Pengertian Kegiatan Ekonomi, Jenis-jenis dan Contohnya

Pengertian Kegiatan Ekonomi, Jenis-jenis dan Contohnya – Dalam menjalani waktu sehari-hari, manusia perlu melakukan berbagai aktivitas. Aktivitas yang dilakukan manusia bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Misalnya pergi bekerja untuk mendapatkan uang yang akan digunakan untuk membeli keperluan sehari-hari. Contoh lainnya yaitu tidur atau istirahat yang termasuk aktivitas penting untuk menjaga kebugaran tubuh.

Di antara banyaknya jenis aktivitas, keseharian manusia sejak zaman dulu didominasi oleh kegiatan ekonomi. Kegiatan tersebut berhubungan dengan kebutuhan pokok maupun sekunder yang saling berhubungan. Ada banyak hal penting yang harus dimengerti dari kegiatan ekonomi karena ada beberapa jenis dan contohnya beserta tujuannya. Inilah pembahasan lebih lanjut mengenai kegiatan ekonomi.

Definisi dari Kegiatan Ekonomi

Pengertian kegiatan ekonomi diutarkan oleh beberapa ahli. Pengertian secara umum yaitu aktivitas yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan dilandaskan pada prinsip-prinsip ekonomi. Kegiatan tersebut berhubungan dengan materi yang juga menjadi tujuan akhirnya. Definisi lain mengatakan bahwa kegiatan ekonomi berkaitan dengan barang dan jasa yang dihasilkan maupun ditambah nilai gunanya.

Kegiatan ekonomi sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia sejak zaman dulu. Meskipun kegiatan ekonomi masyarakat masa lampau tidak sama dengan kebiasaan masyarakat sekarang, namun tujuannya selalu sama. Jenis kegiatan yang dilakukan juga berbeda tergantung kebutuhan dan tuntutan di masa tersebut. Itu berarti bahwa setiap generasi selalu mengenal kegiatan ekonomi hanya saja dengan versi yang berbeda.

Seperti pengertian kegiatan ekonomi yang berarti aktivitas untuk menghasilkan kebutuhan, manusia di zaman purba pun telah melakukannya. Mereka berburu hewan di hutan dan menjadikannya makanan. Kemudian saat ada perkembangan zaman, orang-orang mulai melakukan barter atau pertukaran barang. Itulah yang diartikan sebagai kegiatan ekonomi meskipun aktivitas itu tidak lagi dilakukan manusia di zaman modern seperti sekarang ini.

4 Periodisasi Masa Praaksara Secara Geologis dan Penjelasannya

Tindakan-tindakan dalam Kegiatan Ekonomi

Dalam kegiatan ekonomi, tujuan yang ingin dicapai diwujudkan dalam bentuk tindakan. Tindakan yang perlu dilakukan juga tidak cukup hanya dengan satu kali aktivitas. Beberapa tindakan perlu dilakukan secara bertahap untuk mencapai tujuan kegiatan ekonomi. Inilah jenis-jenis tindakan secara khusus dalam kegiatan ekonomi.

  • Memilih Barang dan Jasa

Saat melakukan kegiatan ekonomi, manusia juga melakukan pemilihan untuk barang dan jasa. Karena tentu saja banyak tersedia pilihan, maka manusia harus menentukan mana yang ingin digunakan. Kegiatan memilih ini berhubungan dengan kebutuhan karena tidak semua pilihan yang tersedia selalu sesuai dengan keperluan.

  • Mengidentifikasi Perbedaan Kualitas

Ketika memilih barang dan jasa yang akan digunakan, seseorang juga biasanya melakukan identifikasi. Proses identifikasi biasanya dilakukan pada kualitas barang dan jasa. Beberapa orang juga akan membandingkan kualitas dari setiap pilihan yang tersedia. Dari proses ini, pengertian kegiatan ekonomi dan tujuannya akan tercapai.

  • Menentukan Prioritas

Kehidupan sehari-hari memang menuntut kebutuhan yang banyak ragamnya. Sayangnya seringkali semua kebutuhan itu tidak bisa dipenuhi secara bersamaan. Pada waktu itu, seseorang harus mampu menentukan prioritas. Membuat daftar prioritas dan berusaha untuk mewujudkannya termasuk dalam tujuan ekonomi.

  • Mempertimbangkan Untung dan Rugi

Tidak hanya mempertimbangkan prioritas atau urutan kebutuhan dari yang paling penting, seseorang dalam tujuannya memenuhi kebutuhan juga akan mempertimbangkan untung dan rugi. Pertimbangan untung dan rugi biasanya berhubungan dengan harga beli produk atau jasa, masa pakai serta kualitas yang didapat demi mendapatkan pilihan yang tepat.

Jenis-jenis Kegiatan Ekonomi

Setelah memahami pengertian kegiatan ekonomi beserta jenis tindakan, penting juga untuk mengerti jenis-jenis kegiatan ekonomi. Dalam prinsip dan ilmu ekonomi, jenis kegiatan ekonomi ini selalu menjadi pembahasan utama. Pembahasan mengenai jenis-jenis kegiatan ekonomi merupakan bagian inti dari ilmu ekonomi praktis. Untuk penjelasan lebih detail, simak pembahasan berikut ini.

  • Kegiatan Produksi
Mengenal Statistika Termasuk Pengertian dari Ukuran Penyebaran Data

Pada pembahasan jenis kegiatan ekonomi, kegiatan produksi menjadi yang paling awal dijelaskan. Kegiatan ini sekaligus yang menjadi awal dari keseluruhan kegiatan ekonomi. Kegiatan produksi diartikan sebagai aktivitas menghasilkan barang dan jasa. Selama proses produksi, aktivitas lain juga dilakukan seperti pemilihan bahan, menentukan desain atau merancang manfaatnya.

Contoh nyata aktivitas produksi dalam pengertian kegiatan ekonomi bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya seorang pengrajin kayu menghasilkan kursi dan meja sebagai perabot rumah tangga. Dalam bidang jasa, contohnya bisa dilihat dari pengajar yang menyiapkan materi pelajaran untuk anak didiknya. Kegiatan ini dalam skala besar bisa dilihat dari pabrik atau pemilik industri.

Kegiatan produksi tidak terbatas pada usaha untuk menghasilkan barang dan jasa yang siap dipakai oleh konsumen. Pasalnya ada pelaku kegiatan produksi yang sebatas mengubah barang mentah menjadi barang setengah jadi yang artinya belum bisa langsung digunakan. Dari barang setengah jadi itu nantinya masih akan menjadi barang kebutuhan pihak lain. Perubahan barang setengah jadi menjadi barang jadi bisa dilakukan oleh pelaku yang berbeda.

  • Kegiatan Distribusi

Aktivitas kedua dari pengertian kegiatan ekonomi adalah kegiatan distribusi. Kegiatan kedua ini merupakan kelanjutan dari aktivitas menghasilkan produk dan jasa. Aktivitas distribusi berarti menyalurkan barang dan jasa yang siap pakai kepada pemakainya. Dengan tahap distribusi ini, maka produksi barang akan sesuai dengan kebutuhan di masyarakat sehingga terciptalah keseimbangan ekonomi.

Kegiatan distribusi juga memiliki fungsi untuk memudahkan masyarakat mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Karena tidak semua kebutuhan bisa dipenuhi hanya dari satu tempat yang sama. Suatu waktu seseorang mungkin membutuhkan barang dan jasa dari tempat lain karena tidak bisa menemukannya di daerah sendiri. Proses distribusi ini mendekatkan barang dan jasa kepada orang-orang yang membutuhkan yang bisa menyebabkan adanya peningkatan nilai.

Pengertian, Macam dan Fungsi Keluarga

Contoh dari kegiatan distribusi juga bisa ditemui dengan mudah dalam keseharian. Salah satunya adalah toko kelontong yang menyediakan banyak produk siap pakai dari pabrik untuk digunakan konsumen tingkat akhir. Kegiatan distribusi dapat terlihat dalam berbagai bentuk, seperti persediaan barang dan jasa hingga proses pengiriman langsung. Waktu dan tenaga serta biaya dapat dihemat masyarakat berkat proses distribusi ini.

  • Kegiatan Konsumsi

Di dalam ilmu pengertian kegiatan ekonomi, kegiatan konsumsi ini merupakan aktivitas atau tahap yang paling akhir. Pelaku dari kegiatan ini tentu saja juga merupakan konsumen tingkat akhir yang artinya barang dan jasa yang diterima akan langsung digunakan tanpa ada proses distribusi lagi. Barang dan jasa yang dipakai biasanya akan diubah menjadi bentuk kebutuhan lainnya.

Ada tiga jenis pelaku kegiatan konsumsi. Pertama yaitu rumah tangga yang biasanya menggunakan barang dan jasa untuk keperluan sehari-hari. Dari setiap anggota rumah tangga, jenis kebutuhannya juga bisa berbeda. Pelaku kedua adalah industri yang membutuhkan barang untuk memproduksi barang lain. Pelaku selanjutnya yaitu pemerintah yang melakukan kegiatan konsumsi untuk menyediakan sarana dan prasarana bagi masyarakat.

Keseluruhan pengertian kegiatan ekonomi juga berhubungan dengan jenis kegiatannya, tindakan yang dilakukan dan tujuannya. Dengan memahami seluruh pembahasan mengenai kegiatan ekonomi, hal itu akan berguna bagi masyarakat untuk semakin memaksimalkan potensi, melakukan proses terbaik hingga menggunakannya dengan tepat.