Prinsip Ekonomi: Pengertian, Manfaat, ciri-ciri, Tujuan dan Prinsip Dasar Ekonomi

3 min read

Prinsip Ekonomi: Pengertian, Manfaat, ciri-ciri, Tujuan dan Prinsip Dasar Ekonomi – Di kondisi pandemi seperti sekarang ini, membawa dampak yang buruk atau merugikan segala bidang, namun yang paling dirugikan adalah bidang ekonomi. Pasalnya perekonomian di Indonesia semakin merosot dari waktu kewaktu, hal ini bahkan menyebabkan banyak perusahaan yang akhirnya bangkrut dan memilih menutup perusahaan.

Akibat dari ditutupna banyak perusahaan sehingga tidak sedikit pekerja yang dirumahkan dan menjadi penganggura. Hal ini sangat keras terasa karena prinsip ekonomi yang dipegang tidaklah begitu kuat dan bahkan tidak menggunakan prinsip ekonomi dalam menjalankan perusahaan padahal memegang prinsip ekonomi dalam menjalankan sebuah perusahaan atau yang berkaitan dengan penjualan sangat memerlukan prinsip ekonomi.

Apalagi dikondisi sekarang ini, yang mana setiiap orang harus mampu bersaing untuk mempertahankan dirinya dan juga perusahaannya dikala krisis seperti sekarang ini. Prinsip ekonomi adalah cara untuk mencegah dan memecahkan masalah perekonomian yang terjadi baik itu masalah ekonomi individu atau perusahaan Anda. Hal ini sesuai dengan pengertian prinsip ekonomi yang ada di Indonesia ataupun di dunia.

Untuk membahas mengenai prinsip ekonomi lebih lanjut, sebaiknya Anda memahami pengertiannya terlebih dahulu. Berikut ini informasi tentang pengertian, manfaat, ciri-ciri, tujuan, serta prinsip ekonomi.

Pengertian Prinsip Ekonomi

Prinsip ekonomi merupakan sebuah panduan dalam melakukan sebuah kegiatan ekonomi dengan tujuan mencapai perbandingan yang rasional di antara pengorbanan yang telah dikeluarkan dan juga hasil yang telah diperoleh. Hal ini guna tidak menimbulkan kerugian dari kegiatan ekonomi yang dilakukan, sebab ketika capaian hasil tidak seimbang dengan usaha yang dikeluarkan maka hal tersebut disebut kerugian.

Sebuah prinsip ekonomi selalu memegang teguh prinsip mengeluarkan usaha dengan melakukan pengorbanan sekecil-kecilna untuk mendapatkan hasil tertensu atau sesuai dengan pengorbanan yang dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pengertian prinsip ekonomi ini memang banyak digunakan oleh pengusaha baik pemula maupun yang telah sukses menuai keuntungan yang berlipat ganda dari usaha yang dikeluarkan.

  Pengertian Data dalam Statistika

Prinsip ekonomi ini tidak hanya berlaku pada satu sektor ekonomi saja, tetapi berlaku pada 3 sektor perekonomian, yakni produksi, distribusi, dan juga konsumsi. Sebuah prinsip ekonomi selalu mengedepankan keuntungan atau hasil yang akan diperoleh dari usaha yang telah dilakukan. Ketika Anda bergelut dalam kegiatan perekonomian, jangan pernah Anda berpikir untuk hanya berkorban tanpa mendapatkan keuntungan.

Pengertian dari prinsip ekonomi yang telah dipaparkan di atas merupakan pengertian yang telah dituliskan dalam situs resmi kementrian keuangan RI. Sehingga pengertian tersebut bersifat mutlak dan telah dibenarkan adana prinsip ekonomi. Sebab ketika Anda melakukan sebuah usaha dan ingin mengeluarkan usaha yang maksimal tetapi mendapatkan hasil yang kurang maka hal tersebut dinamakan dengan kerugian.

Ciri-Ciri Orang yang Menerapkan Prinsip Ekonomi

Berdasarkan pengertian prinsip ekonomi yang telah dipaparkan maka terdapat ciri-ciri orang-orang yang telah menerapkan prinsip ekonomi. Apakah Anda termasuk orang yang telah menerapkan prinsip ekonomi? Berikut ini ciri-ciri seseorang yang telah menerapkan prinsip ekonomi dalam kehidupannya.

-Bersikap hemat, seseorang yang telah menerapkan prinsip ekonomi di dalam kehidupannya pastinya selalu berhemat dalam kehidupannya. Senangtiasa menghindari yang namanya pemborosan, seperti hanya melakukan pembelian barang-barang yang benar-benar dibutuhkan dan penting. Bila pengeluaran tersebut dianggap tidak penting maka tidak akan dilakukan yang namanya pengeluaran.

-Menyusun skala prioritas, dalam memenuhi setiap kebutuhannya, seseorang yang menerapkan prinsip ekonomi akan senangtiasa membuat sebuah urutan prioritas atau skala prioritas terhadap kebutuhannya berdasarkan tingkat kepentingan. Skala prioritas ini dapat ditentukan mulai dari kebutuhan yang paling mendesak hingga sebuah kebutuhan yang dalam pemenuhannya dapat ditunda terlebih dahulu.

-Bertindak rasional, seseorang yang selalu mengedepankan prinsip ekonomi berdasarkan pengertian prinsip ekonomi pastinya selalu mengontrol diri dan dalam kegiatan ekonominya selalu menggunakan akal sehatnya dibandingkan emosi dan nafsu untuk memenuhi kebutuhan yang masih dapat ditunda.

  Arti Akuntabilitas, Jenis, Fungsi, dan Prinsipnya

-Memperhitungkan keuntungan dan kerugian, apabila Anda menemukan seseorang yang selalu mempertimbangkan keuntungan dan kerugian yang dapat dialaminya ketika ingin membeli sesuatu maka orang tersebut pastilah menerapkan prinsip ekonomi dalam kehidupannya.

Manfaat Prinsip Ekonomi

Dalam prinsip ekonomi, Anda jangan berpikir bahwa Anda pelit terhadap diri sendiri karena membatasi pemenuhan kebutuhan diri. Sebab dalam pembatasan dan kontrol diri sebagai upaya penegakan prinsip ekonomi memang sangat penting untuk dilakukan, sebab terdapat beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan jika Anda menegakkan prinsip ekonomi dalam kehidupan Anda.

-Berdasarkan pengertian prinsip ekonomi maka manfaat pertama prinsip ekonomi, yakni senangtiasa selalu mengoptimalkan sumber daya yang tersedia untuk selalu berpikir mendapatkan sebuah keuntungan dengan maksimal dengan usaha yang telah dilakukan.

-Menerapkan prinsip ekonomi akan membuat Anda bekerja dengan hemat, cepat, namun juga tepat hal ini dikarenakan agar memperkecil resiko kerugian serta kerusakan yang bisa Anda rasakan.

-Manfaat selanjutnya yang bisa Anda rasakan adalah Anda dapat mencapai tuuan Anda dengan tepat waktu serta Anda pastinya akan mampu meraih kesuksesan yang telah Anda rancang sebelum Anda berusaha dan berkorban.

-Prinsip ekonomi akan membantu Anda mencapai sebuah hasil kerya yang telah terjamin mutunya selaku memenuhi tingkat kepuasan Anda selaku pelaku ekonomi.

-Sebagai seorang pelaku ekonomi yang menerapkan prinsip ekonomi pastinya Anda akan mendapatkan hidup yang lebih maju dalam melakukan persaingan sehat dengan rival Anda dalam dunia perbisnisan.

Tujuan Prinsip Ekonomi

Secara umum perdapat sebuah tujuan sehingga hadirlah prinsip ekonomi yang banyak digunakan oleh pelaku usaha telah tertuang dalam pengertian prinsip ekonomi. Sebab tujuan prinsip ekonomi terdapat 2 dan sebenarnya telah terangkum dalam pengertian yang telah dikemukakan. Namun jika Anda belum mengerti maka berikut ini dua tujuan yang ingin dicapai dari prinsip ekonomi.

  Hal-hal Yang Perlu Diketahui Tentang Akulturasi Budaya

-Tujuan utama dari hadirnya prinsip ekonomi adalah memaksimalkan keuntungan sebesar-besarnya yang bisa Anda raih dari usaha yang telah Anda lakukan.

-Tujuan kedua adalah untuk memperkecil kerugian yang bisa Anda rasakan dengan cara melakukan pengorbanan sekecil-kecilnya.

Prinsip Ekonomi Menurut Gregory Mankiw

Gregory merupakan seorang ahli dalam bidang ekonomi, melanjabarkan apa-apa saja prinsip ekonomi yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Untuk itu berikut ini prinsip ekonomi yang dikemukakan oleh Gregory dan juga telah sesuai dengan pengertian prinsip ekonomi yang telah dibahas sebelumnya.

-Orang-orang selalu berada pada situasi trade-off

-Biaya merupakan sesuatu yang dikorbankan seseorang untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan

-Orang rasional selalu berpikir pada batasnya

-Seseorang selalu tanggap terhadap insentif yang ada

-Sebuah kegiatan perdagangan harus selalu menguntungkan semua pihak yang terlibat

-Pasar merupakan tempat yang paling tepat untuk melaksanakan kegiatan ekonomi

-Pemerintah terkadang dapat mampu meningkatkan hasil-hasil yang berasal dari pasar

-Standar hidup dari sebuah negara sangat tergantuung pada kemampuan yang dimiliki untuk menghasilkan barang ataupun jasa

-Setiap harga barang akan meningkat jika pihak pemerintah mencetak uang dengan jumlah yang terlalu banyak

-Posisikan diri untuk menghadapi sebuah situasi trade-off jangka pendek yang seperti berada di antara inflasi dengan penggangguran.

Demikianlah seuah informasi mengenai pengertian prinsip ekonomi, ciri-ciri, manfaat, tujuan, serta prinsip ekonomi itu sendiri. Semoga informasi ini dapat menjawab segala pertanyaan yang ingin Anda ketahui mengenai prinsip ekonomi ini.

Avatar