Pentingnya Pendaftaran Merek Bagi Usaha Anda

Pentingnya Pendaftaran Merek Bagi Usaha Anda – Fakta jika Merek melekat pada produk untuk layanan dan produk. Dengan adanya brand atau merek maka akan lebih mudah untuk melakukan branding pada suatu produk. Memang memiliki brand akan memudahkan dan memiliki beberapa keunggulan yang perlu diperhatikan. Meski begitu, masih ada beberapa pengusaha yang enggan mendaftarkan mereknya.

Untuk menghilangkan keraguan, mari kita lihat pentingnya daftar merek untuk bisnis berikut ini.

  1. Sebagai Identitas Produk

Alasan pertama mengapa penting bagi Anda untuk mendaftar, adalah karena merek adalah identitas suatu produk. Yang disebut identitas bisa berupa logo, gambar, huruf, angka bahkan kombinasi dari berbagai elemen yang bertujuan untuk membedakan dengan produk lain. Dengan kata lain, jika Anda memberikan identitas pada produk bisnis Anda, produk Anda akan memiliki karakter yang khas dan tidak akan ditiru oleh produk lain.

  1. Melindungi Merek dari Pembajakan

Anda tentu tahu bahwa pembajakan masih banyak dilakukan dan ditemui. Begitu juga dengan merek suatu produk atau jasa, nama merek tersebut dapat ditiru atau digunakan tanpa izin. Dan ini sudah diatur dalam Undang-Undang Merek pada Pasal 83. Jadi jika ini terjadi, Anda dapat mengajukan gugatan terhadap merek yang Anda miliki dan gunakan oleh pihak lain. Berbeda dengan jika Anda belum mendaftarkan merek dagang, maka Anda tidak akan dapat mengajukan klaim apa pun.

  1. Sebagai pembeda dengan produk lain

Memiliki produk yang mirip atau sama bukanlah hal yang aneh. Yang membedakannya adalah merek atau brand yang disematkan. Tidak hanya itu, Anda bisa menemukan brand ternama seperti Starbucks yang merupakan produk makanan dan minuman. Sedangkan merek H&M adalah merek fashion. Dengan mendaftarkan sebuah merek, Anda tidak hanya akan memiliki identitas tetapi juga memiliki ciri khas dan membedakannya dengan produk lain.

  1. Buat Aplikasi Pembatalan
Biaya Untuk Membuat Rekening Bank Mandiri

Dengan mendaftarkan merek dan didaftarkan, pemilik dapat mengajukan gugatan pembatalan merek. Hal ini ditujukan untuk merek-merek yang memiliki kesamaan baik secara substansi maupun secara keseluruhan. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya plagiarisme atau permasalahan lebih lanjut. Inilah sebabnya mengapa seorang pengusaha harus mendaftarkan merek dagang segera setelah menetapkan merek untuk produknya.

  1. Hak Eksklusif atas Merek Dagang

Undang-Undang Merek dan Indikasi Geografis akan memberikan hak eksklusif apabila merek tersebut telah didaftarkan pada badan hukum yang bersangkutan. Anda berhak mengajukan gugatan ke Pengadilan Niaga dalam hal ini sebagaimana diatur dalam Pasal-pasal Undang-Undang tentang Merek dan Indikasi Geografis. Tidak hanya itu, pemilik merek juga berhak menyelesaikan sengketa melalui arbitrase atau alternatif lain. Yang jelas kamu akan lebih fleksibel jika sudah mendaftarkannya.

  1. Dapat Perlindungan

Alasan yang satu ini tidak kalah penting dan perlu Anda perhatikan. Anda perlu mengetahui apakah Anda akan mendapatkan perlindungan merek jika telah menerima sertifikat merek dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Hak atas suatu merek memang akan lahir pada saat sertifikat diterbitkan. Sedangkan kepemilikan properti ini akan menjadi 10 tahun setelah tanggal penerimaan. Untuk itu, jangan ragu untuk mendaftarkan merek bisnis Anda.

Dengan beberapa alasan tersebut, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengajukan pendaftaran merek di bisnis Anda. Untuk mendapatkan sertifikat merek, Anda harus membuat aplikasi terlebih dahulu. Langkah-langkahnya bisa dilakukan secara online atau offline dengan menyiapkan beberapa file. Tetapi jika Anda tidak punya waktu, Anda dapat menggunakan layanan pendaftaran merek dagang atau layanan Anda.