Cara Mengatasi Windows Update Error Paling Ampuh

1 min read

Windows Update Error – Tampaknya sekarang ini perangkat laptop sudah bisa dibilang sebagai perangkat wajib yang harus dimiliki. Pasalnya, berbagai aktivitas membutuhkan bantuan perangkat laptop tersebut agar lebih mudah dikerjakan. Tidak hanya bagi pekerja kantoran saja, laptop juga sangat dibutuhkan untuk kegiatan belajar mengajar dan berbisnis mandiri. Seperti yang kita tahu, bisnis online sudah menjadi salah satu peluang bisnis dengan hasil menggiurkan.

Sebagai pengguna laptop, sudah seharusnya bagi kita untuk melakukan perawatan secara rutin pada perangkat tersebut. Salah satu jenis perawatan pada laptop yakni dengan mengupdate sistem operasinya, OS Windows misalnya. Mengupdate Windows ditujukan untuk memperbaiki bug atau juga menambah fitur terbaru di dalamnya. Namun, bagaimana jadinya jika justru Windows Update tersebut mengalami error? Tidak perlu bingung, berikut ini cara mengatasi Windows Update error yang bisa coba Anda terapkan.

Cara Mengatasi Windows Update Error Paling Ampuh

Seperti yang dijelaskan di atas, Windows Update sangat penting perannya di laptop atau PC. Windows Update error tentunya menimbulkan masalah tersendiri yang membuat penggunanya kebingungan. Sebenarnya tidak sulit untuk mengatasi error pada Windows Update tersebut. Untuk langkah-langkah mengatasi Windows Update yang error selengkapnya, sebagai berikut:

1. Memanfaatkan Fitur Windows Update Troubleshooter

Cara yang pertama untuk mengatasi Windows Update yang mengalami error yakni dengan menggunakan Windows Update Troubleshooter. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda masuk ke menu Windows Settings. Caranya klik tombol Start, kemudian masuk ke Menu dan pilih opsi Settings.
  • Pada halaman Windows Setting, sekarang Anda cari opsi Windows Update yang ada di bagian samping tampilan.
  • Jika sudah ketemu, selanjutnya Anda klik tombol Run TroubleShooter.
  • Ikuti beberapa step yang berikan dan tunggu proses troubleshooting selesai dilakukan.
  • Jika muncul tampilan untuk merestart laptop, silakan Anda klik Restart.
  Cara Cheat Dream League Soccer Tanpa Root Terbaru 2020

Dengan cara ini biasanya Windows Update sudah bisa digunakan seperti biasa. Jika masih error, maka Anda bisa mencoba alternatif di bawah ini.

2. Menggunakan Internet Connections Troubleshooter

Alternatif lain untuk mengatasi error pada Windows Update yakni dengan menggunakan Internet Connections Troubleshooter. Cara satu ini sebenarnya dilakukan untuk mengetes apakan koneksi internet di laptop sedang bermasalah atau tidak. Pasalnya, Windows Update yang error salah satunya disebabkan oleh koneksi internet di laptop yang bermasalah.

Untuk menjalankan Internet Connections TroubelShooter ini sendiri tidaklah sulit. Cukup Anda klik pada ikon Wifi atau internet yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan. Nantinya akan muncul tampilan Troubleshoot Problems, Anda klik saja opsi tersebut. Tinggal Anda ikuti langkah-langkah yang diberikan hingga koneksi internet di laptop menjadi normal kembali.

3. Melakukan Reset Komponen Windows Update

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi Windows Update error di Windows 10, yakni dengan melakukan reset. Cara satu ini diklaim sangat ampuh mengatasi berbagai masalah error di Windows Update tersebut.

Namun, sayangnya cara ini hanya direkomendasikan untuk Anda yang sudah paham betul tentang sistem operasi Windows. Jika sedikit saja melakukan kesalahan saat reset komponen Windows Update, kemungkinan masalah error akan semakin parah. Jika memang tidak ingin mengambil risiko, sebaiknya bawa saja laptop Anda ke tempat service profesional.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Windows Update error yang paling mudah dan ampuh. Semoga informasi di atas bermanfaat.