Perbedaan Globalisasi, Modernisasi Dan Westernisasi

Perbedaan globalisasi modernisasi dan westernisasi sangat penting untuk diketahui agar nantinya mampu memahami definisi serta perbedaan dari masing – masing istilah tersebut. Agar lebih memahami secara detail,  perhatikan penjelasan berikut ini.

Pengertian Globalisasi

Mendengar istilah globalisasi tentunya akan berkaitan dengan perbedaan globalisasi modernisasi dan westernisasi. Namun sebelum mengetahui lebih jauh tentang apa sajakah perbedaan globalisasi modernisasi dan westernisasi ini, maka penting rasanya mengetahui tentang definisi atau pengertian dari kata globalisasi.

Pada dasarnya globalisasi merupakan istilah yang berasal dari kata dalam bahasa Inggris yaitu globalization. Global sendiri memiliki makna universal sedangkan lization bermakna sebuah proses. Sehingga globalization atau globalisasi ini bosa diartikan sebuah proses yang bersifat universal.

Yang dimaksud di atas adalah sebuah proses tersebarnya sebuah trend, informasi maupun yang lainnya dari suatu lokasi ke lokasi lain. Bahkan terjadi antar negara di seluruh dunia.

Pengertian di atas merupakan definisi secara umum saja. Karena sebenarnya makna globalisasi juga dibedakan lagi menurut para ahli. Dimana setiap ahli memiliki definisi yang berbeda untuk mendeskripsikan arti kata globalisasi tersebut.

Pengertian Modernisasi

Setelah melihat pengertian tentang globalisasi di atas, maka untuk selanjutnya juga perlu mengetahui tentang apa itu modernisasi. Hal ini karena antara kedua kata atau istilah ini nantinya akan berkaitan dengan perbedaan globalisasi modernisasi dan westernisasi. Mengenai perbedaan globalisasi modernisasi dan westernisasi sendiri akan dijelaskan lebih detail di bawah ini.

Definisi dari kata modernisasi sendiri adalah sesuai dari kata asalnya yaitu modern yang mana bermakna modern atau maju. Yang mana jika diartikan secara keseluruhan modern adalah sebuah proses yang membawa sebuah perubahan dari yang manual atau tradisional menuju kepada hal yang sifatnya lebih maju dan modern.

Pengertian, Bentuk, dan Fungsi Tulang Bagi Tubuh Manusia

Sebagai contohnya adanya era digital secara tanpa disadari sangat mempengaruhi dan mengubah kehidupan manusia. Dengan adanya kecanggihan teknologi dan didukung dengan adanya internet membuat segala aktivitas manusia yang menjadi semakin cepat, mudah dan praktis.

Kemudahan yang ditimbulkan oleh era digital ini bersifat menyeluruh mulai dari komunikasi, media hiburan, gaya hidup dan sebagainya. Sehingga secara garis besarnya, era digital yang ditandai dengan adanya internet dan teknologi canggih ini mengubah hidup manusia yang dari awalnya serba tradisional dan manual berubah menjadi serba canggih dan modern.

Sebuah perubahan bisa dikatakan sebagai modernisasi jika perubahan tersebut bisa dirasakan tak hanya oleh sekumpulan orang tertentu saja, namun juga bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat dimanapun dalam lingkup suatu negara atau kota.

Perbedaan Globalisasi, Modernisasi Dan Westernisasi

Pengertian Westernisasi

Setelah memahami tentang globalisasi dan modernisasi, tentunya juga perlu mengetahui tentang westernisasi. Karena meskipun terdapat perbedaan globalisasi modernisasi dan westernisasi, namun ketiga istilah ini tetap saling berkaitan.

Sesuai dengan istilahnya yang mana istilah westernisasi ini berasal dari kata western atau bisa diartikan sebagai budaya barat. Budaya barat sendiri bisa meliputi banyak hal seperti gaya hidup, budaya, bahasa, musik, trend dan masih banyak lagi. Sehingga werternisasi bisa diartikan sebagai sebuah proses perubahan yang dipengaruhi oleh konsep atau budaya barat.

Misalnya saja ketika memasuki pasar global,  maka penggunaan bahasa asing khususnya bahasa Inggris merupakan sebuah kebutuhan sekaligus kewajiban. Sehingga tak heran jika semakin banyak orang yang pada akhirnya mempelajari,  mendalami bahasa Inggris ini.

Sedangkan mengenai perbedaan globalisasi modernisasi dan westernisasi akan dijabarkan poin di bawah agar mempermudah anda dalam memahami perbedaan antara ketiga istilah yang sudah disebutkan di atas.

Arti Anti Mainstream

Perbedaan Antara Globalisasi Modernisasi Dan Westernisasi

Sebenarnya beberapa penjelasan mengenai definisi antara globalisasi,  modernisasi dan juga westernisasi di atas sudah cukup menjelaskan. Hanya saja mungkin akan lebih mudah dipahami lagi jika dijabarkan secara spesifik.

Agar lebih mempermudah anda dalam mengenali perbedaan globalisasi modernisasi dan westernisasi maka perhatikan penjabaran dan contohnya di bawah ini.

  • Globalisasi

Sesuai dengan penjelasan di atas yang menyatakan bahwa globalisasi adalah proses perubahan secara luas antar negara, yang mana jika diartikan secara mendalam menyatakan bahwa manusia diciptakan untuk saling tergantung satu sama lain.

Tak hanya antara satu individu dengan individu lainnya saja, namun juga antar negara. Dengan kata lain,  semua negara didunia ini memang saling membutuhkan dan tidak bisa berdiri sendiri.

Sebagai contoh adalah ketika sebuah negara mengalami banyak musibah atau bencana. Dimana tentunya negara tersebut akan sangat sibuk untuk mengatasinya. Disinilah peran negara lain yang bisa turut membantu meringankan beban dari negara tersebut.

Bantuan tersebut bisa berupa tenaga, waktu, material maupun spiritual. Dengan begitu, sangat jelas rasanya jika semua negara memang diwajibkan untuk saling menghormati karena bisa jadi ada saatnya dimana negara tersebut membutuhkan bantuan dari negara lainnya.

  • Modernisasi

Modernisasi ialah perubahan ke arah yang lebih baik dan maju. Baik itu dalam bentuk pola pikir maupun tindakan. Sebagai contoh adalah tentang adanya internet.

Internet memudahkan banyak hal. Komunikasi, hiburan, gaya hidup menjadi lebih cepat dan praktis. Contoh palung nyata adalah komunikasi yang kini jauh lebih mudah karena bisa saling mengirim pesan, melakukan panggilan suara maupun panggilan video.

Contoh lainnya adalah mengenai gaya hidup yaitu trend belanja online. Jika dulu masyarakat hanya tahu bahwa belanja harus datang langsung ke tempatnya yang mana tentu memakan biaya, waktu dan tenaga. Namun kini belanja bisa lebih praktis dan efisien.

Mengetahui Secara Singkat Sejarah Indonesia dan Perjuangan Bangsa Indonesia

Keberadaan internet dan teknologi modern tentunya membuat aktivitas lebih cepat. Cukup dengan gadget dan koneksi internet, maka masyarakat bisa belanja sepuasnya dimanapun dan kapanpun bahkan tanpa harus keluar rumah.

Trend belanja online ini pada akhirnya bisa dinikmati oleh semua orang, menyeluruh di dalam suatu wilayah, kota maupun negara tertentu. Atau dengan kata lain, perubahan akibat modernisasi ini membantu mengubah pola pikir dan kebiasaan masyarakat dari yang awalnya tradisional ke arah kehidupan yang lebih modern atau maju.

  • Westernisasi

Perbedaan globalisasi modernisasi dan westernisasi juga terlihat dimana westernisasi ini adalah sebuah budaya barat yang dicopy atau ditiru dan dijadikan sebagai sebuah trend. Misalnya saja gaya berpakaian dimana masyarakat kini mulai update dengan trend fashion dari luar negeri.

Banyak masyarakat beranggapan bahwa dengan menerapkan budaya barat ke dalam kehidupan sehari – hari maka akan membuatnya terlihat up to date karena bisa mengikuti trend yang sedang ada.

Apalagi budaya barat dikenal lebih realistis dan bebas. Sehingga sering kali membuat masyarakat yang sudah lama terikat dengan budaya ketimuran, yang mana bisa dikatakan cukup ketat dan tradisional merasa mendapatkan angin segar karena lebih bebas dalam berekspresi.

Dari beberapa penjelasan di atas tentunya sudah bisa memberikan gambaran tentang apa itu globalisasi,  modernisasi dan juga westernisasi. Perbedaan globalisasi modernisasi dan westernisasi sendiri terletak pada definisinya. Namun secara garis besarnya, ketiga istilah di atas memiliki inti makna yang sama yaitu sebuah proses dan perubahan.