Pengertian, Macam-macam Puisi Baru dan Contohnya Yang Wajib Diketahui

3 min read

Puisi merupakan salah satu sastra hasil ungkapan pikiran maupun perasaan manusia dimana di dalamnya menggunakan bahasa terikat dengan irama, mantra hingga rima. Selain itu, penyusunan di dalamnya juga penuh dengan makna. Adapun salah satu puisi yang paling banyak digunakan adalah puisi baru. Bagi anda yang belum mengetahui, simak pengertian, macam-macam puisi baru dan contohnya.

Seperti yang telah kita ketahui, di Indonesia sendiri puisi dibedakan menjadi puisi lama, puisi baru serta puisi kontemporer.  Salah satu jenis puisi yang cukup popular di Indonesia adalah puisi baru ini. dimana  puisi ini mempunyai bentuk yang lebih bebas mulai dari jumlah baris, suku kata, irama hingga rima yang terdapat di dalamnya.  Sebenarnya apa itu puisi baru? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini:

Pengertian Puisi Baru

Puisi baru merupakan salah satu jenis puisi dimana seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Puisi ini ternyata juga mempunyai bentuk lebih bebas dibandingkan dengan puisi lama. Adapun bentuk bebas tersebut berkaitan dengan jumlah baris, kata, suku, rima hingga irama yang terdapat di dalamnya.

Selain itu, pengertian lain dari puisi baru adalah jenis puisi dimana tidak ada keterikatan dengan aturan-aturan baku tertentu di dalam pembuatan ataupun pembacaannya. Artinya puisi baru merupakan jenis puisi yang penuh dengan kebebasan di dalamnya.

Puisi baru ini pun juga dapat diartikan sebagai jenis puisi modern karena sudah tidak terikat lagi dengan aturan-aturan dan dibuat secara bebas oleh para pengarangnya. Puisi ini sendiri lahir sejak adanya puisi lama. Bentuknya juga lebih bebas dibandingkan dengan puisi lama.

Sedangkan perbedaan puisi baru dan puisi kontemporer adalah pada puisi kontemporer mempunyai sifat yang cukup unik dan berusaha ingin keluar dari ikatan-ikatan konvensional di dalam puisi itu sendiri. Selain itu, pada puisi kontemporer juga akan lebih berusaha untuk menonjolkan bentuk grafis atau fisik seperti bunyi yang terdapat di dalam puisi.

  Pengertian Puisi dan Prosa Secara Lengkap

Ciri-ciri puisi baru

Sebelum mengetahui macam-macam puisi baru dan contohnya, anda juga perlu untuk mengetahui bagaimana ciri-ciri dari puisi baru. Hal tersebut sangat penting untuk membantu membedakan jenis puisi ini dengan yang lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa ciri-ciri dari puisi baru yang mesti diketahui.

  1. Biasanya nama pengarangnya akan diketahui oleh orang lain atau pembacanya
  2. Adanya penggunaan gaya bahasa atau dikenal majas yang selalu berubah-ubah sehingga akan membuat puisi terkesan unik dan mempunyai makna tersendiri.
  3. Bentuk penulisannya yang tersusun secara rapi dan simetris dimana terdiri dari bait-bait.
  4. Adanya penggunaan pola saja yang teratur seperti pola AAAA, ABAB, ABBA dan yang lainnya. Walaupun demikian, beberapa puisi baru ternyata juga menggunakan pola yang tidak ada aturan baku di dalamnya
  5. Setiap barisnya biasanya akan terdapat sebuah gatra atau kesatuan sintaksis
  6. Setiap gatra tersebut bisa terdiri dari 2 hingga 5 suka kata
  7. Terdapat beberapa jenis puisi baru dimana dibedakan berdasarkan dengan jenisnya.
  8. Pola dominan yang terdapat di dalamnya merupakan pola sajak pantun maupun syair

Macam-macam puisi baru dan contohnya

Sudah mengetahui bagaimana pengertian dan ciri dari puisi baru tersebut? jenis puisi yang satu ini pun ternyata juga mempunyai beberapa jenis di dalamnya. Inilah yang perlu anda ketahui lebih jauh. Berikut ini macam-macam puisi baru dan contohnya yang wajib anda ketahui.

  1. Balada

Jenis puisi baru yang pertama adalah balada ini dimana berisi tentang kisah ataupun cerita rakyat yang mengarukan.  Dimana kadang dinyanyikan maupun berbentuk dialog. . Balada biasanya terdiri dari lebih 3 bait. Setiap baitnya bisa terdiri dari 8 baris  dengan irama a-b-a-b-c-c-b kemudian bisa beralih menjadi irama a-b-ab-b-c-c-b-c. adapun contoh dari balada adalah

  Pengertian Absolut dan Cara Penggunaannya

Balada Pembungkus Tempe ciptaan dari W.S, Rendra di bawah ini:

Fermentasi asa

Mengharap sempurna

Bentuk utuh nan konyol

Rasa, Karsa Tempe

 

Pembungkus yang berjasa

Penuh kisah tertulis duka lara

Dibuang tanpa dibaca

 

Pembungkus yang berjasa

Penuh kisah tertulis dua lara

Dibuang tanpa dibaca

  1. Hymne

Adapun jenis puisi baru yang berikutnya adalah Hymme dimana merupakan puisi yang berisi tentang pujian untuk tuhan, dewa, tanah air, pahlawan hingga almamater di dalam dunia sastra. Tetapi kini, hymne menjadi puisi yang sudah dapat dinyanyinya. Adapun contoh dari hymne adalah:

Aku kecil namun aku tak bisa dianggap kecil

Aku lemah namun aku tak bisa menyerah

Selama nyawa masih melekat di dalam raga

Dan suara detak jantung masih terasa

Ku akan terus berlari mengejar sang surya

 

Walaupun aku miskin bukan berarti aku tak punya

Dengan semangat empat lima

Dan suara lantang merdeka

Ku terus kobarkan sang saka

Demi bangsaku tercinta.

  1. Ode

Ode ini berasal dari bahasa Yunani dimana mempunyai arti sebagai nyanyian. Hal ini tidak lain karena puisi baru ini biasanya akan dinyanyikan paduan suara sambil menarik di dalam drama-drama Yunani kuno. Liriknya juga berisi tentang semangat pujaan di dalam nada agung dengan tema yang serius.

Adapun ciri-ciri dari ode adalah mempunyai nada yang anggun, nada dan iramanya resmi, membahas mengenai hal-hal agung dan mempunyai sifat yang memuji. Adapun contoh dari Ode ini adalah Teratai karya dari Sanusi Pane.

  1. Satire

Jenis puisi baru yang berikutnya adalah satire ini. satire sendiri merupakan puisi yang berisi tentang sindiran maupun kritikan atas sebuah fenomena yang tengah terjadi. Di dalamnya biasanya juga akan menggunakan kata-kata yang penuh ironi, sarkasme hingga mengandung parodi. Adapun hal-hal yang disinggung biasanya merupakan fenomena sosial dan politik dari suatu pemerintahan. Adapun contoh satire adalah karya W,S Rendra yang berjudul Aku Bertanya.

  1. Elegi
  Mengenal Ragam Jenis Alat dan Sistem Pernapasan Pada Hewan

Elegi merupakan puisi baru dimana mengandung ratapan, kesedihan atau dukacita khususnya untuk peristiwa kematian. Bukan hanya itu saja, elegi ini sendiri merupakan syair dimana bisa mengungkapkan perasaan kehilangan. Adapun contoh dari elegi adalah Dari Jendela dimana merupakan karya dari Agnes Sri Hartini.

  1. Epigram

Adapun jenis puisi baru berikutnya adalah Epigram. Epigram ini sendiri berasal dari bahasa Yunani dimana berarti pedoman, nasihat, ajakan ataupun teladan buat melakukan hal-hal yang baik. Sedangkan menurut dari KBBI, epigram merupakan syair pendek yang mengandung gagasan dimana diakhiri dengan pernyataan menarik biasanya berupa sindiran.

Di dalamnya juga mengandung amanat untuk para pembacanya. Adapun contoh dari epigram ini adalah PAGI karya dari Chairil Anwar.

  1. Romansa

Merupakan puisi baru dimana berisi tentang luapan kasih sayang dari seorang penulis. Romansa ini sendiri berasal dari bahasa Perancis yakni romantique yang berarti keindahan perasaan dan kasih sayang. Adapun contoh dari romansa yang cukup popular adalah Surat Cinta dimana merupakan karya dari W.S Rendra.

Puisi baru menjadi salah satu puisi dimana penuh dengan kebebasan di dalamnya. Demikian pengertian, macam-macam puisi baru dan contohnya yang wajib untuk anda ketahui. Keberadaan puisi baru inipun juga tidak bisa dipisahkan dari  para sastrawan.

 

Avatar