Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Diputar di HP Android

2 min read

Video Tidak Bisa Diputar di HP – Menonton video dulu mungkin hanya bisa dilakukan melalui perangkat PC. Namun tidak untuk sekarang ini, di mana sudah ada yang namanya HP android yang akan mempermudah aktivitas tersebut. HP android yang dibekali dengan beragam fitur canggih mampu memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna, termasuk untuk menonton video.

Di dalam HP android disediakan fitur khusus untuk memutar video dengan berbagai format. Namun, terkadang ada saja masalah yang dialami pengguna saat ingin menonton video melalui HP android. Salah satu masalah yang sering terjadi yakni video yang tidak bisa diputar. Lantas, bagaimana cara mengatasi video tidak bisa diputar di HP android tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Diputar di HP Android

Video yang tidak bisa diplay di HP android bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari video yang rusak, format video yang tidak didukung di HP, atau juga masalah yang lainnya. Sebaiknya Anda ketahui apa penyebab pasti video tidak bisa diputar di HP android tersebut.

1. Menggunakan Aplikasi Pemutar Video

Cara yang pertama untuk mengatasi video error dan tidak bisa diputar di android yakni dengan menggunakan aplikasi pemutar video. Cara ini bisa dilakukan jika yang menjadi masalahnya HP tidak mendukung codec dari video yang ingin diputar.

Menggunakan aplikasi pemutar video tambahan akan membantu masalah HP yang tidak memiliki codec videonya tersebut. Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan pemutaran video di android, diantaranya:

  Inilah Pilihan Download Lagu Nella Kharisma Paling Mantul

·         MX Player

Aplikasi untuk memutar video yang bisa coba Anda gunakan pertama bernama MX Player. Aplikasi satu ini sudah mendukung berbagai codec atau format video, dengan demikian sema jenis video memungkinkan untuk diputar. Beberapa format teks yang didukung oleh MX Player, seperti DVD, SAMI, PJS, SubRip, Substation Alpha dan lain sebagainya.

Aplikasi MX Player ini sendiri terdiri dari dua versi, yakni versi gratis dan berbayar. Aplikasi ini juga mampu memutar video dengan kualitas terbaik.

·         VLC

Tidak hanya tersedia untuk perangkat PC, VLC juga terdapat versi mobile androidnya. Anda bisa menginstall aplikasi VLC untuk mengatasi masalah HP yang tidak mendukung format atau codec video.

Aplikasi VLC ini diklaim sudah mendukung hampir semua format video yang ada sekarang ini. Di dalamnya juga disediakan beragam fitur keren, mulai dari fitur untuk menampilkan subtitle, fitur untuk memutar berbagai jenis video dan masih banyak lagi yang lainnya.

·         KMPlayer

Dan yang terakhir adalah aplikasi bernama KMPlayer yang juga cukup baik dalam hal pemutaran video. Sama seperti aplikasi sebelumnya, KMPlayer juga sudah mendukung berbagai format video yang ada sekarang ini. Dengan demikian, masalah video tidak bisa diputar di smartphone android karena format tidak didukung bisa diatasi dengan mudah.

Aplikasi satu ini cukup ringan, yakni hanya berkapasitas sebesar 32MB saja. Meski demikian, fitur yang disediakan di dalamnya terbilang sangat lengkap dan mudah digunakan.

2. Mengganti Format Video

Jika menginstall aplikasi pemutar video menurut Anda cukup merepotkan, alternatif satu ini bisa dijadikan pilihan. Di sini Anda tidak perlu menginstall aplikasi tambahan untuk sekedar mengatasi video yang tidak dapat diputar.

  Cara Download Lagu dengan Mudah dan Praktis

Anda bisa mencoba untuk mengganti format video melalui situs khusus yang menyediakan layanan tersebut. Salah satu situs untuk mengganti format video yang paling populer yakni https://convertio.co/id/. Cara ini bisa Anda lakukan jika yang menjadi masalahnya HP tidak mendukung format video. Anda bisa mengonversi atau ganti format video ke format lain yang didukung di HP android.

3. Mengunduh ulang video

Mungkin saja yang menjadi masalah di sini video yang ingin Anda putar sudah rusak. Kerusakan pada video bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya karena virus. Cobalah untuk melakukan scan HP menggunakan antivirus terbaik.

Jika masih belum bisa teratasi, maka Anda bisa mengunduh ulang video jika memang Anda mengambil video dari internet.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi video tidak bisa diputar di HP android yang paling mudah dan ampuh. Semoga informasi di atas bermanfaat.