Spesifikasi dari Samsung Galaxy Tab S7

Ada sejumlah fitur berbeda yang membuat Galaxy Tab S7 lebih terjangkau dan cantik jika dibandingkan dengan Galaxy Tab S7+. Namun, bukan berarti performanya jauh berbeda. Untuk lebih jelasnya, ikuti hasil pengujian kami di bawah ini.

Spesifikasi dari Samsung Galaxy Tab S7

Desain

Setelah kemasan dibuka dan tablet dilepas, kesan mewah langsung terasa. Apalagi begitu tablet dihidupkan. Warna yang dihasilkan cukup jernih. Padahal Galaxy Tab S7 tidak menggunakan Super Amoled seperti Galaxy Tab S7+. Galaxy Tab S7 menggunakan tipe layar LTPS IPS LCD. Namun, tampilannya masih terlihat jelas. Apalagi layarnya juga mendukung refresh rate yang tinggi, hingga 120Hz (dengan pengaturan Adaptive). Hal ini membuat mata lebih nyaman melihat detail pada Galaxy Tab S7.

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy Tab S7 berukuran 254 x 165 x 6.3mm. Sementara bobotnya 495gram, cukup ringan untuk ukuran tablet. Desainnya yang ramping juga membuat tablet ini mudah diletakkan di mana saja, termasuk di dalam tas komputer Anda. Kecuali jika Anda membelinya dengan penutup keyboard tambahan yang tidak hanya menyediakan keyboard fisik dengan koneksi bluetooth, tetapi juga sebagai pelindung perangkat. Satu hal yang membuat tablet ini terlihat mewah dan premium adalah penggunaan material metal pada bodinya, baik pada bagian belakang maupun pada bagian bezelnya. Hal ini mampu membuat tablet cepat terlihat kotor. Apalagi permukaannya bukan tipe glossy.

Untuk melihat fitur apa saja yang disematkan pada bodinya, kami memposisikan Galaxy Tab S7 dalam posisi portrait, sama seperti saat kami mengulas sebuah smartphone. Pada layarnya, yakni LTPS IPS LCD, Samsung juga telah menempatkan kamera kecil. Jika tablet diposisikan secara landscape, maka posisi kamera berada tepat di tengah, di atas layar. Kamera ini memiliki resolusi 8MP 1080p dan 30fps. Terletak tepat di tengah memudahkan penggunaan kamera saat melakukan konferensi video. Mata akan fokus pada bagian tengah. Layar Galaxy Tab S7 juga memiliki screen to body ratio sebesar 83,6% dan screen ratio 16:10.

8 Deretan HP Samsung dengan Sertifikasi IP68

Belok ke kanan. Berikut adalah tombol power dan volume. Menariknya, tombol power juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Hal ini berbeda dengan Galaxy Tab S7+ yang memiliki fitur pemindai sidik jari di bawah layar. Di bagian bawah, terdapat slot kartu SIM untuk koneksi menggunakan kartu SIM dari operator. Sedangkan di sisi seberangnya terdapat konektor magnet untuk menyambungkan perangkat ini ke berbagai casing, seperti cover buku dan cover keyboard.

Di bagian atas dan bawah, masing-masing terdapat dua lubang speaker. Jika tablet diposisikan dalam posisi landscape, berarti posisi speaker berada di kanan dan kiri. Hal ini membuat suara yang dihasilkan tablet lebih nyaman untuk didengar. Apalagi di bagian bawah tentunya terdapat port USB tipe C untuk koneksi saat menggunakan kabel charger atau kabel data. Posisi port USB tipe C juga tidak akan mengganggu saat tablet digunakan dalam mode desktop, lengkap dengan keyboardnya.

Lalu, dimanakah area untuk menempelkan S Pen, jika tablet tidak memiliki cover buku atau cover keyboard? Di sisi kanan, di bawah tombol volume hingga slot kartu SIM, terdapat magnet extender. Ini berguna untuk memasang S Pen ke sisi itu. Jika disandingkan, S Pen cukup menempel di bodi Galaxy Tab S7.

Sekarang kembali. Saat diposisikan dalam lanskap, ada dua kamera di kanan atas. Kamera utama memiliki resolusi 13MP Wide dan 5MP Ultra Wide. Kedua kamera tersebut didesain menarik dengan bingkai memanjang diikuti logo Samsung. Bingkai hitam memanjang yang didesain Samsung ini, tentunya tak hanya menempel di bodi. Di bagian belakang juga terdapat magnet, sehingga S Pen bisa diletakkan di bagian belakang Galaxy Tab S7. Sedangkan S Pen Galaxy Tab S7 berwarna hitam. Teknologi S telah diperbarui sehingga kini hadir dengan latensi yang sangat rendah, hanya 9 ms. S Pen dilengkapi dengan baterai 0,35mAh di dalamnya dengan proses pengisian nirkabel. Saat S Pen menempel di bodi Galaxy Tab S7, S Pen akan otomatis terisi.

Daftar HP Murah 2021 Paling Dicari, Cocok Untuk Anda yang Cari HP Low Budget