Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Hang

Cara Mengatasi Laptop Hang laptop merupakan perangkat penting yang kita butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun bermain sehingga laptop dengan kondisi normal membuat kita nyaman menggunakannya. Mana saja masalah laptop yang sering terjadi tentu sangat mengganggu seperti laptop tiba-tiba hang. Untuk mengetahui cara mengatasi permasalahan ini penting bagi anda agar aktivitas anda bisa normal dan nyaman kembali.

Kita sadari bahwa laptop sudah menjadi kebutuhan utama bagi guru pelajar mahasiswa bahkan pengusaha. Tampilannya yang mudah untuk dibawa Kemana saja membuatnya menjadi salah satu perangkat yang paling banyak dibutuhkan.

Biasanya sebagian dari mereka suka menginstal aplikasi si ke laptop tanpa melihat prioritas aplikasi yang dibutuhkan untuk membantu pekerjaan atau tugasnya. Faktor ini salah satu penyebab dari laptop mengalami hang atau not responding lemot atau bahkan mengalami krisis sebab kelebihan beban aplikasi karena tidak sesuai dengan spesifikasi dari laptop sendiri.

Laptop tiba-tiba saja akan mengalami hang tanpa kita duga.  Baik Anda yang memiliki laptop dengan Windows 7, 8 atau 10. Lalu apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi laptop hang tersebut?

Penyebab Laptop Hang

Memori Tidak Cukup

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Hang

RAM kecil yang terpasang pada laptop menjadi salah satu sebab laptop hang. Tentu masalah ini sudah tidak asing lagi bagi pengguna laptop.

Maka dari itu pastikan sebelum Anda menggunakan laptop periksa dulu kapasitas memory yang terpasang. Anda yang memiliki laptop sekelas Intel Pentium 4 dengan OS Windows XP yang dilengkapi dengan aplikasi standar disarankan untuk memperbarui memori menjadi 1 GB.

Terlalu Banyak Program yang Terpasang pada Laptop

Untuk dapat menghindari terlalu banyaknya muatan program pada laptop maka solusinya Anda harus memeriksa program apa saja yang terpasang pada laptop anda dengan cara klik Add/Remove Program pada Control Panel dan copot pemasangan program-program yang tidak terlalu dibutuhkan.

10 Merk Laptop Terbaik 2021 yang Wajib Anda Miliki! Upgrade Laptopmu Sekarang Juga!

Banyaknya Startup Programs dan Service yang Berjalan

Seperti yang sudah sempat di singgung pada poin sebelumnya semakin banyak program yang anda install pada laptop anda maka semakin banyak pula program dan service yang akan dijalankan ketika Windows startup.

Cara mengatasi masalah ini anda tinggal menonaktifkan startup program yang berjalan. Yaitu dengan mengetik msconfig pada menu Run supaya bisa masuk ke “system configuration utility.” Lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan pada tab service dan startup.

Untuk memeriksa aplikasi apa saja yang sedang berjalan Anda bisa memanfaatkan tool proses Explore. Dengan tools ini nanti akan tampil aplikasi yang atau terindikasi virus. Selain bisa melihatnya ada juga bisa menonaktifkan aplikasi tersebut.

Cara mengatasi laptop hang yang ini tentu penting untuk Anda ketahui supaya permasalahannya tidak sampai membuat laptop tidak dapat digunakan.

Temporary File Terlalu Banyak

Memencetnya file-file temporary atau sementara merupakan penyebab dari laptop mengalami hang. Supaya masalah ini segera teratasi Anda harus menghapus file-file yang terdapat tersebut. Bisa juga dilakukan dengan cara menjalankan program di line up. Caranya tinggal klik “start run” lalu ketik “cleanmgr” setelah itu pilihlah drive yang ingin dibersihkan.

Harddisk Bermasalah

Selain RAM yang menjadi di tempat penyimpanan beragam program berkas pada laptop hardisk juga merupakan komponen kedua setelah. Hardiks  juga bisa membawa masalah pada laptop. Untuk itulah agar mencegah laptop hang ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab dari hal tersebut, yang di antaranya:

– Hardisk mengalami low space.

– harddisk terfragmentasi.

– RPM-nya menurun karena hardisk yang sudah jadul.

– harddisk error

Cara mengatasi laptop hang akibat hardisk bermasah ini yaitu:

  1. Perbarui kapasitas harddisk dengan cara mengganti atau menambah hardisk.
  2. Lakukan tindakan defragmenter secara berkala pada hardisk.
  3. Debu, goncangan dan panas yang berlebih harus dijauhkan dari hardisk.
  4. Gunakan tool checkdiks atau manual untuk memperbaiki kerusakan pada hardiks.
Fitur Webex Meeting Terbaru, Cek Di Sini!

Terjadi Masalah Konektifitas pada Jaringan

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Hang

Permasalahan ini bisa terjadi akibat trafic jaringan yang tinggi. Hub atau switch yang hang atau juga karena terdapat virus yang mencoba menyerang ke sistem laptop.

Akar permasalahan ini diatasi cobalah melepas dan memasang kembali konektor rj45 dan LAN card atau restart Switch atau hub sekaligus jalankan juga program port scanner agar bisa melihat paket data apa yang masuk dan keluar dari sistem laptop Anda.

Sebutkan beberapa penyebab di atas ini ada beberapa masalah lainnya seperti adanya corrupt pada System Files, virus, malware atau spyware pada laptop dan lain sebagainya.

Tips Mengatasi Laptop Hang di Windows

Di balik berbagai penyebab dari laptop hang tentu ada juga cara mengatasinya baik itu laptop hang pada saat baru dinyalakan, ketika booting ataupun saat sedang digunakan.

Di bawah ini terdapat beberapa cara yang bisa anda ikuti untuk mengatasi foto anda yang hang:

Solusi Mengatasi Masalah Laptop Hang saat Booting

Untuk masalah ini anda tinggal restart laptop Anda terlebih dahulu sebelum masuk ke mode BIOS. Kita tahu laptop memiliki tombol yang berbeda pada saat akan masuk ke mode ini bisa disesuaikan segera dengan merk laptop anda.

Apabila jendela tampilan bios sudah muncul pilih Advanced BIOS features kemudian cari yang yang bersangkutan dengan BIOS cache.

Jika sudah, nonaktifkan pilihan tersebut. Berikutnya save dengan menekan F10, lalu tekan tombol enter.

Tips Mengatasi Laptop hang saat Baru Dinyalakan

Cara mengatasi laptop hang saat baru starting tentu juga mudah anda ikuti. Kita sadari saat startup atau akan masuk Windows laptop terkadang mengalami hang secara tak terduga. Masalah tersebut bisa saja diakibatkan oleh beberapa sebab yang di antaranya:

Daftar Laptop Harga Mulai 4 Jutaan Terbaik

– masalah ini bisa dikarenakan missing file system, corrupt dan virus. Lakukan scan registry dengan cleaner dan scan virus agar bisa teratasi.

– RAM pada kipas kotor. Untuk mengatasinya Anda tinggal membersihkan RAM dengan menggunakan penghapus karet, vacum cleaner atau kuas. Apabila anda kurang yakin untuk mengerjakannya sendiri coba bawa ke teknisi terpercaya.

Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Responding

Untuk masalah ini bisa Anda atasi dengan cara menekan ctrl + shift + ISC selanjutnya ini opsi program yang tidak responding lalu klik end task. Biasanya setelah ini laptop Anda akan pulih kembali.

Tips Mengatasi Laptop Hang saat Bermain Game

Saat bermain game bisa juga menyebabkan laptop hang. Cara mengatasinya yaitu sebagai berikut:

– ketahui spesifikasi laptop sesuaikan dengan spesifikasi game yang ingin dipasang.

– tambahkan kipas pendukung pada laptop.

– Cek kondisi VGA card dan RAM.

– Copot pemasangan game tersebut.

Itulah pembaca beberapa cara mengatasi laptop hang yang bisa Anda terapkan untuk permasalahan laptop Anda sesuai dengan penyebab hang tersebut.