Pengertian Manajemen SDM, Fungsi dan Tujuannya

7 min read

Pengertian Manajemen SDM, Fungsi dan Tujuannya

Saat menjalankan sebuah pekerjaan baik itu dalam lingkup suatu lembaga, komunitas, organisasi, atau bahkan perusahaan tentu semuanya memerlukan yang namanya sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya masing-masing.

Untuk itu sangat penting mengetahui bagaimana cara memanajemen SDM tersebut agar setiap kegiatan yang dilakukan dapat berjalan dengan hasil maksimal. Sebelum itu, ketahui dahulu apa pengertian manajemen SDM di bawah ini.

Pengertian Manajemen SDM

Sangat penting bagi sebuah lembaga ataupun perusahaan mengetahui apa itu pengertian manajemen SDM. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah termasuk sebagai pimpinan perusahaan yang mengerti mengenai manajemen SDM tersebut?

Agar dapat menjalankan sebuah perusahaan dengan baik serta tercapai tujuan utamanya maka sangat penting untuk mengetahui pengertian manajemen SDM.

Manajemen sumber daya manusia ini sendiri adalah sebuah proses dalam menangani berbagai masalah yang ada pada ruang lingkup karyawan, buruh, pegawai, manager, bahkan seluruh tenaga kerja yang menopang semua aktivitas yang ada.

Yang mana keseluruhan proses tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan agar memperoleh hasil yang maksimal. Umumnya, yang menangani dan mengelola manajemen SDM tersebut adalah divisi HR.

Dengan begitu, divisi HR lah yang menyediakan pengetahuan tentang lembaga atau perusahaan, pembinaan dan pelatihan, peralatan yang diperlukan, layanan administrasi, sarana hukum, pengawasan, hingga manajemen talenta.

Selain itu, divisi HR juga mempunyai tugas dan tanggung jawabnya dalam mengembangkan perusahaan dengan menerapkan semua budaya dan nilai suatu perusahaan.

Divisi ini juga nantinya yang bertugas memastikan bahwa suatu perusahaan atau lembaga mampu mempunyai tim yang solid dan tepat serta mampu memahami pemberdayaan karyawan.

Itulah informasi mengenai pengertian dari manajemen sumber daya manusia beserta seluk beluk lainnya. Dari beberapa pengertian yang sudah disebutkan di atas diperoleh juga beberapa fungsi manajemen SDM diantaranya seperti di bawah ini.

Fungsi Manajemen SDM

Pengertian Manajemen SDM, Fungsi dan Tujuannya

Setelah mengetahui apa itu pengertian manajemen SDM beserta seluk beluknya, saatnya Anda mengetahui apa saja fungsi dari manajemen sumber daya manusia itu sendiri. Kira-kira apa saja fungsi dari manajemen SDM tersebut?

Manajemen SDM ini sendiri memiliki berbagai fungsi yang mana setiap fungsi tersebut dapat dipraktekkan dalam sebuah perusahaan atau lembaga.

Sebagai informasi lebih lanjut, di bawah ini beberapa fungsi dari manajemen sumber daya manusia tersebut yang bisa Anda ketahui:

  • Fungsi mengelola dan mengatur pekerja

Fungsi yang satu ini mempunyai tiga langkah penting di dalamnya, yakni penarikan, perencanaan, dan seleksi. Adanya ketiga tahap tersebut dilakukan dengan tujuan supaya memperoleh tenaga kerja yang solid dan pastinya berkualitas sehingga sumber daya manusia tersebut bisa bekerja dengan maksimal sesuai dengan bagian pekerjaannya masing-masing.

  • Fungsi penilaian

Dibagian ini divisi SDM lah yang memiliki tanggung jawab terhadap rangkaian pembinaan, pengawasan, sampai evaluasi mengenai karyawan maupun calon karyawan yang sudah dipilih. Evaluasi disini dilakukan berdasarkan standar kinerja yang sebelumnya sudah disusun oleh divisi SDM itu sendiri.

  • Fungsi kepuasan

Pada manajemen SDM sendiri juga mempunyai fungsi memberikan penghargaan atau balas jasa baik itu secara tidak langsung ataupun secara langsung. Contohnya adalah penghargaan yang berbentuk uang maupun barang kepada setiap karyawan yang diinginkan sebagai bentuk imbal jasanya.

  • Sebagai pusat pelatihan dan penasihat

Yang dimaksud dengan pelatihan disini adalah sebuah proses pembelajaran yang dilakukan untuk memperoleh keahlian dalam meningkatkan kinerja karyawan.

  Pengertian Literasi, Tujuan, Manfaat dan Jenis-jenisnya

Tak hanya itu, fungsi manajemen terhadap sumber daya manusia juga harus mencari solusi terhadap kendala yang dialami mereka sehingga kinerja yang dilakukan dapat berjalan dengan hasil yang berkualitas dan maksimal.

  • Fungsi membuat relasi

Dalam hal ini manajemen dalam sumber daya manusia juga memiliki fungsi sekaligus tugas untuk membangun sebuah hubungan yang baik dengan pihak luar yang masih terkait dengan sumber daya manusia itu sendiri. Misalnya seperti serikat pekerja dan yang lainnya.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar iklim kerja sebuah perusahaan atau lembaga dapat menjadi lebih kondusif karena mampu menyelesaikan permasalahan yang ada tanpa adanya tindakan yang tidak diperlukan.

  • Fungsi mengatasi permasalahan

Manajemen sumber daya manusia mempunyai tanggung jawab dalam mengatasi setiap permasalahan yang ada pada setiap karyawannya. Hal tersebut termasuk dalam melakukan analisis pada setiap masalah yang ada serta juga mencarikan solusi terbaik agar masalah tersebut dapat diselesaikan dengan segera.

  • Fungsi menangani kesehatan serta keselamatan para pekerja

Satu lagi fungsi manajemen sumber daya manusia yang perlu Anda ketahui yakni menangani kesehatan serta keselamatan para pekerjanya.

Manajemen SDM tersebut perlu berfungsi dalam menciptakan kondisi kerja yang sehat dan juga aman agar dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ataupun hal-hal yang berisiko. Misalnya seperti kecelakaan kerja.

Hal ini berarti semua yang berhubungan dengan keselamatan dan kesehatan kerja menjadi tanggung jawab divisi manajemen SDM itu sendiri.

Dari berbagai fungsi di atas, masih ada juga yang namanya tujuan dibentuknya manajemen sumber daya manusia itu sendiri. Apa saja tujuan tersebut? Ketahui di bawah ini.

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Mengacu pada pengertian manajemen SDM beserta fungsinya terdapat tujuan dari manajemen sumber daya manusia yang juga perlu Anda ketahui secara menyeluruh. Adapun beberapa tujuan dari manajemen SDM tersebut seperti:

  • Tujuan sosial

Tujuan sosial merupakan tujuan dalam artian sebuah organisasi yang memiliki tanggung jawab secara sosial terhadap tantangan serta keperluan yang terjadi dalam sebuah masyarakat. Hal tersebut dilakukan agar dapat mengurangi efek dampak negatif yang merugikan nantinya.

  • Tujuan organisasional

Hal ini berarti diperlukan sasaran-sasaran formal yang disusun untuk dapat membantu lembaga maupun perusahaan dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Tujuan tersebut dapat memberikan pengenalan bahwa manajemen SMD itu ada.

  • Tujuan individu atau pribadi

Di dalam sebuah manajemen SDM, sangat perlu diperhatikan oleh manajer dari sumber daya manusia itu sendiri. Yang mana nantinya perlu diarahkan dengan tujuan secara menyeluruh.

  • Tujuan fungsional

Tujuan fungsional atau yang disebut dengan functional objective adalah sebuah tujuan dalam mempertahankan kontribusi dari sumber daya manusia itu sendiri pada setiap departemen lembaga atau perusahaan yang diperlukan.

Hal ini berarti sumber daya tersebut perlu dipelihara agar nantinya dapat memberikan kontribusi atau pengaruh dengan maksimal.

Itulah beberapa tujuan dari manajemen sumber daya manusia yang bisa Anda ketahui. Selain itu, terdapat pula beberapa model dari manajemen sumber daya manusia seperti berikut ini.

Berbagai Model Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengertian Manajemen SDM, Fungsi dan Tujuannya

Berbicara mengenai manajemen sumber daya manusia, baik itu mulai dari pengertian manajemen SDM, fungsi, dan tujuannya tentu masih ada banyak unsur lain yang perlu dipelajari mengenai hal tersebut. Salah satunya yakni model dari manajemen sumber daya manusia itu sendiri.

  PERMASALAHAN-PERMASALAHAN DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF

Dalam memahami berbagai masalah yang ada pada manajemen SDM maka perlu ditentukan bagaimana cara untuk memecah masalah tersebut. Dalam hal ini diperlukan model-model dari manajemen SDM yang bisa diterapkan.

Yang mana model-model tersebut berkembang sesuai dengan kondisi dan situasinya. Di bawah ini merupakan berbagai model manajemen SDM tersebut:

  • Model Klerikal

Merupakan model yang berfungsi dalam memelihara laporan, catatan, data serta melaksanakan tugas-tugas rutin yang ada. Fungsi manajemen SDM terhadap model yang satu ini yakni menangani kertas kerja yang doperlukan serta memenuhi berbagai aturan dan melaksanakan tugas kepegawaian dengan rutin.

  • Model hukum

Model yang satu ini berarti sumber daya manusia mendapatkan keikutsertaannya dari keahlian bidang hukum. Hukum sendiri memilih banyak aspek yang perlu diterapkan. Salah satu aspek tersebut seperti negosiasi kontrak hingga pengawasan dan kepatuhan.

  • Model finansial

Merupakan model manajemen SDM yang memiliki pengaruh besar terhadap sumber daya manusia itu sendiri. Diantara yang termasuk dalam model finansial yang satu ini seperti biaya asuransi kesehatan, asuransi jiwa, pensiun, biaya liburan, dan lain sebagainya.

  • Model manajerial

Model yang satu ini mempunyai dua jenis. Yang pertama yakni manajer sumber daya manusia yang memahami kerangka kerja dengan fokus utama pada produktivitas. Sementara yang kedua adalah manajer sumber daya manusia yang melaksanakan fungsi dari SDM itu sendiri.

  • Model humanistik

Hal ini berarti departemen sumber daya manusia dibentuk dengan tujuan untuk mengembangkan serta membantu perkembangan potensi dan nilai SDM dalam sebuah organisasi. Yang mana, sumber daya manusia tersebut perlu memahami setiap individu serta membantu mereka dalam memaksimalkan pengembangan diri maupun peningkatan karir.

  • Model ilmu perilaku

Model ini menganggap bahwa perilaku seperti psikologi ataupun organisasi adalah dasar dari aktivitas sumber daya manusia.

Dalam model ini memiliki prinsip sebuah pendekatan sains terhadap perilaku manusia bisa diterapkan di seluruh lini permasalahan berdasarkan pada prinsip sains itu sendiri. Salah satunya yang meliputi adalah evaluasi, teknik umpan balik, desain program, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa model manajemen sumber manusia yang bisa Anda ketahui. Sebagai informasi lebih lanjut, terdapat pula pendekatan manajemen sumber daya manusia seperti di bawah ini.

Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengertian Manajemen SDM, Fungsi dan Tujuannya

Dalam sebuah aktivitas ataupun kegiatan tentu tidak lepas dengan yang namanya masalah. Untuk mengatasi masalah yang selalu hadir dari waktu ke waktu tersebut terdapat beberapa pendekatan yang sesuai dengan jangka waktunya.

Hal ini berarti pendekatan yang lebih akhir dapat menunjukkan pendekatan yang lebih baru semua dinilai dari waktunya.

Lantas apa saja pendekatan yang ada berdasarkan pengertian manajemen SDM tersebut? Setidaknya terdapat tiga jenis pendekatan yang perlu Anda ketahui. Diantaranya sebagai berikut:

  • Pendekatan klasik/mekanis

Seperti yang kita ketahui, perkembangan dunia industri saat ini sudah semakin pesat terbukti dengan banyaknya alat-alat elektronika dan mesin-mesin yang digunakan. Dalam pendekatan yang satu ini jika terdapat masalah yang terkait dengan tenaga kerja, maka unsur manusia disamakan dengan faktor produksi lainnya.

Hal ini berarti pimpinan usaha melakukan penekanan pada pekerja dengan upah yang minim. Dengan begitu bisa diperoleh biaya produksi yang rendah. Dalam hal ini juga menunjukkan bahwa tenaga kerja perlu dikelompokkan dalam faktor produksi sebagai modal.

Dari situ sangat diperlukan perolehan tenaga kerja yang murah akan tetapi dapat dimanfaatkan dengan sangat maksimal sehingga diperoleh hasil yang besar. Umumnya pendekatan ini dilakukan di negara-negara bagian barat.

  • Pendekatan paternalistik

Merupakan suatu pendekatan yang memiliki konsep manajemen sebagai pelindung karyawan. Dalam hal ini pimpinan perusahaan sudah melakukan berbagai usaha agar para pekerja tidak mencari bantuan pada pihak yang lainnya. Akan tetapi pendekatan yang satu ini sudah mulai hilang sejak tahun 1930-an.

  • Pendekatan sistem sosial

Perlu Anda ketahui bahwa pengertian manajemen SDM adalah suatu proses yang sangat kompleks. Dengan adanya hal yang sangat kompleks tersebut membuat pimpinan perusahaan melakukan pendekatan yang satu ini yakni pendekatan sistem sosial.

  Pengertian Pendidikan: Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Jenis Pendidikan

Pendekatan sistem sosial merupakan suatu pendekatan yang saat memecahkan masalah senantiasa memperhitungkan faktor-faktor lingkungan yang ada disekitarnya. Pemecahan masalah pun akan dilakukan dengan sebaik mungkin. Yakni dengan memilih cara pemecahan masalah yang memiliki risiko paling sedikit atau paling kecil.

Itulah beberapa pendekatan yang bisa Anda ketahui tentang manajemen SDM. Pendekatan tersebut bisa diterapkan dalam sebuah perusahaan sesuai dengan kebutuhan masing-masing yang diperlukan. Dari situ juga terdapat manfaat dari manajemen SDM sendiri bagi sebuah perusahaan.

Apa saja manfaat manajemen sumber daya manusia tersebut? Di bawah ini manfaat selengkapnya yang bisa Anda ketahui.

Manfaat Manajemen Sumber Daya Manusia di Perusahaan

Sumber daya manusia adalah salah satu elemen utama yang paling penting yang ada dalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu sumber daya manusia tersebut memerlukan suatu sistem manajemen yang baik sehingga kinerja perusahaan pun bisa berjalan dengan lebih maksimal.

Dengan adanya manajemen sumber daya manusia yang terorganisir dengan baik, maka perusahaan bisa mencapai targetnya dengan lebih mudah. Selain itu, tentu saja suasana kerja dalam sebuah perusahaan dapat lebih terbangun karena sudah memiliki manajemen sumber daya manusia yang mumpuni.

Oleh karena itu, sangat penting dalam sebuah perusahaan untuk memiliki manajemen sumber daya manusia yang positif. Mulai dari saat proses rekrutmen pekerja sampai melakukan pemberdayaan untuk bekerja di perusahaan dengan optimal.

Fokus Manajemen Sumber Daya Manusia

Pada dasarnya manajemen sumber daya manusia memiliki fungsi perusahaan yang berkaitan langsung dengan penyelesaian isu dan kepemimpinan yang ada pada setiap karyawan dalam sebuah perusahaan. Dari situ, Anda bisa menjabarkan bahwa fokus utama dari manajemen sumber daya manusia tersebut adalah:

  • Manajemen kinerja
  • Pemberian kompensasi
  • Perekrutan
  • Keselamatan karyawan
  • Pengembangan perusahaan
  • Tunjangan karyawan
  • Kesehatan karyawan
  • Pelatihan karyawan
  • Komunikasi
  • Motivasi kerja
  • Serta
  • Administrasi

Adapun fokus manajemen sumber daya manusia selain beberapa hal di atas adalah pengelolan karyawan, lingkungan kerja, budaya dengan menggunakan pendekatan yang sesuai.

Manajemen SDM disini dilakukan dengan efektif sehingga memungkinkan karyawan dalam melakukan kontribusi efektif dalam sebuah perusahaan agar nantinya dapat dengan mudah mencapai tujuan.

Dengan begitu, adanya fokus manajemen sumber daya manusia tersebut dilakukan agar nantinya dapat terlibat langsung dalam memanfaatkan karyawan. Hal ini berarti program yang dijalankan untuk karyawan bisa dengan mudah memberikan dampak yang jauh lebih positif terhadap perusahaan.

Itulah informasi mengenai pengertian manajemen SDM yang bisa Anda ketahui. Manajemen sumber daya manusia tersebut meliputi proses memilih, merekrut, melantik karyawan, memberikan pelatihan dan pengembangan, memberikan orientasi, menjaga hubungan yang baik antar karyawan, memastikan keselamatan kesehatan kesejahteraan karyawan, hingga memotivasi karyawan.

Manajemen sumber daya manusia sendiri sesuai dengan pengertian manajemen SDM, digunakan untuk mengatur hubungan serta peran tenaga kerja yang ada agar lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan utama sebuah perusahaan.

Jadi, bagaimana dengan perusahaan Anda apakah sudah menerapkan manajemen sumber daya manusia dengan baik dan tepat?

Avatar