Situs Download Jurnal Gratis

Tips Mencari Situs Download Jurnal Gratis Yang Bereputasi

Jurnal ilmiah merupakan salah satu diantara bermacam jenis sebuah literatur yang begitu dalam yang pastinya sangat sering untuk dijadikan sebuah referensi. Untuk referensi penelitian atau dalam penyusunan sebuah karya ilmiah misalnya seperti tesis, skripsi, disertasi ataupun jurnal gratis yang dapat ada di situs download Jurnal gratis yang lainnya dan masih satu tema pembahasan. 

Ketika sebuah jurnal nantinya akan dijadikan sebuah sumber referensi maka pastinya akan ada beberapa kriteria yang memang harus terpenuhi dalam jurnal tersebut. Sehingga status jurnal bisa berubah menjadi “layak” bila dijadikan sebuah referensi nantinya karena tidak semua jurnal bisa layak untuk dijadikan sebuah referensi akibat satu dan hal yang lainnya. 

Hal utama yang harus diketahui adalah jurnal yang layak dijadikan sebuah referensi merupakan sebuah jurnal yang sudah dapat memenuhi kriteria sebagai jurnal yang terakreditasi dan jurnal memiliki reputasi. 

Untuk mengklasifikasikan sebuah jurnal ilmiah memang sangatlah luas. Jika dilihat dari segi publikasinya bisa ditemukan jurnal internasional dan nasional. Jurnal nasional bisa dikatakan berkualitas sudah diakui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) dan Kepala LIPI baru dapat disebut dengan jurnal yang terakreditasi. 

Segala bentuk jurnal yang sudah berstatus terakreditasi otomatis akan menjadi sebuah jurnal nasional yang sudah bisa dijadikan sebuah referensi. 

Sedangkan jurnal yang bereputasi adalah jurnal yang ditujukan bagi jurnal internasional yang cakupan publikasinya lebih luas lagi yang dimaksudkan dengan jurnal internasional yang sudah bereputasi merupakan jurnal-jurnal ilmiah yang memang sudah memenuhi kriteria sebagai jurnal internasional dan sudah berada pada situs download jurnal gratis yang sudah memiliki reputasi. 

Sekarang ini ada dua situs database untuk jurnal ilmiah yang sudah bereputasi yaitu Web Science dan Scoups yang dalam artian jika ada jurnal internasional yang sudah ada dalam situs tersebut merupakan sebuah jurnal internasional yang memang sudah bereputasi. 

Nah, sudah bisa dibedakan dengan mudah bukan antara jurnal yang sudah terakreditasi dan bereputasi. 

Ciri Jurnal Yang Sudah Memiliki Reputasi

Supaya lebih mudah lagi dalam mencari sebuah jurnal yang bereputasi, maka kamu harus pahami beberapa ciri-cirinya lebih dahulu baru kamu dapat mencarinya di situs download jurnal gratis yang ada di Indonesia dan sudah memiliki reputasi. 

1.Memiliki Struktur Yang Sudah Memenuhi Kaidah Ilmiah Dan Sebuah Etika Keilmuan

Jurnal bereputasi dapat dilihat dari dari segi struktur dalam penulisannya. Ciri khas sebuah jurnal ilmiah adalah pada seluruh bagian dan kalimatnya disusun berdasarkan dengan kaidah yang sangat ilmiah dan memiliki etika keilmuan. 

Jika memiliki struktur penulisan yang sudah sangat berbeda dari kaidah yang berlaku, maka tidak dapat dikatakan adalah sebuah jurnal. Hal tersebut malah akan lebih seperti karya tulis yang umumnya tidak dapat dikatakan sebagai jurnal ilmiah atau hanya bisa dikatakan sebagai majalah. 

Sedangkan narasi yang terdapat pada sebuah jurnal semuanya berdasarkan bukti yang sudah ada, hal yang biasa dimaksudkan sebagai kesesuaian dalam kaidah yang ilmiah dan sebuah etika dalam bidang keilmuan. Hasil yang real dari sebuah penelitian harus dapat dibuktikan secara nyata oleh penulis maupun siapapun. 

Jika yang disampaikan dalam sebuah jurnal hanya opini saja maka tidak bisa disebut sebagai sebuah jurnal. 

2. Mempunyai ISSN

Jika nantinya kamu akan memilih situs download jurnal gratis kamu harus bisa pastikan bahwa jurnal tersebut sudah mempunyai ISSN. International Standard Serial Number atau ISSN uang berupa sebuah identitas untuk terbitan penulisan ilmiah, disini yang dimaksud adalah jurnal ilmiah internasional. 

ISSN memiliki fungsi yang memang hampir sama dengan ISBN pada buku yang dapat diterbitkan secara luas. Jurnal yang memang sudah memiliki ISSN berarti jurnal tersebut memanglah benar-benar sudah terdaftar, sudah di data, dan bisa dikatakan adalah sebuah jurnal yang resmi. Nantinya ISSN hanya dapat dimiliki oleh satu jurnal saja. 

Jika nantinya ada dua jurnal yang memiliki judul yang sama diterbitkan ke dalam dua versi yaitu cetak dan elektronik, maka nantinya jurnal tersebut akan memiliki dua nomor ISSN yang berbeda yang satu diperuntungkan untuk jurnal elektronik dan satunya untuk jurnal cetak. 

3. Memakai Bahasa Resmi PBB

Hal ketiga dari jurnal bereputasi adalah bisa dilihat dari bahasa yang dipakai. Jika membahas mengenai jurnal bereputasi maka tidak akan ada yang menggunakan bahasa Indonesia. 

Seluruh jurnal dari berbagai belahan dunia memakai bahasa resmi dari PBB yaitu dalam bahas Mandarin, Bahasa Inggris, Arab, Rusia, Spanyol dan Prancis. Jika diluar dari bahasa yang sudah terdaftar dalam PBB maka jurnal tersebut belum dapat dibilang sebagai jurnal internasional, apalagi sebuah jurnal yang bereputasi. 

4. Mempunyai Terbitan Dalam Versi Daring

Syarat yang harus dimiliki jurnal internasional adalah dapat diakses oleh banyak orang yang ada di seluruh dunia. Maka ciri terpenting dari sebuah jurnal internasional adalah mrmlunyai terbitan dalam versi online terutama yang sudah bereputasi. 

Hal tersebut dilakukan karena jurnal yang sudah diterbitkan secara online membuatnya dapat menembus batasan geografis yang dapat memungkinkan untuk jurnal tersebut agar dapat dibaca oleh kalangan masyarakat yang ada di seluruh dunia. 

5. Dikelola Dengan Cara Profesional

Mencari website jurnal gratis  sama dengan cari jurnal pendidikan yang bereputasi. Pastikan jurnal yang berada dalam website tersebut memang memiliki reputasi dan biasanya ditunjukkan pengelola secara profesional. 

Ciri jurnal internasional yang memiliki reputasi berikutnya adalah publikasinya dikemas secara profesional. Sudah ditangani perusahaan penerbit yang sudah memiliki kewenangan dan kemampuan untuk publikasikan sebuah jurnal ke tanah internasional. 

6. Adanya Anggota Dewan Editor

Jurnal internasional sangat wajib dikelola  dan diperiksa terlebih dahulu oleh Dewan editor yang memang berwenang dan profesional yang memang sudah pakarnya dalam bidang tersebut yang memang berasal dari empat negara yang berbeda-beda. 

Dan dapat dipastikan jurnal tersebut sudah sesuai dengan dalam bidang keilmuan yang berasal dari berbagai negara yang kemudian dapat dipastikan layak untuk menjadi jurnal internasional. 

7. Diterbitkan Dalam Satu Terbitan 

Jurnal Internasional yang bereputasi diterbitkan pada satu issue atau dalam satu terbitkan. Maksud dari pernyataan tersebut adalah jurnal internasional tersebut walaupun ditulis oleh beberapa penulis yang berasal dari berbagai negara maka akan tetap diterbitkan dalam satu nomor penerbitan. 

8. Pada Umumnya Ditulis Oleh Penulis Yang  Berasal Minimal 2 Negara

Jurnal gratis Internasional ataupun yang berbayar harus kamu pastikan bahwa jurnal tersebut ditulis oleh lebih dari satu penulis. Harus kalian tahu syarat suatu jurnal dapat masuk ke dalam jajaran jurnal internasional yang bereputasi biasanya akan disusun minimal oleh dua orang penulis dan berasal dari dua negara yang berbeda. 

Jurnal tersebut tidak akan memiliki masalah jika ditulis lebih dari dua orang dan lebih dari dua negara yang berbeda. Untuk memastikannya kamu dapat melihat pada bagian biodata penulisnya. 

9. Terdaftar Pada Database Internasional

Untuk mengetahui perbedaan paling dasar diantara Jurnal Internasional dan Jurnal Internasional yang sudah bereputasi adalah bisa tidaknya jurnal tersebut menembus database internasional. 

Dalam dunia jurnal internasional memiliki beberapa situs yang sudah banyak dikenal orang memiliki reputasi yang baik karena dalam situs tersebut mempunyai seleksi yang ketat agar dapat ditembus oleh jurnal yang memang dipublikasikan secara internasional. Maka dari itu jurnal yang sudah masuk dalam database tersebut adalah jurnal internasional bereputasi. Seperti situs Web Science dan Scoups yang memang sudah diakui secara internasional. 

Situs Jurnal Pendidikan Di Indonesia Yang Sudah Bereputasi

Pada pembahasan sebelumnya akan membuat kamu lebih mudah untuk menemukan jurnal pendidikan yang bereputasi. Berikut adalah situs download jurnal gratis pendidikan yang ada di Indonesia. 

1.Sage Journals

Sage journals merupakan sebuah situs yang resmi dari salah satu penerbit yang terkemuka yang berasal dari Amerika Serikat yaitu Sage Publishing. Sage Publishing lalu menyediakan sebuah situs yang dikhususkan supaya dapat membantu para akademisi, mahasiswa dan juga pelajar untuk dapat mengakses jurnal internasional yang sudah bereputasi. 

Dalam situs tersebut sudah mempublikasikan 1000 jurnal lebih yang terdiri dari bermacam-macam bidang keilmuan. Kamu bisa dapatkan jurnal yang berasal dari bidang sosial, politik, kriminologi, manajemen, bisnis, hubungan internasional dan bidang pendidikan. Sehingga menjadikan sebuah destinasi yang dapat dipilih untuk mencari sebuah jurnal internasional yang bereputasi dan bisa diakses dengan gratis. 

2. Google Scholar

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa google scholar menjadi salah satu situs download jurnal gratis yang ada di Indonesia. Disini sudah menjadi database bagi berbagai jurnal-jurnal internasional maupun secara nasional yang berasal dari berbagai bidang keilmuan. 

Jika kamu akan mencari jurnal pendidikan yang ada di Indonesia secara gratis mengakses situs ini adalah hal yang paling tepat yang dapat kamu lakukan dan dijamin akan begitu mudahnya karena memiliki koleksi yang sangat lengkap, mudah, dan situsnya dibuat dengan user friendly yang sangat sederhana. 

Situs yang dimiliki oleh google ini menjadi sebuah pilihan yang bagus, karena akan menyediakan jurnal yang berbahasa Indonesia pula. 

3. Microsoft Academic

Sebuah perusahaan seperti Microsoft juga menghadirkan mesin pencarian yang sama srt google yang mereka beri nama Microsoft Academic. Sesuai dengan nama yang disematkannya mesin pencarian tersebut dipakai untuk mencari sebuah literatur yang dikhususkan dalam bidang akademik, yaitu artikel ilmiah dan sebuah jurnal. 

Microsoft juga akan memberikan jurnal lebih dari 48 ribu jenis jurnal internasional memang bereputasi. Akses ke dalam jurnal tersebut akan dijamin gratis kamu dapat unduh secara mudahnya. 

4. DOAJ

Directory Of Open Access Journals atau biasa disingkat dengan DOAJ adalah salah satu situs terbaik jika kamu sedang mencari sebuah jurnal yang ilmiah dan bereputasi. Pada situs DOAJ memiliki tampilan yang begitu sederhana dengan pilihan menu yang cukup terbatas dan hal tersebut akan memudahkan dalam melakukan sebuah pencarian. 

Pandangan matamu akan langsung menuju pada sebuah kolom pencarian dan kamu dapat langsung mengetikkan kata kunci dari jurnal yang sedang kamu cari. Dalam salah satu situs download jurnal gratis ini kamu dapat menemukan koleksi jurnal ilmiah yang hampir mencapai 11.500 dan memiliki 5 juta artikel ilmiah yang membuatnya menjadi database yang patut disinggahi. 

Dijamin kamu akan lebih mudah mendapatkan referensi dalam berbagai bentuk jurnal maupun sebuah artikel ilmiah disini. Jangan khawatir semua artikel yang berada di situs download jurnal gratis DOAJ sudah di cek terlebih dahulu dan dipastikan bereputasi. 

5. JSTOR 

Journals Storage atau disingkat JSTOR mempunyai berbagai jenis referensi jurnal ilmiah. Khusus pada jurnal ilmiahnya sendiri sudah mencapai 12 juta jenis jurnal ataupun lebih yang masih ditambah dengan artikel ilmiah dan berbagai buku-buku elektronik. 

Keseluruhan literatur pada JSTOR berasal dari berbagai belahan dunia yang sebelumnya sudah dilakukan seleksi secara ketat. Sehingga dapat memenuhi kriteria yang memang sudah ditentukan dan dapat masuk dalam kategori jurnal internasional yang bereputasi. 

6. LIPI

Jika kamu mencari sebuah jurnal yang open access atau yang dapat kamu akses secara gratis dan masuk dalam kategori jurnal internasional yang bereputasi kamu dapat situs download jurnal gratis LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). 

Pada situs ini sudah ada lebih dari 15 ribu jurnal dan artikel ilmiah yang menjadikannya sebuah situs yang memang patut dikunjungi untuk para akademisi yang sedang berburu jurnal yang ilmiah dalam bidang apapun baik itu bidang pendidikan dan yang lebih menarik situs ini akan selalu memberikan updatean jurnal yang paling baru yang sudah diterbitkan oleh para penerbit jurnal di bidang ilmiah. 

7. Perpusnas

Perpustakaan nasional Indonesia atau perpusnas akan selalu menjadi tujuan yang baik dan banyak direkomendasi oleh banyak orang. Hal tersebut karena situs tersebut memang dikelola oleh pemerintah yang memang sudah berlangganan jurnal internasional bereputasi tersebut. 

Beberapa jurnal internasional yang berasal dari para penulis Indonesia dalam bidang pendidikan dapat ditemukan disini. Memiliki koleksi yang lengkap karena pada tiap tahunnya pemerintah akan membeli lebih banyak jurnal. 

8. Portal Garuda

Website jurnal gratis portal garuda yang memang dikenal luas sebagai sebuah situs ideal untuk menemukan jurnal ilmiah yang bereputasi bisa jadikan sebuah pilihan juga. Situs ini yang mengelola adalah IPI atau Indonesia Publications Index yang memang hanya menerbitkan jurnal internasional bereputasi dan jurnal nasional yang sudah terakreditasi. 

Database yang dikelola oleh IPI ini banyak yang bilang memiliki sekitar 3.000 jurnal lebih yang berasal dari bermacam-macam bidang keilmuan. Maka kamu akan sangat tepat sekali mencari jurnal pada bidang pendidikan yang sangat tepat jika kamu mengunjunginya. 

9. IOSR Journal

International Organization Of Scientific Research atau IOSR Journal bisa kamu jadikan sebuah tujuan yang terbaik untuk dapat menemukan sebuah jurnal internasional bereputasi. Situs ini memang dikelola oleh para pihak swasta namun memiliki dedikasi yang cukup tinggi. 

Disini kamu akan selalu mendapatkan updatean jurnal terbaru yang berasal dari berbagai bidang keilmuan. Sehingga kamu akan sangat dipermudah dalam mencari jurnal pendidikan Indonesia pada situs ini dan pastinya kamu juga dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhanmu. 

10. CiteSeer

CiteSeer dapat kamu jadikan tujuan dalam mencari referensi penulis karya ilmiah. Disini dapat dengan mudah untuk mendapatkan jurnal ilmiah bereputasi dari berbagai belahan dunia. CiteSeer dasarnya adalah sebuah perpustakaan yang dijalankan secara digital, sehingga memiliki skema yang mirip dengan perpusnas yang ada di Indonesia. 

Menjalankan fungsinya sebagai perpustakaan digital sehingga dalam situs ini kamu tidak hanya akan disediakan sebuah jurnal ilmiah yang bersifat gratis. Namun kamu juga akan disediakan paper dan juga referensi akademik yang berbentuk artikel ilmiah yang berkualitas. 

Cara Memilih Smartphone Untuk Bisnis Online yang Tidak Boleh Dilewatkan