Pengertian Wawasan Nusantara, Hakikat hingga Asasnya

3 min read

Pengertian Wawasan Nusantara, Hakikat hingga Asasnya – Menjadi seorang warga negara, sudah menjadi keharusan untuk mencintai negara yang ditinggali tersebut. Mencintai negara berarti seorang warga negara memahami negaranya dengan baik dari berbagai aspek. Jadi warga negara tidak hanya berhak menempati dan mencari sumber penghidupan di tempat tesebut tetapi juga mengakui negara tersebut sebagai identitasnya.

Mencintai negara bisa dilakukan dengan banyak hal. Jika pada masa penjajahan, cinta negara dilakukan dengan cara membela dan ikut serta dalam memperjuangkan kemerdekaan. Maka cara mencintai negara sudah jauh berbeda di masa modern ini di mana kemerdekaan sudah didapat. Salah satu cara mudah yaitu dengan memperluas wawasan nusantara. Apa yang dimaksud dengan istilah wawasan nusatara? Berikut ini merupakan jawaban serta penjabarannya.

Definisi Wawasan Nusantara

Pengertian wawasan nusantara diungkapkan dalam banyak versi dan semuanya dapat dijadikan acuan dalam memahami istilah tersebut. Satu di antaranya menjelaskan bahwa wawasan nusantara adalah cara pandang rakyat pada negaranya yaitu Indonesia. Pengertian ini merupakan pendapat dari W. Usman. Cara pandang juga merujuk pada semua aspek yang ada di dalam tanah air tersebut sebagai negara kepulauan.

Di GBHN atau Garis Besar Haluan Negara pada tahun 1998, wawasan nusantara diartikan tidak hanya sebagai cara pandang, tetapi juga sebagai sikap. Cara pandang dan sikap bangsa Indonesia dalam definisi ini mengenai diri dan lingkungannya, dalam rangka menyelenggarakan kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara. Selain dalam GBHN, definisi wawasan nusantara juga tertuang pada dokumen ketetapan MPR tahun 1999.

LEMHANAS atau Lembaga Pertahanan Nasional pada tahun 1999 juga memberikan definisi tersendiri mengenai wawasan nusantara. Pengertian wawasan nusantara menurut kelompok kerja tersebut berarti sikap bangsa Indonesia dan cara pandang mereka terhadap lingkungan yang beragam serta bernilai strategis. Maksudnya bahwa warga negara mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara untuk mencapai tujuan nasional.

  Pengertian Teks Narasi Beserta Jenis dan Ciri-cirinya

Dari beberapa pengertian tentang wawasan nusantara, dapat ditarik kesimpulan atau benang merah yang menjadi inti dari definisi istilah tersebut. Wawasan nusantara dapat diartikan sebagai cara pandang mengenai negara yang beragam dengan berorientasi pada pertahanan persatuan bangsa untuk sampai pada tujuan nasional. Pengertian ini juga merujuk pada sikap nyata dan bukan hanya pandangan.

Hakikat Wawasan Nusantara

Dalam pengertian wawasan nusantara, beberapa hakikat bisa dijadikan pedoman dalam penerapannya. Hakikat dari wawasan nusantara merujuk pada keutuhan tanah air itu sendiri. Secara lebih luas, cara pandang harus selalu utuh dan menyeluruh dalam lingkup nusantara untuk kepentingan nasional. Jadi istilah wawasan nusantara memiliki makna yang sangat mendalam dan luas bagi warga dan bangsa Indonesia.

Setiap warga atau aparatur negara harus bisa berpikir, bersikap serta bertindak demi kepentingan bangsa dan negara. Tindakan serta pemikiran harus dilakukan secara utuh dan menyeluruh agar bisa memberikan kontribusi maksimal terhadap bangsa dan negara. Produk yang dihasilkan lembaga negara juga harus demi kepentingan bansa. Hal penting itu perlu dilakukan tanpa harus mengakhirkan kepentingan negara di atas kepentingan individu.

Dari penjelasan tentang pengertian wawasan nusantara dan hakikatnya dapat diambil kesimpulan bahwa istilah tersebut merupakan keutuhan dan persatuan wilayah nasional. Dalam Garis Besar Haluan Negara (GBHN), hakikat wawasan nusantara berwujud sebuah pernyataan. Pernyataan tersebut mengungkapkan bahwa kepulauan nusantara adalah satu kesatuan politik, sosial budaya, ekonomi dan pertahanan keamanan.

Asas Wawasan Nusantara

Dalam penerapan wawasan nusantara, terdapat asas yang harus dipahami dan kemudian dipatuhi. Selain itu, kaidah tersebut juga harus dilakukan dengan benar serta dijaa oleh semua elemen masyarakat. Tujuan dari penerapan kaidah tersebut untuk menciptakan perdamaian serta keseimbangan di Indonesia. Secara keseluruhan, ada enam asas wawasan nusantara yang wajib dipahami untuk kemudian diterapkan.

  • Tujuan dan Kepentingan yang Sama
  Pengertian Ekosistem, Komponen serta Jenis-jenisnya

Dalam penerapan berdasarkan pengertian wawasan nusantara, masyarakat Indonesia hendaknya memiliki tujuan dan kepentingan yang sama. Pasalnya dengan tujuan dan kepentingan yang sama dari banyak orang, suatu tujuan akan lebih mudah tercapai. Persamaan tujuan dan kepentingan akan membuat semua orang bisa selaras dan bersama-sama melakukan hal yang berguna. Contohnya terlihat dari usaha pejuang untuk merebut kemerdekaan.

  • Keadilan

Asas keadilan dalam wawasan nusantara berarti seluruh elemen masyarakat memilih hak yang sama. Hak yang sama tersebut berlaku dalam mendapatkan keadilan di semua aspek kehidupan mulai dari aspek kehidupan bernegarag, keadilan hukum, politik, ekonomi hingga sosial. Dengan keadilan yang bisa diperoleh semua rakyat, maka tujuan yang menyangkut kepentingan nasional bisa lebih mudah dicapai.

  • Kejujuran

Dalam asas ini, pemikiran dan tindakan yang jujur dipercaya menjadi modal yang sangat penting untuk menerapkan pengertian wawasan nusantara. Berani mempertahankan pemikiran sesuai fakta dan kenyataan sesuai ketentuan akan menjadi bekal untuk mencapai wawasan nusantara yang berguna bagi bangsa. Kemudian dilengkapi dengan tindakan yang nyata dan benar, maka mencapai tujuan nasional bukan lagi hal yang sulit.

  • Solidaritas

Tidak hanya kejujuran dan keadilan, solidaritas juga diperlukan untuk menanamkan wawasan nusantara. Solidaritas berarti sebuah bentuk kepedulian terhadap orang lain hingga muncul kesediaan untuk berbagi dan berkorban. Pengorbanan itu dilakukan demi keuntungan yang lebih baik dan besar. Sikap ini sudah sepatutnya dimiliki semua warga negara Indonesia tanpa menghilangkan ciri khas dan karakter budaya daerahnya masing-masing.

  • Kerjasama

Tumbuhnya kesadaran akan pentingnya tujuan nasional untuk bisa diraih bersama, akan muncul pula kerjasama serta koordinasi yang baik antar elemen masyarakat. Koordinasi serta kerjasama yang baik itu juga sepatutnya dilaksanakan atas dasar kesetaraan. Tujuannya supaya bisa tercipta efektivitas untuk mencapai tujuan bersama.

  • Kesetiaan
  Memahami Lebih Jauh tentang Kualitas Pendidikan Indonesia

Dalam pengertian wawasan nusantara, asas kesetiaan menjadi senjata pemersatu bangsa. Kesetiaan bisa diwujudkan dengan melaksanakan kegiatan yang sesuai aturan dan tujuan negara serta menunjukkan sikap yang berdedikasi terhadap bangsa. Sikap setia akan membuat tujuan wawasan nusantara bisa lebih mudah terwujud karena sudah ada rasa memiliki yang tulus.

Tujuan Wawasan Nusantara

Tujuan dari wawasan nusantara dapat terlihat dalam UUD 1945 yang menjelaskan tentang tujuan kemerdekaan Indonesia. Tujuan yang dimaksud yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah. Ditambah dengan mewujudkan kesejahteraan, mencerdaskan bangsa dan turut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Tujuan dari pengertian wawasan nusantara secara luas adalah menjamin kepentingan nasional dalam era globalisasi. Bangsa dan rakyatnya akan dituntut untuk turut serta dalam globalisasi yang telah mendunia dan membawa perubahan pada kehidupan dalam negeri. Sambil mengikuti perkembangan, tidak ketinggalan ajaran untuk tetap menjaga perdamaian dunia, memastikan keadilan sosial dan menjaga kerjasama serta sikap saling menghormati.

Dari penjelasan tentang tujuan wawasan nusantara dapat diartikan bahwa hal tersebut sudah sesuai dengan UUD 1945. Wawasan nusantara juga menjadi cara untuk bisa menciptakan kehidupan bermasyarakat yang aman, sejahtera serta adil. Melihat dari pentingnya wawasan nusantara, sudah menjadi hal wajar apabila pengetahuan tersebut harusnya dikuasai dengan baik terutama oleh generasi muda.