Spesifikasi Dan Harga Smartphone Samsung Galaxy S10 Lite 2021

Spesifikasi Dan Harga Smartphone Samsung Galaxy S10 Lite 2021Tidak hanya Galaxy Note 10 yang berubah menjadi Lite di tahun 2021, karena Samsung Galaxy S10 yang menjadi andalan tahun lalu juga mengalami hal yang sama. Namanya Samsung Galaxy S10 Lite. Hadir dengan sentuhan terkini dari tren smartphone terkini namun tetap mengusung beberapa kualitas andalan sebelumnya. Berikut ulasannya untuk Anda.

Desain dan Layar

Menyerupai Note 10 versi Lite, Samsung Galaxy S10 Lite menghadirkan desain segar yang terlihat dari depan. Mulai dari sudut layar yang lebih melengkung dan masih mengusung tampilan infinity khas Samsung hingga Punch Holenya yang kini sudah bergeser di tengah. Layarnya sendiri mengusung ukuran lebih besar 6,7 inci dengan teknologi Super AMOLED Plus dengan FHD +.

Di sisi belakang juga terdapat perbedaan yang mencolok yaitu kameranya merupakan triple camera dengan susunan khas smartphone menengah dan menengah atas dari Samsung yaitu dengan braket atau di dalam kotak hitam. Bodinya juga masih terasa premium dengan warna Prism White, Prism Black, dan Prism Blue. Dari segi desain dan layar, Samsung terus memanjakan penggemarnya.

Memori 128 + Snapdragon 855 dan Memori 8 Gb

Samsung Galaxy S10 Lite dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 855 dari Qualcomm untuk dapur pacunya. Jarang Samsung memasang chipset Snapdragon untuk pasar Indonesia. Dan kebanyakan snapdragon hanya di gunakan di Amerika. Sedangkan pasar global, termasuk Indonesia, menggunakan chipset Exynos.

Snapdragon 855 termasuk chipset tercepat pada masanya yang dibuat dengan fabrikasi 7nm. Memiliki 8 inti CPU yaitu (1×2.84 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485) dengan pengolah grafis GPU Adreno 640.

Aplikasi Penghasil Uang

Snadragon 855 sebelumnya juga digunakan di OPPO Reno 10x Zoom, Black Shark 2, dan Realme X2 Pro. Untuk skor benchmark S0 Lite ada pada 370 ribuan untuk Antutu 7 dan 470 ribuan untuk Antutu 8.

Chipset cepat Snapdragon 855 ini dipadukan dengan RAM 8 GB dan memori 128 GB. Memori bisa diperluas dengan menggunakan micro SD.

Layar Infinity O Display 6,7 Inchi

Samsung Galaxy S10 Lite memiliki layar yang cukup lega dengan bentangan 6,7 inchi berpanel Super AMOLED Plus. Sebelum ini panel super AMOLED ada di Samsung Galaxy A71.

Meski berembel-embel “lite” yang biasanya digunakan untuk penamaan ponsel berukuran kecil, Samsung S10 Lite dengan ukuran layar 6,7 inchi malah jauh lebih besar dibanding kakak-kakaknya seperti Samsung Galaxy S10 (6,1 inchi), Samsung Galaxy S10+ (6,4 inchi), dan Samsung Galaxy S10e (5,8 inchi). Ukuran layar S10 Lite sama seperti Note 10 Lite.

Soal kualitas layar Super AMOLED plus tidak perlu diragukan lagi. Lebih kaya warna, lebih tipis, dan juga lebih hemat penggunaan daya.

Mengusung konsep Infinity O display, rasio layar dengan bodi S10 Lite adalah 87 %. Dengan bezel atas dan bawah yang tipis membuatnya sangat nyaman untuk dipandang. Apalagi dengan kamera depan yang diletakan di punch hole kecil sehingga tidak begitu makan banyak tempat di layar.

Sayangnya layar yang bagus ini tidak dilindungi kaca pelindung seperti seri flagship lain. Selain itu juga tidak dibekali IP rating untuk anti debu dan air.

Performa

Dengan menyandang kata Lite, pastinya ada hal yang dipotong dari spesifikasi standarnya. Namun Samsung Galaxy S10 Lite tetap membawa prosesor yang sama yakni Snapdragon 855, hanya saja pilihan ramnya dikurangi yakni 6 atau 8 GB saja. Sedangkan untuk internalnya, smartphone ini mengandalkan 128 GB saja dimana S10 standar memilikk pilihan memori 512 GB.

Ketahui Bagaimana Cara Membuat Flashdisk Bootable Dengan Rufus

Performanya didukung dengan baterai berdaya tahan 4500 mAh yang jauh lebih besar dari versi standarnya, hal ini membuat Samsung Galaxy S10 Lite memiliki sedikit nilai lebih di urusan daya tahan dan performa. Uniknya, hasil dari bocoran skor Antutu memunjukkan versi atau varian Lite ini memiliki skor  yang lebih tinggi kerimbang versi standarnya,

Triple Kamera Gahar

Smartphone besutan Samsung dikenal memiliki kualitas kamera yang mumpuni. Terlebih seri flagship mereka, termasuk Samsung Galaxy S10 Lite. Meskipun varian “lite” yang identik dengan sesuatu yang tidak terlalu wah, Samsung S10 Lite tetap saja memiliki kamera yang mumpuni.

Kamera utama memiliki resolusi 48 MP dengan fitur OIS (Optical Image Stabilizer) dan super steady sekaligus. Penggabungan dua fitur tersebut akan membuat perekaman video menjadi lebih stabil.

Kamera kedua adalah kamera ultrawide 12 MP yang mampu menjangkau sudut pandang yang lebih lebar dalam pengambilan gambar. Kamera ultra wide ini juga dibekali dengan fitur super steady.

Kamera selanjutnya adalah kamera makro 5 MP. Penggunaan kamera makro untuk pengambilan objek dari jarak sangat dekat.

Untuk kamera selfie memiliki resolusi 32 MP dengan bukaan f/2.2 dan dibekali fitur HDR.

Baterai 4500 mAh + Fast Charging 45 W

Sebagai penopang daya, Samsung Galaxy  S10 Lite ditenagai dengan baterai berkapasitas 4500 mAh. Cukup besar dan mampu bertahan seharian untuk dipakai normal sehari-hari.

Selain itu sudah dibekali fitur fast charging 45 W.  Sehingga memungkinkan Anda untuk melakukan pengisian daya secara cepat dan tidak membutuhkan powerbank. Pengisian dari kosong hingga penuh hanya perlu waktu sekitar 66 menit.

Harga

Di sisi harga sebenarnya Samsung mungkin akan membuat para konsumen setianya binging. Pasalnya seri S dan Note memang ditujukan sebagai smartphone flagship yang premium. Sedangkan untuk varian seri A ditujukan untuk seri menengah yang sedikit membawa fitur khas flagship Samsung. Letak seri Lite ditengah antara S series dan A series bisa merusak pasarnya.

Begini Cara Mengetahui Algoritma Youtube Pada tahun 2021

Pasalnya harga Samsung Galaxy S10 Lite yang mencapai angka mulai dari 8,9 jutaan tersebut juga merupakan rentang harga yang dimiliki oleh A Series dengan rentang harga yang tidak jauh berbeda. Dengan demikian para konsumenlah yang dituntut agar lebih cerdas dalam memilih produk sesuai dengan ekspetasi dan budget yang dimiliki.

Itulah beberapa informasi serta ulasan dari smartphone terbaru samsung di Tahun 2021 ini dan bisa dibilang menjadi langkah yang mengejutkan baik bagi brand lain ataupun juga bagi konsumen. Semoga artikel ini membantu kamu dalam menentukan mana pilihan smartphone yang tepat unutk menemanimu di Tahun 2021 ini.

Kelebihan Samsung Galaxy S10 Lite

Samsung Galaxy S10 Lite memiliki sejumlah kelebihan, yaitu:

  • Chipset ngebut Snapdragon 855 dengan fabrikasi 7nm
  • RAM besar 8 GB
  • Kamera khas Samsung yang mumpuni
  • OS dan UI terbaru
  • NFC
  • Fitur terbaru Samsung

Kekurangan Samsung Galaxy S10 Lite

Samsung Galaxy S10 Lite memiliki kekurangan seperti:

  • Tidak memiliki IP rating
  • Tidak ada Samsung Dex
  • Tidak ada kaca pelindung
  • Bodi plastik

Kesimpulan

Samsung Galaxy S0 Lite cocok buat mereka yang ingin upgrade ke flagship Samsung dan belum pernah menggunakan flagship Samsung sebelumnya. Dengan banderol Rp8.999.000 akan cukup mengusik Xiami Mi Note 10 Pro yang tidak terpaut begitu jauh harganya.