Rekomendasi Film Detektif Terbaik yang Sayang Dilewatkan

7 min read

Rekomendasi Film Detektif Terbaik yang Sayang Dilewatkan

Film dengan genre detektif memang sudah lama menjadi genre yang banyak dicari karena keseruan dan ketegangan yang diciptakannya. Film detektif terbaik akan membuat anda menerka-nerka arah cerita dan bagaimana sebuah film itu berakhir.

Kebanyakan film detektif terbaik selalu memiliki plot twist seru di akhir cerita yang sulit ditebak oleh penonton. Nah untuk anda yang ingin menghabiskan waktu luang dengan menonton film, berikut beberapa rekomendasi film detektif terbaik yang sayang untuk dilewatkan. Check this out!

Rekomendasi Film Detektif Terbaik

1. Searching (2018)

Searching merupakan salah satu film detektif terbaik yang tidak boleh anda lewatkan. Film yang rilis di tahun 2018 ini bercerita tentang seorang ayah bernama David Kim yang kehilangan anaknya, Margot Kim. David adalah seorang duda yang membesarkan anaknya sendirian.

Rekomendasi Film Detektif Terbaik yang Sayang Dilewatkan

Ia Pun berusaha mencari kemanakah anaknya pergi dan menghilang. Sebelum menghilang, Margot sempat menelpon ayahnya dan mengatakan hal yang aneh. Layaknya detektif, David berusaha hari demi hari untuk menemukan anaknya kembali.

Yang unik dari film ini adalah, latar belakang banyak diambil dari kamera laptop yang digunakan oleh David selama mencari anaknya. Akankah David berhasil menemukan Margot dan mengungkap kebenarannya?

2. Knives Out (2019)

Selanjutnya ada film berjudul Knives Out yang bercerita tentang seorang penulis novel misteri bernama Harlan Thrombey.Ia adalah seorang yang kaya raya dan secara tragis justru terbunuh secara misterius pada saat dia ulang tahun yang ke 85.

Keluarga Harlan akhirnya berkumpul dan menyewa detektif terkenal bernama Benoit Blanc yang sangat terkenal pada saat itu. Benoit pun mulai bekerja dengan mewawancarai seluruh keluarga yang datang pada perayaan ulang tahun sang novelis.

Dengan ketelitian dan kesabarannya, Benoit terus menyelidiki siapa sebenarnya pembunuh Harlan Thrombey. Film detektif terbaik ini berhasil mendapatkan banyak pujian atas skenario, plot dan akting para pemainnya.

3. Trance (2013)

Film Trance bercerita tentang seorang pegawai rumah lelang bernama Simon. Simon baru saja menyelesaikan pekerjaannya dan secara tiba-tiba mendapatkan hantaman di kepalanya yang membuatnya amnesia. Ia pun kehilangan seluruh ingatannya, kecuali satu ingatan yaitu letak lukisan mahal berharga jutaan dolar.

Ingatannya yang satu ini tentu menjadi sasaran empuk para perampok yang menginginkan lukisan tersebut. Simon Pun akhirnya diculik oleh kumpulan perampok yang memaksanya untuk mengungkapkan dimana lokasi lukisan tersebut berada.

Para perampok itu bahkan menyewa hipnoterapis untuk mendapatkan ingatan simon. Apakah perampok tersebut berhasil mendapatkan informasi dari Simon? Apakah SImon berhasil bungkam dan menyelamatkan lukisan tersebut?

4. Zodiac (2007)

Film detektif terbaik selanjutnya adalah Zodiac yang mulai rilis tahun 2007. Film ini diadaptasi dari kisah nyata seorang pembunuh berantai di Amerika Serikat tepatnya di San Francisco yang beraksi pada tahun 1960-an. Hingga kini kasus pembunuhan berantai itu masih menjadi misteri yang tidak terpecahkan.

Pembunuh berantai ini akhirnya diberi nama zodiac. Film ini dibintangi oleh banyak bintang terkenal dunia seperti Jake Gyllenhaal, Robert Downey Jr., dan Mark Rufallo. Ketiganya merupakan pemeran utama yang bekerjasama untuk memecahkan kasus dan mencari siapa pembunuh sebenarnya alias si Zodiac ini. Akankah mereka berhasil meringkus si zodiac ini?

5. Enola Holmes (2020)

Selanjutnya ada film yang masih hangat nih, Enola Holmes yang baru rilis di tahun 2020. Anda sebagai pecinta film detektif tentu tidak asing dengan Sherlock Holmes bukan? Nah Enola Holmes merupakan salah satu adik dari detektif terkenal Sherlock Holmes.

Film ini mengisahkan gadis 16 tahun (Enola Holmes) yang tinggal di pedesaan bersama ibunya. Namun ketika ia berulang tahun, ibunya justru menghilang dan meninggalkan kode misterius dan petunjuk untuk menemukannya.

Hilangnya sang ibu tentu membuat kedua kakak Enola bernama Mycroft dan Sherlock pulang kembali ke desa dan mencari keberadaan ibunya.

Namun kepulangan keduanya justru membuat Enola terganggu dan memutuskan kabur dari rumah sambil mencari ibunya. Ditengah kepergiannya, ia justru bertemu dengan seorang buronan bernama Lord Viscount Tewksbury. Bagaimana kisah Enola selanjutnya? Akankah ia berhasil menemukan ibunya?

6. Before I Go to Sleep (2014)

Jika anda adalah seorang yang paranoid, sebaiknya anda tidak menonton film ini karena ceritanya sedikit membuat pikiran paranoid. Film detektif terbaik ini bercerita tentang Christine Lucas yang mengalami amnesia. Ia pun menjalani terapi karena ingin memulihkan ingatannya.

Namun setiap kali ia berusaha mengingat sesuatu, ia akan mengalami sakit kepala hebat yang tak tertahankan. Sang dokter akhirnya menyarankan Christine untuk melakukan therapy video diary. Cara ini pun sedikit demi sedikit berhasil memulihkan ingatannya.

Namun ketika ia mulai mengingat masa lalunya, ia justru takut dan bingung karena jati diri orang orang disekitarnya terungkap. Ada juga kejadian yang akhirnya membuatnya bergidik ngeri dan membuatnya semakin takut berada di rumahnya sendiri. Apa yang sebenarnya terjadi pada Christine?

7. Pintu Terlarang (2009)

Rekomendasi film detektif terbaik selanjutnya berasal dari Indonesia loh. Film ini berhasil mengundang decak kagum penonton karena alurnya yang menegangkan dan menghadirkan banyak plot twist.

Film berjudul pintu terlarang ini menceritakan seorang seniman patung bernama Gambir yang digambarkan menjadi seorang yang sempurna karena kaya, sukses, memiliki istri cantik dan banyak kolega.

Rekomendasi Film Detektif Terbaik yang Sayang Dilewatkan

Anehnya, patung yang dibuat Gambir kebanyakan adalah patung berbentuk wanita hamil. Dan yang menjadi rahasia dari aura patung tersebut adalah dimasukkannya janin aborsi dalam patung. Siapa yang sebenarnya memasukkan janin itu dalam patung buatan Gambir?

8. Sherlock Holmes (2009)

Nama Sherlock Holmes tentu sudah tidak asing lagi bagi anda para pecinta film detektif terbaik. Film yang satu ini diadaptasi dari novel karangan Sir Arthur Conan Doyle yang legendaris. Sebenarnya banyak sekali film sherlock holmes yang dibuat namun versi ini adalah yang paling banyak ditonton.

Dalam film ini, Sherlock Holmes bersama rekan setianya Dr. John Watson akan bekerja sama untuk menangkap Lord Blackwood yang diberitakan telah bangkit dari kubur. Blackwood merupakan penjahat kelas kakap yang akan membunuh banyak korban, itulah mengapa ia harus menangkapnya.

Film ini tentu memuat banyak hipotesis menarik Sherlock Holmes dan analisis-analisis masuk akal yang membuat anda berfikir sepanjang film. Seru bukan?

9. Spotlight (2015)

Banyak film detektif terbaik yang diangkat dari kisah nyata, salah satunya adalah film Spotlight yang mengangkat kisah nyata para jurnalis dari koran Boston Globe yang berhasil mengungkapkan kasus pelecehan di gereja.

Setelah berhasil diungkap oleh Boston Globe, kasus ini menjadi perbincangan panas dan membuka banyak jurnalis untuk mengusut kasus ini juga. Film diawali dengan adegan ditangkapnya seorang pastur di kepolisian.

Adegan beralih pada kantor kora Boston Globe yang memperlihatkan tim ‘Spotlight’ yang sedang berdiskusi dan dipimpin oleh editor bernama Robinson. Awalnya, tim ini hanyalah mengusut kasus manipulasi kepolisian. Namun berdasarkan gosip, mereka akhirnya tertarik mengungkap kasus pelecehan seksual di gereja meskipun hal yang mereka lalui akan sulit.

10. Under the Silver Lake (2018)

Film detektif terbaik yang satu ini bercerita tentang kehidupan Sam (diperankan oleh Andrew Garfield) sang pengangguran yang sering sekali berbicara dan menyukai teori konspirasi. Pada suatu ketika, ia bertemu dengan seorang wanita cantik di dekat rumahnya.

Anehnya, wanita itu menghilang di hari setelahnya bersama seluruh barangnya, kecuali satu yaitu kotak kecil di dalam apartemennya. Sam pun berusaha untuk menyelidiki kemana dan bagaimana wanita ini bisa menghilang secara tiba-tiba.

Saat menonton film ini, anda harus fokus dan cermat, karena film ini selalu menyelipkan banyak petunjuk dalam adegan. Jangan sampai terlewat ya!

11. Shutter Island (2010)

Selanjutnya ada film berjudul Shutter Island yang rilis pada tahun 2010. Bercerita tentang seorang polisi dari Amerika Serikat (diperankan oleh Leonardo DiCaprio) bernama Tedy Daniels yang mendapatkan tugas untuk menyelidiki kasus hilangnya pasien rumah sakit jiwa Aschellife.

Dia pun akhirnya mendatangi rumah sakit jiwa tersebut dan menemukan banyak kejanggalan dalam penyelidikan. Banyak catatan para pegawai dan karyawan yang tidak cocok satu sama lain dan membuatnya semakin penasaran dengan kasus ini.

Suatu kali, tiba-tiba rumah sakit jiwa itu diterjang badai yang membuat banyak pasien kabur. Tedy Daniels pun mewawancarai para interniran yang akhirnya mengarah ke mercusuar yang merupakan kunci kasus ini. Tidak berhenti disana, film ini masih memiliki plot twist yang pastinya akan membuat anda terkejut di akhir film.

12. The Girl with the Dragon Tattoo (2011)

Rekomendasi film detektif terbaik selanjutnya adalah film The Girl with the Dragon Tatto yang diangkat dari cerita novel dengan judul yang sama.

Film ini bercerita tentang seorang wartawan bernama Mikael Blomkvist yang mendapatkan tugas khusus untuk mencari dan menyelidiki wanita dari keluarga konglomerat yang telah hilang selama 40 tahun. Penyelidikan berjalan alot karena memang kasusnya adalah kasus lama.

Disaat penyelidikan, ia pun bertemu dengan seorang wanita bertato naga bernama Lisbeth Salander. Keduanya pun saling bekerja ama untuk menemukan wanita kaya raya yang menjadi kliennya tersebut. Dapatkah keduanya mengungkap kebenaran hilangnya wanita itu?

13. Murder on the Orient Express (2017)

Selain nama Sherlock Holmes, anda sebagai pecinta film detektif terbaik juga pasti tidak asing dengan nama Hercule Poirot. Tokoh detektif ini pertama kali muncul dalam Novel karangan Agatha Christie yang kemudian meledak kepopulerannya hingga diangkat menjadi film berjudul Murder on the Orient Express.

Film ini bercerita tentang Poirot yang ingin pergi liburan namun justru terjebak dalam kasus pembunuhan yang dialami oleh penumpang kereta. Penumpang kereta yang terbunuh itu adalah Edward Ratchett yang ternyata adalah seorang mafia.

Poirot pun akhirnya menyelidiki kasus ini dan meyakini jika pelakunya masih berada dalam kereta setelah melalui penyelidikan panjang dan pengumpulan bukti, Poirot meyakini beberapa nama yang menjadi tersangka. Para tersangka tersebut memiliki latar belakang penting dan berhubungan dengan korban.

Namun karena kecerdasannya, Poirot berhasil menemukan titik terang dari kasus menyedihkan ini. Apakah yangs ebenarnya terjadi pada Edward? Bisakan Porot menemukan pembunuhnya yang asli?

14. Memories of Murder (2003)

Rekomendasi film detektif terbaik selanjutnya berasal dari negeri gingseng, Korea Selatan. Film Memories of Murder ini rilis tahun 2003 namun tetap menjadi favorit banyak pecinta film detektif. Film ini merupakan adaptasi dari kisah nyata seorang pembunuh berantai di Korea yang sering beraksi di saat hujan.

Memories of Murder banyak menceritakan perjuangan petugas kepolisian dan detektif saat menangkap pembunuh ini selagi berusaha melindungi korban korban yang kemungkinan dibunuh. Film ini banyak menyajikan ketegangan di setiap adegan yang pastinya membuat anda ikut menerka-nerka kelanjutan film ini.

Belum lagi adanya plot twist yang pastinya membuat anda heran karena kecerdasan penulis dan sutradaranya. Penasaran? Yuk tonton Memories of Murder!

15. The Third Murder (2017)

Selain Korea dan Indonesia, film detektif terbaik juga banyak berasal dari Jepang loh. Salah satunya adalah film berjudul The Third Murder yang rilis di tahun 2017. Film ini menceritakan pemecahan kasus sulit yang sudah terjadi 30 tahun yang lalu.

Rekomendasi Film Detektif Terbaik yang Sayang Dilewatkan

Terdakwa akan diputuskan untuk dihukum mati. Kemudian tersangka utama dalam pembunuhan tersebut didampingi oleh seorang pengacara elit.

Pengacara ini akhirnya menyelidiki ulang kasus ini dan menemui banyak kejanggalan yang semakin membuktikan bahwa terdakwa yang merupakan kliennya ini tidak bersalah atas kasus tersebut. Siapa sebenarnya dalang pembunuhan ini? Dapatkah pengacara tersebut memenangkan kasus dan menyelamatkan terdakwa dari hukuman mati?

16. Extreme Job (2019)

Selain memories of murder yang tayang di tahun 2003, ada lagi salah satu film detektif terbaik yang sangat laris di Korea bahkan di dunia berjudul ‘Extreme Job’.

Film yang tayang di tahun 2019 ini tidak hanya menyajikan kisah menegangkan antar detektif yang sedang menyelidiki kasus, namun juga menyajikan banyak adegan komedi yang mengocok perut.

Film ini bercerita tentang satu tim detektif yang melakukan penyamaran demi mengungkap sebuah kasus narkoba yang melibatkan geng besar. Dalam menuntaskan kasusnya, tim detektif ini menyamar dan berakhir membuka restoran ayam goreng. Namun tidak disangka, restoran ayam goreng tersebut justru laris dan populer.

Merekapun mengalami krisis identitas bahwa sebenarnya mereka ini detektif atau penjual ayam goreng? Bagaimana kisah selanjutnya dari para detektif ini?

Akankah mereka fokus kembali untuk menyelesaikan kasus atau justru mengabaikan kasusnya dan berlatih untuk menjual ayam goreng yang memiliki keuntungan lebih baik? Film ini sangat menarik perhatian dan mendapatkan banyak penghargaan karena laur menarik yang tidak biasa.

17. Catch Me If You Can (2002)

Rekomendasi film detektif terbaik yang terakhir adalah Catch Me If You Can. Film yang rilis akhir tahun 2002 ini benar-benar layak mendapat apresiasi besar. Bagaimana tidak, film lawas ini dibuat berdasarkan kisah nyata Frank W. Abagnale yang merupakan penipu terkenal di dunia.

Ia berhasil menyamar menjadi dokter, pengacara, pilot bahkan pegawai bank. Ia juga berhasil membuat kontrak bernilai jutaan dolar dalam penyamarannya. Kembali ke film, tokoh Frank diperankan oleh Leonardo DiCaprio. Atas segala tindakan kriminalnya itu, ia menjadi target utama FBI.

Meskipun begitu, Frank selalu bisa berkelit dan selalu selangkah lebih dekat dibandingkan agen FBI yang mengejarnya. Film ini sukse mendapatkan kritikan positif dari banyak penonton atas kesuksesannya.

Nah itulah tadi beberapa rekomendasi film detektif terbaik yang sayang jika dilewatkan. Semoga rekomendasi diatas dapat anda jadikan referensi untuk menghabiskan waktu luang anda ya. Semoga bermanfaat dan selamat menonton!

  15 Daftar Film Thailand Lucu Menghibur 
Avatar