Pengertian dan Contoh Lengkap Kalimat Possesive Adjective

3 min read

Pengertian dan Contoh Lengkap Kalimat Possesive Adjective – Banyak pelajara bahasa Inggris yang mungkin cukup susah untuk di pelajari. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan secara international. Tidak heran jika dari sekolah tingkat dasar kita sudah dikenalkan dengan mata pelajaran bahasa Inggris. Pelajaran bahasa Inggris yang akan kalian pelajari salah satunya ialah possessive pronoun.

Kalimat possesive adjective ini ialah kalimat yang digunakan untuk mengutarakan kepemilikan atas sesuatu. Kalimat ini sering kali digunakan dalam percakapan sehari-hari, namun mungkin istilah dari penyebutan kata ini belum banyak diketahui oleh kebanyakan orang. Berikut ini terdapat penjelasan singkat mengenai apa itu possesive adjective dan contoh-contohnya.

Pengertian Possessive Adjective

Possessive adjective  merupakan determiner yang digunakan untuk mengungkapkan kepemilikan atau possession terhadap kata benda (noun). Penggunaan kalimat ini sering kali ditemukan saat mempelajari bahasa Inggris, tidak hanya itu Anda juga bisa berkomunikasi dengan menggunakan kalimat ini.

Terdapat beberapa kata yang masuk ke dalam bagian dari possessive adjective yaitu my, your, her, his, our,its, dan juga their. Masing-masing kata ini memiliki kegunaan yang disesuaikan dengan konteks kalimat yang sedang digunakan. Dalam bahasa Indonesia kata-kata pada possessive adjective ini dikenal dengan –ku, -mu, dan -nya.

Macam-Macam Bentuk Possessive Adjective

Macam possessive pronoun ini terbagi menjadi beberapa yang telah sedikit disinggung diatas, di sini Anda akan belajar lebih dalam mengenai pengertian possesive Adjective kegunaan dari masing-masing bentuk possessive adjective yang digunakan dalam pembentukan kalimat. Langkah sebelum membikin  contoh kalimat, pertama-tama Anda harus memahami pengertian masing-masing bentuk. Simak dengan seksama penjabaran berikut ini.

My

Kata “My” adalah salah satu bentuk possessive adjective yang berasal dari subject “I”. Pada bentuk ini memiliki arti kepunyaanku atau (-ku). Contoh:

  Arti Ambigu, Jenis-Jenis, Dan Faktor Yang Menyebabkan Ambiguitas

Rika is my sister. (Rika adalah saudara perempuanku)

Zuma is my favorite game (Zuma adalah permainan kesukaanku)

Your

Kata “your” ialah  salah satu bentuk possessive adjective yang berasal dari subject “you” yang menggiring pada makna kepunyaan. Pada bentuk ini memiliki arti kepunyaanmu atau (-mu). contoh:

Where is your shoes? (Dimana  alamat sepatumu?)

It is your uniform? (Apakah ini seragammu?)

Her

Kata “Her” ialah salah satu bentuk pengertian possesive Adjective yang berasal dari subject “She”. Pada bentuk ini memiliki arti milik dia perempuan atau (-nya (perempuan)). Contoh:

Rima  said to Dewi, will come to her birthday. (Rima berkata kepada Dewi, akan datang ke ulang tahunnya)

Yesterday I visit her mother (Kemarin aku menjenguk ibunya)

His

Kata “His” ialah salah satu bentuk possessive adjective yang berasal dari subject “he”. Pada bentuk ini memiliki arti milik dia laki-laki atau (-nya (laki-laki)). Contoh:

His car is clean. (Mobilnya sangat bersih)

Dino ask me to bring his phone. (Dino memintaku untuk  membawakan HPnya)

Its

Kata “Its” adalah juga salah satu bentuk possessive adjective yang berasal dari subject “It”. Pada bentuk ini memiliki arti pengertian possesive Adjective kepemilikian suatu benda atau suatu hal. Contoh:

The Cat is shaking its tail. (Kucing itu menggoyangkan ekornya)

The Tree is shed its leaf. (Pohon itu menggugurkan daunnya)

Our

Kata “Our” termasuk salah satu bentuk possessive adjective yang berasal dari subject “We”. Pada bentuk ini memiliki arti milik kami. Contoh:

Our class is very big. (Kelas kami sangat besar)

Our subject matter is very difficult. (Materi pelajaran kami sangat susah)

Their

  Pengertian Puisi dan Prosa Secara Lengkap

Kata “Their” juga menjadi salah satu bentuk possessive adjective yang berasal dari subject “They”. Pada bentuk ini memiliki arti milik mereka. Contoh:

I need their team work. (Aku membutuhkan kerja sama mereka)

Perbedaan Possessive Noun Dan Possessive Adjective

Selain, possessive adjective ada juga possessive noun. Pronoun memiliki fungsi  menggantikan posisi  noun atau kata benda yang berupa singular seperti mine, yours, hers, his, dan its dan plural seperti ours, yours, dan theirs.  Kondisi kalimat seperti ini jika pronoun berperan sebagai subjek dalam kalimat yang berupa singular, maka kata kerja atau verb yang mengikuti  harus berbentuk singular,  ini pun juga bekerja pada bentuk plural.

Sedangkan semua bentuk pengertian possesive Adjective bisa digunakan oleh singular maupun plural noun. Apabila  noun atau kata benda yang berperan sebagai subjek kalimat berupa singular, maka juga diikuti dengan bentuk singular. Begitu juga konsep pada possessive prpnoun. Hal tersebut tidak jauh berbeda, hanya saja bentuk katanya yang tidak sama.

Berikut ini perbandingan kalimat possessive adjective dan possessive pronoun bisa diamati pada contohnya sebagai berikut.

Kalimat possessive adjective

My cake is the bigest one. (Rotiku adalah yang terbesar)

The Country is my hometown. (Negara itu adalah kampung halamanku)

Your short message was replay yesterday. (Pesanmu dibalas kemarin)

Her face is beautifull. (Wajah dia cantik)

Kalimat possessive noun

Mine is the biggest one. (Milikku adalah yang terbesar)

The village is mine. (Desa itu milikku)

Yours was replay yesterday. (Punyamu dibalas kemarin)

Hers is cute. (Wajahnya imut)

Posisi Possessive Adjective dalam Noun Phrase

Posisi pengertian possesive Adjective dalam noun phrase ini berada di depan simple noun, atau mudahnya berada di sela-sela determiner lain maupun adjective (berfungsi sebagai modifier) di noun phrase. Possessive adjective ini menjadi salah satu central determiner, yakni determiner yang diletakkan dianatara pre dan post-determiner pada noun phrase .

  Contoh Teks Ulasan: Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri

Beriku ini contoh dalam noun phrase.

Your activity

Kata “your” berperan sebagai possessive adjective atau determiner. Sedangkan kata “activity” ini merupakan noun atau kata benda sebagai pelengkap pembentukan kalimat.

First her wedding anniversary

Kata “first” berperan sebagai  pre-determiner atau awalan, sedangkan kata “her” ini memiliki posisi sebagai central determiner “possessive adjective”. Lalu, kata “wedding anniversary” ini merupakan noun atau kata benda sebagai pelengkap pembentukan kalimat.

My cute cat

Keterangan: kata “My” berfungsi sebagai determiner “possessive adjective”, sedangkan kata “cute” ini berfungsi sebagai modifier “adjective”, dan kata “cat” ini merupakan kata benda yang dijadikan objek dalam pembentukan pengertian possesive Adjective.

Setelah memahami apa itu possessive adjective dan bagaimana serta perbedaannya dalam bentuk possessive  yang lain seperti possessive pronoun. Anda bisa mengerti bagaimana rangkaian kalimat possessive adjective, berikut ini ada beberapa contoh kalimat yang masuk dalam kategori possessive adjective.

Proses pembentukan kalimat ini sesuai dengan peletakan posisi possessive adjective terhadap noun di atas. Anda mampu mendalami materi ini dengan lebih mencermati dengan seksama contoh kalimat possessive adjective.

Nah, itu tadi sedikit pengetahuan mengenai kalimat possissive adjective dalam belajar bahasa Inggris. Setelaj mempelajari ini,  usahakan Anda tidak salah lagi saat menggunakannya pronoun dalam kalimat. Anda bisa mencermati pengertian possesive adjective yang telah di berikan di atas.

Avatar