Pengertian Pantun: Jenis-Jenis dan Ciri-Ciri Pantun

3 min read

Pengertian Pantun: Jenis-Jenis dan Ciri-Ciri Pantun  – Sastra merupakan sebuah jenis karya seni yang berbentuk tulisan, diciptakan oleh seseorang. Yang mana tulisan tersebut  diangkat dari realitas yang terjadi di dunia nyata. Sastra atau karya sastra adalah sebuah cerminanan dari alam sekitar, karya sastra selalu mengangkat mengenai fenomena-fenomena yang terjadi di dunia nyata.

Di dunia khususnya di Indonesia sendiri terdapat 3 buah jenis karya sastra yang telah diakui oleh para ilmuan sastra ataupun kritikus dan sastrawan. Karya sastra itu adalah prosa, drama, dan juga puisi. Prosa merupakan sebuah karya sastra yang berbentuk cerita yang dituliskan tanpa adanya aturan atau hal-hal yang mengikatnya. Sedangkan drama sendiri merupakan karya sastra yang mengandung unsur-unsur dialog di dalamnya.

Dan utuk puisi sendiri, pastinya Anda sudah sering mendengarkan yang namanya pembacaan puisi. Baik itu puisi yang diaudio visualkan ataupun membaca karya sastra puisi itu sendiri. Untuk di Indonesia, puisi ini terbagi menjadi 2 kategori yakni puisi lama dan puisi baru. Walaupun dikatakan puisi lama tetapi jangan salah peminat dari puisi model ini masih sangatlah banyak, salah satu contoh puisi lama adalah pantun.

Sebelum Anda mengetahui pengertian pantun, pasti sebenarnya Anda sudah sangat paham dan mengetahui apa itu sebenarnya pantun. Sebab hingga saat ini pantun masih sangat eksis dan terus mampu mempertahankan eksistensinya. Selain Anda mendengarnya ketika mempelajari pelajaran bahasa Indonesia, materi pantun tetapi ketika Anda menonton TV pasti Anda juga sering mendengar para artis melakonkan pantun-pantun dalam sebuah acara televisi.

Banyaknya acara-acara hiburan yang mengambil pantun menjadi salah satu isian dalam acara tv karena pantun memiliki nilai jual yang tinggi. Sehingga tidak ada salahnya untuk Anda mempelajari salah satu jenis dari puisi lama ini, sebab Anda akan dibuat menjadi manusia yang lebih kreatif karena harus membuat sebuah pantun walaupun hanya diberikan waktu yang singkat untuk berpikir, selain itu dapat menjadi komersil.

  Pengertian, Bentuk, dan Fungsi Tulang Bagi Tubuh Manusia

Oleh karena itu tanpa perlu berbasa-basi, berikut ini informasi mengenai definisi pantun, jenis-jenis pantun, dan juga ciri-ciri dari sebuah pantun yang telah ada aturannya sejak dulu hinga sekarang ini.

Pengertian Pantun

Secara umum pantun merupakan salah satu jenis puisi lama yang  terdiri dari bait-bait, yang mana setiap baitnys terdiri dari 4 baris. Setiap baris ada yang menjadi sampiran dan ada yang menjadi isi atau inti dari pantun tersebut. Sebuah pantun tidak hanya berpungsi sebagai hiburan saja, tetapi pantun juga merupakan karya sastra yang mengandung pesan dan amanat yang akan disampaikan kepada pembaca.

Pada mulanya pantun merupakan sebuah karya sastra lisan dan bukanlah sebuah sastra tulis, hal ini dikarenakan pada zaman dulu pantun disampaikan dengan penuh spontanitas sehingga tidak tertulis. Namun sekarang dengan berkembangnya zaman dan dunia menjadi semakin maju dengan semakin majunya teknologi, maka membuat pantun ini menjadi sebuah karya sastra yang dapat dijumpai dalam bentuk tulisan.

Sedangkan menurut KBBI pengertian pantun adalah sindiran, hal ini dikarenakan pantun banyak dijadikan sebagai media atau alat untuk melemparkan sindiran kepada orang lain. Baik itu orang yang telah Anda kenal ataupun tidak Anda kenal. Hal ini tentunya karena kemudahan dalam pembuatan pantun dan juga pantun menjadi salah satu sindiran yang unik untuk dilakukan.

Apakah Anda tahu bahwa sebenarnya nama atau sebutan untuk pantun itu sendiri berasal dari bahasa Minangkabau, yakni patuntun yang memiliki arti petuntun. Pantun bukan hanya sekadar rangkaian kata-kata yang indah, tetapi pantun adalah rangkaian kata-kata yang indah, penuh kasih, sarat akan pesan, makna, dan juga amanat yang ingin disampaikan kepada para pembaca ataupun pendengarnya, tidak sedikit pantun yang menjadi media penuntun seseorang menjadi lebih baik.

  Apa Definisi Kewajiban Asasi Manusia? Temukan Jawabannya Di sini

Jenis-Jenis Pantun

Bila Anda telah mengerti dan memahami pengertian pantun maka sebaiknya selanjutnya Anda harus mengetahui jenis-jenis pantun yang ada di Indonesia ataupun di dunia secara umum. Manfaat mengetahui jenis-jenis pantun adalah agar ketika Anda membuat sebuah pantun, maka akan pas dengan situasi dan kondisi yang terjadi. Jangan sampai Anda salah pilih jenis pantun dalam sebuah situasi dan kondisi.

Berikut ini beberapa jenis pantun yang penting untuk Anda ketahui, baca dengan teliti agar Anda tidak salah dalam memaknainya.

-Puisi nasihat, jenis pantun yang paling pertama adalah pantun nasihat, yang merupakan sebuah pantun yang bertujuan untuk memberi himbauan dan juga anjuran kepada Anda yang membacanya. Jenis pantun ini pastinya berisikan mengenai pesan-pesan moral dan juga didikan yang sangat baik untuk kebajikan Anda.

-Pantun jenaka, bila Anda sering menonton acara hiburan di televisi, maka pastinya Anda selalu mendengar satu jenis pantun ini. Jenis pantun ini adalah pantun jenaka, yang mana pantun ini berisikan hal-hal yang lucu dan juga menarik. Sehingga fungsi utama dari pantun jenis ini adalah untuk menghibur.

-Pantun agama, adalah jenis pantun yang isinya berisi tentang kebajikan, hubungan manusia dan pencipta. Jenis pantun ini sedikit mirip dengan pantun nasehat yang mengarahkan Anda kepada hal-hal yang baik. Namun pada pantun agama ini lebih berisi mengenai nilai-nilai dan prinsip-prinsip keagamaan, jenis pantun ini sangat mengambarkan pengertian pantun.

-Pantun teka-teki, pantun menjadi sarana pencair suasana terbaik. Salah satu jenis puisi yang dapat Anda gunakan untuk mencairkan situasi yang kaku adalah pantun teka-teki, pada pantun ini Anda akan diajak untuk berpikir dan jugaterkadang terselip suatu candaan di dalamnya. Karakteristik yang paling menonjol dari jenis pantun ini adalah selalu terdapat pertanyaan pada ujung belakang setiap barisnya.

  Konsep Dasar Pendidikan Inklusi Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pendidikan Inklusi

-Pantun kasih-kasih, bila Anda menemukan sebuah puisi yang bertemakan kasih sayang dan juga cinta maka puisi tersebut tergolong ke dalam puisi kasih-kasih. Pada awalnya jenis puisi ini banyak digunakan masyarakat melayu untuk menyampaikan perasaannya kepada kekasihya.

-Pantun anak, tidak hanya orang besar saja yang memiliki jenis pantun sesuai dengan pengertian pantun, tetapi anak-anak juga memilik jenis pantun khusus. Jenis pantun anak ini berisikan hal-hal yang ringan dan membahas mengenai hal-hal yang menyenangkan dan juga disukai oleh anak-anak. Sebuah pantun anak harus memiliki pesan moral di dalam pantun tersebut.

Ciri-Ciri Pantun

Terdapat beberapa ciri-ciri pantun yang harus Anda ketahui agar juga mempermudah Anda ketika ingin membuat sebuah pantun. Ciri-ciri ini juga menjadi aturan yang mengikat ddalam pembuatan pantun. Berikut ini ciri-ciri dari sebuah pantun, simak dan baca dengan ketelitian.

-Setiap bait terdiri dari 4 baris

-Dalam setiap barisnya terdapat 8-12 suku kata

-Pada pantun terdapat sampiran dan isi, pada baris 1 dan 2 disebut sampiran, sementara baris 3 dan 4 disebut isi

.-Berirama A-B-A-B

Demikianlah informasi menarik yang sangat bermanfaat mengenai pengertian pantun dan berbagai macam jenis pantun dan juga ciri-ciri yang dimilikinya.

Avatar