Pengertian Afirmasi, Manfaat dan Cara Menggunakannya

3 min read

Afirmasi adalah kosakata positif yang digunakan untuk menegaskan diri sendiri. Kata-kata positif tersebut bisa langsung dicerna oleh otak dan kemudian ditanamkan ke dalam otak untuk menjadikan pandangan dan pikiran kita lebih baik dan selalu positif. Dalam hal ini anda mungkin ingin tahu lebih lanjut tentang arti afirmasi.

Dari laporan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI kata afirmasi merupakan sebuah bentuk penegasan atau peneguhan yang menggunakan kata positif. Afirmasi tersebut dapat merubah kehidupan seseorang yang mungkin sebelumnya selalu berpikiran negatif dan sering stress, menjadikan pikiran tersebut menjadi pikiran positif dan tenang saat menghadapi lingkungan sosial.

Ada banyak manfaat afirmasi untuk diri sendiri dan ada cara menggunakan afirmasi agar hasilnya lebih bermanfaat. Anda bisa simak penjelasan selanjutnya di artikel kali ini.

Pengertian afirmasi positif

Afirmasi positif sebenarnya hampir sama mudah dengan proses praktiknya. Sederhananya, afirmasi positif merupakan frasa atau pernyataan positif yang sering digunakan untuk mengalahkan pikiran negatif. Mempraktikkan afirmasi positif dapat dilakukan dengan mudah, dan yang perlu anda lakukan adalah memilih frasa dan mengulangi kata tersebut untuk diri anda sendiri.

Anda bisa memilih untuk menggunakan kata afirmatif mana untuk memotivasi diri sendiri dan mendorong perubahan positif dalam hidup Anda, atau meningkatkan rasa percaya diri Anda. Jika Anda sering terjebak dalam hal/ pikiran negatif, Anda dapat menggunakan afirmasi positif untuk melawan pola yang biasanya tidak disadari ini dan menggantinya dengan narasi yang lebih positif.

Apakah praktik afirmasi sudah didukung dalam ilmu sains?

Jika Anda ingin mengubah cara berpikir dalam jangka panjang dan bertahan lama, maka afirmasi positif membutuhkan latihan teratur. Kabar baiknya bahwa menurut halaman positive psychology, praktik dan popularitas afirmasi positif didasarkan pada teori psikologis yang dapat diterima secara luas dan mapan.

Salah satu teori psikologis di balik afirmasi adalah teori penegasan (Steele, 1988). Ada beberapa studi empiris yang didasarkan pada pandangan bahwa manusia dapat memelihara rasa integritas diri dengan mengatakan pada diri sendiri (atau mengukuhkan) keyakinannya dengan cara yang positif.

Singkatnya, menurut Cohen dan Sherman, integritas diri terkait dengan kemanjuran diri secara menyeluruh, yaitu kemampuan manusia untuk mengontrol hasil moral dan merespons ketika konsep diri diri terancam secara lebih fleksibel.  Jadi manusia akan merasa lebih termotivasi untuk melindungi diri dari ancaman tersebut terkait menjaga integritas diri.

Ragam manfaat afirmasi

Seperti yang sudah disebutkan di atas jika afirmasi merupakan kata-kata positif yang bisa anda ambil dari sudut pandang positif untuk mengubah perilaku atau pikiran menjadi lebih positif. Hal ini berbeda dengan kutipan yang berisi kata-kata bijak yang ditujukan oleh semua orang, Afirmasi juga mempunyai ragam manfaat yang sangat berguna untuk diri anda sendiri jika anda bisa mengucapkannya secara rutin. Berikut ini ragam manfaat afirmasi:

  • Membantu menumbuhkan percaya diri

Afirmasi bisa melahirkan atau bahkan menambah rasa percaya diri. Pengaruhnya bisa sangat kecil namun juga bisa sangat besar karena tergantung bagaimana anda bisa memandang positif terhadap suatu ide yang muncul dari diri anda. 

Misalnya saja dengan adanya afirmasi positif untuk diri sendiri bahwa anda merupakan pribadi dewasa, kuat dan bisa menghadapi masalah yang ada dihadapan anda. Secara tak langsung anda bisa menjadi seseorang yang lebih percaya diri dalam menghadapi setiap tantangan atau masalah yang muncul.

  • Memberikan rasa nyaman pada diri sendiri

Memikirkan banyak hal dalam waktu bersamaan bisa membuat anda merasa stress dan tidak nyaman dalam menghadapi aktivitas anda. Namun dengan adanya afirmasi, anda bisa merubah sudut pandang tersebut menjadi suatu hal lebih positif. 

Misalnya jika anda ingin mendapatkan suatu pencapaian, anda bisa menanamkan pada diri sendiri bahwa dengan usaha dan tekad yang kuat maka anda bisa meraih hal tersebut. Sehingga adanya tekanan dari luar tidak terlalu mengganggu pikiran anda. Namun jika hal tersebut memang belum bisa dicapai, anda bisa berusaha menjadi lebih baik lagi di kemudian hari.

  • Membuat anda menjadi lebih bahagia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika anda bisa menghadapi permasalahan yang ada pastinya anda akan terhindar dari resiko depresi. Hal tersebut membuat anda merasa semakin percaya diri untuk mendapatkan hal-hal positif seperti pencapaian prestasi, dan dengan adanya usaha dan pola pikiran yang positif anda bisa meraih kesuksesan yang anda inginkan. Anda juga akan menjadi seseorang yang lebih bahagia.

  • Mampu meningkatkan kesehatan tubuh

Pikiran negatife bisa membuat imunitas tubuh menjadi menurun atau lemah. Pikiran negatif bisa membuat seseorang menjadi lebih stress, overthinking, dan akhirnya susah tidur. Jika anda mampu memberikan afirmasi positif pada diri anda sendiri. 

Hal tersebut bisa membuat anda merasa lebih bahagia, Sederhananya, pikiran positif dan kebahagiaan dapat membuat sistem imunitas tubuh menjadi semakin kuat dan tidak gampang sakit.  Mengetahui arti afirmasi membuat anda bisa mencapai banyak hal positif.

  • Mencegah timbulnya depresi

Seperti yang kita tahu jika kesehatan mental harus dijaga dengan baik supaya seseorang tidak gampang depresi. Anda harus bisa menyemangati diri anda sendiri dengan menggunakan afirmasi positif supaya anda tidak mudah merasa depresi dan kuat dalam menghadapi masalah yang muncul.

Tips menggunakan afirmasi dengan benar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika afirmasi positif harus dilakukan secara rutin dan setiap hari sebelum anda memulai aktivitas. Terlebih lagi jika anda sedang merasa gelisah dan banyak pikiran maka anda harus rutin menggunakan afirmasi. Berikut ini terdapat beberapa cara dalam menggunakan afirmasi supaya lebih efektif dan bisa membuat anda merasa lebih tenang bahagia.

  • Selalu gunakan kata positif

Untuk membuat pikiran negatif menjadi suatu pikiran positif, maka anda juga harus selalu menggunakan kata positif saat anda ingin melakukan afirmasi. Anda bisa hindari penggunaan kata “jangan” atau “tidak” saat melakukan afirmasi. Hal ini karena dua kata tersebut masuk dalam kategori kata negative, walaupun kalimat anda mempunyai maksud positif.

  • Gunakan nama anda saat afirmasi

Hal ini sangat berbeda dengan kutipan yang memang ditujukan untuk banyak orang. Afirmasi dipakai untuk menyemangati diri anda sendiri supaya menjadi lebih bahagia. Sehingga saat anda mengucapkan afirmasi positif, maka anda bisa gunakan kata “aku” ataupun “saya”, bahkan anda juga bisa menyebut nama anda sendiri. Hal tersebut bisa membuat anda menjadi lebih bersemangat dan kuat untuk mengubah diri anda menjadi pribadi lebih positif.

  • Anda bisa gunakan emosi positif

Terdapat ragam emosi yang ada pada diri seseorang. Saat anda mengucapkan afirmasi, anda bisa gunakan emosi positif yaitu semangat, bahagia, suka, dan masih banyak lainnya. Anda bisa hindari penggunaan kata emosi negatif seperti marah, cemburu, sedih, kecewa, dan masih banyak lainnya.

Nah, sekian penjelasan terkait arti afirmasi, manfaat, dan penggunaannya. Anda juga bisa menulis kata afirmasi di dalam catatan sebelum anda melakukan aktivitas sehingga anda lebih bersemangat.

  Pengertian Range dalam Statistik dan Penjelasan Lebih Lanjutnya
Avatar