Pengertian Seni Rupa Murni Adalah

7 min read

Pengertian Seni Rupa Murni Adalah

Jika dilihat dari fungsinya, seni rupa yang ada saat ini terbagi menjadi dua jenis. Masing-masingnya yakni seni rupa murni dan seni rupa terapan. Lantas, apa saja pengertian dari kedua jenis seni rupa tersebut? Seni rupa murni adalah seni rupa yang hanya mempunyai fokus pada karya dan nilai estetika saja. Seperti lukisan, benda pajangan, dan lainnya.

Sementara seni rupa terapan adalah seni rupa yang tidak hanya mempunyai fokus pada nilai estetika saja tetapi juga penggunaan dari karya seni tersebut pada kehidupan sehari-hari. Sebagai informasi lengkapnya, Anda bisa menyimak pengertian, ciri-ciri, manfaat, unsur, dan berbagai contoh dari seni rupa murni di bawah ini.

Pengertian Seni Rupa Murni 

Seni rupa murni adalah salah satu cabang seni yang menghasilkan sebuah karya dengan memfokuskan pada bagian keindahan untuk dinikmati saja. Dalam pembuatannya sendiri, seni rupa murni yang satu ini tidak memperdulikan nilai-nilai lain yang terkandung. Baik itu nilai-nilai praktis dari karya yang dibuat seperti pada seni rupa terapan.

Seni rupa murni ini sendiri dapat dikatakan memiliki nilai keindahan yang sangat tinggi saat dibuat. Bahkan meski seni tersebut hanya memiliki fungsi sebagai pajangan atau hiasan saja. Terlebih saat ini sendiri sudah ada banyak jenis seni rupa murni yang bisa digunakan untuk dijadikan sebagai hiasan atau pajangan di rumah, kantor, dan bagian ruangan yang diperlukan lainnya.

Berbagai Fungsi Seni Rupa Murni

Pengertian Seni Rupa Murni Adalah

Setelah mengetahui apa pengertian dari seni rupa murni pada penjelasan di atas, maka dapat diperoleh fungsi dari seni rupa murni adalah hanya sebagai hiasan ataupun pajangan saja. Yang memang seni rupa murni tersebut hanya menitik beratkan atau memfokuskan pada keindahan untuk ditampilkan. Seni rupa murni ini bahkan tidak dapat digunakan untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.

Selain itu, seni rupa murni adalah salah satu karya seni yang memang dikembangkan untuk dinikmati keindahannya. Berbeda dengan seni rupa terapan yang lebih fokus untuk dimanfaatkan atau memiliki banyak fungsi untuk kehidupan sehari-hari. Di bawah ini beberapa fungsi lebih lanjut dari seni rupa murni itu sendiri yang bisa Anda simak:

Digunakan untuk menyampaikan pesan penting

Fungsi dari seni rupa murni yang pertama adalah untuk menyampaikan pesan penting. Hal ini berarti pesan penting tersebut disampaikan oleh seniman atau pembuat karya seni kepada penikmat dari karya seni itu sendiri. Salah satunya seperti karya seni lukisan yang mana di dalam lukisan tersebut dapat dibuat sedemikian rupa untuk menyampaikan pesan penting secara tersirat saja.

Digunakan untuk memperindah atau mempercantik media

Fungsi lain dari seni rupa murni adalah digunakan untuk memperindah atau mempercantik suatu media. Yang mana media tersebut pada awalnya terlihat biasa saja menjadi luar biasa. Contohnya adalah saat Anda menggunakan kertas polos dan tidak ada hal yang menarik dari kertas tersebut. 

Kemudian, Anda bisa memberikan gambar atau lukisan bunga pada kertas tersebut. Nah gambar yang dihasilkan itulah yang dapat disebut sebagai karya seni yang dapat memperindah atau mempercantik dari yang sebelumnya kertas polos saja. 

Digunakan untuk menyalurkan kreativitas seniman

Fungsi seni rupa murni yang selanjutnya adalah untuk menyalurkan kreativitas dari seorang seniman. Yang mana setiap manusia di dunia ini memang memiliki kreativitasnya masing-masing yang tidak terbatas. Sementara salah satu cara yang paling efektif dalam menyalurkan kreativitas tersebut adalah dengan melalui seni rupa yang dapat menuangkan keindahan.

Beberapa fungsi dari seni rupa yang sudah disebutkan di atas tentu sangat memudahkan Anda untuk mengetahui mengenai seni rupa itu sendiri. Selain itu, masih terdapat beberapa informasi lain mengenai seni rupa murni yakni jenis-jenisnya pada ulasan di bawah ini.

Jenis-jenis Seni Rupa Murni

Pada umumnya, semua seni rupa khususnya seni rupa murni dapat dibagi dari berbagai jenis. Hal tersebut dibedakan berdasarkan wujud ataupun bentuk dari seni rupa murni rupa itu sendiri. Apa saja jenis seni rupa murni berdasarkan bentuk dan wujudnya tersebut? Di bawah ini ulasan selengkapnya yang bisa Anda simak:

Seni rupa murni 2 dimensi

Seni rupa jenis ini merupakan jenis seni rupa murni yang terdiri dari dua unsur saja. Apa saja unsur tersebut? Dua unsur tersebut adalah panjang dan lebar. Pasalnya, seni rupa murni dua dimensi hanya dapat dilihat dari beberapa arah tertentu saja. Itulah mengapa seni rupa jenis ini hanya terdiri dari dua unsur saja.

Akan tetapi, meski hanya dapat dari beberapa sisi saja para seniman yang sudah ahli tentu dapat menjadikannya sebagai media yang indah dan menarik. Hal tersebut tak lain karena seniman yang dapat memberikan seluruh kreativitasnya ke dalam media tersebut sehingga jadilah sebuah karya seni yang bisa mendapatkan apresiasi nantinya. Seperti poster, grafis, lukisan, dan lain sebagainya.

Seni rupa murni 3 dimensi

Sementara seni rupa 3 dimensi adalah salah satu bentuk dari seni rupa yang sudah memiliki tiga jenis unsur pembentuknya. Selain panjang dan lebar, terdapat pula unsur tinggi pada seni rupa tersebut. Yang mana ketiga unsur tersebutlah yang dapat menjadikan sebuah karya seni menjadi satu volume dan satu kesatuan isi terbaik sehingga dapat dilihat dari berbagai arah atau segala arah.

Seni rupa ini sendiri umumnya pembuatannya mempunyai tingkat kesulitan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan seni rupa dua dimensi. Akan tetapi, jika dilihat secara keindahannya, maka seni tersebut akan memberikan kesan yang sangat indah. Salah satu contoh dari seni tiga dimensi ini seperti seni ukir, seni patung, dan masih banyak lagi.

Dari beberapa jenis karya seni di atas, tentu Anda akan lebih mudah dalam membedakan sekaligus mengelompokkan karya seni rupa murni itu sendiri. Sebagai informasi lengkapnya, di bawah ini berbagai ciri-ciri dari seni rupa murni tersebut di bawah ini.

Ciri-ciri Seni Rupa Murni

Pengertian Seni Rupa Murni Adalah

Setelah mengetahui jenis dari seni rupa murni pada penjelasan di atas, agar Anda lebih mengetahui seni rupa ini maka ketahui juga berbagai ciri-cirinya pada ulasan di bawah ini. Ciri-ciri tersebut diantaranya seperti:

  • Seni rupa murni mempunyai nilai keindahan atau nilai estetika yang sangat tinggi.
  • Selain itu, seni ini bahkan tidak mempunyai fungsi sebagai alat yang berguna dalam kehidupan sehari-hari saja. Hal ini berarti seni rupa murni hanya mempunyai fungsi sebagai keindahan saja.
  • Karya seni rupa murni juga hanya menggambar suatu ekspresi dari yang membuatnya
  • Ciri lainnya adalah karya seni ini memiliki sifat yang bebas berarti tidak memiliki aturan yang mengikat satu pun.

Dari berbagai ciri-ciri yang sudah disebutkan di atas, kira-kira apa saja unsur yang ada pada seni rupa murni tersebut? Ketahui di bawah ini.

Berbagai Unsur Seni Rupa Murni

Layaknya seni rupa yang sebenarnya, seni rupa murni pada dasarnya juga memiliki unsurnya tersendiri. Beberapa unsur dari seni rupa murni adalah sebagai berikut:

  • Garis

Adalah sebuah unsur yang terbentuk dari tarikan atau goresan titik-titik yang satu ke yang lainnya.

  • Bentuk

Unsur seni rupa murni yang pertama adalah bentuk yang mana bentuk tersebut terjadi melalui penggabungan unsur lainnya.

  • Bidang

Merupakan unsur yang terdiri dari garis yang dipertemukan dari ujung ke pangkalnya.

  • Tekstur

Merupakan permukaan dari sebuah benda, termasuk permukaan yang kasar maupun yang halus.

  • Warna

Ini merupakan unsur yang dapat memberikan kesan tertentu dari warna itu sendiri.

  • Ruang

Merupakan unsur yang terdiri dari beberapa dinding yang memiliki jarak.

  • Gelap terang

Merupakan sisi pencahayaan yang ada pada sebuah karya seni itu sendiri.

Beberapa unsur dari seni rupa di atas bisa Anda dapatkan pada contoh dari karya seni itu sendiri. Nah, untuk mengetahui apa saja contoh dari karya seni tersebut simak di bawah ini beserta ulasan lengkapnya.

Berbagai Contoh dari Seni Rupa Murni

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai seni rupa murni, ada baiknya Anda mengetahui secara langsung apa saja contoh nyata dari karya seni rupa murni itu sendiri. Nah, di bawah ini beberapa contoh dari seni rupa murni adalah:

  Pegertian Bencana Alam dan Berbagai Macamnya

Relief

Relief merupakan sebuah gambar atau dapat dikatakan seperti tulisan yang menampilkan bentuk tiga dimensi di atas bidang dua dimensi. Relief ini sendiri umumnya berada pada tugu-tugu peringatan maupun candi. Pada tempat-tempat yang terdapat relief tersebut umumnya memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi.

Patung

Selain relief, contoh lain dari seni rupa adalah  patung. Patung ini sendiri dibuat sebagai salah satu simbol atau wujud ekspresi manusia. Umumnya para seniman atau orang yang membuat patung tersebut membentuknya dengan visual tiga dimensi sehingga dapat dilihat dari berbagai arah yang tidak terbatas.

Adapun pembuatan patung tersebut adalah agar memperoleh keindahan. Patung sendiri umumnya memiliki bentuk yang beragam seperti hewan, manusia, dan lain sebagainya. Terlebih jika melihat di Indonesia sendiri sudah ada banyak daerah yang memiliki patung. Seperti patung-patung yang ada di pura, di candi borobudur, dan masih banyak lagi tempat lainnya.

Yang mana patung-patung tersebut dibuat dengan berbagai langkah. Seperti dicetak, dipahat, hingga dimodeling untuk mendapatkan berbagai bentuk yang diinginkan.

Lukisan

Salah satu contoh lainnya yang bisa Anda temukan pada seni rupa murni adalah lukisan. Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan contoh seni yang satu ini. Umumnya lukisan ini sengaja dibuat dengan menggoreskan cat memakai kuas dan peralatan lainnya.

Yang mana lukisan tersebut dibuat oleh mereka para pelukis terkenal dengan harga lukisan yang sangat fantastis. Lukisan sendiri termasuk sebagai seni rupa murni karena hanya dapat dinikmati dari segi keindahannya saja. 

Seni grafis

Contoh dari seni rupa yang satu ini dapat dikatakan sebagai contoh dari seni rupa terapan juga. Hal ini berarti fungsi dari seni grafis yang digunakan sebagai sarana ilustrasi termasuk sebagai seni rupa terapan. Akan tetapi jika digunakan sebagai hiasan saja maka termasuk sebagai seni rupa murni.

Pengertian Seni Rupa Murni Adalah

Selain itu, seni grafis sendiri adalah seni yang bisa melakukan pembuatan dengan cara mencetak di atas kertas atau media lain. Yakni ditujukan untuk membuat salinan karya dengan jumlah yang banyak. Teknik tersebut disebut dengan matrix karena dibuat dari permukaan bahan seperti tembaga, plat logam, papan kayu, hingga seng.

Seni fotografi

Adalah salah satu contoh seni yang dikembangkan dengan teknologi kamera. Seni ini sendiri umumnya sangat disukai oleh banyak kalangan untuk mengekspresikan sesuatu. Fotografi tersebut juga sampai saat ini disukai oleh banyak kalangan media sosial. Seperti yang Kita ketahui bahwa objek dari foto tersebut memang dapat dinikmati keindahannya sehingga tak heran jika ada banyak orang yang menyukainya.

Seni koreografi

Selian seni fotografi, seni koreografi juga termasuk contoh dari seni murni. Yang mana seni tersebut adalah seni merancang struktur ataupun komposisi tarian sehingga dapat menjadi suatu pola gerakan lengkap yang dilakukan oleh seorang koreografer. Salah satunya koreografi tradisional yang dapat disusun dengan beberapa tari lainnya dengan gerakan yang terstruktur. 

Seni film

Merupakan seni yang tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda terlebih bagi Anda seorang penggemar film. Baik itu film yang diproduksi dari lokal maupun internasional. Yang mana film tersebut dihasilkan dari rekaman orang serta benda menggunakan kamera.

Seni pertunjukan

Berbeda dengan film, seni pertunjukan merupakan sebuah karya seni yang melibatkan aksi seorang individu atau aksi kelompok pada waktu dan lokasi tertentu. Umumnya seni pertunjukan ini sendiri terdiri dari 4 unsur. Seperti tubuh seniman, waktu, penonton, hingga ruang yang digunakan.

Seni instalasi

Adalah sebuah cara yang dilakukan dengan cara menyatukan, memasang, hingga mengkontruksi benda-benda hingga nantinya dapat membentuk sesuatu yang cantik dan bagus dari sebelumnya. Umumnya seni ini nantinya dapat menghasilkan seni tiga dimensi dengan adanya unsur cahaya, suara, waktu, ruang, gerak, dan interaksi pengunjung yang ada.

Kaligrafi

Merupakan contoh seni rupa murni jenis dua dimensi yang memiliki fungsi untuk hiasan saja. Umumnya, kaligrafi ini digunakan pada rumah-rumah orang muslim, masjid, atau tempat-tempat lainnya yang diperlukan.

Topeng

Seni rupa murni yang satu ini bisa digunakan sebagai pajangan di dinding. Akan tetapi, bentuk fisik dari topeng tersebut juga dapat digunakan sebagai properti tarian atau yang lainnya. Tentu saja seni rupa yang satu ini juga dapat digunakan untuk mengekspresikan suasana hati seseorang serta dapat menambah keindahan.

Mozaik

Merupakan sebuah seni rupa murni yang dibuat dengan cara merangkai pecahan atau potongan benda-benda kecil menjadi sebuah karya baru yang sangat menarik dan indah untuk dilihat dan dinikmati. Umumnya, mozaik tersebut menggunakan bahan batu, kerami, maupun kaca sebagai bahan dasarnya.

Mozaik sendiri dapat dijadikan sebagai karya seni rupa murni karena memang saat dipajang akan memberikan hasil yang jauh lebih indah dalam sebuah ruangan.

Ukiran

Adalah seni yang dilakukan dengan cara memahat batu ataupun kayu kemudian dijadikan sebagai sebuah karya seni yang diinginkan. Untuk membuat sebuah karya seni itu sendiri dapat dilakukan dengan memperlihatkan keindahannya. Umumnya karya seni ukir ini juga terdiri dari berbagai aneka bentuk yang bisa digunakan sebagai hiasan rumah.

Kerajinan keramik

Kerajinan keramik juga merupakan seni rupa murni yang masih memperlihatkan keindahan kepada pemakainya. Tentu saja seni ini terbuat dari bahan dasar keramik. Adapun hasil dari kerajinan keramik ini sangatlah bervariasi. Ada yang berbentuk seperti vas bunga, guci, dan lain sebagainya.

Umumnya, kerajinan ini sendiri dibuat dengan warna-warna yang cerah, menarik, dan sangat indah. Dengan bentuk dari kerajinan tersebut yang bersifat kontemporer hingga tradisional.

Itulah beberapa informasi mengenai seni rupa murni adalah yang bisa Anda ketahui. Mulai dari pengertian, unsur, fungsi, jenis, dan contoh dari seni rupa murni itu sendiri.