Cara Rekam Suara di Laptop Windows 10 Terbaru

2 min read

Cara Rekam Suara di Laptop – Laptop merupakan salah satu jenis perangkat elektronik canggih yang cukup diminati sekarang ini. Kehadirannya mampu memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna. Tidak hanya itu saja, laptop juga bisa menjadi sarana hiburan untuk menghilangkan rasa bosan. Misalnya saja dengan bermain game atau browsing internet. Tidak seperti PC, laptop memungkinkan untuk dihubungkan ke internet melalui jaringan Wifi layaknya HP android.

Laptop ini sendiri umumnya digunakan untuk memudahkan berbagai pekerjaan. Baik itu pekerjaan di kantor, tugas di sekolah, atau sebagai sarana bisnis online. Lain dari itu, pernahkah Anda berpikir untuk merekam suara menggunakan perangkat laptop? Layaknya HP android, laptop juga dibekali fitur khusus untuk merekam suara. Lantas, bagaimana cara rekam suara di laptop tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Rekam Suara di Laptop Windows 10 Terbaru

Untuk merekam suara di laptop sebenarnya sangat mudah, bahkan Anda yang masih pemula sekali pun bisa melakukannya. Cara ini sendiri bisa dilakukan di laptop dengan OS Windows versi berapapun. Namun, kali kami akan memberi contoh bagaimana cara rekam suara di laptop yang ber-OS Windows 10.

Adapun langkah-langkah merekam suara di laptop Windows 10 selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mempersiapkan Alat dan Bahan Rekaman

Agar aktivitas melakukan rekaman suara di laptop berjalan lancar, sebaiknya Anda persiapkan terlebih dahulu bahan dan alat yang dibutuhkan. Alat yang pertama pastinya perangkat laptop yang sudah dibekali fitur microfon. Tenang saja, hampir semua tipe laptop sudah dibekali fitur tersebut.

  Cara Memindahkan Data Dari Hp Xiaomi Ke Hp Android Yang Lain

Selain itu, persiapkan juga Mic Eksternal yang berfungsi untuk menerima suara nantinya. Anda bisa membelinya melalui markerplace atau toko elektronik di sekitar Anda. Dan satu lagi bahan yang dibutuhkan, yakni software perekam suara. Ada banyak pilihan software untuk merekam suara di laptop. Salah satunya yang paling direkomendasikan yakni Voice Recorder App.

Anda juga tidak perlu repot-repot untuk mengunduh dan menginstall software tersebut. Pasalnya, Voice Recorder App ini sudah tersedia secara default di OS Windows 10. Jadi, Anda tinggal menggunakannya tanpa harus menginstall terlebih dahulu.

2. Mengaktifkan Mic Eksternal

Setelah semua bahan dan alat rekaman di atas dipersiapkan, sekarang lanjut ke cara untuk mengaktifkan Mic External. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

  • Pertama Anda pasang Mic External yang sudah dibeli tadi ke port yang tersedia di lapotp.
  • Selanjutnya Anda masuk ke menu Control Panel dengan cara klik Start Menu, kemudian pilih Control Panel.
  • Pada jendela Control Panel, selanjutnya Anda klik pada opsi Hardware and Sound.
  • Berikutnya klik pada opsi Manage Audio Device.
  • Pada jendela baru yang muncul, sekarang Anda masuk ke menu Recording.
  • Dan terakhir Anda aktifkan Mic Eksternal yang sudah dipasang tadi. Pastikan Mic Eksternal tersebut statusnya sudah terpasang.

3. Melakukan Setting Mic Eksternal

Sebelum mulai merekam, Anda perlu mengatur Mic Eksternal agar siap untuk digunakan. Mengenai pengaturannya sendiri, sebagai berikut:

  • Pada jendela Manage Audio Device tadi, sekarang Anda masuk ke opsi Properties.
  • Selanjutnya Anda klik pada opsi Listen, kemudian klik tombol Listen to This Device.
  • Sekarang Anda bisa mengatur beberapa hal mengenai suara rekaman. Misalnya saja mengatur level suara rekaman.
  • Proses ini sangat penting untuk dilakukan agar hasil rekaman suaranya menjadi lebih bagus dan nyaman didengar. Jika tidak diatur dengan tepat, bisa jadi suara dari hasil rekamannya menjadi kurang bagus dan banyak noise.
  Cara Membuat Screenshot Instagram Palsu Terbaik di Android

4. Mulai Melakukan Rekaman Suara

Karena semuanya sudah siap, maka sekarang Anda sudah bisa mencoba melakukan rekaman suara. Untuk proses rekaman suaranya sendiri, sebagai berikut:

  • Untuk mulai melakukan rekaman, Anda perlu mengakses Voice Recorder App yang ada di Windows 10.
  • Caranya dengan klik Start Menu, kemudian ketik Voice Recorder App di bagian kolom search. Hasilnya akan muncul di bagian atas kolom pencarian tersebut. Sekarang tinggal Anda klik Voice Recorder App tersebut.
  • Untuk merekam suara, tinggal Anda klik tombol Record yang ada di bagian tengah tampilan software tersebut.
  • Di sana ada 3 tombol yang disediakan, yakni tombol Pause, Stop, dan Flag. Tombol Pause digunakan untuk menjeda rekaman, tombol Stop berfungsi untuk menghentikan rekaman, serta tombol Flag berguna untuk mengedit hasil rekaman audio.

Bagaimana? Mudah bukan cara rekam suara di laptop ber-OS Windows 10 di atas? Di sini yang terpenting adalah penggunaan Mic Eksternal. Pastikan Anda memilih Mic Eksternal dengan kualitas bagus. Jika salah memilih, jangan heran kalau rekaman suara yang dihasilkan kurang bagus. Secara default, hasil rekaman suara dari Voice Recorder App tersebut tersimpan di folder Sounds Recording, tepatnya di menu Documents.

Itulah tadi cara rekam suara di laptop Windows 10 yang paling mudah dan efisien. Semoga informasi di atas bermanfaat.