Peran IPTEK Dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat 

Peran IPTEK Dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat  – Ilmu pengetahuan dan teknologi atau IPTEK kini memiliki peran penting, bahkan menjadi bagian dari kehidupan manusia.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa IPTEK merupakan salah satu sarana manusia untuk mencapai kesejahteraan termasuk dalam kegiatan ekonomi. Peran iptek dalam kegiatan ekonomi memberi dampak positif dan negatif. 

IPTEK dapat dikatakan sebagai penunjang kebutuhan manusia, misalnya saja ketika kalian membutuhkan makanan atau minuman dapat secara langsung memesannya menggunakan ponsel. Teknologi pemesanan online akan memudahkan kalian mendapatkan makanan tanpa perlu pergi keluar rumah. 

Pengertian IPTEK Menurut Para Ahli 

Peran IPTEK Dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat 

Secara umum IPTEK atau Ilmu Pengetahuan dan Teknologi diartikan sebagai suatu sumber informasi guna meningkatkan berbagai wawasan yang berkaitan dengan teknologi. Namun ada beberapa pengertian menurut para ahli, diantaranya : 

1. Naisbit 

Mengartikan IPTEK sebagai sebuah peralatan atau benda berwuju berbeda dengan manusia. IPTEK berfungsi untuk membantu pekerjaan manusia sehingga manusia tidak perlu menyelesaikannya dengan tangan secara langsung. 

2. Poerbawadja Harahap 

IPTEK merupakan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan teknik yang dapat membuat manusia terpacu untuk terus mengetahui berbagai hal mengenai bidang industri.

Maka dari itu, hasil dari IPTEK sering dikaitkan dengan aktivitas industri atau pabrik dan dengan hadirnya IPTEK bergam pekerjaan manusia dapat terselesaikan dengan praktis. 

3. Miarso 

Miarso mengungkapkan pengertian IPTEK yakni sebuah usaha yang dilakukan manusia guna menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih.

Misalnya suatu pekerjaan yang dapat dikerjakan dengan target standar kini dapat melebihi target karena adanya IPTEK. Pemanfaatan IPTEK bagi kehidupan manusia memberi keuntungan yang besar, terlebih pada bidang produksi. 

3 Kegiatan Ekonomi Dari Perkembangan Iptek 

Beberapa individu bahkan perusahaan berlomba – lomba untuk terus berinovasi dalam bidang teknologi. Bantuan peneliti dan para ahli memungkinkan teknologi baru akan bermunculan dan memberi dampak besar.

Berbagai kegiatan dan kebutuhan manusia dapat mudah berkembang dengan IPTEK termasuk dalam kegiatan ekonomi yang meliputi beberapa kegiatan diantaranya : 

  1. Produksi 
  2. Distribusi 
  3. Konsumsi 

Produksi Sebagai Salah Satu Kegiatan Ekonomi 

Peran IPTEK Dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat 

Produksi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan sesuatu atau dapat diartikan juga produksi sebagai kegiatan menghasilkan jasa atau barang. Dari kedua pengertian tersebut diambil suatu kesimpulan yakni nilai guna suatu barang akan terus bertambah ketika diolah kembali serta dapat menghasilkan barang lainnya. 

IPTEK dapat digunakan untuk menunjang kegiatan akan bahan baku produksi, mesin – mesin produksi, bahan penolong, dan bahan baku untuk produksi.Hadirnya teknologi menjadi salah satu peran iptek dalam kegiatan ekonomi yang dapat mempermudah dan mempercepat proses produksi. 

Dalam kegiatan produksi terdapat beberapa faktor pendukung diantaranya : 

1. Tenaga kerja 

Faktor produksi yang memiliki peran cukup penting yakni tenaga kerja. Seorang produsen yang memiliki lahan atau tanah tentu tidak akan mampu jika mengerjakannya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Maka dari itu dibutuhkan tenaga kerja untuk mengolah lahan ataupun tanah produsen menjadi sebuah barang atau produk yang nantinya dapat digunakan oleh banyak orang. 

2. Sumber Daya Alam (SDA) 

Sumber daya alam adalah berbagai bahan yang dapat ditemukan di alam serta dapat digunakan untuk pemenuhan dan keberlangsungan kehidupan manusia. Beberapa sumber daya alaam digunakan untuk bahan baku, misalnya saja hutan, air, pohon, lahan atau tanah.

3. Modal 

Modal tidak hanya dalam bentuk uang sebagai biaya. Namun juga dapat berupa bahan mentah untuk proses produksi, mesin, gedung atau tempat untuk produksi. Modal menjadi salah satu penentu terlaksananya kualitas produksi. 

4. Kewirausahaan 

Kewirausahaan yang dimaksudkan sebagai faktor produksi yakni kemampuan menjalankan sebuah perusahaan untuk dapat melakukan proses produksi dengan efisien dan menguntungkan. Kewirausahaan digunakan untuk menyatukan beberapa faktor produksi hingga dari beberapa faktor tersebut dapat mengaturnya.

Faktor kewirausahaan bertugas mengatur proses produksi dapat berjalan baik sesuai apa yang telah dirancangkan sebelumnya. 

Distribusi Menggunakan Iptek Dalam Kegiatan Ekonomi 

Barang yang telah diproduksi tidak akan sampai ditangan konsumen secara langsung jika tidak menggunakan proses distribusi. Distribusi adalah salah satu kegiatan penyaluran barang dari produsen ke tangan konsumen. Distribusi dilakukan guna menambah nilai jasa atau barang yang ditawarkan. 

Kegiatan pendistribusian disebut dengan distributor yang dapat dilakukan secara perorangan maupun oleh lembaga distribusi sebagai perantara. Peran iptek dalam kegiatan ekonomi distribusi ini terbukti dengan semakin banyaknya penjualan dan pemesanan secara online yang mempermudah proses pendistribusian barang ke konsumen. 

Beberapa tujuan dari distribusi diantaranya : 

  • Kebutuhan akan barang atau jasa masyarakat dapat terpenuhi 
  • Hasil distribusi lebih berguna bagi masyarakat 
  • Penyaluran barang dari produsen kepada konsumen 
  • Kontinuitas produksi lebih terjamin

Tiga jenis distributor diantaranya : 

  1. Pedagang atau distributor dari pedagang besar yang kemudian menjual barang atau produk kembali secara eceran, misalnya saja pedagang asongan, pedagang kaki lima, swalayan, minimarket dan lain sebagainya. 
  2. Distributor atau pedagang yang membeli barang dengan jumlah banyak dan melakukan pembelian langsung dari produsen atau pabrik yang kemudian dijual kembali kepada pedagang kecil, contohnya importir, grosir dan eksportir.
  3. Distributor yang memiliki tugas mempertemukan pembeli dengan penjual. Distributor ini tidak bertanggung jawab terhadap setiap barang yang akan dijual. Jenis perantara barang terbagi menjadi tiga yakni komisioner, makelar atau pialang dan agen. 

Kegiatan Konsumsi Dalam Kegiatan Ekonomi 

Konsumsi merupakan kegiatan menggunakan dan menghabiskan kegunaan dari suatu barang atau produk secara berangsur – angsur maupun habis seketika. Kegiatan konsumsi memiliki tujuan untuk pemenuhan kebutuhan manusia.

Peran iptek dalam kegiatan ekonomi memberi kemudahan bagi para konsumen untuk pemenuhan kebutuhan sehari – harinya. 

Hadirnya IPTEK membuat konsumen semakin cepat dan mudah untuk mendapatkan produk barang atau jasa yang dibutuhkan. Seorang pelaku konsumsi disebut dengan konsumen. Pelaku konsumsi diantaranya perusahaan, individu bahkan negara. 

Contoh kegiatan konsumsi yakni barang yang telah digunakan akan semakin berkurang nilainya, semakin lama dan sering barang tersebut dipakai pun akan menjadi rusak, misalnya saja televisi.

Dalam jangka waktu tertentu televisi akan mengalami kerusakan dan diganti baru. Dapat disimpulkan bahwa pengguna televisi sedang mengonsumsi nilai dari sebuah barang televisi. 

Dampak Positif Dan Negatif Peran Iptek Dalam Kegiatan Ekonomi 

Peran IPTEK Dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat 

Setiap kegiatan ekonomi baik produksi, distribusi maupun konsumsi sangat terbantu dengan kehadiran IPTEK. Beberapa contoh nyata adanya perkembangan IPTEK di bidang ekonomi seperti penjualan online, supermarket, adanya kegiatan impor dan ekspor serta tersebarnya mesin ATM untuk memudahkan transaksi. 

Peran iptek dalam kegiatan ekonomi membawa dampak positif diantaranya : 

  • Mengurangi pengangguran dengan semakin banyak lapangan pekerjaan 
  • Kegiatan produksi berjalan semakin cepat dengan adanya mesin 
  • Keuntungan perusahaan meningkat 
  • Kebutuhan masyarakat terpenuhi dengan kemudahan IPTEK
  • Kegiatan distribusi berjalan lebih cepat dengan teknologi pesan antar 

Sedangkan dampak negatif dari peran iptek dalam kegiatan ekonomi, diantaranya : 

  • Bertambahnya jumlah pengangguran karena jumlah tenaga kerja manusia tergantikan dengan adanya tenaga kerja mesin yang menyebabkan tidak terlalu banyak manusia yang dibutuhkan dalam proses produksi 
  • Sumber daya alam semakin berkurang bahkan habis karena kegiatan produksi dilakukan dengan berbagai kemudahan – kemudahan yang diberikan
  • Polusi terus bertambah baik secara laut, udara maupun darat karena semakin banyaknya produksi dilakukan.

Jika dilihat dari segi dampak positif dan negatif, peran IPTEK tidak hanya mempengaruhi perekonomian namun juga sosial budaya dan pendidikan. Terlebih IPTEK tidak berhenti dengan satu teknologi melainkan akan terus berkembang setiap harinya.  

Cara Upgrade RAM Laptop, Jaminan Anti Gagal!