Pengertian Range dalam Statistik dan Penjelasan Lebih Lanjutnya

3 min read

Sebagai seorang pelajar, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan dunia statistika. Kendati rumit namun kita harus terus mempelajarinya salah satunya adalah Range. Kali ini, kita akan khusus membahas mengenai pengertian range dalam statistik dan berbagai hal tentangnya.

Pengertian Range dalam Bidang Statistika

Range adalah salah satu elemen perhitungan di dunia statistika. Range sendiri merupakan nilai yang muncul atas kesenjangan nilai tertinggi dengan nilai terendah. Range sering kali disingkat sebagai R dalam dunia matematika.

Range juga dapat diartikan sebagai suatu jangkauan yang digunakan pada pembahasan frekuensi. Umumnya, semakin kecil range atau kesenjangannya maka data itu bisa disebut lebih homogen untuk distribusinya. Namun, jika rangenya ini semakin besar maka distribusi datanya menjadi semakin heterogen.

Cara Mencari Range Pada Data Tunggal

Setelah mengetahui pengertian range dalam statistik maka selanjutnya kita akan membahas tentang sara mencarinya. Pada poin kali ini, kita akan membahas cara mencarinya dengan menggunakan data tunggal.

Data tunggal adalah data yang menampilkan angka-angka dalam bentuk satu-satu. Misalnya adalah nilai suatu mata pelajaran seorang siswa. Nantinya akan muncul data tunggal yaitu misalnya seperti ini: 7,8,9,6,7,10,5.

Nah, cara mencari range atau yang sering disingkat sebagai R ini sangat mudah yaitu dengan cara mengurangi angka terbesar dengan angka terkecil. Karena di contoh angka di atas memiliki angka yang sama dan masih acak maka sebaiknya urutkan terlebih dahulu.

  Contoh Teks Ulasan: Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri

Misalkan saja kita urutkan dari yang terkecil yaitu 5,6,7,7,8,9,10. Setelah diurutkan maka akan kelihatan mana data yang paling besar mana yang terkecil. Yang terbesar adalah 10 dan terkecil adalah 5. Maka 10-5 adalah 5.

Cara Mencari Range Pada Data Kelompok

Jika tadi kita sudah membahas tentang cara mencari range dengan menggunakan data tunggal maka selanjutnya adalah data kelompok. Sebelum lanjut ke pembahasan, pada data kelompok ini nantinya akan ada perbedaan karena munculnya berbagai teori.

Sebelumnya, kita akan membuat data yang sama karena nantinya akan ada perbedaan pada hasil. Ini dia contoh data statistik kelompoknya:

Berat Badan SiswaBanyaknya
31-402
41-507
51-605
61-702

 

1.     Menurut Anto Dayan

Jika menurut Anto Dayan, Range adalah hasil dari pengurangan nilai tengah kelas terakhir dengan nilai tengah kelas pertama. Nilai tengah ini cara mencarinya adalah dengan menjumlahkan batas atas dan batas bawah kemudian dibagi dua.

Nilai tengah kelas terakhir          = (70 + 61) : 2

=  131 : 2

= 65,5

Nilai tengah kelas atas               =  (40 + 31) : 2

= 71 : 2

= 35,5

Range                                      = Nilai tengah kelas terakhir – nilai tengah kelas atas

= 65,5 – 35,5

= 30

2.     Menurut Husein Tampomas

Kemudian, jika menurut Husein Tamponas berbeda lagi karena ia menggunakan tepi atas kelas terakhir dikurangi tepi bawah kelas terakhir. Untuk tepi atas itu ditambah 0,5 sedangkan tepi bawah dikurangi 0,5.

Tepi atas kelas terakhir              = 70 + 0,5

= 70,5

Tepi bawah kelas pertama         = 31 – 0,5

= 30,5

Range                                       = Tepi atas kelas terakhir – tepi bawah kelas pertama

= 70,5 – 30,3

= 40

3.     Menurut Nugroho Budoyuwono

Terakhir, menurut Nugroho Budoyowono, untuk mencari range dapat dengan cara mengurangi batas atas kelas tertinggi dengan batas bawah kelas terendah. Batas atas kelas tertinggi di atas adalah 70 sedangkan batas bawah kelas terendah adalah 40.

  Apa Itu Analisis? Yuk Simak Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi, dan Contohnya

Range                                       = batas atas kelas tertinggi – batas atas kelas terendah

=  70 – 40

= 30

Kegunaan Range Pada Statistika

Mungkin karena mudahnya penggunaan range pada data statistika ini membuat Anda bertanya-tanya apakah fungsi dari rumus tersebut bukan? Ya, hal tersebut memang selalu terjadi karena keingintahuan yang tinggi dari beberapa siswa.

Tentunya, range ini dapat digunakan sebagai ukuran. Range ini bisa digunakan untuk mengukur gambaran mengenai penyebaran data dengan waktu yang cukup singkat. Ya, Anda tak perlu menggunakan beberapa rumus yang rumit hanya untuk mengetahui status penyebaran datanya.

Kelebihan Penggunaan Range untuk Data Statistika

Jika melihat penjelasan yang di atas pastinya Anda sudah tahu kelebihan dari rumus yang satu ini bukan? Ya, tentunya adalah faktor kecepatan. Dengan rumus yang sangat sederhana tersebut dapat membuat Anda cepat dalam menentukan jangkauan atau kesenjangan suatu nilai.

Dengan cara yang satu ini, Anda sudah mendapatkan bagaimana gambaran umum mengenai penyebaran data yang akan dihitung. Cara ini sering kali digunakan untuk meneliti atau mengulang kembali data yang telah dihitung dengan cermat. Sehingga penelitian bisa berjalan dengan cepat dan tepat.

Kekurangan Penggunaan Range untuk Data Statistika

Semua hal di dunia ini pasti memiliki sisi kelebihan dan ada juga kekurangannya. Jika di atas tadi kita sudah berbicara mengenai kelebihannya maka selanjutnya kita akan membahas mengenai kekurangannya. Penjelasan lebih lanjutnya, simak di bawah ini:

  1. Range ini seperti kita ketahui sendiri sangat kurang tepat untuk menentukan suatu perhitungan data apalagi untuk data kompleks. Range hanya tergantung pada nilai terbesar dan juga nilai terkecil saja sehingga tidak faktual.
  2. Kemudian, range sendiri khususnya untuk data kelompok masih belum ada yang pakem. Oleh karena itu, sering kali memunculkan hasil yang berbeda-beda.
  Arti Akuntabilitas, Jenis, Fungsi, dan Prinsipnya

Contoh Soal yang Menggunakan Range

Untuk menguji kemampuan Anda, berikut ada beberapa contoh soal yang bisa dicoba di rumah. Yaitu sebagai berikut:

  1. Nilai ulangan pelajar kelas VII A adalah 90,80,50,70,40,80,100. Berapakah rangenya?
  2. Usia dalam satu kelas dewasa adalah sebagai berikut:
Usia Satu Kelas Orang DewasaBanyaknya
41-507
51-605
61-702

Berapakah rangenya jika menggunakan rumus Anto Dayan?

Kunci Jawaban dari Soal di Atas

Apakah Anda sudah menjawabnya? Selanjutnya cocokkan jawaban Anda dengan kuncinya di bawah ini:

  1. Soal yang pertama tentunya harus diurutkan terlebih dahulu yaitu : 40,50,70,80,80,90,100. Kemudian angka tertingginya adalah 100 dan angka terendahnya adalah 40. Maka:

 

R = 100 – 40

= 60

  1. Soal yang kedua, jika menggunakan rumus Anto Dayan maka Anda harus mencari nilai tengah kelas terakhir dan nilai tengah kelas pertama.

Nilai tengah kelas terakhir usia   = (70 + 61)/2

= 131/2

= 65,5

Nilai tengah kelas pertama usia  = (50 + 41)/2

= 91/2

=45,5

Range                                        = nilau tengah kelas terakhir usia – nilai tengah kelas pertama usia

= 65,5 – 45,5

= 20

Penutup

Itu dia beberapa pembahasan yang lengkap mengenai pengertian range dalam statistik dan juga ilmu selengkapnya. Kini, Anda sudah mengetahui apa itu range dan bagaimana cara menggunakannya secara lengkap. Mengenai perbedaan versi, hal tersebut memang umum terjadi, sebaiknya lakukan kesepakatan dengan guru Anda terlebih dahulu.

Muhammad Avanda Alvin