Tata Cara Sholat Serta Doa, Gerakan Lengkap dan Bacaannya

Tata Cara Sholat Serta Doa, Gerakan Lengkap dan BacaannyaSholat adalah tiang agama. Barang siapa yang menegakkan sholat maka dia sedang meneggakkan agamanya. Dan, barang siapa yang berusaha sekuat tenaga membenahi sholatnya maka dia sedang membenahi dirinya sendiri sebagai makhluk Alloh yang dhoif. Tentu saja yang dimaksud dengan “sholat” disini adalah sholat yang dilakukan dengan tata cara yang tepat. Sholat dikerjakan lima waktu yaitu sholat subuh, dluhur, asar, maghrib dan sholat isya’. Barang siapa yang ingin menjaga agamanya dan juga menjaga dirinya dari perbuatan keji dan mungkar, kuncinya adalah melakukan ibadah sholat dengan tata cara yang benar dan khusyu’.

Simak selengkapnya yang kami ulas hanya di avandaalvin.com.

Tata Cara Sholat Serta Doa, Gerakan Lengkap dan Bacaannya

Tata Cara Sholat Serta Doa, Gerakan Lengkap dan Bacaannya

Meskipun sudah banyak dari saudara muslimin sekalian yang sudah mengetahui dan mempraktikkan sholat dengan benar, tulisan ini bisa Anda jadikan sebagai pengingat khususnya bagi Anda yang berstatus sebagai muallaf.

Baca Juga: Tata Cara Wudhu Yang Benar

Cara Mengerjakan Sholat Yang Benar

Ada begitu banyak hal yang harus  diperhatikan dalam melaksanakan ibadah shalat, salah satu diantaranya mungkin kita sudah tau, namun untuk memperjelas lagi, biarkan saya menjelaskannya lagi:

Berikut Syarat Sebelum Mengerjakan Sholat

Cara Sholat, Sebelum melakukan sholat, ada syarat yang harus kita penuhi. Diantaranya adalah:

  • Sedang dalam keadaan suci baik dari hadats besa maupun kecil;
  • Memiliki wudhu;
  • Menutup aurat secara keseluruhan (kecuali wajah dan telapak tangan) untuk wanita sedangkan untuk pria aurat yang wajib ditutupi adalah mulai dari pusar hingga ke lutut. Akan jauh lebih sopan jika bagian yang ditutupi adalah seperti saat mengenakan baju koko lengan panjang dan bersarung. Pastikan bahwa pakaian yang Anda kenakan sedang dalam kondisi bersih dan suci;
  • Masuk waktu sholat yang ditandai dengan kumandang azan untuk sholat 5 waktu. Jika Anda ingin melakukan sholat sunnah selain sholat fardhu tersebut Anda bisa mengerjakannya sesuai dengan ketentuan waktunya;
  • Saat sedang sholat maka wajib hukumnya bagi Anda untuk menghadap kiblat. Kiblat umat Islam di seluruh dunia adalah Ka’bah di Makkah Al-Mukarromah.
Baca  Tata Cara Wudhu Yang Benar, Niat, Rukun dan Sunnah Serta Doa

Apa Saja Rukun Shalat Yang Wajib Diketahui?

  1. Setelah mengambil wudhu, memakai pakaian yang menutup aurat, dan menghadap kiblat, berarti Anda sudah siap untuk melaksanakan sholat yang merupakan jantungnya penghambaan kepada Alloh SWT. Sholat terdiri dari 17 rukun yang wajib dijalankan dan tidak boleh ditinggalkan. Apa saja rukun tersebut?
  2. Sholat dimulai dengan niat. Niat adalah sesuatu yang menjadi I’tikad dalam batin yang diiringi dengan perbuatan. Adapun pelafalan niat sesuai dengan waktu pengerjaannya;
  3. Takbirotul ikhrom adalah bacaan takbir “Allohu Akbar” pada rokaat pertama yang harus dibunyikan.
  4. Berdiri bagi yang mampu. Jika berhalangan, bisa melakukannya dengan duduk, ataupun tidur;
  5. Membaca fatihah lengkap dari ayat pertama hingga terakhir;
  6. Rukuk yang diisi dengan bacaan ketika rukuk yang disertai dengan tumu’nina yang artinya tidak tergesa-gesa;
  7. I’tidal atau berdiri dari rukuk yang disertai dengan tumu’nina dan membaca doa I’tidal;
  8. Sujud, tumu’nina sambil membaca doa saat sujud;
  9. Duduk diantara dua sujud, tumu’nina dan membaca doa diantara dua sujud;
  10. Duduk terakhir membaca takhiyat akhir. Membaca sholawat dan diakhiri dengan salam sembari membunyikan “assalmualaikum warohmatullah” secara jahr atau keras.

Dzikir dan Membaca Doa Sesudah Sholat

Setelah selesai melaksanakan shalat, sempurnakan sholat dengan membaca wirid ba’da sholat atau Berzikir Setelah Selesai Sholat, selain mendatangkan banyak manfaat untuk diri kita sendiri, tentunya akan mengalirkan begitu banyak pahala. Diantaranya adalah dengan membaca kalimat toyibah yaitu kalimat tasbih “subhanalloh” sebanyak 33 kali, kalimat hamdalah “Alhamdulillah” sebanyak 33 kali, kalimat takbir “allahu akbar” sebanyak 33 kali. Selanjutnya membaca kalimat tahlil” la ilaha illa Allah” sebanyak 33 kali, dan kalimat sholawat “shollallahu ala Muhammad” sebanyak 33 kali. Lalu ditutup dengan doa. Doa ba’da sholat wajib adalah Doa yang Mustajabah atau Doa yang pasti dikabulkan oleh Allah SWT. Perbanyak wirid dan Membaca Doa Setelah Sholat dengan cara yang khusyu’ dan tenang agar doa diterima oleh Allah dan kita sebagai hamba merasakan ketenangan batin yang luar biasa setelah sholat.

Baca  Tata Cara Wudhu Yang Benar, Niat, Rukun dan Sunnah Serta Doa

Bilangan roka’at sholat berbeda-beda. Sholat dhuhur, ashar, dan isya’ sebanyak 4 rakaat, Sholat Subuh sebanyak 2 raka’at dan Sholat Maghrib sebanyak 3 raka’at. Masing-masing sholat fardhu tersebut terdiri dari dua tahiyat yaitu tahiyat awal dan tahiyat akhir kecuali pada saat solat subuh. Dalam bab menjama’ sholat khususnya saat akan perjalanan jauh, sholat duhur dan ashar bisa dikumpulkan menjadi satu, sebagaimana sholat maghrib dan isya’ bisa dikerjakan di satu waktu. Sejauh apapun kita bepergian, semoga kita tidak pernah meninggalkan sholat, mengingat sudah banyak rukhsoh atau keringanan yang diatur dalam fiqih Islam.

Anjuran Mengerjakan Sholat Sunnah

Selain melakukan atau melaksanakan sholat wajib, kita sebagai umat Islam dianjurkan untuk juga tidak lupa melaksanakan Sholat Sunnah diantaranya adalah:

  • Sholat Dhuha
  • Sholat Hajat
  • Sholat Tahajud
  • Sholat Tasbih
  • Sholat Witir
  • Sholat Tarawih (Bulan Puasa)
  • Sholat Gerhana (Saat Gerhana)
  • Sholat Rawatib
  • Sholat Taubat
  • Sholat Istirqarah

Kenapa kita dianjurkan untuk melaksanakan sholat Sunnah? Tentunya sangat banyak pahala dan keberkahan hidup yang akan datang kepada kita, maka untuk itu, mari kita senantiasa untuk tidak lupa melaksanakan Sholat Sunnah agar mendapat keberkahan disisi Allah baik didunia maupun di akhirat kelak nantinya.

Sholat/Shalat Dhuha sangat banyak manfaatnya, salah satunya adalah memperlancar Rezeki kita selama hidup didunia, bahkan nanti diakhirat kita disediakan pintu khusus bagi orang yang sering mendirikan sholat Dhuha semasa hidupnya, Rezeki datang bagaikan Air mengalir disungai, bahkan hal tersebut datangnya tanpa kita sangka atau diluar dugaan kita, begitu juga dengan sholat sunnah yang lainnya seperti Sholat Hajat, Sholat Tahajud, Solat Tasbih, Shalat Witir, Sholat Taubat, Shalat Istiqorah, Sholat Gerhana, Sholat Tarawih.

Dengan mendirikan sholat tidak membuat kita mati karena berdiri, justru Allah akan mendatangkan begitu banyak manfaat untuk kita tanpa perlu kita meminta kepadanya, balik lagi kepada hal yang paling mendasar yaitu Sholat adalah Tiang Agama, tanpa adanya tiang, maka tidak bisa kita jamin hidup kita akan terasa damai, melainkan akan ditimpa malapetaka, karena tidak kokohnya tiang tersebut, maka dirikanlah Sholat bahkan kalau bisa pergilah ke masjid terdekat untuk mendirikan Sholat secara Berjamaah.

Baca  Tata Cara Wudhu Yang Benar, Niat, Rukun dan Sunnah Serta Doa

Dirikanlah Sholat 5 Waktu tepat pada waktunya, jangan lupa untuk selalu memperhatikan Jadwal Sholat agar waktu sholat kita selalu terjaga, jangan pernah lalaikan waktu sholat, karna kalau kita lalaikan, Allah akan marah terhadap kita, oleh karena itu, tetaplah ingat Jadwal Shalat supaya kita mengetahui kapan tibanya waktu untuk mendirikan sholat.

Dengan mendirikan Sholat, InsyaAllah Khusnul Khatimah hidup didunia maupun akhirat.

Terkait :

  • tata cara sholat.com jenazah
  • cara shalat empat rakaat
  • cara shalat duduk
  • cara shalat cepat
  • cara shalat berjamaah 2 orang
  • cara shalat berdiri bagi orang sakit
  • cara shalat berbaring bagi orang sakit
  • cara shalat berbaring
  • cara shalat baring ketika sakit
  • cara shalat arbain
Tata Cara Sholat Serta Doa, Gerakan Lengkap dan Bacaannya | Muhammad Avanda Alvin | 5.0