Pengertian Lembaga Sosial, Fungsi dan Jenis-jenisnya

Pengertian Lembaga Sosial, Fungsi dan Jenis-jenisnya – Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat tidak bisa berdiri sendiri sebagai individu. Harus selalu ada interaksi antar masyarakat baru bisa disebut kehidupan. Interaksi tersebut juga menandakan bahwa masyarakat termasuk makhluk sosial yang pasti membutuhkan kehadiran orang lain. Seperti itulah cara hidup bermasyarakat yang akan terjadi terus menerus.

Kehidupan bermasyarakat juga tidak terbentuk dari individu itu sendiri. Sebuah masyarakat terbentuk pula dari lembaga sosial. Selain memiliki fungsi penting dalam kehidupan bermasyarakat, lembaga sosial juga terdiri dari beberapa jenis. Setiap jenisnya tidak berjalan masing-masing melainkan saling mendukung fungsi satu sama lain demi terwujudnya kehidupan yang selaras.

Arti dari Lembaga Sosial

Secara mandiri, lembaga diartikan sebagai sebuah institusi yang di dalamnya terdapat seperangkat norma yang bersifat mengatur. Istilah lembaga sendiri sudah banyak digunakan di berbagai bidang, seperti lembaga pemasyarakatan, lembaga keuangan, lembaga pendidikan dan sejenisnya. Sedangkan secara istilah, pengertian lembaga sosial adalah norma yang ditetapkan untuk mengatur kehidupan masyarakat.

Norma yang mengatur kehidupan masyarakat dibentuk oleh masyarakat itu sendiri berdasarkan kebutuhan. Selanjutnya, norma bisa berkembang sesuai perubahan yang berlaku dengan tetap pada sifatnya yaitu mengatur. Adanya seperangkat norma tersebut berlaku dengan saling berhubungan dan saling memengaruhi satu sama lain. Tujuan diberlakukannya yaitu untuk memastikan stabilitas dan fungsionalitas kehidupan di masyarakat.

Selain pengertian secara umum, lembaga sosial atau yang dalam bahasa Inggris disebut social institution juga diterjemahkan oleh beberapa ahli. Mereka memiliki defisini yang berbeda tentang apa itu lembaga sosial meskipun secara keseluruhan dapat ditarik pada kesimpulan yang sama. Untuk semakin memperkaya pengetahuan mengenai pengertian lembaga sosial, pahami definisi dari beberapa ahli berikut ini.

  • Paul Horton dan Chester L Hunt mengartikan lembaga sosial sebagai sistem norma-norma sosial dan hubungan-hubungan yang menyatukan nilai-nilai dan prosedur tertentu dengan tujuan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.
  • Peter L. Berger memaknai lembaga sosial sebagai suatu prosedur yang membentuk pola tertentu untuk menekan dan memaksa perbuatan manusia untuk bergerak pada jalan yang dianggap sesuai dengan keinginan masyarakat.
  • Koentjaraningrat menjelaskan bahwa lembaga sosial merupakan sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat pada aktivitas untuk memenuhi kompleksitas kebutuhan khusus dalam kehidupan manusia.
  • Sedangkan menurut Seorjono Soekanto, lembaga sosial adalah himpunan norma dari segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok dalam kehdupan masyarakat.
Mengenal Ragam Jenis Alat dan Sistem Pernapasan Pada Hewan

Fungsi Lembaga Sosial

Setelah mengetahui pengertian lembaga sosial secara umum maupun berdasarkan pendapat beberapa ahli, penting juga untuk mengetahui apa fungsinya. Sebagaimana yang bisa dilihat dari pengertiannya, lembaga sosial memiliki fungsi secara umum untuk mengatur. Namun secara lebih detail, fungsi lembaga sosial bisa lebih mendalam pada beberapa tatanan hidup bermasyarakat. Seperti inilah fungsi lembaga sosial:

  • Menjaga Keteraturan dalam Masyarakat

Kehidupan masyarakat yang teratur menjadi dambaan semua individu. Pasalnya dalam kehidupan masyarakat yang teratur, terdapat ketenangan dan keseimbangan dalam menjalani aktivitas. Hal ini berdampak pada keseharian masyarakat yang akan terhindar dari masalah. Ini adalah penjelasan dari fungsi utama lembaga sosial.

  • Menjadi Pedoman

Pengertian lembaga sosial mengatakan bahwa terdapat seperangkat norma yang berlaku untuk tujuan mengatur. Dalam hal ini, norma tersebut berguna sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Di samping itu, norma-norma tersebut juga berfungsi sebagai batasan yang mengatur secara jelas bagaimana harusnya bertingkah. Tujuan dari norma itu secara umum adalah mengatur individu agar tidak melakukan perilaku menyimpang.

  • Menjaga Integrasi

Selain sebagai alat untuk mengatur dan membatasi, adanya lembaga sosial juga bermanfaat untuk menjaga integrasi. Sebagaimana yang telah menjadi pengertiannya bahwa lembaga sosial terdiri dari seperangkat norma yang disetujui. Karena telah terbentuk akibat persetujuan masyarakat, maka masyarakat juga memiliki nilai yang sama untuk dianut. Dengan nilai yang sama itu, integritas masyarakat akan tetap terjaga.

  • Sebagai Pengendali

Norma dalam lembaga sosial berfungsi sebagai batasan yang sekaligus menjadi pengendali. Pasalnya dalam pengertian lembaga sosial tidak hanya fokus pada pengaturan dan pembentukan kehidupan yang selaras, melainkan juga untuk menghindari berbagai masalah. Norma itu yang akan bekerja sebagai pengendali untuk bisa membuat masyarakat terhindar dari apapun jenis masalah.

  • Sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan
Pengertian Range dalam Statistik dan Penjelasan Lebih Lanjutnya

Kebutuhan yang difokuskan dalam poin ini bukan tentang kebutuhan pokok seperti makanan dan tempat tinggal. Kebutuhan yang dimaksud adalah kebutuhan akan kehidupan masyarakat yang aman, tenteram dan terkendali. Norma yang ditetapkan menjadi lembaga sosial berfungsi untuk mewujudkan kebutuhan tersebut. Hingga pada akhirnya, kebutuhan lainnya termasuk kebutuhan pokok juga akan terpenuhi.

Jenis-jenis Lembaga Sosial

Beralih dari pengertian lembaga sosial beserta fungsi-fungsinya, jenis-jenis lembaga sosial juga merupakan poin penting yang harus diketahui. Pasalnya dalam masyarakat terdapat beberapa jenis lembaga sosial yang masing-masing terbentuk dengan norma yang berbeda. Untuk tujuannya, semua jenis lembaga sosial memiliki visi yang sama. Di bawah ini adalah jenis-jenis lembaga sosial beserta penjelasannya.

  • Lembaga Keluarga

Keluarga merupakan lembaga sosial yang paling mendasar di masyarakat. Dikatakan mendasar karena keluarga merupakan tempat pertama bagi individu mengenal kehidupan. Dari keluarga, kemudian individu itu berangkat menuju masyarakat yang lebih luas. Karena itulah, lembaga sosial keluarga harus bisa mengenalkan norma-norma baik dan nilai kehidupan yang positif untuk kemudian menjadi karakter utama.

  • Lembaga Pendidikan

Lembaga pendidikan tidak selalu bisa dikatakan sebagai lembaga kedua setelah lembaga sosial keluarga. Pasalnya tidak semua individu memiliki kesempatan untuk membentuk karakter di lembaga pendidikan secara formal. Namun lembaga sosial ini tak kalah penting karena di lembaga ini berbagai nilai diajarkan. Berdasarkan pengertian lembaga sosial, lembaga pendidikan ini secara lebih lanjut berperan untuk membentuk generasi masa depan.

  • Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi memegang peran yang sangat krusial di kehidupan masyarakat. Pada lembaga ini, aktivitas produksi, distribusi dan konsumsi diatur untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Tujuan utama dari lembaga ini jelas yaitu memastikan semua masyarakat telah terpenuhi kebutuhannya secara umum.

  • Lembaga Politik
Kenali Apa Saja Cabang Cabang Ilmu Biologi

Sebagai fungsi dalam pengaturan masyarakat, lembaga sosial jenis ini fokus pada pemerintahan yang biasanya didasarkan pada wilayah. Pengaturan pemerintahan berdasarkan wilayah ini penting karena akan ada wewenang tertentu yang akan mengatur kehidupan di wilayah tersebut. Lembaga ini juga berfungsi untuk memberi pelayanan sosial masyarakat.

  • Lembaga Agam

Jenis lembaga sosial yang terakhir yaitu lembaga agama. Lembaga ini secara khusus mengatur kehidupan antar individu dalam masyarakat juga hubungan individu dengan penciptanya. Dalam pengaturan itu biasanya terdapat beberapa aktivitas yang berkaitan dengan ibadah. Selain itu, terdapat pula tempat-tempat ibadah sebagai wujud nyata berfungsinya lembaga ini. Setiap lembaga memiliki aturan sendiri bagi penganutnya berdasarkan kepercayaan.

Adanya lembaga sosial di masyarakat bukan hanya sebagai pelengkap. Pengertian lembaga sosial juga bukan hanya ilmu umum yang tidak wajib diterapkan. Apa yang dimaksud dengan lembaga sosial menjadi hal penting untuk dipahami. Fungsi serta tujuannya hingga jenis-jenisnya menjadi wajib dimengerti untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis.