Cara Live Streaming Game di Facebook Tanpa Ribet

2 min read

Cara Live Streaming Game di Facebook

Live Streaming Game di Facebook – Facebook merupakan salah satu platform media sosial yang paling populer sekarang ini. Facebook hadir dengan beragam fitur menarik, membuatnya diminati oleh pengguna dari seluruh dunia. Di Facebook kita dimungkinkan untuk terhubung dengan teman atau keluarga yang berada di tempat yang jauh. Bahkan orang yang sebelumnya tidak Anda kenal pun bisa diajak untuk berkenalan lewat Facebook.

Dewasa ini Facebook sudah semakin berkembang dan beberapa fitur menarik telah disematkan di dalamnya. Salah satunya yakni fitur live streaming game yang menjadi wadah bagi para streamer game dari seluruh dunia. Melakukan live streaming game di Facebook memungkinkan Anda ditonton oleh pengguna Facebook dari seluruh dunia. Meski demikian, tidak banyak yang tahu bagaimana cara melakukan live streaming game di Facebook tersebut. Apakah Anda juga salah satunya? Kalau begitu Anda perlu menyimak ulasan di bawah ini.

Cara Live Streaming Game di Facebook Tanpa Ribet

Untuk melakukan live streaming game di platform Facebook bisa Anda lakukan di perangkat apa pun, baik itu HP ataupun PC/laptop. Keduanya sama-sama mudah dilakukan, cukup tentukan mana yang paling Anda suka. Namun, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai langkah live streaming game Facebook di PC atau laptop.

Live streaming game lewat PC atau laptop memang menjadi pilihan favorit bagi para streamer game. Selain mudah, aktivitas ini juga membuat kita lebih leluasa untuk memainkan game secara live streaming. Untuk cara ini Anda tidak perlu menggunakan perangkat PC atau laptop berspesifikasi tinggi. Untuk langkah-langkah selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda perlu menginstall software live streaming di PC. Salah satunya yang paling direkomendasikan yakni OBS Studio atau Open Broadcaster Software Studio. Software satu ini punya banyak sekali fitur keren dan tentunya memudahkan pengguna untuk melakukan live streaming game.
  • Selanjutnya Anda buka software browser, kemudian kunjungi situs Live Streaming Facebook.
  • Pada halaman utama situs, selanjutnya Anda klik tombol Create Live Stream untuk mulai melakukan live streaming game.
  • Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman untuk mempersiapkan live streaming. Sekarang Anda fokus pada bagian Stream Key, silakan Anda klik tombol Copy yang ada di sebelah kanan kolom tersebut.
  • Kalau sudah, selanjutnya Anda jalankan software OBS Studio yang sudah diinstall tadi.
  • Pada halaman utama software, sekarang Anda masuk ke menu Settings yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan.
  • Selanjutnya Anda masuk ke tab Stream untuk melanjutkan. Pada halaman tersebut, Anda lakukan beberapa pengaturan. Pada bagian Service Anda pilih opsi Facebook Live, untuk Server diubah menjadi Default, dan pada Stream Key Anda pastekan Stream Key yang dicopy dari Facebook tadi. Kalau sudah, simpan pengaturan tersebut dengan klik tombol OK.
  • Langkah selanjutnya Anda buka game yang ingin dimainkan saat live streaming Facebook, kemudian klik ikon Minimize. Sekarang Anda kembali lagi ke OBS Studio, kemudian klik tombol Plus (+) yang ada di bagian Source. Pada beberapa opsi yang muncul Anda pilih Game Capture, lalu tekan OK.
  • Pada tampilan baru yang muncul, Anda ubah bagian Mode menjadi “Capture specific window. Sementara bagian Windows, Anda pilih jendela game yang diminimize tadi dan tekan OK.
  • Belum cukup sampai di sini saja, Anda juga bisa menambahkan audio pada live streaming game. Caranya dengan klik lagi tombol Plus (+) di Source tadi, kemudian pilih opsi Audio Input Capture. Konfirmasi pengaktifan audio dengan klik tombol OK. Selanjutnya pada tampilan baru yang muncul, Anda ubah bagian Device menjadi Default. Dan terakhir klik tombol OK.
  • Anda juga bisa menambahkan Facecam, dengan cara klik tombol Plus (+) di Source tadi lalu pilih opsi Vedio Capture Device. Selanjutnya Anda tinggal pilih perangkat yang ingin digunakan untuk mengambil video. Kalau sudah, selanjutnya tekan tombol OK.
  • Selain itu, Anda juga perlu menambahkan mengaktifkan mic eksternal untuk pengambilan suaranya. Caranya klik tombol Plus (+) di Source, kemudian pilih opsi Audio Input Capture. Tinggal Anda pilih perangkat yang ingin digunakan, kemudian simpan dengan klik tombol OK.
  • Jika semuanya sudah siap, sekarang Anda sudah bisa melakukan live streaming game. Mulai live streaming game dengan klik tombol Start Streaming.
  • Sekarang kembali lagi ke tampilan Facebook Live Streaming game, kemudian atur beberapa elemen siaran langsung. Kalau sudah, sekarang klik tombol Go Live.
  Cara Mengembalikan Akun WhatsApp Terhapus

Itulah tadi cara live streaming di Facebook lewat perangkat PC atau laptop yang bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.