Pengertian Pendidikan: Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Jenis Pendidikan

3 min read

Pengertian Pendidikan: Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Jenis Pendidikan – Pendidikan merupakan suatu hal yang wajib untuk Anda lakukan karena sangat penting dan bermanfaat. Sebab lewat pendidikanlah Anda dapat membebaskan diri Anda dari yang namanya kebodohan dan menghindarkan Anda dari hal-hal yang bisa menyebabkan Anda menjadi seseorang yang bodoh. Baik itu bodoh pemikiran maupun perilaku.

Pada sosial masyarakat memandang bahwa pendidikan adalah suatu hal yang dapat mengangkat derajat seseorang. Semakin tinggi pendidikan yang ditempuh maka semakin sejahtera dan semakin tinggi juga pengetahuan yang dimilikinya. Walaupun sebenarnya pengetahuan dapat diperoleh dari mana saja, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa sumber pengetahuan terbesar berasal dari pendidikan.

Selain itu dengan berpendidikan maka seseorang dapat menjadi jaminan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih layak daripada orang yang tidak berpendidikan. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai pendidikan maka dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian pendidikan, tujuan, fungsi, manfaat, dan juga jenis-jenis pendidikan yang ada di Indonesia.

Pengertian Pendidikan

Arti pendidikan secara umum merupakan sebuah proses pengajaran akan sebuah pengetahuan, keterampilan, serta mengajarkan kebiasaan baik agar membentuknya menjadi sebuah karakter yang mendasar dari satu generasi ke generasi selanjutnya yang dibimbing oleh seorang pembimbing ataupun melakukannya secara otodidak tanpa bantuan tenaga pengajar.

Secara etimologi sendiri pendidikan berasal dari bahasa latin ducare yang memiliki arti memimpin, menuntun, dan mengarahkan seseorang untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Pendidikan berasal dari dalam keluar yang artinya pengetahuan dasar yang dimiliki diberikan respon dari luar sehingga sedikit demi sedikit pengetahuan dasar yang dimiliki akan semakin bertambah bila memiliki niat belajar yang semakin bertambah.

Selain itu pendidikan juga merupakan sebuah proses pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik agar mampu mengetahui berbagai hal, mengevaluasi, dan juga menerapkan setiap ilmu pengetahuan yang telah dipelajarinya di dalam kelas ataupun pengetahuan yang di dapatkannya melalui pengalaman-pengalaman yang telah dilaluinya.

  Globalisasi : Pengertian umum, Contoh, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa ahli yang mengemukakan pendapat dan pandangannya terkait pengertian dari pendidikan itu sendiri. Untuk pengertian sendiri sebenarnya tidak bersifat mutlak tetapi tergantung dari kesepakatan bersama dan yang dianggap paling sesuai dengan keadaan.

-Menurut Prof. Dr. Imam Barnadib, pendidikan merupakan sebuah usaha yang dilakukan dalam keadaan sadar dan juga sistematis agar mampu mencapai sebuah tingkat kehidupan yang lebih maju dan lebih baik lagi.

-Menurut M.J Langeveld, pendidikan merupakan suatu bentuk usaha dalam menolong seorang anak untuk melakukan dan  menyelesaikan tugas-tugas hidupnya agar menjadi seseorang yang mandiri dan juga bertanggung jawab secara susila.

-Menurut Ahmad D. Marimba, pendidikan merupakan sebuah bimbingan jasmani serta rohani untuk membentuk kepribadian seseorang, membimbing keterampilan yang dimiliki secara jasmani dan rohania sebagai bentuk perwujudan perilaku yang nyata dan bermanfaat.

Tujuan Pendidikan

Setelah membahas mengenai pengertian pendidikan maka selanjutnya akan dibahas mengenai tujuan dari pendidikan itu sendiril. Untuk mempermudah Anda memahami artikel ini maka tujuan pendidikan akan dibagi dua, yakni tujuan pendidikan nasional dan juga tujuan pendidikan menurut UNESCO

-Tujuan Pendidikan Nasional

Tujuan pendidikan nasional Indonesia berdasar dan telah diatur dalam UUD pasal 31 ayat 5 yang memiliki 2 pokok pikiran. Yang pertama, tujuan pendidikan untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh seorang anak dan membentuk watak yang beradab serta sesuai dengan martabakt bangsa Indonesia dan sebagai sebuah upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Selanjutnya adalah tujuan pendidikan nasional ialah agar dapat membantu Anda mengembangkan potensi yang Anda miliki sebagai peserta didik agar terbentuk menjadi seorang manusia yang bertakwa, sehat, kreatif, memiliki akhlak mulia, cakap, mandiri, dan menjadi seseorang yang berguna.

  Pengertian Teks Narasi Beserta Jenis dan Ciri-cirinya

-Tujuan Pendidikan Menurut Unesco

UNESCO merupakan sebuah organisasi pendidikan dunia yang juga memiliki tujuan pendidikan, yakni Anda belajar agar Anda mengetahui, melakukan, menjadi, dan untuk hidup bersama makhluk sosial lainnya dengan damai dan juga tentram.

Fungsi Pendidikan

Berangkat dari pengertian pendidikan yakni pendidikan adalah sebuah sarana yang mengarahkan, menuntun dan membuat seseorang menjadi lebih baik, maka berikut ini beberapa fungsi pendidikan itu sendiri.

-Pendidikan merupakan sarana persiapan bagi masyarakat untuk mencari nafkah dan pekerjaan agar lebih mandiri dan telaten.

-Pendidikan memiliki fungsi sebagai proses membangun dan juga mengembangkan minat serta bakat seorang peserta didik untuk diri sendiri serta untuk kepentingan masyarakat umum.

-Fungsi pendidikan yang ketiga adalah sebagai tindakan pelestarian budaya di lingkukan masyarakat saat ini.

-Sebagai proses penanaman keterampilan yang dibutuhkan oleh peserta didik kelak ketika telah memasuki dunia pekerjaan.

-Proses pemindahan ilmu pengetahuan, budaya dan adat istiadat dari satu generasi ke generasi yang lainnya.

-Pendidikan mampu membentuk pribadi peserta didik menjadi lebih baik lagi.

-Pendidikan menjadi sumber inovasi dalam kehidupan sosial pada lingkungan masyarakat.

Manfaat Pendidikan

Telah dijelaskan pengertian pendidikan, maka sebenarnya sudah sangat jelas apa sebenarnya manfaat hadirnya pendidikan dari diri seorang individu. Tetapi untuk lebih jelasnya, terdapat beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh ketika Anda memutuskan untuk menempuh pendidikan hingga sangat tinggi.

Ketika Anda berpendidikan maka Anda akan mengetahui suatu ilmu pengetahuan, Anda akan belajar mengerjakan suatu hal, Anda akan belajar untuk memecahkan suatu masalah. Selain itu Anda juga akan mengembangkan diri dan lingkungan Anda. Lewat pendidikan jugalah Anda akan belajar untuk bekerja sama, membentuk karakter yang bermartabat dan berbudi pekerti, selain itu lewat belajar Anda akan mendapatkan gelar untuk karir Anda kelak.

  Cara Mengajar Calistung yang Menyenangkan dan Efektif Untuk Anak

Jenis-Jenis Pendidikan

Pengertian pendidikan yang telah dijelaskan di atas selalu menjurus kepada sebuah pendidikan formal, walaupun sebenarnya terdapat pendidikan non formal dan pendidikan informal. Akan tetapi umumnya pendidikan yang lebih banyak ditempuh yakni pendidikan formal seperti pendidikan di sekolah. Untuk jenis-jenis pendidikan itu sendiri sangatlah beragam, untuk lebih memahaminya berikut ini jenis-jenis pendidikan yang penting untuk Anda ketahui.

-Pendidikan Umum, merupakan sebuah pendidikan yang lebih mengutamakan perluasan wawasan pengetahuan yang dibutuhkan oleh seorang anak sesuai usia yang dimilikinya. Pendidikan umum ini seperti pendidikan di sekolah dasar hingga ke pendidikan di SMA.

-Pendidikan Kejuruan, merupakan pendidikan tingkat menengah yang bertujuan untuk membentuk Anda sebagai seorang siswa yang lebih terampil dalam satu bidang yang dikhususinya agar ketika selesai sekolah Anda bisa langsung siap bekerja.

-Pendidikan Akademik, merupakan pendidikan yang akan mengarahkan Anda untuk menguasai suatu disiplin ilmu tertentu yang dapat Anda tempuh di universitas ataupun pada  lembaga yang setara.

-Pendidikan Profesi, merupakan sebuah pendidikan yang harus Anda tempuh ketika Anda telah menyelesaikan sarjana Anda dengan untukan agar Anda menjadi tenaga yang profesioanl dalam satu bidang profesi. Jenis pendidikan ini sangat sesuai dengan pengertian pendidikan dan tujuan adanya pendidikan.

-Pendidikan Vokasi, merupakan pendidikan tinggi yang mengarahkan seorang siswa agar memiliki sebuah keahlian khusus yang akan Anda gunakan untuk kebutuhan pekerjaan nantinya, pendidikan ini dikenal dengan D1-D4.

Demikianlah pengertian pendidikan, tujuan, fungsi, manfaat, dan juga jenis-jenis dari pendidikan itu sendiri. Semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk memahami mengenai pendidikan lebih jauh.