Pengertian Budaya: Jenis, Ciri-Ciri, Fungsi Budaya

3 min read

Pengertian Budaya: Jenis, Ciri-Ciri, Fungsi Budaya – Di dalam kehidupan, pastinya Anda tidak pernah terlepas dari yang namanya budaya, kebudayaan dan juga adat istiadat yang ada di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan keluarga. Bahkan sebuah budaya telah menjadi sebuah identitas yang Anda miliki beserta lingkungan kebudayaan tersebut.

Sebuah budaya menjadi identitas karena memiliki ciri khas sehingga dapat langsung menggambarkan dirinya sendiri dan juga mudah dikenal oleh masyarakat banyak. Sebab tidak sedikit kebudayaan yang unik sehingga mudah menarik perhatian banyak orang. Sebuah kebudayaan tidak bersifat universal atau berlaku di seluruh wilayah dunia. Tetapi setiap daerah atau wilayah memiliki kebudayaan yang berbeda-beda.

Oleh karenanya setiap kelompok masyarakat memiliki kebudayaan yang berbeda-beda, serta kebudayaan-kebudayaa tersebut masing-masing memiliki karakteristik yang juga berbeda-beda yang dipengaruhi oleh beberapa hal. Lantas apa sebenarnya pengertian budaya atau kebudayaan itu sendiri?

Pengertian dari budaya menurut bahasa sendiri diambil dari bahasa sansekerta, yakni buddhayah yang memiliki arti sebagai hal yang memiliki akal serta arti budi pekerti yang dimiliki oleh manusia. Dari pengertian tersebut dapat dikatakan bahwa budayah memiliki arti bahwa untuk melanjutkan kehidupan, setiap manusia membutuhkan budi dan juga akal, agar kehidupannya berjalan dengan lancar dan juga damai tanpa hambatan yang berarti.

Sedangkan pengertian budaya secara umum sendiri memiliki artian suatu cara hidup yang sekelompok manua yang bersifat tetap dan diwariskan dari generasi ke generasi selanjutnya.  Serta budaya menjadi suatu pola hidup sekelompok manusia yang terus berkembang dan menjadi aturan dasar manusia untuk mengarahkannya menjadi individu yang baik dan tidak melanggar apa-apa saja yang tidak diperbolehkan.

Sebenarnya untuk pengertian dari budaya sendiri telah banyak dikemukakan oleh para ahlinya. Untuk itu berikut ini beberapa pengertian dari budaya dan kebudayaan yang telah dikemukakan oleh para ilmuan dan ahli budaya. Simak dan baca dengan teliti agar Anda paham dan mengerti tentang kebudayaan itu sendiri.

  Pengertian, Ciri, dan Macam Analogi

Pengertian dari Budaya Menurut para Ahli

Setiap para ahli memilik pendapatan dan pandangan tersendiri mengenai budaya dan kebudayaan. Berikut ini pengertian dari budaya dan kebudayaan menurut para ahli di bidangnya.

-Koentjaraningrat

Koentjaraningrat merupakan seorang budayawan dan pengamat kebudayaan, selaku pengamat budaya dirinya juga ikut mengemukakan pengertian dari budaya. Menurut Koentjaraningrat budaya merupakan sebuah keseluruhan dari perilaku yang dilakukan oleh manusia dan merupakan hasil yang diperoleh melalui proses belajar, serta kebudayaan tersusun dengan sangat rapi dalam kehidupan masyarakat.

-Edward Burnet Tylor

Ilmuan budaya berikutnya yang juga mengemukakan mengenai pengertian budaya adalah Edward yang dalam buku yang dituliskannya menjelaskan bahwa pengertian dari budaya yakni keseluruhan yang kompleks dan juga rumit. Yang mana sebuah budaya terkandung sebuah ilmu pengetahuan, kepercayaan, hukum, kesenian, modal, adat-istiadat, dan berbagai hal lainnya yang juga dikandung oleh budaya.

Selain itu bentuk lain kebudayaan yakni semua kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan dan diperoleh dari manusia di dalam kehidupan dan dilakukan sebagai anggota masyarakat.

-Ki Hajar Dewantara

Salah satu tokoh yang sangat terkenal, yakni Ki Hajar Dewantara juga ikut mengemukakan mengenai pengertian budaya. Menurutnya budaya merupakan sebuah hasil dari perjuangan yang dilakukan masyarakat terhadap alam dan juga pada zaman yang telah membuktikan sebuah kemakmuran, serta kejayaan yang ada di kehidupan masyarakat. Hal lain tentang kebudaayaan adalah suatu hal yang akan membantu Anda melewati kondisi sulit dalam bermasyarakat.

-Linton

Pengamat budaya dan budayawan selanjutnya yang mengemukakan mengenai budaya adalah Linton. Menurutnya budaya merupakan sebuah sikap serta pola dan pengetahuan yang mana menjadi sebuah kebiasaan untuk Anda lakukan agar memperoleh sebuah warisan dari suatu anggota masyarakat keseluruhan. Sebab kebudayaan bersifat turun-temurun, dari generasi ke generasi yang lainnya.

  DAMPAK GLOBALISASI

-Branislaw Malinowski

Saat ini budaya lebih dikenal dengan adat istiadat, hal ini sesuai dengan pendapat yang telah dikemukakan oleh Branislaw Malinowki yang memberikan pengertian bahwa budaya merupakan satu kesatuan unit yang terorganisir dan terbagi ke dalam 2 buah aspek yang fundamental. Yakni seperangkat artefak dan juga sistem adat istiadat yang berlaku dalam satu wilayah yang sama dan terbatas dn tidak bersifat universal.

Jenis-Jenis Budaya di Indonesia

Berdasarkan pengertian budaya secara umum dan berdasarkan pengertian dari beberapa ahli, maka berikut ini beberapa jenis kebudayaan yang ada di Indonesia.

-Rumah Adat, merupakan salah satu jenis budaya yang berwujud bangunan ataupun arsitektur yang dapat menjadi suatu ciri khas dari sebuah daerah. Rumh adat yang ada pada sebuah daerah merupakan representasi dari sebuah kebudayaan yang paling tinggi dalam suatu komunitas suku maupun masyarakat.

-Pakaian Adat, jenis kebudayaan selanjutnya adalah pakaian adat, yang merupakan kebudayaan yang tercermin dari pakaian khas yang menjadi representasi suatu daerah.

-Upacara Adat, merupakan sebuah kegiatan atau perbuatan yang dilakukan berdasarkan aturan tertentu yang berbeda-beda disetiap daerahnya.  Upacara adat dapat berupa ritual penguburan, perkawinan dan berbagai macam hal lainnya.

-Kesenian, jenis budaya yang satu ini bersifat luas yang artinya tidak hanya ada satu kesenian, tetapi meliputi seni musik, tari, dan seni rupa. Setiap daerah memiliki karakter kesenian yang berbeda-beda sebab menggambarkan kekhasan dari sebuah daerah.

-Suku mmenjadi salah satu jenis budaya berdasarkan pengertian budaya  yang ada sebab merupakan jenis budaya yang sangat jelas adanya, perbedaan-perbedaan ini muncul dari kebiasaan yang dilakukan setiap anggotanya.

-Bahasa, walaupun di Indonesia terdapat suatu bahasa persatuan, yakni bahasa Indonesia tetapi jangan salah setiap daerah atau suku memiliki bahasa yang berbeda-beda dan bersifat terbatas karena hanya dapat dimengerti oleh sesama warga daerah tersebut.

  7 Alat Peninggalan Kebudayaan pada Zaman Logam di Indonesia

Ciri-Ciri Budaya

Sebuah budaya  memiliki beberapa tanda yang bisa Anda jadikan penanda dan pembeda dari budaya setiap daerah.

-Budaya bukanlah bawaan, tetapi sesuatu yang dipelajari

-Budaya selalu hadir dan memposisikan dirinya menjadi sebuah simbol

-Budaya itu dapat Anda sampaikan ke orang lain, kelompok, ataupun ke generasi berikutnya

-Sebuah budaya bersifat selektif

-Budaya memiliki sifat yang dinamis sebab dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti zaman yang ada

-Seluruh unsur kebudayaan yang ada selalu saling berkaitan

-Bukan sebuah rahasia lagi bahwa budaya bersifat etnosentrik

Fungsi Budaya

Sebuah kebudayaan tidak hadir begitu saja, tanpa adanya sebuah fungsi yang dibawahnya. Untuk itu berikut ini fungsi budaya yang penting untuk Anda ketahui.

-Mampu meningkatkan rasa nasionalisme yang Anda miliki

-Akan menimbulkan rasa tolerasi dan juga empati dalam diri Anda

-Setiap masyarakat akan saling lebih menghargai

-Budaya menjadi sarana untuk menjadi sebuah sosialisasi

-Lewat budaya Anda bisa mempelajari banyak hal, sehingga budaya menjadi media belajar

Itulah beberapa informasi dan pengetahuan mengenai pengertian budaya, jenis-jenis budaya, ciri-ciri budaya, dan fungsi dari budaya itu sendiri. Semoga informasi tersebut merupakan informasi yang Anda cari dan Anda butuhkan.

Avatar