Pengertian Literasi, Tujuan, Manfaat dan Jenis-jenisnya

3 min read

Pengertian Literasi, Tujuan, Manfaat dan Jenis-jenisnya – Setiap bidang keilmuan memiliki tujuan penting masing-masing untuk dipelajari. Pasalnya bidang keilmuan yang dipelajari di bangku sekolah bisa sangat berguna dan membantu ketika sudah berada di masyarakat. Bahkan bidang keilmuan tertentu bisa mengantar seseorang pada karir terbaik atau pekerjaan yang menjadi sumber penghasilan.

Salah satu bidang keilmuan yang menjadi pelajaran wajib di jenjang sekolah adalah literasi. Ilmu yang berkaitan dengan kemampuan menulis dan membaca itu sering disebut sebagai pengetahuan dasar. Namun pada praktiknya, literasi memiliki banyak detail pengetahuan yang lebih kompleks. Maka untuk bisa memahami literasi secara keseluruhan, pelajari juga hal lain yang berhubungan dengan ilmu tersebut.

Definisi Literasi

Istilah literasi diketahui berasal dari bahasa Latin yaitu literatus yang diartikan sebagai orang yang belajar. Sedangkan defisi paling sederhana dari istilah literasi yaitu kemampuan membaca dan menulis. Membaca diartikan sebagai proses memahami lambang bahasa hingga didapat suatu pemahaman. Sementara menulis didefinisikan sebagai proses mengukirkan lambang tersebut yang juga dimaksudkan untuk mendapatkan pemahaman.

Apabila dilihat dari pengertian literasi secara sederhana, itu artinya literasi sudah termasuk dalam aktivitas yang dilakukan sejak dahulu kala. Seiring perkembangan waktu, istilah literasi mengalami perubahan yang disesuaikan dengan zaman. Hingga akhirnya muncul beberapa istilah yang menyerupai literasi dan lebih populer. Lebih lanjut, literasi juga menjadi gerakan bagi pegiat pendidikan baik pendidikan formal maupun nonformal.

Perkembangan makna dari istilah literasi kemudian tidak hanya fokus pada kemampuan membaca dan menulis. Kemampuan itu dijadikan tolak ukur atau parameter dalam dunia pendidikan oleh para guru dan pengajar. Peserta didik yang memiliki kemampuan literasi lebih baik dianggap lebih unggul dalam hal prestasi. Penilaian dari kemampuan literasi ini bahkan berlaku di semua jenjang pendidikan.

  Asas dan Prinsip Manajemen Kelas serta Faktor yang Mempengaruhi

Ada banyak alasan mengapa sampai pengertian literasi bisa berkembang dan dijadikan parameter dalam pendidikan. Alasan pertama sebab banyak yang menyadari bahwa kemampuan literasi yang bagus menjadi salah satu penentu kemajuan negara dan bangsa. Alasan kedua juga masih seputar kesadaran bahwa salah satu kualitas sebuah masyarakat ditentukan oleh kemampuan berliterasi.

Alasan ketiga mengapa literasi terus berkembang sebab semakin banyak komunitas pendukung literasi. Komunitas-komunitas tersebut sangat peduli dalam menumbuhkan semangat berliterasi secara bijak. Mereka mengembangkan literasi dengan memperkenalkan berbagai program, kegiatan dan budaya literasi di masyarakat. Tujuannya yaitu menumbuhkan kesadaran penuh pada masyarakat bahwa literasi itu bersifat penting.

Tujuan Literasi

Beralih dari pembahasan mengenai pengertian literasi, bidang keilmuan tersebut bukan tanpa tujuan. Literasi dipercaya bisa menjadi bekal penting dalam menghadapi globalisasi yang tidak bisa dihindari. Seperti diketahui bahwa globalisasi membawa banyak perubahan pada kehidupan masyarakat dan membuat arus informasi menjadi tidak terbatas. Alasan mengapa gerakan literasi sangat penting dalam menghadapi globalisasi dijelaskan di bawah ini.

  • Meningkatkan Pemahaman Masyarakat

Seperti telah dijelaskan bahwa globalisasi saat ini membuat semua orang bisa mengakses berita dan informasi dari seluruh dunia. Ditambah dengan akses yang tidak terbatas membuat siapa saja bisa mendapatkan informasi apapun setiap waktu. Dalam menghadapi fenomena arus informasi tersebut, kemampuan literasi sangat dibutuhkan. Kemampuan berliterasi akan meningkatkan pemahaman terhadap informasi tanpa harus menelan mentah-mentah hingga salah memahami.

  • Membantu Berpikir Kritis

Pengertian literasi mengatakan bahwa ilmu tersebut berkaitan dengan kemampuan membaca dan menulis. Namun sebenarnya literasi juga melibatkan proses berpikir karena di dalamnya dituntut pemahaman yang mendalam. Dengan kemampuan literasi yang baik, maka seseorang akan lebih bisa berpikir kritis. Pikiran yang kritis akan membuat seseorang memiliki waktu mempertimbangkan sebelum melakukan tindakan.

  • Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat
  PERMASALAHAN-PERMASALAHAN DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF

Banyak orang yang masih enggan menganggap literasi itu penting lantaran merasa tidak mendapatkan manfaatnya. Padahal hanya dengan kemampuan literasi, masyarakat bisa meningkatkan pengetahuan atas segala hal yang ada di dunia. Kemampuan literasi membantu semua orang untuk bisa memahami pengetahuan dengan mudah dibanding mereka yang tidak menguasai kemampuan tersebut.

  • Mengembangkan Nilai Budi Pekerti

Pengertian literasi yang dikaitkan dengan kemampuan membaca dan menulis ternyata juga bisa berdampak pada nilai budi pekerti. Karena kemampuan membaca bisa membuat seseorang menyerap nilai dan moral yang baik. Kemudian kemampuan menulis membuatnya bisa menyebarkan nilai dan moral yang baik itu lebih luas. Dari kedua kemampuan ini, nilai budi pekerti juga akan lebih melekat pada pikiran seseorang.

Manfaat Literasi

Berbicara tentang defisini literasi, tujuan mempelajari keilmuan tersebut sudah terbukti penting. Terutama dengan semakin berkembangnya teknologi, belajar dan memperdalam literasi akan mencegah pengaruh buruk dari perubahan. Di sisi lain, manfaat dari mempelajari literasi juga jelas bisa dirasakan.

  • Meningkatkan kemampuan verbal dengan penguasaan kosa kata.
  • Mengoptimalkan kinerja otak.
  • Memperluas wawasan.
  • Mempertajam kemampuan menyerap informasi dari sumber tertulis.
  • Melatih kemampuan fokus, berpikir kritis, berkonsentrasi dan menganalisa.
  • Melatih kemampuan menulis dan merangkai kata dengan baik.

Jenis-jenis Literasi

Pengertian literasi juga bisa diartikan dengan sangat luas. Pasalnya ada banyak jenis literasi yang bisa mengacu pada contoh penerapan ilmu tersebut. Di setiap jenis literasi, tentu ada aturan yang berbeda meskipun secara mendasar ilmu tersebut mengajarkan kemampuan yang sama. Berikut adalah beberapa jenis literasi untuk banyak bidang kehidupan.

  • Literasi Dasar

Definisi literasi dasar sebenarnya tidak jauh berbeda dengan makna literasi secara sederhana yaitu kemampuan menulis, membaca, mendengarkan hingga berhitung. Tujuan dari literasi dasar ini adalah mengembangkan kemampuan-kemampuan tersebut hingga bisa dimanfaatkan dalam kehidupan masyarakat.

  • Literasi Media
  Pengertian Teks Ekposisi, Jenis, dan Unsur Kebahasaan yang Terkandung

Literasi media merupakan kemampuan seseorang dalam memahami berbagai bentuk media yang sekarang menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.. Selain memahami bentuknya, literasi media juga membantu orang tersebut menyerap informasi yang disampaikan oleh media. Dengan kemampuan ini, orang itu juga akan lebih kritis untuk memilah dan menentukan mana informasi yang baik dan mana yang harus ditinggalkan.

  • Literasi Teknologi

Ilmu literasi ternyata juga sangat berguna dalam penguasaan teknologi. Literasi teknologi memudahkan seseroang dalam mempelajari berbagai istilah dan bahasa yang berhubungan dengan bidang tersebut. Apa yang dipelajari dalam jenis ini seputar perangkat lunak dan keras hingga cara menggunakan internet serta etika dalam menggunakan teknologi. Hal ini membuktikan bahwa pengertian literasi sangat luas.

  • Literasi Perpustakaan

Literasi perpustakaan berguna untuk memahami karya tulis dalam bentuk fiksi atau non-fiksi. Kemampuan ini juga akan mempermudah dalam membedakan jenis-jenis karya pustaka, katalog hingga indeks. Secara umum, literasi perpustakaan berarti juga kemampuan memahami informasi ketika akan menghasilkan karya tulis atau karya ilmiah.

  • Literasi Visual

Tidak hanya berupa tulisan, literasi memudahkan pemahaman terhadap gambar yang kemudian disebut literasi visual. Jenis literasi ini muncul karena timbul pemikiran bahwa gambar juga dapat dibaca dan bisa dipahami. Artinya bahwa gambar atau bentuk visual tertentu bisa dijadikan alat komunikasi.

Belajar dari penjelasan tentang pengertian literasi, jelas bahwa ilmu tersebut bersifat penting. Dengan literasi, identitas suatu masyarakat bisa terbentuk hingga akhirnya menghasilkan nilai suatu bangsa.

Avatar