norma tertentu
  • Dari penjabaran W.J.S Poerwadarminta  menyebutkan anomali norma adalah sebuah perilaku yang  menyimpang, melenceng, menyalahi kebiasaan, hukum dan aturan. Pada  tingkat yang paling  fatal penyimpangan ini   dapat  membawa pada apa yang dinamakan situasi anomi, yaitu suatu situasi ketiadaan nilai-nilai umum dalam sebuah masyarakat. Tentu situasi tersebut akan membawa kekacauan yang akan merembet ke aspek-aspek lainnya.

Dari pemaparan-pemaparan tentang arti anomali dalam kehidupan bermasyarakat tersebut, jelaslah ada sebuah kelemahan. Kelemahan itu adalah pada subjektivitas karena penilaian anehnya perilaku suatu individu ditentukan oleh mayoritas. Apa yang dianggap benar oleh mayoritas masyarakat, harus diikuti oleh individu lainnya. Dengan demikian apabila suatu individu ingin melakukan perubahan yang besar akan mengalami banyak halangan. Apalagi bila perubahan itu bertentangan dengan pada norma dan nilai sosial yang dianut oleh mayoritas masyarakat tertentu. Contohnya :

  1. Pada awal penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell yang masih dipandang aneh oleh orang-orang umum saat itu. Mereka masih tidak percaya bahwa komunikasi bisa dilakukan  secara tatap muka. Masyarakat saat itu masih menganut rasa takhayul yang tinggi. Sempat ada berita yang beredar bahwa telepon bisa menjadi media penularan penyakit. Berita ini sempat viral dan dipercaya oleh sebagian besar masyarakat . Membuat Alexander dijauhi oleh orang-orang di sekitarnya.
  2. Florence Nightingale yang merupakan seorang wanita dari kalangan bangsawan yang mengabdikan diri menjadi perawat. Padahal norma yang berlaku saat itu, putri bangsawan dibatasi untuk berkontak dengan masyarakat sipil. Hanya boleh bergaul dengan sesama bangsawan. Tekad Florence ini membuatnya harus bersitegang dengan keluarganya. Ia dianggap menyimpang karena menjatuhkan harga diri bangsawan
  PERBEDAAN PENDIDIKAN INKLUSI, SEGREGASI DAN REGULER

Selain masalah itu, apa yang dipercaya oleh mayoritas dalam menentukan apa yang menyimpang dan tidak juga tidak selalu benar. Kembali lagi ke definisi bahwa sebagian besar penyimpangan dinilai oleh mayoritas. Padahal itu belum tentu benar. Contohnya :

  1. Budaya korupsi dalam berbagai ruang lingkup di indonesia khususnya di pemerintahan. Membuat mereka yang ada di dalamnya yang ingin bersih dicap aneh oleh pejabat yang korup. Tidak hanya dicap aneh tapi juga dimusuhi dan disingkirkan apabila ia berani speak-up untuk membongkar suatu kasus korupsi yang terjadi.
  2. Dalam sebuah kelas yang pada umumnya terdiri atas murid-murid yang malas mengerjakan PR. Pada saat hari pengumpulan, sang guru lupa untuk menagihnya. Tentu bagi mereka yang tidak mengerjakan PR adalah sebuah keuntungan. Namun jelas berbeda bagi salah 1 murid yang sudah bersusah payah mengerjakan PR tersebut. Akan tetapi apabila sang murid mengutarakan secara jujur kepada guru kalau hari itu  mengumpulkan PR, ia pasti dimusuhi oleh teman-temannya.

Arti anomali secara teknis, khususnya bidang akademis

  • Anomali air

Suatu benda secara umum baik itu padat, cair, maupun gas pasti akan memuai/bertambah ukuran bila dipanaskan. Sebaliknya akan menyusut apabila didinginkan. Namun hal itu tidak berlaku pada air khususnya di suhu 0oC. Air justru akan menyusut ketika suhunya naik dari 0 ke 4 akan memuai. Sementara apabila dari suhu 4oC tersebut diturunkan lagi maka air akan kembali memuai.  Hal inilah yang menjelaskan mengapa di wilayah yang beriklim salju, ada danau yang membeku tapi permukaannya saja. Sementara di bagian bawahnya tetap cair sehingga ikan dan tumbuhan dapat tetap hidup.

  • Anomali cuaca

Lewat satelit yang canggih, manusia bisa meneliti perilaku cuaca dan iklim yang dipengaruhi oleh arah angin, suhu udara, tekanan udara, dll. Hingga bisa memprediksikan dalam bulan apa saja musim hujan, panas akan terjadi. Namun di masa-masa sekarang justru sering terjadi cuaca yang tidak menentu meleset dari analisis para ahli.  Inilah yang disebut anomali cuaca.

  PEMIKIRAN-PEMIKIRAN BARU MANAJEMEN KELAS, MANAJEMEN KELAS BERBASIS IT, DAN PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT
Avatar