Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Connect

1 min read

Kartu Telkomsel Tidak Bisa Connect

Kartu Telkomsel Tidak Bisa Connect – Telkomsel merupakan salah satu provider ternama yang banyak diminati sekarang ini. Kartu operator Telkomsel banyak digunakan salah satunya karena sinyalnya yang sangat cepat dan stabil. Tidak hanya itu saja, jaringan Telkomsel juga sangat luas, bahkan hingga ke pelosok-pelosok daerah. Telkomsel sendiri menyediakan banyak layanan paket untuk para pelanggannya.

Meskipun demikian, terkadang kartu Telkomsel juga mengalami beberapa masalah saat digunakan. Salah satunya kartu Telkomsel tidak bisa connect, sehingga pengguna tidak bisa lagi internetan. Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi kartu Telkomsel yang tidak bisa konek tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Connect

1. Lakukan Restart HP android

Cara yang pertama untuk mengatasi sinyal Telkomsel bermasalah yakni dengan melakukan restart HP. Cara ini akan menghentikan semua aktivitas di HP android sehingga kinerjanya akan kembali maksimal.

Tidak hanya itu saja, restart HP juga bakal mengatasi berbagai masalah error pada HP android. Termasuk juga masalah koneksi di HP yang bermasalah dan tidak bisa digunakan internetan.

2. Cek Kuota Telkomsel

Mungkin saja kartu Telkomsel yang tidak bisa connect disebabkan karena kuota yang sudah habis. Pastinya kuota internet yang sudah habis tidak akan lagi bisa digunakan untuk internetan. Jadi, Anda perlu mengisi kuota internet kartu Telkomsel agar nantinya bisa digunakan internetan kembali.

Selain itu, bisa juga disebabkan oleh masa aktif paket internet yang sudah habis. Sama seperti tadi, Anda bisa memperpanjang masa aktif paket internet agar bisa digunakan lagi.

3. Pindah ke Lokasi dengan Sinyal Terbaik

Seperti yang kita tahu, Telkomsel merupakan salah satu provider dengan jangkauan jaringan yang sangat luas. Bahkan beberapa daerah pelosok juga sudah tercover oleh jaringan dari Telkomsel ini. Hanya saja, masih ada pula beberapa lokasi di Indonesia yang belum tercover dengan baik.

Karena itulah, cobalah Anda berpindah ke lokasi dengan coverage yang lebih bagus dari tempat Anda saat ini. Beberapa lokasi yang biasanya memiliki sinyal terbaik yakni tidak tertutupi oleh gedung, pepohonan atau yang lainnya.

4. Cek Situs yang Dikunjungi

Mungkin saja yang menjadi masalah di sini situs yang Anda kunjungi tersebutlah yang bermasalah. Terkadang beberapa situs di internet tidak bisa diakses atau bermasalah dan disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari domain yang sudah expired, server situs bermasalah, terserang malware atau virus dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk mengetahui apakah situs bermasalah atau tidak, sebaiknya Anda coba mengunjungi situs yang sama di perangkat lain. Atau bisa juga menyambungkan HP ke jaringan Wifi, kemudian kunjungi situs yang sama sebelumnya. Jika memang situs bisa dibuka, berarti yang bermasalah memang jaringan Telkomsel yang Anda gunakan. Atau jika sebaliknya, maka situs tersebutlah yang bermasalah.

5. Melakukan Setting APN

APN atau Access Point Name merupakan konfigurasi gateway yang bertugas untuk memastikan perangkat agar bisa terhubung ke internet. Umumnya APN di kartu seluler akan tersetting secara default, sehingga Anda tidak perlu lagi mengaturnya.

Hanya saja, terkadang untuk mendapatkan kualitas koneksi yang lebih bagus Anda perlu mengubah settingan APN tersebut. Anda bisa mengubah settingan APN default menjadi settingan manual. Hanya saja, cara ini cukup berisiko, jika kurang tepat mengaturnya maka koneksi di HP bisa bermasalah.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi kartu Telkomsel tidak bisa connect yang paling mudah dan ampuh. Semoga informasi di atas bermanfaat.