Whatsapp Web Memiliki 6 Kelebihan Dan 3 Kekurangan

Whatsapp web — Aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh banyak orang. Whatsapp web atau kerap kali disingkat menjadi WA web merupakan versi website dari aplikasi whatsapp. Dahulu, whatsapp hanya bisa digunakan pada handphone saja seperti misalnya pada android atau iOS. Namun, kini whatsapp bisa digunakan pada komputer atau laptop dengan adanya situs ini.

Mengenal Apa Itu Whatsapp Web

Whatsapp web merupakan produk keluaran dari whatsapp yang memungkinkan Anda untuk mengakses akun whatsapp via komputer. Dengan adanya aplikasi whatsapp akan memudahkan para pengguna yang diharuskan untuk mengakses akun via komputer.

Pada awalnya, whatsapp hanya bisa diakses menggunakan handphone saja. Namun kini, Anda bisa mengaksesnya dengan menggunakan komputer. Anda hanya perlu mengunjungi situs dari whatsapp web saja dan kemudian melakukan scan QR Code dari handphone Anda. Kemudian, Anda akan bisa mengakses akun whatsapp yang sama melalui komputer.

Kelebihan Whatsapp Web

Ada berbagai kelebihan dari situs whatsapp ini. Sehingga, tak heran jika semakin banyak yang menggunakannya. Kelebihan-kelebihan ini bisa memberikan keuntungan tersendiri kepada para penggunanya.

Berikut ini adalah kelebihan dari whatsapp yang diakses melalui website :

  1. Tidak Perlu Install Aplikasi

Dengan menggunakan situ whatsapp yang diakses melaui website, Anda tidak perlu melakukan instalasi aplikasi pada komputer Anda. Whatsapp sengaja membuat situs whatsapp ini agar bisa diakses melalui situs yang diakses via browser. Ini akan memudahkan para pengguna dalam menggunakannya.

Pengguna hanya perlu melakukan scan kode melalui handphone saja ketika sedang mengakses whatsapp web. Maka, nantinya pengguna akan langsung bisa menggunakan whatsapp seperti biasa.

  1. Berfungsi Normal Seperti Aslinya

Sama seperti whatsapp, whatsapp web bisa berfungsi dengan normal seperti aslinya. Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur dari whatsapp web seperti pada whatsapp. Tampilannya pun tidak jauh berbeda dengan aslinya. Sehingga, akan memudahkan para pengguna dalam menggunakannya.

  1. Praktis
Download Lagu Barat Terbaru 2021

Karena tidak perlu melakukan instalasi, maka penggunaan dari situs whatsapp ini dianggap lebih praktis. Anda hanya perlu menghubungkan whatsapp di handphone pada situs whatsapp web saja. Karena kepraktisannya, bahkan orang awam pun menjadi bisa untuk menggunakan whatsapp dengan mudah.

  1. Dapat Dikontrol Dari Jauh

Anda bisa mengontrol whatsapp dari jauh dengan menggunakan whatsapp web. Sehingga, Anda tidak perlu terus menerus terpaku pada handphone. Dengan kontrol jarak jauh ini bisa menjadikan penggunaannya menjadi semakin mudah.

  1. Bisa Mengirim File Dengan Mudah

Situs Whatsapp ini memungkinkan para penggunanya dalam mengirim berbagai file. Dengan kemudahan ini, membuat para pengguna nyaman menggunakannya. Anda bisa mengirim berbagai file melalui whatsapp yang diakses dari website. Seperti misalnya gambar, suara, video. file, dokumen, dan lain-lain.

  1. Kirim Pesan Minim Typo

Ketika menggunakan situs whatsapp ini maka Anda akan lebih terhindar dari mengirim pesan typo. Typo merupakan kesalahan pengetikan yang disebabkan oleh berbagai hal. Biasanya, menggunakan whatsapp pada handphone kerap kali typo karena keyboard yang terlalu kecil dan ribet dalam penggunaannya.

Namun, dengan menggunakan situs whatsapp akan lebih terhindar dari typo. Hal ini disebabkan karena Anda mengetiknya dengan menggunakan keyboard komputer yang besar dan lebih jelas. Sehingga, typo bisa dihindari dengan baik.

Kekurangan Whatsapp Web

Selain mempunyai kelebihan, ada juga kekurangan whatsapp web. Sebagai pengguna, Anda harus mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya agar bisa menyikapi penggunaan dengan benar.

Berikut ini adalah kekurangan dari whatsapp web :

  1. Handphone Harus Terhubung ke Internet

Kekurangan dari situ whatsapp ini yang pertama adalah handphone yang harus terhubung ke internet. Hal ini disebabkan karena Anda tidak perlu menginstal aplikasi. Sehingga, whatsapp harus diakses melalui website yang terhubung dengan handphone.

FR Legend Mod

Jika handphone tidak terhubung ke internet, maka whatsapp yang diakses melalui website tidak akan bisa digunakan. Hal ini juga berlaku jika Anda sudah login kedalam whatsapp web. Jika suatu waktu handphone terputus dari internet, maka whatsapp pada website juga akan terputus koneksinya dari handphone Anda. Sehingga, sangat penting sekali untuk menghubungkan handphone ke internet jika menggunakan whatsapp melalui website.

  1. Hanya Bisa Digunakan Pada Satu Device

Kekurangan lainnya dari situs whatsapp ini adalah hanya bisa digunakan pada satu device. Seperti misalnya jika Anda menggunakannya pada komputer, maka hanya bisa dikoneksikan pada komputer yang digunakan saja. Komputer lain tidak akan bisa mengakses whatsapp web Anda.

Hal ini disebabkan karena untuk menghubungkan handphone pada whatsapp yang diakses melaui website diperlukan QR Code. QR Code ini hanya bisa diakses oleh satu device saja. Walaupun begitu, penggunaan yang hanya pada satu device ini juga dianggap lebih aman sehingga whatsapp menjadi terkesan lebih private.

  1. Ada Fitur yang Belum Bisa Digunakan

Walaupun whatsapp web mempunyai beberapa fitur yang sama seperti whatsapp seperti misalnya bisa mengirim file dan lain sebagainya, namun ada juga kekurangannya. Kekurangan lain dari whatsapp web adalah ada fitur yang belum bisa digunakan.

Fitur yang belum bisa digunakan tersebut adalah update whatsapp story, share location, panggilan suara dan panggilan video. Keempat fitur tersebut memang bisa diakses dengan mudah pada whatsapp yang ada di handphone namun sayangnya tidak bisa diakses melalui whatsapp web.

Dengan mengetahui kekurangannya, Anda jadi bisa menimbang apakah whatsapp melalui website nyaman untuk digunakan atau tidak. Walaupun masih mempunyai kekurangan, namun kelebihannya lebih banyak dibandingkan kekurangannya. Sehingga, tidak ada salahnya untuk menggunakan situs whatsapp untuk memudahkan komunikasi dengan menggunakan komputer.

Aplikasi Belajar Online Gratis di Android

Cara Menggunakan Whatsapp Web

Menggunakan situs whatsapp ini sangat mudah sekali untuk dilakukan. Bahkan, orang awam saja bisa menggunakan situs whatsapp ini dengan mudah. Jika Anda merupakan seorang pemula, maka tidak ada salahnya untuk mengetahui cara menggunakan whatsapp melalui web.

Berikut ini adalah cara menggunakan whatsapp melalui website :

  1. Pastikan Terkoneksi Dengan Internet

Untuk menggunakan whatsapp melalui website, Anda harus memastikan bahwa handphone dan komputer terkoneksi dengan internet. Jika salah satu device tidak terkoneksi dengan internet, maka whatsapp anda tidak bisa digunakan. Maka, pastikan handphone dan komputer terhubung dengan internet.

  1. Buka Browser

Whatsapp melalui website dapat diakses melalui browser, bukan melalui aplikasi yang di install pada komputer. Buka lah browser yang biasa Anda gunakan. Situs Whatsapp ini bisa diakses melalui browser apa saja.

  1. Akses Situs Whatsapp Web

Langkah selanjutnya adalah akses situs whatsapp web. Situs whatsapp ini akan sangat membantu Anda untuk bisa login whatsapp melalui komputer.

  1. Tunggu Hingga Muncul QR Code

Akan ada loading sebentar pada whatsapp web. Kemudian, tunggu hingga QR Code muncul agar bisa di scan melalui handphone.

  1. Scan QR Code Dari Handphone

Kemudian, buka whatsapp pada handphone dan pilih opsi titik tiga yang ada pada pojok kanan atas. Kemudian, pilih whatsapp web. Lalu, akan muncul bagian untuk melakukan scan. Scan QR Code yang sudah terbuka pada whatappnya di komputer.

  1. Whatsapp Web Siap Digunakan

Whatsapp siap untuk digunakan jika sudah terkoneksi melalui QR Code.