Penjelasan Lengkap Makna Kata Aktual Artinya

Kita pasti sudah sering mendengar tentang kata aktual. Kata atau kosakata aktual sering kita jumpai dalam keseharian kita maupun dalam beberapa teks bacaan. bahkan dalam cerita atau narasi sebuah berita kita juga sering mendengar penggunaan kata aktual.

Dengan kata lain kata aktual sangat melekat dalam keseharian kita. Namun apakah kita tahu makna kata aktual artinya? Meski sering mendengar kata tersebut, tapi tidak semua orang tahu apa artinya. oleh sebab itu kali ini kita akan belajar tentang makna atau arti dari kosakata aktual.

Arti Atau Makna Kosakata Aktual

Makna atau kata aktual artinya terdiri dari beberapa makna. Berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia atau disingkat KBBI, arti dari kata aktual ada 6. Namun sebelum mengerti tentang arti kata aktual mari kita pelajari apa itu kata aktual.

Merupakan Kata Sifat

Kata aktual merupakan kata sifat. Kita biasa mengenalnya sebagai adjektiva. Kata sifat merupakan kelas kata yang gunanya untuk mengubah atau memberikan suatu penjelasan terhadap kata benda. Contoh lain dari kata sifat adalah keras, lunak, dan kaya.

Makna Pertama Kata Aktual Dalam KBBI

Dalam KBBI ada 6 makna kata aktual. namun karena makna itu dapat diringkas menjadi empat makna. Berikut ini adalah kata aktual artinya yang pertama.

Dalam KBBI kata aktual artinya yang pertama artinya “betul-betul terjadi”. Kata aktual juga bisa berarti “sesungguhnya”. Ada beberapa contoh penggunaan kata aktual dengan makna ini. Berikut ini contoh penggunaan kata aktual dengan makna tersebut.

  • Saksi mata menceritakan peristiwa itu berdasarkan kejadian yang aktual. Dalam kalimat ini kata aktual menjelaskan bahwa peristiwa benar-benar terjadi.
  • Film itu diangkat dari peristiwa aktual. Dalam kalimat ini dijelaskan bahwa sebuah film menceritakan tentang kisah yang benar-benar terjadi.
DAMPAK GLOBALISASI

Makna Kedua Kata Aktual Dalam KBBI

Makna kedua dari kata aktual yaitu “sedang menjadi pembicaraan banyak orang”. Dalam konteks ini bisa berupa kejadian atau peristiwa dan lain sebagainya. Untuk mempermudah memahami kata makna aktual dalam konteks ini mari kita belajar dari contoh.

Contoh penggunaan kata aktual pada makna aktual artinya yang kedua adalah sebagai berikut.

  • Kasus anak yang menuntut ibunya di pengadilan menjadi berita aktual. Kalimat ini memiliki arti bahwa kasus tersebut menjadi perbincangan banyak orang.
  • Berita tentang artis yang ditangkap karena narkoba menjadi aktual. Artinya bahwa berita tentang penangkapan artis tersebut menjadi berita yang banyak diperbincangkan oleh orang.

Makna Ketiga Kata Aktual Dalam KBBI

Makna atau kata aktual artinya berikutnya mungkin cukup sering kita gunakan. Makna atau arti dari kata aktual yang ke-3 sesuai dengan KBBI adalah “baru saja terjadi”. Kisah sebuah peristiwa atau kejadian yang masih hangat atau terjadi baru-baru ini.

Untuk mempermudah mempelajari makna dari kata aktual yang ke-3 mari kita belajar dari contoh. Contoh dari penggunaan kata aktual yang ketiga adalah sebagai berikut.

  • Stasiun kereta akan menyajikan berita yang aktual. Arti dari kalimat ini adalah bahwa stasiun berita akan menyajikan berita yang masih hangat atau baru saja terjadi.
  • Semua tayangan channel televisi itu berisi tentang peristiwa aktual. Dalam kalimat ini kata aktual artinya digunakan untuk menjelaskan bahwa channel TV tersebut menyajikan berita yang masih hangat.

Penjelasan Lengkap Makna Kata Aktual Artinya

Pengertian Atau Makna Kata Aktual Yang ke-4 Dalam KBBI

Makna berikutnya dari kata aktual merupakan makna turunan. kata turunan adalah kata dasar yang mendapatkan imbuhan untuk memberikan makna yang berbeda. Kata turunan dari kata aktual adalah sebagai berikut.

  • Pengertian dari kata turunan ini adalah “keadaan aktual”.
  • Makna dari kata turunan aktual ini adalah menjadikan aktual atau dalam kata lain menjadikan sesuatu benar-benar ada atau benar-benar terjadi.
  • Kata aktual dalam turunan kata ini berarti cara proses atau perbuatan untuk mengaktualkan atau bisa disebut juga mengaktualisasi.
  • Dalam pengertian ini kata aktual berarti “sama aktual”.
  • Kata turunan aktual ini berarti sangat aktual atau masih sangat baru.
Jenis Simbiosis yang Ada di Lingkungan Sekitar

Contoh Penggunaan Turunan Kata Aktual

Meski kata-kata tersebut adalah kata turunan namun kata aktual artinya pada kata turunan tersebut tidak mengalami pergeseran yang berarti. Contoh penggunaan kata turunan dari kata “aktual” pasti juga sudah cukup sering kita dengar.

  • Keaktualan berita itu perlu diteliti lagi.
  • Manajemen perusahaan taruh mengaktualkan peraturan terbaru.
  • pengaktualan kebijakan terbaru perlu dilakukan dengan segera.
  • Tulislah berita itu seaktual mungkin.
  • Stasiun berita itu menyajikan berita teraktual.

Perbedaan Kata Aktual dan Faktual

Beberapa orang masih sulit membedakan antara kata “faktual” dan “aktual”. Kedua kata tersebut memiliki makna yang cukup berbeda. Jika aktual artinya adalah peristiwa yang baru saja terjadi atau masih hangat, sedangkan faktual memiliki makna lain.

makna atau arti dari kata faktual adalah sebuah peristiwa atau kejadian yang bersifat nyata. Kejadian faktual merupakan kejadian yang benar-benar terjadi namun tidak terikat oleh waktu. Secara sederhana kejadian faktual bisa juga disebut sebagai kejadian yang bisa terjadi di masa lampau ataupun masa sekarang.

Sementara itu di lain sisi kejadian aktual juga memiliki makna sebagai kejadian yang benar-benar terjadi. Hanya saja kejadian aktual terikat oleh waktu atau sedang hangat-hangatnya diperbincangkan. Dengan kata lain kejadian aktual baru saja terjadi dan masih menjadi perbincangan banyak orang.

Meski memiliki makna yang berbeda kedua kata tersebut sering digunakan dalam pemberitaan. Dalam teks teks berita kita akan sering menjumpai kedua kata tersebut. Alasannya karena sebuah berita haruslah berdasarkan fakta atau kenyataan.

Namun penggunaan kata “aktual” akan lebih sering kita dengar dibanding dengan kata “faktual”. alasannya tak lain karena berita yang menarik merupakan berita yang sedang hangat diperbincangkan.

Jelaskan Pengertian Poster: Syarat-Syarat dan Jenisnya

Sedangkan berita yang terjadi di masa lalu atau tidak sedang hangat diperbincangkan kurang menarik bagi masyarakat. Meski demikian tidak menutup sebuah berita menyajikan berita dari peristiwa faktual.

Beberapa kejadian faktual juga digunakan atau diangkat dalam sebuah film. Biasanya kejadian faktual masuk dalam film dokumenter atau film tentang sejarah. tujuannya adalah untuk mengingatkan pemirsa atau masyarakat tentang kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampau.

Penggunaan kata aktual juga sering kita dengar pada keseharian. Tidak hanya pada berita kita juga sesekali menggunakan kata tersebut dalam keseharian. Turunan dari kata aktual juga sangat sering digunakan dalam kalimat-kalimat formal.

Itulah tadi penjelasan tentang aktual artinya serta penggunaannya dalam sebuah kalimat. Oleh sebab itu mulai sekarang gunakanlah kata tersebut dengan benar. Beberapa orang sering salah menggunakan antara kata aktual dan faktual.

Setelah mengetahui perbedaannya kini kita bisa menggunakan kedua kata tersebut dengan benar. Saja terjadi maka sebaiknya gunakan kata “aktual”. Sebaliknya jika kita ingin menjelaskan tentang peristiwa yang benar-benar terjadi namun tidak terikat oleh waktu maka gunakan kata “faktual”.