Pengertian, Fungsi dan Ciri-Ciri Teks Deskripsi Lengkap 

7 min read

Pengertian, Fungsi dan Ciri-Ciri Teks Deskripsi Lengkap 

Ketika membaca buku tentu Anda pernah membaca teks yang menjelaskan identitas suatu hal secara komplit. Teks tersebut dikenal sebagai teks deskripsi. Serupa jenis teks lainnya, teks deskripsi rupanya mempunyai struktur tersendiri. Ciri-ciri teks deskripsi juga cukup berbeda dengan jenis teks lainnya. 

Tanpa adanya teks ini Anda tentu kurang bisa mendapatkan informasi lengkap seputar hal tertentu. Dengan adanya teks ini, maka Anda bisa memperoleh gambaran lengkap karena si penulis benar-benar ikut merasakan, melihat sampai mendengarkan topik pembahasan secara sistematis. 

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi merupakan jenis teks yang memuat pemaparan serta penggambaran sesuatu secara jelas dan mendetail seakan-akan pembaca ikut dalam membayangkan objek maupun tempat yang digambarkan di dalam teks tersebut. 

Teks ini juga memuat gagasan utama yang dikembangkan sedemikian rupa dengan benar-benar jelas. Isi teks ini bisa berupa penggambaran yang jelas tentang objek, peristiwa maupun tempat tertentu sehingga mampu menjadikan orang tidak tahu menjadi tahu. 

Secara umum penulis akan menggambarkan ilustrasi seperti rasa, warna, kondisi, kesan maupun hal lainnya yang ingin disampaikan dengan baik. Nantinya keberhasilan teks ini akan diukur saat pembaca mampu merasakan, melihat hingga mendengar hal apa saja yang dideskripsikan di dalam teks. 

Fungsi Teks Deskripsi

Teks deskripsi mempunyai beberapa fungsi penting. Khususnya dalam bidang tertentu, teks ini sangat dibutuhkan oleh peneliti sehingga nantinya bukan hanya sekedar menuliskan sesuatu saja berdasarkan pengalaman sendiri melainkan juga bisa menemukan perbandingan dengan penulis lainnya.

Jadi, pada dasarnya teks ini memuat bentuk tertentu yang bisa mengkonfirmasi suatu hal guna mendapatkan informasi lengkap dan terperinci. Selain itu, teks ini juga akan memuat analisis tertentu akan suatu hal yang nantinya bisa saling berkesinambungan. 

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Pengertian, Fungsi dan Ciri-Ciri Teks Deskripsi Lengkap  

Teks deskripsi memiliki sejumlah ciri-ciri yang membuatnya cukup berbeda dengan jenis teks berbahasa Indonesia lainnya. Dengan mengetahui ciri-ciri yang dimiliki oleh teks deskripsi, maka Anda lebih bisa mengenalinya lebih mendetail lagi. 

Muatan Teks 

Karakteristik yang dimiliki oleh teks deskripsi bisa dilihat dari muatan isiannya. Teks deskripsi mampu menggambarkan serta melukiskan sesuatu secara lebih mendetail dan pastinya benar-benar jelas. Tentunya agar pembaca sekalian mampu memahami maksud teks tersebut. 

Misalnya, teks tentang Gunung Merbabu. Di dalam teks tersebut, penulis menuliskan secara jelas tentang deskripsi gunung api tersebut mulai dari kondisinya, letak, ketinggian sampai tujuan wisatanya secara lengkap dan mendetail. Pastinya akan memberikan informasi yang akurat kepada pembaca teks ini. 

Topik Jelas 

Karakteristik teks deskripsi berikutnya ada pada topik yang diambil. Topik teks ini biasanya berupa objek maupun benda tertentu yang digambarkan dengan begitu detal, jelas dan tentunya melibatkan kesan indera tubuh manusia. 

Mulai dari pendengaran, penglihatan, penciuman dan sebagainya. Misalnya, Gunung Merbabu memiliki jalur yang curam dengan pemandangan indah di sekelilingnya. Tentunya pemandangan di sekitar gunung ini mampu memberikan nuansa berlibur menantang sekaligus indah. 

Kesan yang Diberikan 

Teks deskripsi mampu membuat pembaca serta pendengar merasakan sendiri bagaimana topik pembahasan itu bercerita. Mulai dari teks tentang benda maupun objek tertentu semuanya mampu tergambarkan dengan sejelas-jelasnya.

Hal tersebut tentunya akan membuat pembaca benar-benar terkesan dengan tulisan teks tersebut. Misalnya, teks tersebut menjelaskan tentang Kota Semarang. Maka penulis akan membawa pembaca seakan-akan berada di Kota Semarang hanya dengan menggunakan teks deskripsi saja. Menarik, bukan?

Kandungan Kata Sifat yang Berlimpah 

Teks deskripsi memiliki kandungan kata sifat yang benar-benar berlimpah. Tentunya kata-kata tersebut masih tergolong lumrah dan sering dipakai di dalam kehidupan sehari-hari. Kata-kata sifat yang terkandung di dalam teks deskripsi akan membuat pembaca seakan-akan berada di tempat yang sama. 

Contohnya, pemandangan yang ada di Jakarta sangat indah. Banyak lampu-lampu kota yang terang benderang di malam hari dengan pemandangan begitu mengagumkan. Hilir mudik kendaraan seakan menjadi hal wajar yang menghiasi ibukota Indonesia ini. 

Banyak Memakai Frasa 

Ciri-ciri teks deskripsi berikutnya ialah banyak memakai frasa. Teks ini memiliki banyak kandungan frasa berupa kata benda yang bisa dipakai untuk memperindah kalimat dan tentunya bisa memberikan kesan tertentu kepada pembaca. 

Misalnya, Pak Jokowi merupakan kepala negara yang begitu rendah hati. Jika diartikan secara langsung, tentu mustahil jika negara memiliki kepala. Kepala adalah anggota tubuh dan tidak mungkin dimiliki oleh negara. Frasa kepala negara tentu memiliki makna sebenarnya sebagai pemimpin suatu negara. 

Mempunyai Kandungan Kata Keterangan Berlimpah 

Teks deskripsi mempunyai karakteristik yakni berkandungan kata keterangan melimpah. Jadi, bukan hanya kandungan frasa saja yang banyak melainkan juga kata keterangan. Nantinya kata keterangan dalam teks ini bertujuan guna memberikan informasi tambahan dari penulis ke pembaca.

Contohnya, Gunung Tanggamus berada di Kabupaten Tanggamus, Lampung. Kalimat tersebut menunjukkan fakta bahwa gunung tersebut berada di Kabupaten Tanggamus yang masih ada di Provinsi Lampung. Kata keterangan dalam kalimat tersebut ialah di Kabupaten Tanggamus, Lampung. 

Memakai Bahasa Kiasan 

Teks deskripsi juga banyak yang menggunakan bahasa kiasan. Khususnya majas metafora dan  perumpamaan. Penggunaan bahasa kiasan tersebut tentunya untuk mempercantik kalimat sekaligus agar pembaca tidak bosan dengan isi teksi yang monoton. 

Misalnya, Gunung Sindoro dan Sumbing bak pinang di belah dua. Maksud dari kalimat tersebut ialah kedua gunung api yakni Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing benar-benar sangat mirip satu sama lainnya sehingga sulit dibedakan. 

Memaparkan Penjelasan Tertentu 

Teks deskripsi pada intinya merupakan jenis teks yang dipakai untuk memaparkan penjelasan tertentu secara mendetail. Mulai dari bentuk, ukuran, warna, kepribadian, sifat dan masih banyak lagi secara rinci dan lengkap. Tentunya akan membuat pemba benar-benar mampu mendalami isi teks yang dijelaskan. 

Contohnya. Gunung Tanggamus merupakan gunung besar di Lampung yang kini sudah berstatus tidak aktif lagi. Kalimat ini menjelaskan bahwa gunung api berukuran cukup besar namun kini sudah tidak aktif lagi. Dengan demikian, pembaca diharapkan mampu memahami penjelasan teks tersebut dengan baik. 

Struktur Teks Deskripsi

Pengertian, Fungsi dan Ciri-Ciri Teks Deskripsi Lengkap 

Tidak jauh berbeda dengan teks lainnya yang ada dalam bahasa Indonesia, teks deskripsi juga memiliki struktur penyusunan tersendiri. Setidaknya struktur teks ini terbagi menjadi tiga yakni identifikasi, klasifikasi hingga deskripsi. 

Identifikasi 

Pada bagian struktur identifikasi, penulis perlu menentukan elemen-elemen apa saja yang hendak disampaikan di dalam teks deskripsi sesuai topik. Pada tahapan ini penulis bisa mulai menentukan identitas dari seorang tokoh dalam teks tersebut, benda, tempat maupun peristiwa apa yang ingin dideskripsikan. 

Klasifikasi 

Struktur klasifikasi menjelaskan tentang penyusunan kalimat yang ada dalam sebuah kelompok dengan aturan dan kaidah standar tertentu. Teks ini dibuat secara sistematis guna menjadikan penulis lebih mudah dalam menentukan tulisan maupun gagasan apa yang hendak disampaikan nantinya. 

Deskripsi 

Struktur deskripsi memuat gambaran maupun bagian tertentu yang hendak dibahas di dalam teks ini. Pemaparan akan dilakukan secara mendetail tentang topik tertentu secara simpel sehingga sangat mudah dipahami oleh semua pembaca teks tersebut. 

Jenis-Jenis Teks Deskripsi

Setidaknya ada dua jenis teks deskripsi yang bisa Anda kenali lebih jauh. Tentunya ini penting demi menambah informasi dan pengetahuan Anda terkait jenis teks bahasa Indonesia penting ini. Jenis-jenis teks deskripsi ialah teks deskripsi sugestif dan ekspositoris. 

Teks Deskripsi Sugestif 

Teks deskripsi ini merupakan jenis teks karangan yang di dalam penjelasannya terus berusaha menciptakan suatu penghayatan terhadap subjek maupun objek tertentu melalui imajinasi dari sang pembaca. 

Biasanya jenis paragrafnya akan menggambarkan sebuah pengalaman atas objek maupun peristiwa tertentu yang nantinya bisa menciptakan interpretasi tertentu dari pihak pembaca. Secara umum, kata-kata yang dipakai akan menggambarkan sifat, wanita hingga ciri dan penghayatan tertentu. 

Teks Deskripsi Ekspositoris 

Selain sugestif ternyata juga ada teks deskripsi ekspositoris. Teks ini ditulis dengan tujuan agar membuat pembaca mampu mengenali saat bertemu maupun berhadapan dengan objek yang dijelaskan lewat teks tersebut. Tentu Anda sudah begitu familiar dengan teks deskripsi ini, bukan?

Lewat teks deskripsi ini, penulis bisa terus menjelaskan unsur-unsur apa saja yang melekat dalam objek tersebut. Dengan demikian, maka diharapkan pembaca mampu memahami secara mudah dan bertahap dari objek yang dituliskan oleh penulis tersebut. 

Contoh Teks Deskripsi

Pengertian, Fungsi dan Ciri-Ciri Teks Deskripsi Lengkap 

Agar lebih bisa memberikan pemahaman yang mendetail tentang teks deskripsi kepada Anda, maka sebaiknya simak beberapa contohnya berikut. Dengan demikian, maka diharapkan Anda tidak akan merasa kebingungan lagi. 

Contoh Teks Deskripsi Objek Orang 

Wanita Halte Bus

Ada seorang wanita cantik yang saya temui tepat di halte bus Kampung Rambutan. Wanita itu mempunyai wajah tirus dan bermata cokelat. Mata wanita itu sedikit menyipit ketika tersenyum pada seorang wanita lain yang datang menyapanya dengan sangat ramah.

Rambutnya hitam sebahu melambai ditiup angin. Sungguh benar-benar mampu menambah kecantikan wanita itu. Kulitnya seputih susu sehingga mampu memantulkan sinar matahari ketika menyinarinya. Kecantikan wanita itu benar-benar sempurna dengan pakaian yang dikenakannya. 

Siapapun yang memandang wanita itu pasti akan langsung terpesona pada pandangan pertama. Sungguh kecantikan yang tiada duanya bahkan artis sinetron ibukota tidak ada yang bisa menandingi kecantikannya. Suci, saya tahu namanya saat wanita lainnya menyebut nama cantik itu. 

Contoh Teks Deskripsi Objek Tari Tradisional 

Tari Saman

Tari Saman merupakan jenis tarian tradisional khas daerah Aceh yang sangat terkenal saat ini. Tepatnya dari daerah Gayo tarian ini berasal. Syair tarian ini menggunakan perpaduan bahasa Arab dan Aceh yang sangat indah berkarakter. Sungguh tiada duanya.

Tarian ini biasa ditampilkan pada gelaran penting adat dan masyarakat setempat. Di samping itu, tarian ini juga umum ditampilkan ketika masyarakat setempat tengah merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Perlu diketahui bahwa nama Tari Saman diambil dari nama ulama besar Aceh yakni Syekh Saman.

Tari Saman umum ditampilkan dengan memakai iringan peralatan musik tertentu. Misalnya, gendang  hingga iringan tepuk tangan yang dikombinasikan dengan memukul dada serta pangkal paha. Pastinya banyak sudah tidak heran dengan tarian ini. 

Tarian ini mengharuskan penarinya untuk memiliki konsentrasi tinggi karena adanya keseragaman sekaligus ketepatan formasi dan waktu dalam setiap penampilan. Dengan demikian, maka bisa menghasilkan tarian yang sempurna dan sangat memukau.

Tari Saman begitu dinamis sehingga banyak ditarikan oleh kaum pria. Akan tetapi, seiring perkembangan zaman maka tarian ini juga sudah banyak ditarikan oleh kaum wanita. Bahkan banyak pementasan yang mengkolaborasikan penari pria dan wanita secara bersamaan. 

Biasanya tarian ini akan dimainkan kurang lebih oleh 10 penari dengan rincian tertentu. Umumnya 8 orang akan menjadi penari dan 2 orang lainnya berperan sebagai pemberi aba-aba serta menyanyikan lagu iringan tarian. 

Contoh Teks Deskripsi Kondisi Alam  

Danau Toba

Danau Toba merupakan salah satu danau yang cukup luas di Indonesia. Bahkan danau ini juga diklaim sebagai yang terluas di Asia Tenggara. Danau vulkanik berukuran 100 kilometer ini merupakan jenis danau vulkanik selebar 30 kilometer dan juga memiliki kedalaman sampai 400 meter. 

Danau vulkanik ini terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Letaknya di ujung Pulau Sumatera sebelum Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Diperkirakan danau ini muncul sebagai akibat dari letusan Gunung Toba purba sekitar 75000 tahun silam. 

Setidaknya sekitar 2800 km kubik lava vulkanik dimuntahkan dari gunung tersebut ketika meletus. Bahkan debu letusan yang tertiup hembusan angin bisa menyebar sampai ke seluruh penjuru wilayah bumi. Sungguh benar-benar besar sekali letusannya. 

Kurun waktu letusan gunung berapi tersebut terjadi selama 1 minggu dengan lontaran abu vulkanik mencapai 10 km di atas permukaan air laut. Menurut perkiraan, letusan tersebut telah menyebabkan kematian massal penduduk bumi bahkan menjadi titik tombak kepunahan spesies makhluk hidup bumi. 

Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau luas yang dikenal dengan nama Pulau Samosir. Menariknya, di tengah Pulau Samosir juga terdapat dua danau indah yang bisa menarik perhatian banyak orang. Dua danau tersebut bernama Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. 

Daerah sekitaran danau mempunyai hutan pinus yang saat ini tertata asri dan sangat bagus. Selain itu, juga ada beberapa air terjun yang sangat mempesona. Bukan hanya sejarah kemunculan danau ini saja yang melegenda, melainkan juga cerita rakyat di dalamnya. 

Contoh Teks Deskripsi Hewan 

Harimau 

Harimau merupakan jenis binatang mamalia buas yang sering memangsa daging. Panjang kucing besar ini bisa mencapai 3,3 meter dan tinggi 1,5 meter. Bahkan beratnya bisa melebihi berat manusia yakni 300 kilogram. Tentu bisa dibayangkan betapa beratnya satu hewan ini. 

Rambut harimau berwarna putih dan cokelat keemasan berbelang yang begitu indah. Gigi taringnya sangat kuat sekaligus tajam sehingga sangat ampuh untuk mengoyak daging mangsanya. Wajar jika banyak yang takut dengan harimau.

Kaki harimau berjumlah empat lengkap dengan cakar kuat yang biasa digunakan untuk menerkam mangsa. Harimau sangat mudah menyesuaikan diri terhadap lingkungannya. Binatang ini biasa hidup di hutan, padang rumput hingga hutan bakau sekalipun.

Di Indonesia sendiri harimau bisa ditemukan di berbagai wilayah. Salah satu yang paling terkenal ialah harimau Sumatera. Sayangnya jumlah binatang buas ini di alam aslinya sudah sangat sedikit. Maka dari itu, semua orang diharapkan melindunginya dan tidak memburunya untuk tujuan tidak jelas. 

Pengertian, fungsi, ciri-ciri teks deskripsi lengkap tersebut kiranya bisa menambah ilmu pengetahuan kepada Anda. Dengan demikian, diharapkan Anda bisa membuatnya dengan sangat baik dan sesuai dengan contoh yang diberikan.

  Pengertian Pantun, Struktur, Jenis, dan Ciri-Cirinya
Avatar