Statistik dan Statistika : Pengertian, Perbedaan dan Contohnya

3 min read

Sekilas statistik dan juga statistika merupakan 2 hal yang cukup mirip. Apalagi jika Anda menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris kedua hal ini bisa dibilang cukup mirip. Pasalnya keduanya jika di artikan dalam Bahasa Inggris memiliki kosa kata statistics. Jika Anda ingin tahu apa pengertian statistik dan statistika ini maka berikut nia adalah ulasannya.

Penggunaan dari statistik dan statistika

Pada dasarnya statistik dan statistika merupakan sebuah alat yang digunakan untuk kebutuhan pengolahan data untuk laporan. Akan tetapi ada perbedaan yang mendasar dari kedua hal ini. Kita akan lihat bagaimana perbedaan antara statistik dan statistika  dilihat dari banyak aspek, mulai dari tujuan, metode dan juga artinya. Untuk Anda yang ingin tahu mari lanjutkan membaca!

Tujuan dari statistik dan statistika

Hal pertama yang membedakan antara statistik dan statistika adalah tujuan dari penggunaan kedua kata tersebut.

  • Tujuan dari statistik

Tujuan dari statistik adalah untuk merepresentasikan data yang diperoleh dari sebuah penelitian. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, statistik dan statistika adalah dua hal yang sangat penting dalam pengelolaan data di  laporan. Dimana statistik adalah sebuah data yang sudah diolah dan disajikan dalam laporan.

Ketika akan menyusun laporan maka penyusun laporan ini akan melakukan pengumpulan data. Pengumpulan data ini kemudian diolah dan di bangun dalam bentuk grafik atau dalam bentuk tabel sehingga lebih mudah untuk diamati dan lebih mudah untuk di saring informasinya.

  • Tujuan dari statistika

Untuk Anda yang sedang menyusun laporan maka data akan dikumpulkan. Data ini kemudian nantinya diolah agar bisa disajikan dalam bentuk grafik dan juga dalam bentuk tabel. Nah cara atau metode yang digunakan untuk melakukan pengelolaan data ini disebut dengan statistika.

  Pengertian, Macam-macam Puisi Baru dan Contohnya Yang Wajib Diketahui

Metode ini ada dan sudah pasti, jenisnya juga sangat banyak. Anda bisa memilih metode statistika yang bisa digunakan untuk membantu memudahkan pengelolaan data. Ya, pada umumnya untuk memilih metode ini harus disesuaikan dengan data yang ingin Anda representasikan.

Metode dalam statistik dan statistika

Nah perbedaan kedua dalam statistik dan statistika adalah dari segi metode yang digunakannya. Dalam ulasan di atas, statistik dan statistika memiliki perbedaan yang mendasar dari segi tujuannya. Karena memiliki tujuan yang berbeda maka sudah pasti teknologi dan metode yang bisa digunakan dalam statistik dan statistika ini juga berbeda.

  • Metode statistik

Dalam pengelolaan data statistik, metode yang digunakan adalah metode yang dibuat dengan tujuan menggambarkan data. Hal inilah yang membuat metode statistik ini fokus pada bagaimana cara membuat data bisa direpresentasikan dengan baik dan mudah dibaca.

Salah satu contoh metode statistik adalah membuat tabel data, membuat diagram Pie, membuat diagram batang dan masih banyak lagi yang lainnya. Pemilihan dari metode statistik ini sangat penting untuk diperhatikan. Pemilihan metode harus sesuai dengan apa tujuan yang Anda miliki untuk membangun data yang akan disajikan.

  • Metode statistika

Metode ini adalah metode yang digunakan dalam melakukan eksperimen atau membuat data siap untuk disajikan. Ketika Anda akan menyajikan data maka data yang didapatkan harus diolah terlebih dahulu agar bisa menghasilkan informasi yang layak. Contohnya ketika Anda membuat survei kepuasan pelanggan, Anda akan membuat form atau kuesioner untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan dari calon konsumen Anda.

Metode statistik yang digunakan dalam sebuah riset ada 2 jenis yaitu survei dan eksperimen. Survei paling mudah bisa dilakukan dengan membuat kuesioner seperti yang sudah disebutkan sebelumnya sedangkan eksperimen bisa dilakukan dengan melakukan pengamatan  pada objek yang diberikan perilaku.

  Pengertian Puisi dan Prosa Secara Lengkap

Kedua metode ini juga dipilih berdasarkan kebutuhan  dan kesesuaian dengan tujuan pelaporan. Data yang dihasilkan dengan menggunakan metode ini nantinya akan direpresentasikan dengan menggunakan metode statistik yang sudah dibahas sebelumnya.

Contoh dari statistik dan statistika

Cara lain yang akan kami berikan untuk memudahkan Anda mengetahui pengertian statistik dan statistika  adalah dengan memberikan contoh mengenai kedua kosa kata ini. Untuk contohnya berikut ini adalah ulasannya.

  • Contoh statistik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, statistik adalah data. Jadi contohnya antara lain adalah :

  • Data penurunan kemiskinan
  • Data transaksi fintech
  • Data kependudukan
  • Contoh statistika

Sedangkan statistika memiliki beberapa contoh seperti :

  • Metode pengelolaan data kependudukan dengan menggunakan  survei
  • Metode untuk pengelolaan data transaksi provider  dengan menggunakan survei
  • Metode pengelolaan data elektabilitas menggunakan sistem survei
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pengertian akhir statistik

Dari ulasan yang sudah disebutkan sebelumnya statistik bisa disebut sebagai sebuah data. Data ini adalah data yang akan ditunjukkan pada pihak yang berkepentingan. Contohnya ketika Anda adalah seorang yang memiliki pekerjaan sebagai marketing sebuah produk, maka Anda akan membuat laporan penjualan produk.

Dalam laporan ini Anda akan menggunakan data penjualan dari sebuah periode dengan periode masa kini untuk memberikan informasi mengenai bagaimana perkembangan penjualan. Data yang memiliki informasi mengenai  penjualan produk dan perbandingannya ini akan disebut dengan statistik.

Dari data statistik ini maka pihak yang menerima laporan Anda bisa melihat dengan lebih jelas dan lebih mudah mengenai data informasi yang ingin Anda sampaikan mengenai kenaikan atau penurunan penjualan.

Pengertian akhir dari statistika

Sedangkan statistika adalah sebuah metode yang digunakan untuk membuat data yang akan dilaporkan ini.  Data yang Anda dapatkan dari bagian penjualan nantinya akan dikumpulkan. Data ini tentu akan sangat banyak jumlahnya dan tidak jelas mengenai apa yang terkandung di dalam data tersebut. Nah untuk tahu apa saja informasi yang ada dalam sebuah data maka digunakan metode-metode pengelolaan data ini. Nah metode inilah yang disebut dengan  statistika.

  Apa Itu Analisis, Jenis, dan Fungsinya

Statistika bisa juga disebut dengan ilmu. Ilmu statistika ini merupakan sebuah ilmu yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Yaitu untuk melakukan analisis dan juga mengetahui apa yang kurang dan lebih dalam sebuah strategi marketing. Inilah yang membuat ilmu ini sangat banyak dicari oleh sebuah perusahaan terutama di area pemasaran mereka.

Kesimpulan

Pada dasarnya statistik dan statistika merupakan dua buah hal yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya merupakan hal penting untuk diperhatikan dan digunakan dalam sebuah pelaporan. Statistik digunakan dalam hal penelitian sedangkan statistik digunakan untuk merepresentasikan hasilnya. Kedua ilmu ini sangat penting dan saling melengkapi. Artinya statistik tidak bisa berdiri tanpa statistika dan begitu juga sebaliknya.

Nah demikian ulasan mengenai pengertian statistik dan statistika semoga ulasan yang kami berikan ini dapat bermanfaat untuk Anda dalam mencari tahu mengenai hal-hal penting yang membedakan antara kedua kosa kata ini. Semoga informasi yang kami berikan lengkap dan membantu ya!

Avatar