Pengertian Pelanggaran HAM dan Jenis-Jenisnya

3 min read

Jika diminta untuk jelaskan pengertian pelanggaran HAM, maka kami akan memberikan ulasan singkat mengenai apa yang dimaksud dengan pelanggaran HAM. Untuk tahu apa yang dimaksud dengan pelanggaran HAM, berikut ini adalah ulasannya.

Tentang pelanggaran HAM

HAM adalah hak asasi manusia. HAM memiliki arti dimana seseorang memiliki hak untuk mendapatkan apa yang dibutuhkannya. Jika seseorang merenggut hak ini, maka hal ini disebut dengan pelanggaran HAM. Berdasarkan teori pelanggaran HAM merupakan sebuah kegiatan dimana seseorang tidak memperbolehkan orang lain mendapatkan kebebasannya baik kebebasan berpikir atau dalam aksinya.

Kebebasan dalam berpikir dan beraksi merupakan hak yang dimiliki oleh manusia secara legal dan merupakan hak yang melekat. Jika seorang individu melanggar hak ini, maka disebut dengan pelanggaran HAM. Pelanggaran HAM ini bisa dilakukan oleh siapa saja baik oleh orang lain atau oleh organisasi dan bahkan pemerintah.

Salah satu contohnya adalah ketika pabrik membuang limbah perusahaan mereka di sungai yang mengalir dan mencemari lingkungan, maka hal ini sudah melanggar hak orang-orang untuk mendapatkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Pengaturan mengenai pelanggaran HAM di Indonesia

Pemerintah Indonesia memiliki peraturan yang berhubungan dengan masalah HAM ada banyak sekali undang-undang yang memuat mengenai peraturan HAM ini. akan tetapi pada dasarnya tidak ada aturan yang menjelaskan perihal pelanggaran terhadap HAM. Hanya saja jika ada kasus-kasus yang berhubungan dengan pelanggaran HAM sudah diatur dengan sanksi pidana dan juga perdata.

Jenis pelanggaran HAM

Pada dasarnya jenis pelanggaran HAM dibagi menjadi 2 yaitu pelanggaran HAM ringan dan juga pelanggaran HAM berat. untuk tahu lebih dalam mengenai 2 jenis pelanggaran ini, maka berikut ini adalah ulasannya.

  • Pelanggaran HAM berat
  Pengertian Puisi dan Prosa Secara Lengkap

Jenis pelanggaran HAM pertama adalah pelanggaran HAM berat. pelanggaran HAM berat adalah pelanggaran mengenai hak asasi yang tidak bisa adi negosiasi. Misalnya hal hidup yang dilanggar merupakan salah satu jenis pelanggaran HAM berat. yang termasuk dalam pelanggaran HAM berat adalah pelanggaran HAM yang dilakukan untuk jenis hak asasi yang tidak bisa dinegosiasi.

Beberapa jenis hak yang berat ini antara lain adalah :

  • Hak hidup
  • Hak bebas dari penyiksaan, perbudakan dan lainnya
  • Hak kebebasan berpikir
  • Hak meyakini salah satu agama.
  • Pelanggaran HAM ringan

Untuk pelanggaran HAM yang ringan ini biasanya mencakup hak-hak yang bisa dinegosiasikan. Contohnya adalah hak untuk berkumpul, hak berserikat, hak berekspresi. Jika hak ini di langgar, maka pelanggaran ini masih termasuk dalam pelanggaran hak ringan.

Sanksi terhadap pelanggaran HAM

Pelanggaran HAM baik ringan ataupun berat bisa mendapatkan sanksi. Hal ini disebabkan karena undang-undang di Indonesia memang melindungi hak asasi yang dimiliki oleh tiap orang. dengan adanya undang-undang yang mengatur mengenai HAM, maka setiap pelanggaran HAM akan dikenai sanksi yang sesuai dengan tipe pelanggarannya.

Untuk mendapatkan peradilan terhadap pelanggaran HAM ini, mereka yang mengalami kerugian akibat pelanggaran HAM ini harus melakukan pelaporan. Jika laporan sudah dibuat, kemudian laporan bisa diproses dan ditindaklanjuti.

Akan tetapi terkadang juga ada pelanggaran HAM yang luput dari hukum. Terlebih untuk jenis pelanggaran HAM ringan. Ada banyak pelanggaran HAM ringan yang bisa Anda temukan saat ini. bahkan di level keluarga. salah satu contohnya adalah ketika seorang anak dipaksa untuk mengambil jurusan kuliah yang tidak sesuai dengan minatnya atau anak dipaksa untuk menikah dengan pilihan orang tua.

  Apa Definisi Kewajiban Asasi Manusia? Temukan Jawabannya Di sini

kedua hal ini merupakan hal yang sepele dan sangat mudah ditemui. Akan tetapi tidak banyak yang tahu bahwa paksaan-paksaan ini merupakan salah satu hal yang bisa dimasukkan dalam hal pelanggaran HAM. Hal ini disebabkan karena tidak ada materi yang memberikan informasi jelaskan pengertian pelanggaran HAM secara umum sehingga banyak orang yang rancu mengenai pelanggaran HAM itu sendiri.

Siapa yang umumnya melakukan pelanggaran terhadap HAM?

HAM dan kewajiban asasi manusia adalah 2 hal yang saling bergantung. Oleh karena itu, ketika hak tidak dipenuhi dan kewajiban tidak dipatuhi, maka akan terjadi pelanggaran. HAM dan kewajiban asasi manusia sendiri juga memiliki banyak bidang atau cakupan. Mulai dari lingkup 2 individu, keluarga, kelompok dan bahkan bernegara.

Hak-hak manusia yang diatur dengan detail menyebabkan pelanggaran HAM juga umum dilakukan oleh banyak pihak. Secara garis besar pelaku pelanggaran jam ini dibagi menjadi 2 yaitu :

  • pelaku negara

pertama pelaku kejahatan atau pelanggaran HAM banyak dilakukan oleh negara. Negara memiliki andil yang besar dalam menyelenggarakan HAM. Tugas dari negara adalah untuk mengadakan, melindungi dan juga menghormati HAM yang dimiliki oleh masyarakatnya. Oleh karena itu, jika salah satu aspek ini gagal dilakukan oleh negara, maka negara akan menjadi pelanggar HAM.

Salah satu contoh dari perilaku pelanggaran terhadap HAM ini adalah keputusan hakim yang timpang, perlakuan di muka hukum yang tidak seimbang. masih adanya anak di daerah yang terlantar dan tidak mendapatkan pendidikan. ya, buta huruf merupakan salah satu akibat dari pelanggaran HAM yang dilakukan oleh negara.

  • pelaku non negara

selain dilakukan oleh negara, pelanggaran HAM juga bisa dilakukan oleh pelaku non negara. Pelaku non negara ini yang dimaksud adalah orang perseorangan dan juga lembaga yang mungkin tidak masuk dalam lembaga negara. Organisasi ilegal seperti organisasi pemberontak merupakan salah satu contoh dari pelanggar terhadap HAM.

  Apa yang Dimaksud dengan Drama? Ini Jawaban Lengkapnya

Pemberontak yang masih ada di beberapa daerah di Indonesia melakukan kegiatan pelanggaran HAM seperti hak kedamaian hingga hak hidup. Akan tetapi ini juga bisa dilihat sebagai pelanggaran HAM oleh negara yang gagal dalam melindungi kedamaian bagi masyarakat di daerah yang masih rentan pemberontakan ini.

Pelanggaran HAM di Indonesia saat ini

Meskipun sudah banyak diatur dalam undang-undang akan tetapi pelanggaran HAM di Indonesia hingga kini masih banyak terjadi. Baik pelanggaran HAM ringan maupun pelanggaran ham berat. saat ini bisa dikatakan pelanggaran HAM ringan malah lebih banyak terjadi. Baik dari pelaku state atau negara dan non state atau non negara.

Mulai dari perilaku diskriminasi hingga penyumbatan kebebasan beropini membuat negara ini makin kacau. Bahkan perilaku pelanggaran HAM ini makin banyak dan makin frontal. Contohnya adalah pemerintah yang sulit untuk dikritik sehingga menyebabkan perenggutan kebebasan berpendapat.

Salah satu kejadian yang sangat besar terjadi pada rapat DPR beberapa waktu yang lalu dimana hak mengeluarkan suara dari salah satu pihak dirampas dengan cara mematikan mic nya. Hal ini merupakan salah satu hal yang menjadikan lembaga negara menjadi pelanggar HAM. Menariknya hal ini tidak hanya terjadi 1 kali tapi 2 kali. Ini menjadikan undang-undang yang dibangun oleh DPR terkesan seperti jokes untuk mereka sendiri.

Nah demikian penjelasan yang bisa kami berikan mengenai jelaskan pengertian pelanggaran HAM. Semoga bermanfaat.

 

Muhammad Avanda Alvin