Cara Mengembalikan Akun WhatsApp Terhapus

2 min read

Mengembalikan Akun WhatsApp Terhapus – Hadirnya aplikasi WhatsApp, membuat layanan SMS sudah mulai ditinggalkan oleh sebagian besar pengguna mobile. Berkirim pesan lewat WhatsApp dianggap lebih mudah dan cepat dibandingkan harus melalui layanan SMS. Selain itu, di WhatsApp kita bebas mengirim chat tanpa harus membayar. Yang terpenting sudah memiliki kuota internet, maka chatting di WhatsApp sudah bisa dilakukan.

Hampir semua pengguna HP android khususnya pasti punya akun WhatsApp pribadi. Selain mudah digunakan, daftar akun WhatsApp juga sangat gampang. Cukup menggunakan nomor telepon maka Anda sudah memiliki akun WhatsApp. Terkadang kita tidak sengaja menghapus WhatsApp dari perangkat. Alhasil semua isi chat dan kontak yang ada di dalamnya ikut terhapus. Lantas, bagaimana cara mengembalikan akun WhatsApp terhapus di android tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Mengembalikan Akun WhatsApp Terhapus

Untuk mengembalikan akun WhatsApp yang terhapus, setidaknya bisa dilakukan dengan 2 metode. Di sini Anda tidak perlu melakukan yang namanya rooting HP android, karena hal tersebut justru hanya akan berbahaya bagi HP android.

1. Mengembalikan Akun WhatsApp dengan Google Drive

Cara yang pertama untuk restore akun WhatsApp yang terhapus yakni dengan memanfaatkan Google Drive. Namun, cara satu ini hanya bisa dilakukan jika Anda sudah mengaktifkan fitur backup otomatis di WhatsApp sebelumnya. Selain itu, Anda harus mengingat akun Gdrive mana yang digunakan untuk menyimpan data backup dari WhatsApp tersebut.

Mengenai langkah-langkah mengembalikan akun WA yang terhapus dengan Google Drive selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama Anda install aplikasi WhatsApp melalui Google Play Store.
  • Sekarang mulai jalankan aplikasi tersebut, nantinya Anda akan diminta untuk memasukkan nomor WhatsApp.
  • Masukkan nomor WhatsApp yang Anda gunakan di WhatsApp terhapus sebelumnya, kemudian lakukan verifikasi dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor tersebut.
  • Jika sudah, nantinya HP akan melakukan scanning untuk mengidentifikasi data backup WhatsApp yang masih tersimpan di Google Drive.
  • Jika memang berhasil ditemukan, nantinya di layar akan muncul notifikasi pop up yang menyatakan hal tersebut. Silakan langsung lakukan restore data backup WhatsApp dengan cara klik tombol Continue, kemudian klik tombol Restore.
  • Tunggu sampai proses restore data WhatsApp selesai dilakukan. Kalau sudah, selanjutnya Anda diminta untuk melengkapi profil akun WhatsApp, seperti nama dan foto.
  • Selesai
  Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Tanpa Root yang Mudah

Sekarang akun WhatsApp yang terhapus sebelumnya sudah berhasil Anda kembalikan. Di sini Anda tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan atau trik ribet lainnya untuk sekedar mengembalikan akun WA terhapus tersebut.

2. Mengembalikan Akun WhatsApp Secara Manual

Langkah di atas bisa dibilang sebagai cara otomatis untuk mengembalikan akun WhatsApp yang telah dihapus sebelumnya. Beda lagi dengan cara kedua satu ini, Anda bisa melakukannya secara manual.

Cara ini paling cocok digunakan jika Anda ternyata belum mengaktifkan fitur backup data otomatis di WhatsApp sebelumnya. Sebenarnya, tanpa mengaktifkan fitur tersebut, WhatsApp secara mandiri melakukan backup data dan data tersebut tersimpan secara otomatis di file manager.

  • Untuk mengembalikan data WhatsApp secara manual, Anda perlu masuk ke file manager di HP android.
  • Di dalam file manager (memori internal) Anda masuk ke folder WhatsApp, kemudian masuk lagi ke folder Database.
  • Di sana Anda akan melihat file backup dari akun WhatsApp. Untuk melanjutkan, sekarang Anda pilih salah satu file backup WhatsApp.
  • Ubah nama file backup WhatsApp tersebut dengan menghapus tanggalnya. Misalnya nama file backup tersebut msgstore-2020-08-28.1.db.crypt12 diubah namanya menjadi msgstore.db.crypt12 lalu klik Simpan.
  • Selanjutnya Anda install aplikasi WhatsApp melalui Google Play Store.
  • Kemudian langsung jalankan aplikasi tersebut. Masukkan nomor telepon yang digunakan untuk akun WhatsApp yang terhapus sebelumnya.
  • Maka secara otomatis HP akan melakukan scanning untuk mencari data backup akun WhatsApp sebelumnya.
  • Jika sudah ditemukan, selanjutnya Anda klik tombol Restore.
  • Sekarang Anda tinggal melengkapi informasi akun WhatsApp Anda.

Itulah tadi 2 cara mengembalikan akun WhatsApp terhapus yang paling mudah dan cepat bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

  Cara Hutang Pulsa Telkomsel, Aman dan Terpercaya!