PONTIANAK

PONTIANAKPontianak merupakan ibu kota Kalimantan Barat, juga merupakan salah satu kota besar yang ada di Kalimantan. Kota Pontianak memiliki keindahan yang begitu memikat, menjadikan kota ini kerap kali dikunjungi oleh para wisatawan dari luar kota. Wisata yang ada di kota Pontianak akan membuat pengunjung memiliki pengalaman liburan yang baru. Suasana yang begitu berbeda dari kota besar lainnya, menjadikan Pontianak menjadi kota yang cocok dikunjungi oleh para wisatawan yang gemar dalam wisata edukasi, wisata relgi, wisata sejarah dan tentunya tempat rekreasi yang cocok untuk liburan. Berikut ulasan dari beberapa tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi :

  1. Tugu Khatulistiwa

Tak hanya menjadi ikon, Tugu Khatulistiwa yang berlokasi kurang lebih 3 km dari kota Pontianak ini merupakan kebanggaan masyarakat Pontianak. Selain bisa berwisata menikmati arsitektur dari tugu ini, di objek wisata andalan Pontianak ini para wisatawan bisa mempelajari informasi-informasi seputar garis Khatulistiwa.

Keunikan lain dari destinasi liburan di Pontianak ini ialah pada saat tanggal 21 hingga 23 Maret atau 21 hingga 23 September, terdapat fenomena di mana matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa sehingga semua benda yang berada di atas garis ini tak akan memiliki bayangan.

  1. Museum Negeri Sejarah Budaya Khas

Bagi para wisatawan yang hendak mempelajari lebih dalam mengenai Kota Pontianak dan Provinsi Kalimantan Barat, Museum Negeri Sejarah Budaya Khas bisa jadi destinasi liburan di Kalimantan Barat selanjutnya untuk dikunjungi.

Destinasi wisata edukasi di Kalimantan Barat ini memamerkan koleksi Geografika/Geologika berupa peta juga jenis batu-batuan; koleksi biologika, arkeologika, historika, numismatika, dan keramologika berupa tempayan, piring, mangkuk, sendok.

  1. Keraton Kadriah

Tempat wisata Pontianak selanjutnya ialah sebuah Bangunan Keraton peninggalan Kesultanan Pontianak. Keraton Kadrianh ini didirikan pada tahun 1771 oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie, sultan pertama Kesultanan Pontianak.

MEDAN

Selain bisa menikmati kemegahan arsitektur dari bangunan bersejarah di Pontianak ini, para pengunjung juga bisa menemukan berbagai benda-benda bersejarah seperti meriam kuno peninggalan Jepang dan Portugis juga perabotan bersejarah peninggalan Sultan dan Permaisuri.

  1. Rumah Bentang Radakng

Rumah Betang Radakng di Kalimantan Barat ini berhasil meraih rekor sebagai rumah adat terpanjang di Indonesia. Panjang rumah ini mencapai kurang lebih 138 meter dengan lebar 5 meter dan tinggi 7 meter.

Walau sekedar replika, rumah adat dari Suku Dayak Kanayatn, rumah ini masih sering digunakan untuk berbagai aktivitas seni dari Suku Dayak di Kalimatan Barat.

  1. Masjid Jami Pontianak

Terkenal sebagai Masjid Sultan Syarif Abdurrahman, tempat wisata religi di Kalimatan barat ini merupakan salah satu masjid tertua yang menjadi saksi terbentuknya kota Pontianak.

Terletak di tepian Sungai Kapuas, Masjid Jami Pontianak ini berdiri dengan empat tingkat Atap dan bergaya pantung yang berfungsi untuk menghindari banjir saat Sungai Kapuas meluap.

  1. Kampung Wisata Kuantan

Kampung Wisata Kuantan merupakan kampung yang memiliki khas yaitu dengan beragam warna-warni menarik dan juga karya seni lukisan mural. Cocok bagi para wisatawan yang memiliki hobi mengabadikan moment lewat kamera dan mengunggahnya di sosial media.

Selain menikmati serunya suasana kampung, para pengunjung juga bisa menikmati senja yang cantik sembari berwisata kuliner dengan berbagai makanan khas yang dijajakan di sekitar tepian sungai Kapuas.

  1. Pantai Pasir Panjang

Memiliki pasir putih yang bersih serta air laut yang jernih, Pantai Pasir Panjang ini juga dikenal sebagai spot surfing yang banyak digemari. Bagi para pengunjung yang tak suka berselancar, menghabiskan waktu dengan bersantai di tepian pantai juga bisa menjadi pilihan liburan yang menarik.

  1. Aloe Vera Center
LAMPUNG

Aloe Vera Center merupakan pusat budidaya tanaman lidah buaya yang sering menjadi daya tarik wisatawan. Selain disuguhi oleh hamparan kebun lidah buaya, para pengunjung juga diperbolehkan melihat proses pengolahan Aloe Vera menjadi berbagai produk seperti dodol, permen, hingga berbagai jenis kosmetik.

  1. Paradise-Q Waterpark

Paradise-Q Waterpark merupakan waterpark terbesar yang berada di Pontianak . waterpark satu ini menawarkan berbagai wahana permainan air yang seru, mulai dari Kolam Ombak, Spiral Water Slide, Race Water, dan masih banyak wahana seru lainnya yang bisa dinikmati bersama keluarga.

  1. Taman Bukit Bougenville

Bagi yang hendak menikmati suasana alam yang asri dan alami, wisata Kalimatan Barat satu ini bisa menjadi referensi ketika berkunjung ke Pontianak. Dipenuhi sekitar 46 jenis bunga Bougenville, para pengunjung dapat menikmati indahnya suasana taman yang asri. Selain terdapat bunga, ada berbagai tanaman buah juga yang memenuhi komplek wisata alam dengan luas 1.5 hektar ini.

  1. 11. Taman Nasional Gunung Palung

Taman Nasional Gunung Palung yang memiliki luas  kurang lebih 90.000 hektar ini merupakan lokasi wisata alam di Kalimantan Barat yang wajib dikunjungi oleh para wisatawam yang memiliki jiwa petualang.

Taman Nasional Gunung Palung ini memiliki ekosistem yang sangat lengkap, mulai dari hutan tropis, hutan bakau, rawa, hingga pegunungan bisa ditemui di dalam Taman Nasional ini. Dengan memiliki berbagai spesies flora dan faunia yang eksotis, di taman ini juga bisa ditemui spesies Anggrek Hitam yang hampir punah di sekitar Sungai Matan.

  1. 12. Lemukutan Island

Destinasi wisata sekitar kota Pontianak ini merupakan tempat yang cocok bagi pecinta snorkling dan menikmati keindahan panorama bawah laut perairan di Kalimantan Barat. Dengan suasana yang masih begitu alami, Pulau Lemukutan ini bisa dijadikan alternatif wisata Kalimantan Barat yang sangat menarik.

  1. 13. Pelabuhan Seng Hie
JAKARTA

Dengan sungai Kapuas yang membentang di tengah Kota Pontianak, membuat wisata kota Pontianak begitu erat dengan sejarah maritim. Bagi para wisatawan yang memiliki kegemaran melakukan wisata sejarah di kota Pontianak, mengunjungi Pelabuhan Seng Hie yang bersejarah bisa dijadikan sebuah pilihan.

Pelabuhan tertua di Pontianak ini merupakan pelabuhan bongkar muat yang pada awalnya adalah dermaga niaga milik pengusaha China bernama Theng Seng Hie, sebelum akhirnya di ambil Belanda pada masa kolonialisasi.

  1. 14. Bukit Penjamur Bengkayang

Bukit Penjamur Bengkayang adalah tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk wisatawan yang memiliki jiwa petualang. Dengan memiliki jarak yang hanya ditempuh selama 4 jam perjalanan dari kota Pontianak, Bukit Penjamur Bengkayang ini menjadi destinasi yang pas untuk berkemah dengan panorama awan yang amat cantik saat para wisatawan berada di puncak.

  1. 15. Hutan Kota Untan

Wisata alam ini merupakan rumah bagi berbagai tanaman khas Kalimantan yang dibudidayakan untuk kepentingan ilmu pengetahuian. Di dalam kompleks wisata alam kota Pontianak ini para pengunjung bisa menemukan kurang lebih 190-an jenis pohon, 80-an spesies Anggrek, dan berbagai spesies fauna juga serangga. Selain itu, tempat ini juga bisa dijadikan pilihan untuk melakukan jogging, outbond.