5 Tempat Wisata Terbaik di ACEH Sepanjang Masa

5 Tempat Wisata Terbaik di ACEH Sepanjang MasaAceh merupakan salah satu provinsi yang diberi status sebagai daerah istimewa dan juga memiliki kewenangan otonomi khusus. Aceh merupakan provinsi yang berlokasi di ujung Utara Pulau Sumatera dan mempunyai julukan Serambi Mekkah.

Tempat Wisata Terbaik di Aceh

Aceh patut dikunjungi karena menyimpan banyak destinasi wisata yang indah. Mulai dari museum, pantai, air terjun, semua bisa dinikmati di Aceh. Berikut ulasan dari beberapa tempat wisata rekomendasi yang bisa dikunjungi :

  1. Masjid Raya Baiturrahman

Tempat wisata Aceh berupa Masjid besar ini memiliki interior dan eksterior yang memiliki gaya Kesultanan Turki Ustamani yang begitu khas.  Masjid ini didirikan pada tahun 1606-1636, tepatnya saat pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Masjid ini pada awalnya dibangun dengan tujuan untuk dijadikan sebagai pusat pengajaran ilmu agama yang ada di Nusantara. Bangunan masjid ini didominasi dengan warna putih dan kubah hitam yang berukuran besar, pun terdapat 7 menara yang mengelilinginya.

Masjid ini mampu menampung hingga sekitar 1900 jamaah di dalamnya. Bagian luar dari masjid ini dihiasi dengan kolam dan air mancur yang ada di halaman masjid Baiturrahman. Memiliki taman yang dipenuhi rumput-rumput berwarna hijau segar, membuat pemandangan masjid ini tampak begitu sejuk dan asri. Karena keindahan yang menawan, tak bisa dipungkiri bahwa masjid tempat wisata Aceh ini masuk ke dalam 100 masjid yang terindah di dunia.

Masjid ini telah mengalami renovasi hingga 5 kali, juga beberapa perluasan area. Masjid ini juga sempat dijadikan tempat perlindungan masyarakat Aceh saat bencana tsunami yang menyerang pada tahun 2004.

  1. Museum Tsunami

Dinding museum tempat wisata Aceh ini dihiasi gambar orang-orang yang tengah menari Saman, yaitu sebuah makna simbolis terhadap kekuatan, disiplin, dan kepercayaan religius suku Aceh.

Harga Tiket dan Wahana di Taman Safari, Tempat Liburan yang Pas di Akhir Pekan

Museum Tsunami Aceh adalah museum di Banda Aceh yang dirancang untuk monumen simbolis untuk bencana gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia yang terjadi pada tahun 2004 silam. Sekaligus menjadi pusat pendidikan bencana dan tempat perlindungan darurat apabila tsunami akan terjadi lagi.

Museum ini merupakan sebuah struktur empat lantai dengan luas kurang lebih 2.500 m² yang mana dinding lengkungnya ditutupi relief geometris. Bila hendak masuk ke dalam, pengunjung akan diinstruksikan untuk melalui lorong sempit nan gelap di antara dua dinding air yang tinggi, tujuannya untuk menciptakan kembali suasana dan kepanikan saat terjadi tsunami.

Di museum Aceh satu ini, terdapat sebuah ruang khusus untuk mengenang para korban yang tewas saat bencana tsunami pada tahun 2004. Pula, semua nama korban yang tewas diukir di dinding dan di bagian ujung atas dituliskan lafadz Allah. Ruang ini diberi nama Space of Sorrow atau nama lainnya ialah Sumur Doa.

  1. Sabang Pulau We

Sabang Pulau We adalah Pulau yang terletak paling ujung di Indonesia. Sabang Pulau We ini juga merupakan kota dengan keindahan pantai yang masih bersih nan alami. Tempat wisata Aceh Sabang Pulau We ini merupakan kota dengan destinasi wisata unik yang wajib untuk dikunjungi. Pantainya pun tak kalah unik dan memiliki ciri khas tersendiri.

Sabang Pulau We dikenal dengan keindahan pantainya. Pantai-pantai yang ada di Sabang memang dikenal masih sangat alami, dengan air laut yang bersih dan jernih. Pantai Iboih merupakan salah satu destinasi wisata populer yang berada di Sabang, pantai ini banyak dikunjungi wisatawan Indonesia maupun mancanegara. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang memikat, ditambah air laut yang jernih dengan gradasi kebiruan yang elok.

Tempat Wisata Dekat Malioboro Yogyakarta yang Tak Boleh Dilupakan

Pantai  Anoi Itam memiliki arti pasir hitam dalam bahasa Aceh. Asal pasir berwarna hitam di pantai ini dimungkinkan berasal dari gunung berapi yang masih aktif di Pulau Weh. Dengan pasirnya yang berwarna hitam, pantai ini terlihat begitu eksotis. Keindahan bawah laut pantai ini juga menjadi daya tarik sendiri bagi para pengunjung.

Selain dapat menikmati indahnya pasir pantai berwarna putih dan hitam, di Sabang Pulau We ini, juga terdapat tugu yang sangat terkenal yaitu Tugu Kilometer Nol. Tugu ini dimanfaatkan sebagai tanda titik mula wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  1. Air Terjun Blang Kolam

Tempat wisata Aceh, Air Tejun Blang Kolam bisa terbilang cukup tinggi. Air terjun ini mempunyai ketinggian kurang lebih 75 meter. Air terjun yang menawan ini tampak begitu asri dan alami karena di sekelilingnya terdapat rimbunnya pepohonan dan memiliki suasana hutan yang cukup lebat.

Hutan yang berada di sisi kanan dan kiri anak tangga yang menuju Air Terjun Blang Kolam masih amat lebat. Hawanya yang sejuk membuat para pengunjung air terjun ini merasa segar. Apalagi bila terbiasa dengan kebisingan kota yang penuh kendaraan dan asap polusi.

Ketika berjalan turun di tangga menuju Air Terjun Blang Kolam, para pengunjung Air Terjun Blang Kolam ini bisa mendengarkan suara kicauan burung. Atau juga monyet yang mondar-mandir di pepohonan. Setelah lelah karena menuruni tangga, para pengunjug akan di sambut dengan debur air yang jatuh seakan langsung menyembuhkan semua lelah di badan. Di bagian atas air terjun, akan terlihat sebuah genangan air yang seakan-akan ditampung di dalam sebuah cawan raksasa.

Di sekitar Air Tejun Blang Kolam , para pengunjung juga bisa menemukan para penjual makanan dan minuman yang beraneka ragam, sehingga tak perlu khawatir bila rasa lapar dan dahaga menggangu perjalanan mengasyikkan di tempat ini.

  1. Air Terjun Suhom

Di sekeliling air terjun ini dipenuhi bebatuan besar, yang mana bisa digunakan pengunjung Air Terjun Suhom untuk duduk-duduk santai sembari menikmati percikan air terjun yang segar.

Tempat Bermain Anak di Jakarta yang Mendidik tapi Tetap Menyenangkan

Letak lokasi tempat wisata Aceh Air Terjun Suhom ini berada di balik pegunungan. Para pengunjung bisa meminta pertolongan dengan bertanya kepada masyarakat setempat atau memanfaatkan bantuan dari gps. jalan menuju ke air terjun tak begitu lebar, karena hanya bisa dilalui oleh satu mobil saja.

Dari jarak 100 meter, para pengunjung sudah bisa mendengar sayup-sayup suara gemericik air terjun yang jatuh ke bebatuan. Semua penat akibat dari perjalanan panjang, seketika akan  sirna ketika melihat air terjun dengan ketinggian kurang lebih 50 meter yang ada di depan mata.

Air Terjun Suhom ini mempunyai tiga tingkatan dengan keindahan yang berbeda. Di sekeliling air terjun ini dipenuhi dengan bebatuan besar, yang bisa digunakan oleh para pengunjung air terjun ini untuk duduk-duduk santai sambil menikmati percikan air terjun yang segar.

Selain itu, di area air terjun ini memiliki sebuah kolam yang berada di bawah air terjun. Kolam tersebut memiliki kedalaman kurang lebih 2 meter dan lebarnya kurang lebih 5 meter, sehingga tak disarankan bagi anak kecil untuk berenang di kolam ini.