Pengertian HAM Secara Umum di Indonesia dan di mata Internasional

3 min read

Hak harus diikuti dengan kewajiban. Jenis hak sendiri ada banyak. salah satu yang paling dasar adalah HAM atau Hak Asasi Manusia. untuk Anda yang sedang belajar mengenai pengertian HAM secara umum maka berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai hak dasar manusia tersebut.

HAM sebagai hak dasar manusia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, HAM merupakan salah satu hak manusia yang paling mendasar. HAM merupakan hak yang secara otomatis dimiliki oleh manusia semenjak ia lahir. Artinya HAM merupakan dimiliki oleh semua orang. bentuknya tidak dianugerahkan tapi memang sudah melekat untuk masing-masing manusia. oleh karena itu, ketika HAM ini direnggut maka mereka yang merenggut HAM seseorang akan dikenai sanksi.

Bukan hanya bagi masing-masing manusia. pemerintah atau negara juga mengetahui posisi  HAM.  Bagi pemerintah, HAM juga merupakan hal penting dimana posisi mereka adalah untuk melindungi pemenuhan terhadap hak manusia yang mendasar tersebut. inilah yang membuat pelanggaran HAM akan mendapatkan sanksi dari pemerintah.

Definisi Hak Asasi Manusia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, HAM adalah hak asasi manusia. pengertian secara umumnya adalah hak dasar yang melekat pada manusia dan menjadi milik mereka di sepanjang kehidupan. Hak ini adalah hak yang ada hanya karena kita hidup dan tidak perlu diberikan oleh siapa pun.

Hak asasi manusia ini diturunkan sebagai manusia dan tidak terbatas pada gender, usia, lokasi tempat tinggal, ras, agama, bahasa dan  hal-hal pembatas lainnya. hak asasi manusia meliputi banyak keperluan, mulai dari  hak hidup yang merupakan hak paling mendasar, hak makan, hak mendapatkan pendidikan dan juga hak-hak lainnya yang menunjang kehidupan manusia untuk bekerja, mendapatkan fasilitas kesehatan yang layak dan juga kebebasan.

  Panduan Membuat Cerpen dengan Materi Lengkap

Prinsip dari hak asasi manusia

Hak asasi manusia memiliki 2 prinsip utama, prinsip pertama adalah universal dan yang kedua adalah tidak dapat dicabut.

  • Prinsip universal

Ham memiliki prinsip yang universal. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, HAM merupakan sebuah hak yang didapatkan manusia secara langsung dan tidak terbatas dengan apapun. artinya HAM merupakan hal yang membuat manusia menjadi rata dan seimbang di hadapan hak asasi manusia. prinsip universal dari HAM ini juga diakui oleh seluruh negara, hal inilah yang membuat HAM selalu disebutkan dalam setiap deklarasi, resolusi dan juga pertemuan-pertemuan yang berhubungan dengan HAM.

  • Prinsip tidak bisa dicabut

Prinsip kedua dari HAM adalah prinsip tidak bisa dicabut. Hak asasi manusia tidak bisa diambil kecuali dalam situasi yang spesifik. Contohnya adalah dari proses hukum. Sebuah HAM bisa diambil ketika seseorang tidak mengindahkan hukum sehingga ia pada akhirnya harus dicabut sementara kebebasannya.

HAM di mata pemerintah Indonesia

Indonesia juga merupakan salah satu negara yang dengan kuat melindungi HAM setiap manusia melalui undang-undang. Sebagai negara Indonesia  memiliki hukum tersendiri dan merupakan pendukung hak asasi manusia mengingat sejarah Indonesia yang sarat dengan perampasan HAM yaitu sebagai negara yang terjajah.

Di Indonesia sendiri, HAM diatur dalam sebuah pasal dengan banyak poin dan juga pada ketetapan lembaga legislatif yang lain. contohnya adalah TAP MPR nomor 17 tahun 1998, dan juga UU No. 39 tahun 1999. Hal inilah yang membuktikan Indonesia merupakan negara yang menjunjung tinggi  pemenuhan HAM.

Macam-macam HAM menurut pemerintah Indonesia

Dalam pengertian HAM secara umum, pemerintah Indonesia mengatur, melindungi dan mengakui hak asasi manusia beberapa bidang. Contohnya antara lain adalah :

  • Hak pribadi
  Pengertian Teks Eksplanasi: Ciri-Ciri, Struktur, dan Langkah Menyusun Teks Eksplanasi

Hak ini merupakan hak yang berhubungan dengan kehidupan. Mulai dari hak hidup, hak beragama, hak mendapatkan kebebasan, hak untuk  bergerak, hak menyampaikan pendapat dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Hak politik

Selain hak pribadi, masyarakat Indonesia masing-masing juga memiliki hak dalam dunia politik. Hak dalam dunia politik ini adalah hak untuk memilih, hak untuk dipilih dan bahkan hak untuk mendirikan dan mengikuti kegiatan politik. Akan tetapi ada beberapa golongan masyarakat yang tidak diperbolehkan terlibat dalam partai politik, salah satunya adalah pegawai negeri sipil.  PNS masih memiliki hak untuk memberikan suara tapi untuk bergabung dan untuk mendirikan partai politik maka mereka tidak diperkenankan.

  • Hak hukum

Setiap manusia juga mendapatkan hak hukum. Hak hukum ini adalah hak yang sama di muka hukum. Artinya seseorang  seorang manusia atau penduduk Indonesia harus diperlakukan adil  di muka hukum. Baik itu dalam hal perlindungan hukum maupun mengenai pelayanan hukum.

  • Hak ekonomi

Kegiatan Ekonomi merupakan salah satu hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. dalam penyelenggaraan HAM, ekonomi juga masuk dalam wilayah  hak asasi. Artinya,  dalam kehidupan bermasyarakat,  setiap masyarakat Indonesia memiliki hak untuk melakukan kegiatan jual beli, membuat perjanjian atau kontrak dan mendapatkan pekerjaan yang layak.

  • Hak peradilan

Hak ini menjadikan setiap masyarakat di Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan proses dan tata cara peradilan yang sama. Masyarakat Indonesia yang terlihat dengan proses hukum juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan pembelaan hukum yang sama saat berada di pengadilan.

  • Hak sosial budaya

Hal lain yang wajib didapatkan oleh masyarakat di Indonesia adalah hak sosial budaya. hal ini merupakan hak dimana Anda sebagai manusia berhak mendapatkan pengajaran dan mengembangkan budaya tergantung dengan minat dan bakat setiap individu. Setiap orang yang menjadi warga negara Indonesia juga berhak mendapatkan  hidup bermasyarakat sesuai dengan posisi manusia sebagai makhluk sosial.

  Cara Mengajar Calistung yang Menyenangkan dan Efektif Untuk Anak

HAM dalam pengamatan dunia

Bukan hanya di Indonesia, HAM juga merupakan hal penting di mata dunia. hal inilah yang mendasari adanya PBB atau Perserikatan Bangsa Bangsa. Keberadaan PBB memiliki banyak tujuan, salah satunya adalah untuk menjaga keamanan dan kedamaian dunia sehingga tidak terjadi perang dunia seperti yang terjadi  beberapa ratus tahun yang lalu.

Perang dunia merupakan salah satu hal yang  dapat menyebabkan HAM  terganggu. Pasalnya perang ini akan menyebabkan pihak-pihak yang kuat menjajah negara yang lemah dan melakukan eksploitasi. Ya, pasti ada banyak sekali  HAM yang dilanggar di era perang dunia bukan?

Ini jugalah yang membuat banyak ahli mengungkapkan pendapat mereka mengenai hak  asasi manusia. beberapa pengertian dari HAM menurut tokoh dunia antara lain adalah :

  • Austin Ranney

Menurut beliau, HAM adalah sebuah ruang kebebasan individu. Ruang ini di deklarasikan dan juga di jaga oleh pemerintah

  • John Locke

Menurut locke, HAM adalah sebuah hak yang diberikan langsung oleh Tuhan dan sifatnya sebagai kodrat. Hal ini yang membuat hak tidak bisa dipisahkan dari manusia

  • Kevin Boyle

Menurut kevin boyle dalam bukunya bersama dengan David Beetham, HAM adalah sebuah kebebasan yang mendasar. HAM ini di dapatkan dari kebutuhan dan kapasitas manusia.

Selain pengertian di atas, masih banyak lagi pengertian HAM menurut tokoh dunia. meski tidak di jelaskan secara lengkap Anda pasti kini lebih paham bukan apa pengertian HAM secara umum?

Avatar