4 Cara Menghemat Kuota Internet di Android Paling Mudah

2 min read

Cara Menghemat Kuota Internet

Cara Menghemat Kuota Internet – Kehadiran HP android mampu memudahkan berbagai aktivitas harian para penggunanya. Namun, HP android rasanya kurang maksimal fungsinya jika tidak terhubung ke jaringan internet. Internet ini sendiri sudah diibaratkan sebagai salah satu kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat modern sekarang ini. Berbagai hal memang bisa dilakukan dengan mudah menggunakan internet.

Untuk terhubung ke internet, Anda membutuhkan kuota data yang diisikan ke kartu operator. Atau bisa juga menghubungkan HP android ke jaringan Wifi agar terhubung ke internet. Khususnya bagi Anda yang menggunakan kuota data seluler, terkadang suka mengeluh karena kuota cepat habis. Berikut ini cara menghemat kuota internet di HP android yang bisa coba Anda terapkan.

Cara Menghemat Kuota Internet di Android Paling Mudah

Sebenarnya sangat mudah untuk menghemat kuota data internet di HP android. Cukup dengan menerapkan beberapa trik simple Anda sudah bisa membuat konsumsi kuota lebih dapat ditekan. Adapun langkah-langkah menghemat kuota data internet di android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengaktifkan Peringatan Penggunaan Kuota

Cara yang pertama untuk menghemat kuota internet di HP android yakni dengan membatasi penggunaannya. Di sini Anda bisa mengaktifkan fitur peringatan jika konsumsi kuota di internet sudah melebihi batas yang ditentukan. Cara ini diklaim sangat efektif untuk menekan penggunaan kuota data seluler.

Mengenai langkah-langkah mengaktifkan fitur peringatan batas penggunaan data selengkapnya, yakni:

  • Langkah pertama Anda masuk ke menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian pilih opsi Data Usage.
  • Klik pada opsi Celular Data.
  • Lalu aktifkan Set Cellular Data Limit.
  • Selesa.

2. Mematikan Opsi Sinkronisasi Otomatis

Salah satu hal yang dapat meningkatkan konsumsi kuota data di HP android yakni sinkronisasi otomatis. Opsi ini biasanya akan secara otomatis diaktifkan pada beberapa jenis aplikasi di android. Misalnya saja sinkronisasi di aplikasi Gmail, aplikasi sosial media dan lain sebagainya.

Agar kuota data lebih hemat, maka Anda perlu menonaktifkan opsi sinkronisasi otomatis tersebut. Mengenai langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah pertama Anda masuk ke menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Account.
  • Di sini Anda bisa memilih salah satu atau beberapa aplikasi yang ingin dinonaktifkan fitur sinkronisasi otomatisnya.

3. Mengaktifkan Fitur Data Saver

Khusus untuk Anda yang menggunakan Google Chrome untuk internet, cara satu ini bisa coba diterapkan. Di sini Anda bisa lebih menghemat kuota internet seluler dengan mengaktifkan fitur Data Saver di dalamnya. Jika sudah diaktifkan maka nantinya Anda bisa lebih menekan penggunaan kuota internet.

Mengenai langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur data saver di Google Chrome selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama Anda buka aplikasi Google Chrome di HP android.
  • Pada halaman utama aplikasi, selanjutnya Anda masuk ke menu Settings. Caranya klik ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas, kemudian klik opsi Settings atau Setelan.
  • Scroll ke bawah, kemudian klik pada opsi Data Saver.
  • Dan terakhir aktifkan fitur tersebut dengan pilih opsi ON.

4. Mematikan Opsi Update Aplikasi Otomatis

Secara default opsi update aplikasi otomatis akan diaktifkan, dan hal ini tentunya akan cukup menguras kuota internet di HP. Untuk itulah, Anda perlu menonaktifkan fitur update aplikasi otomatis tersebut. Atau paling tidak hanya mengaktifkan update aplikasi otomatis ketika HP terhubung ke jaringan Wifi saja.

Mengenai langkah-langkah mematikan opsi update aplikasi otomatis di android tersebut, sebagai berikut:

  • Pertama Anda buka aplikasi Google Play Store.
  • Kemudian klik ikon tiga garis di pojok kiri atas, lalu klik opsi Settings.
  • Klik pada opsi Auto-update apps.
  • Kemudian atur ke opsi Auto-update apps over Wifi Only atau bisa juga mematikan fitur auto update tersebut.

Itulah tadi beberapa cara menghemat kuota internet di HP android yang paling mudah dan ampuh. Semoga informasi di atas bermanfaat.