Penyebab dan Cara Mengatasi Android Process Media Telah Berhenti

Cara Mengatasi Android Process Media Telah BerhentiTentu saja sangat menjengkelkan bukan apabila kita sedang asyik bermain media di HP lalu muncul sebuah pop-up dengan tulisan ‘Sayangnya Proses Android.Process.Media Telah Berhenti’? .

Masalah ini tentu bukan hanya anda saja yang mengalaminya tetapi sudah banyak juga dirasakan oleh pengguna smartphone Android versi Ice Cream Sandwich.

Bisa dikatakan kalau masalah ini sudah menjadi masalah yang lumrah dialami atau biasa. Tapi walaupun begitu Bukan berarti mencari solusinya tidak penting. Anda yang sedang mengalami gangguan ini pada smartphone anda maka harus segera diatasi supaya Anda bisa menjalankan smartphone dengan maksimal.

Tapi sebelum mengetahui cara mengatasi Android proses media telah berhenti ini Anda juga harus mengetahui apa saja penyebabnya supaya nanti bisa mendapatkan solusi terbaik untuk masalah anda ini.

Penyebab Masalah ‘Android.Process.Media Telah Berhenti’

Kalau dipahami dari Pesannya sudah jelas kalau pemberitahuan tersebut muncul akibat ada masalah pada media.

Pesan ‘Sayangnya Proses Android.Process.Media Telah Berhenti’  ini muncul apabila aplikasi media pada smartphone Anda bermasalah.

Permasalahan ini tidak hanya dijumpai pada beberapa smartphone Android saja bahkan hampir semuanya mengalami tergantung dengan aplikasi media yang ada. Untuk itulah disarankan bagi Anda mengetahui beberapa hal yang memicu Android media berhenti sebelum mengatasinya. Beberapa penyebab tersebut diantaranya:

Sinkronisasi pada Akun

Apabila Anda sudah login email utama pada smartphone Android yang digunakan otomatis fitur sinkronisasi akan bekerja. Hanya saja sering terjadi pula kesalahan dalam sinkronisasi yang menyebabkan proses media berhenti.

Cache di Aplikasi Bawaan

Penyebab dan Cara Mengatasi Android Process Media Telah Berhenti

Ketika cache pada aplikasi sudah menumpuk tentu aplikasi akan rusak atau terhenti. Sebagian besar Anda mungkin sudah mengetahui soal ini.

Inilah Tips Beli Memori Eksternal untuk HP  

Ketahuilah bahwa masalah ini bisa menjadi penyebab munculnya pop-up yang berisi pesan tersebut apabila cache pada aplikasi bawaan sudah menumpuk.

Sistem yang Error

Sebelum mengetahui cara mengatasi Android process media telah berhenti Anda juga harus mengetahui penyebab berikutnya yaitu sistem Android smartphone Anda mengalami error atau bug. Yang akhirnya akan membuat kinerja smartphone menjadi menurun. Dimana sering terjadi error atau bug di sistem Android yang ditandai dengan munculnya peaan “Android Proses Media Telah Berrhenti.”

HP Sudah Di-Root

Walaupun proses root pada smartphone Android bisa memberikan Banyak kelebihan seperti dapat membuka banyak Access. Hanya saja banyak diantaranya resiko dari root ini seperti masalah yang membuat munculnya pesan proses media terhenti di smartphone anda.

Cara Memperbaiki Proses Android.Process.Media Telah Berhenti

Agar pesan ini tidak muncul lagi atau proses media bisa berjalan lancar Anda hanya perlu mengoptimalkan proses media pada smartphone.

Lebih lengkapnya lagi Anda bisa mengikuti beberapa metode di bawah ini:

Restart HP

Penyebab dan Cara Mengatasi Android Process Media Telah Berhenti

Restart smartphone juga menjadi solusi untuk memperbaiki error atau bug ringan yang menyerang sistem. Bisa dikatakan Ini adalah cara pertama yang mudah untuk dilakukan.

Dibawah ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk merestart dengan benar:

– pastikan Kalau tidak ada aplikasi yang sedang berjalan.

– kalau sudah tekan tombol power selama beberapa saat sampai muncul opsi yang salah satunya restart.

– klik opsi restart tersebut, lalu tunggu sampai smartphone Android nyala kembali dan loading sudah selesai.

Hentikan Sinkronisasi Akun ( Kalau Tersedia)

Cara mengatasi Android process media telah berhenti selanjutnya adalah dengan menghentikan sinkronisasi akun. Sebab fitur sinkronisasi ini bisa menjadi faktor penyebab proses media jadi berhenti.

Cara Push Rank Mobile Legends Dengan Cara Dan Efektif

Cara untuk menonaktifkan fitur tersebut yaitu dengan langkah-langkah berikut ini:

– buka pengaturan atau setting yang ada di Smartphone Anda.

– kemudian pilih pada menu setting akun dan Tap pada opsi Google.

– selanjutnya tekan tombol menu pada sebelah kanan atas.

– terakhir tab pada opsi ‘Hentikan Sync’

Hapus Cache

Cache juga menjadi salah satu penyebab menjengkelkan dari proses media berhenti. Untuk itulah membersihkan cache merupakan cara ampuh dalam mengatasi berbagai masalah smartphone termasuk masalah ini.

Dengan begitu cache  pada aplikasi perlu Anda bersihkan seperti aplikasi bawaan dari Smartphone seperti Frameword, Google Play Store, Download Manager dan lain sebagainya.

Paksa Berhenti Penyimpanan Media

Penyimpanan media fungsinya hampir sama dengan storage yang khusus untuk menyimpan sebuah file. Kalau Anda mengalami masalah proses media yang terhenti ini sebaiknya segera mencoba berhentikan secara paksa penyimpanan media dengan langkah-langkah berikut ini:

– Buka aplikasi setting pada smartphone anda

– selanjutnya pilih menu aplikasi. Tap pada opsi penyimpanan media

– berikutnya klik pada tombol “Paksa Berhenti” pada menu tersebut.

– tap  juga tombol hapus data yang ada di menu itu untuk memaksimalkan pengertian aplikasi media.

Kalau anda ingin mengaktifkannya kembali bisa membuka halaman penyimpanan media kemudian tap pada tombol mulai.

Factory Reset

Cara mengatasi Android process media telah berhenti yaitu dengan memperbaiki sistem HP dengan cara factory reset.

Solusi ini bisa diandalkan apabila beberapa metode sebelumnya tidak berhasil. Hanya saja sebelum melakukan factory reset Anda sebaiknya melakukan backup data terlebih. Ini dikarenakan factory reset dapat menghapus semua file yang ada di memori perangkat.

Apabila sudah melakukan backup buka setelan pada HP yang Anda gunakan kemudian cari lalu tab menu yang bertuliskan Cadangkan dan Setel Ulang. Tab pada opsi Kembalikan ke Setelan Pabrik. Setelah ini Anda hanya perlu mengikuti panduan di smartphone Android yang muncul. Android akan reboot secara otomatis.

Sirekap Apk, Aplikasi untuk merekap data pemilihan kepala daerah (pilkada)

Flash Ulang

Flash ulang juga menjadi salah satu cara mengatasi process media telah berhenti yang bertujuan untuk mengganti sistem smartphone dengan sistem yang baru. Tidak seperti faktor Indonesia yang hanya mengembalikan pada setelan pabrik.

Untuk melakukan cara ini tentu saja berbeda tergantung setiap merek dan tipe HP. Untuk itulah disarankan Anda harus mencari aplikasi yang digunakan serta spesifikasinya sesuai dengan smartphone anda. Tidak hanya itu Anda juga perlu mengetahui kalau fresh ulang ini bakal menghilangkan garansi dari smartphone Anda sebab sudah merubah sistem lama dengan yang baru.

Unroot

Penyebab dan Cara Mengatasi Android Process Media Telah Berhenti

Apabila Setelah anda melakukan root smartphone tiba-tiba terjadi masalah proses media terhenti itu artinya masalah tersebut berasal dari root yang Anda lakukan.

Supaya masalah ini bisa diatasi Anda bisa menutup akses dari root dengan cara unroot smartphone anda.

Untuk menerapkan metode ini tentu tergantung dengan aplikasi root yang Anda gunakan. Sebab setiap aplikasi root telah dibekali dengan fitur unroot yang salah satunya berfungsi untuk mengatasi masalah ini.  Supaya lebih jelasnya tinggal Anda buka aplikasi root anda sekarang untuk mengaktifkan fitur unroot ini.

Itulah pembaca beberapa penyebab dan cara mengatasi Android process media telah berhenti. Anda bisa mengikuti salah satu metode yang lebih mudah untuk dilakukan, yang bisa mengatasi permasalahan aplikasi media tersebut