6 Penyebab Telinga Sakit Yang Harus Anda Ketahui

6 Penyebab Telinga Sakit Yang Harus Anda Ketahui — Telinga merupakan indera manusia yang diciptakan untuk dapat mendengar suara-suara di sekitar mereka. Karenanya, sakit telinga merupakan keadaan di mana orang tidak dapat mendengar. Sakit telinga dapat terjadi di salah satu sisi maupun kedua sisi telinga. Di manapun sakit telinga berada, tetaplah penting bagi kita untuk mengetahui penyebab sakitnya telinga tersebut, simak ulasan seputar apa yang menyebabkan telinga sakit hanya di avandaalvin.com.

6 Penyebab Telinga Sakit Yang Harus Anda Ketahui!

6 Penyebab Telinga Sakit Yang Harus Anda Ketahui!

Penyebab Telinga Sakit

Berikut ini adalah penyebab-penyebab telinga sakit yang perlu Anda ketahui :

  1. Usia Yang Sudah Atau Mendekati Tua

Kebanyakan orang sakit telinga adalah mereka yang berusia sudah atau mendekati tua. Mengenai orang yang usianya sudah tua, kita sudah tahu di banyak artikel yang ada di internet ini bahwa kebanyakan dari mereka berusia kira-kira 50 hingga 55 tahun ke atas. Sementara itu, 40-45 tahun atau beberapa tahun di atasnya, namun masih di bawah 50 tahun adalah mereka yang mendekati ketuaan. Ketuaan identik dengan kekuatan panca indera yang mulai turun, termasuk telinga sebagai indera pendengaran. Maka, usia dapat menjadi penyebab telinga sakit.

  1. Rusaknya Selaput Gendang Telinga

Dalam telinga manusia ada bagian yang vital dalam menerima dan menerjemahkan suara-suara dari luar, yakni gendang telinga. Di satu sisi, gendang telinga merupakan salah satu bagian internal manusia yang paling sensitif, karenanya gendang telinga dilindungi oleh selaput. Bila terjadi kerusakan pada selaput gendang telinga entah karena robek selaputnya, atau memang ada gangguan, suara yang didengar oleh manusia tidaklah menjadi baik. Ketidakmampuan dalam menampung suara tersebut yang selanjutnya dapat menyebabkan seseorang sakit telinga.

  1. Bergerak Saat Diperiksa Telinganya

Beberapa di antara para penderita sakit telinga cukup sadar diri dengan memeriksakan ke dokter setiap kali tidak dapat mendengar dengan baik. Dokter biasanya juga akan menggunakan alat-alat khusus untuk membersihkan kotoran pada telinga, di mana beberapa alat ini dapat masuk cukup dalam pada telinga seseorang. Kalau orang terlalu banyak bergerak saat alat-alat ini juga bergerak, alat-alat ini dapat menyebabkan iritasi atau infeksi dalam telinga, karena itu dapat menjadi penyebab telinga sakit.

  1. Alat Kedokteran Yang Sudah Kedaluwarsa

Barangkali bukan pergerakan kita yang menyebabkan sakit telinga, barangkali justru alatnya yang sudah kedaluwarsa tetapi tidak diganti. Pada rumah sakit atau instansi kesehatan lain, ini biasanya terjadi pada rumah sakit atau instansi kesehatan dengan biaya murah. Kendati demikian, saat berbicara mengenai alat kedokteran, individual pun dapat terkena dampak dari alat kedokteran yang sudah kedaluwarsa, termasuk seorang yang membeli alat pengorek telinga, memakainya bertahun-tahun, kemudian sadar pengorek yang iam gunakan sudah berkarat akibat tidak pernah diganti.

  1. Kemasukan Benda Asing Di Telinga

Meskipun termasuk kejadian langka, ada saja benda asing yang tidak sengaja masuk “mengganggu” telinga seseorang dan menyebabkan orang sakit telinga. Biasanya, penyebab kemasukan benda asing ini berlaku untuk anak-anak yang sakit telinga. Dengan tingkat penasarannya yang tinggi, anak-anak dapat memasukkan nyaris apapun ke dalam telinga mereka. Kelupaan untuk mengawasi dalam hal ini akan membuat anak-anak mudah terkena sakit telinga.

  1. Adanya Kotoran Yang Menumpuk Di Dalam Telinga

Sekilas penyebab keenam ini hampir sama naturnya dengan kemasukan benda asing dalam telinga, namun dipisahkan karena benda penyebabnya yang berbeda. Salah satu yang paling sering menyebabkan sakit adalah poin keenam ini. Tanpa sadar, kotoran dalam telinga dapat menumpuk bila tidak dibersihkan dalam waktu yang cukup lama. Kotoran inilah yang membuat telinga menjadi sakit. Ternyata setelah diperiksa, ada kotoran sebesar upil.

Baca  Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Madu

Dari artikel yang telah ditulis ini semoga dapat memberikan wawasan kepada Anda mengenai penyebab telinga sakit. Semoga bermanfaat.

6 Penyebab Telinga Sakit Yang Harus Anda Ketahui | Muhammad Avanda Alvin | 5.0