Trik Cerdas Mempercepat Kinerja Laptop Untuk Windows 7

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 7 Untuk Gaming – saat ini perangkat seperti komputer maupun laptop tentunya menjadi sebuah kebutuhan yang terbilang penting sekali. Selain untuk mengerjakan tugas, bekerja maupun berbisnis, akan lebih mudah jika di dukung dengan adanya komputer.

Setiap laptop atau komputer tentunya memiliki jenis sistemnya masing – masing. nah untuk kali ini kita akan bahas untuk sistem Windows 7. Walaupun usia dari sistem tersebut sudah cukup lama, namun peminatnya masih banyak sekali baik itu untuk pengguna PC maupun Laptop.

Hal tersebut dikarenakan bahwa performa kompatibilitas dari Win7 tersebut masih jauh lebih baik dibandingkan versi terbarunya, selain itu juga sangat ringan sekali untuk mengakses fitur – fitur di dalamnya sehingga tidak akan memberatkan perangkat kamu. Maka tidak heran bahwa hingga saat ini banyak orang yang masih menggunakan Win7.

Selain itu untuk para gamers laptop pun Windows 7 memang kerap kali digunakan karena ringan. Akan tetapi walaupun demikian terkadang kita mengalami kinerja yang menjadi semakin melambat atau lemot sehingga membuat kita tidak nyaman dalam bermain game terutama yang berat.

Ketahuilah bahwa terdapat cara mempercepat kinerja laptop windows 7 untuk gaming terutama dengan berbagai pengaturan. Disisi lain untuk mempercepat kinerjanya itu meliputi berbagai aspek, diantaranya tampilan visual, proses booting dan lain sebagainya. Nah untuk informasi selengkapnya, simak sampai tuntas.

Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 untuk Gaming

  1. Membatasi Startup Prosesing

Trik Cerdas Mempercepat Kinerja Laptop Untuk Windows 7

Hal pertama yang dapat kamu aplikasikan untuk mempercepat kinerja dari Windows 7 kamu adalah dengan membatasi proses software atau aplikasi yang berjalan otomatis ketika perangkatmu dinyalakan. Caranya pun sangat mudah, kamu tinggal mengetik MSCONFIG pada kolom pencarian kemudian enter.

Setelah itu kamu buka tab Startup yang dimana kamu dapat melihat beberapa daftar proses serta aplikasi dan pengaturannya. Pada daftar itu, kamu cari proses yang sekiranya memang tidak terlalu penting untuk berjalan pada saat startip. Contohnya seperti Quicktime dan GoogleUpdate. Kemudian hilangkan ceklis pada proses tersebut untuk mematikannya.

Cara Selamatkan Ponsel yang Terkena Air Dengan Mudah

Akan tetapi perlu kamu ingat juga, jangan sampai menghilangkan ceklis untuk proses yang memang berkaitan dengan hardware serta keamanan dari sistem tersebut, pasalnya jika hal tersebut dilakukan maka akan mengganggu kinerja dari Windows 7.

  1. Menguninstal Bloatware

Trik Cerdas Mempercepat Kinerja Laptop Untuk Windows 7

Jika kamu belum tahu, Bloatware adalah sebuah istilah yang merujik pada aplikasi yang sudah terinstal pada saat kamu membeli laptop maupun Pc. Banyak sekali aplikasi yang bisa dibilang tidak terlalu penting atau tidak dibutuhkan sehingga hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab beratnya kinerja. Karena menghabiskan daya maupun ruang penyimpanan.

Selain itu juga beberapa diantaranya bisa berjalan secara otomatis ketika laptop mulai dinyalakan., sehingga tidak heran dapat memperlambat proses booting. Oleh karena itu alangkah baiknya software tersebut mesti kamu hapus atau uninstal supaya Windows 7 kamu dapat bekerja lebih stabil lagi.

Caranya pun sangat mudah sekali, kamu tinggal membuka start menu lalu pergi ke control panel kemudian uninstal or change program. Kemudian uninstal atau copot pemasangan software yang memang tidak digunakan.

  1. Melakukan Defrag Hardisk

Trik Cerdas Mempercepat Kinerja Laptop Untuk Windows 7

Cara mempercepat kinerja laptop Windows 7 untuk gaming selanjutnya yaitu melakukan defrag hardisk. Pada dasarnya Win7 ini mempunyai jadwal otomatis untuk melakukan hal tersebut, akan tetapi kadang kala, lketika laptop sedang dimatikan, jadwal tersebut tiba, sehingga pad akhiarnya perangkatmu pun melawati jadwal defrag tersebut.

Supaya kita bisa melakukan defrag, maka cobalah buka control panel kemudian masuk ke System and Security, kemudian kamu pilih opsi defragment and optimize your drive yang letaknya terdapat dibawah kategori administrative tools. Kemudian pilihlah drive yang kan kamu jalankan deragment.

Selain melakukan hal tersebut, kamu pun bisa menjadwalkan kapan saja perangkat kamu melakukan defragment secara otomatis.

  1. Menambah Kapasitas Ram Laptop
5 Menit Cara Membuat Paspor Online Tanpa Ngantri 

Trik Cerdas Mempercepat Kinerja Laptop Untuk Windows 7

Jika dibandingkan Windows 8 atau versi keatas lainnya, Windows 7 kinerjanya memang lebih ringan. Akan tetapi apabila kamu mengupgrade dari Windows Xp, maka kamu pasti akan merasakan kinerja yang sedikit lemot. Untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menambahkan Ram latop kamu.

Kapasitas ram untuk windows 7 32 – bit itu idealnya 2GB, namun untuk yang 64 – bit itu 4GB. Apabila kapasitas Ram pada laptopmu masih dibawah itu, maka solusinya adlah dengan menambah ram supaya kinerjanya semakin stabil. Dengan demikian juga kamu bisa memainkan game – game yang berat.

  1. Mengubah Power Setting

Secara umum, system Windows 7 ini akan memberikan beberapa pilihan pengaturan power atau power setting yang nantinya dapat mempengaruhi performa dari laptop kamu secara keseluruhan, apabila kamu menggunakan laptop dan terhubung dengan aliran listik, maka kamu bisa memilih pilihan Hight performance

hal tersebut supaya bisa mendapatkan kinerja yang maksimal. Namun apabila kamu menggunakan latop yang tidak terhubung dengan aliran listrik, maka janganlah memilih opsi tersebut pasalnya bisa mempercepat daya baterai dari laptop kamu.

  1. Membersihkan Hardisk

Selain kamu bisa melakukannya dengan defrag, kamu pun harus rajin – rajin untuk membersihkan hardisk secara rutin atau berkala, caranya pun sangat mudah sekali, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan start menu lalu all program kemudian sistem tools lalu disk cleanup.

Nah fitur tersebut nantinya akan membersihkan berbagai macam data sampah dari hardisk contohnya temporary file. Cache, ofline web page, rescyle bin dan lain sebagainya.

  1. Mematikan Dekstop Gadget

Cara mempercepat kinerja laptop windows 7 untuk gaming selanjutnya adalah dengan mematikan dekstop gadget, nah poin ini berkaitan dengan tampilan visual. Kita pastinya sudah tahu bahwa Windows 7 ini memang tidak lagi menampilkan sidebar seperti pada Windows Vista.

 Inilah Cara Ganti Kata Sandi IG di HP dan PC

Akan tetapi faktanya masih aja terdapat beberapa proses sidebar yang masih berjalan, oleh karena itu, kita pun harus mematikannya supaya perangkatmu tidak mengalami penurunan kinerja atau melambat. Caranya pun sangat mudah, kamu tinggal ketik gadget pada menu pencarian start menu kemudian pilihlah view list of running gadgets. Setelah itu barulah hapus berbagai gadget yang memang tidak terlalu kamu butuhkan.

  1. Lakukan Pengecekan Virus Secara Berkala

Cara terakhir adalah pengecekan virus yang dilakukan secara berkala. Ketahuilah bahwa salah satu penyebab kenapa laptop kamu mulai melambat atau lemot itu adalah adanya virus, baik itu Spyware, malware dan lain sebagainya. Bukan hanya akan membuat laptopmu lambat tapi juga bisa membuat laptop kamu rusak.

Oleh karena itu pastikan bahwa kamu sudah menginstal antivirus terbaik untuk menangani hal tersebut. caranya kamu lakukan pemindaian secara rutin atau berkala supaya bsia menghindari virus yang masuk pada perangkatmu. Saat ini banyak sekali antivirus yang bisa kamu gunakan baik itu yang berbayar maupun yang gratisan.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai cara mempercepat kinerja laptop windows 7 untuk gaming. Semoga dengan adanya tips diatas tadi ketika bermain game akan membuatmu nyaman dan tidak merasakan lagi lag ketika bermain game.