Pengertian Simple Present Tense Beserta Contohnya Lengkap

3 min read

Pengertian Simple Present Tense Beserta Contohnya LengkapSimple present tense salah satu materi yang dipelajari ketika belajar grammar bahasa Inggris. Simple present tense ini sering sekali digunakan dalam bahasa Inggris karena mengungkapkan apa yang terjadi saat ini dengan sederhana. Kebanyakan percakapan akan menggunakan tatanan bahasa simple present tense, dengan menggunakan aturan struktur yang berlaku.

Simple present tense ini juga digunakan ketika kita mengungkapkan suatu fakta, kejadian yang sedang terjadi, atau kebiasaan sehari-hari. Sehingga kalimat dari struktur inilah yang sering kali kita gunakan dalam percakapan bahasa Inggris, karena menunjukkan rutinitas dan hal-hal apa saja yang dilakukan setiap hari. Agar lebih jelas lagi, yuk simak materi mengenai simple present tense ini mulai dari pengertian hingga kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam penerapannya.

Pengertian Simple Present Tense

Pengertian simple present tense adalah susunan kalimat yang digunakan untuk menyatakan suatu keadaan yang sedang terjadi atau sedang berlangsung saat ini, bisa juga menyangkut kejadian yang dilakukan berulang kali atau kebiasan-kebiasaan tertentu. Dalam membicarakan hal-hal yang umum dan biasa terjadi pada diri kita, bisa menggunakan tatanan kalimat dengan ketentuan rumus pada simple present tense.

Simple present tense ini dikenal sebagai pola kalimat yang menceritakan kejadian waktu sekarang dengan bentuknya sederhana.  Dalam susunan kalimatnya harus menggunakan kata kerja bentuk pertama atau verb 1.

Rumus Simple Present Tense

Penggunaan rumus simple present tense ini dibagi menjadi 2 yaitu simple present tense dalam bentuk verbal (kata kerja) dan simple present tense dalam bentuk nomina (kata benda). Masing-masing type memiliki tiga rumus untuk pemakaian kalimat positif, kalimat negatif, dan kalimat tanya. Berikut ini rumus beserta contohnya Pengertian simple present tense.

  Pengertian, Macam-macam Puisi Baru dan Contohnya Yang Wajib Diketahui

Simple present tense (Verbal)

Tense yang mengunakan kata kerja (verb) dalam susunannya memiliki rumus sebagai berikut.

Kalimat positif (+) = S+ V (s/es)+ O

Contoh: I play football everyday  (Saya bermain sepak bola setiap hari)

Kalimat negatif (-) = S+ do/does + not + V1 + O

Contoh: I do not play football everyday (Saya tidak bermain sepak bola setiap hari)

Kalimat introgatif (?) = Do/Does + S + V1 + O?

Contoh: Do I play football everyday? (Apakah saya bermain sepak bola setiap hari)

Simple present tense (Nomina)

Pengertian simple present tense yang mengunakan kata benda (nomina) dalam susunannya memiliki rumus sebagai berikut.

Kalimat positif (+) = S+ Is/am/are + C

Contoh:  My father is a teacher (Ayah saya adalah guru)

Kalimat negatif (-) = S+ Is/am/are + not + C

Contoh:  My father is not a teacher (Ayah saya bukan seorang guru)

Kalimat introgatif (?) = Is/am/are + S + C?

Contoh:  Is my father a teacher? ( Apakah ayah saya seorang guru)

My mother is a teacher (Ibu saya adalah guru)

Keterangan:

S = Subjek (orang atau benda)

V = Kata kerja (menggunakan akhiran s/es jika subjeknya he/she/it pada kalimat positif)

O= Objek (orang atau benda)

Pasangan Do: I/you/we/they ; Pasangan does: he/she/it

C = complement

To be=  am digunakan untuk subject Iis digunakan untuk subject He, She, It; are digunakan untuk subject  You, The,y We

Kegunaan Simple Present Tense

Simple present tense ini memiliki susunan kalimat yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari karena menyatakan aktivitas yang rutin dilakukan atau yang sedang dilakukan saat ini. Gunakanlah susunan kalimat pengertian simple present tense ini sesuai dengan fungsinya. Berikut ini kegunaan simple present tense.

Mengungkapkan Kegiatan yang Berulang

Kegiatan berulang ini disebut kebiasaan, dalam kebiasaan ini terdapat penanda diantaranya ialah adanya keterangan waktu. Penanda waktu ini seperti usually (biasanya), everyday (setiap hari), seldom (jarang), sometimes (kadang-kadang), dan masih banyak lagi lainnya.

  Pengertian Sastra: Jenis-Jenis Karya Sastra, Unsur, dan Fungsi Sastra

Pernyataan Fakta atau Kebenaran

Tense ini digunakan untuk menyatakan suatu fakta atau suatu kebenaran yang terjadi dan diketahui oleh orang. Jadi susunan kalimat yang memang sudah menjadi rahasia umum dan berangkat dari fakta yang ada ini menggunakan pola pengertian simple present tense. Seperti sapi adalah hewan pemakan rumput.

Kejadian yang Sama

Dalam hal ini, simple present tense juga selalu dikaitkan dengan suatu kegiatan yang memiliki konsistensi tertentu atau kejadian berulang dan sama. Seperti halnya suatu kegiatan yang sudah jelas terjadwal, misalnya Andin pergi sekolah pukul 06.30 naik sepeda karena sekolah masuk pukul 07.00. karena melakukan kegiatan dan kejadian yang sama masuk kategori simple present tense.

Adanya Intruksi atau Arahan

Ketika sedang menjukkan arahan atau intruksi menggunakan pola kalimat pengertian simple present tense. Misalnya kalian bertemu seseorang yang bertanya tentang arah menuju suatu toko, kalian bisa menggunakan simple present tense ini.

Kesalahan yang Sering Terjadi

Penyusunan pola kalimat dalam bahasa Inggris memanglah sangat banyak, tidak hera jika bagi pemula atau pembelajar awam cukup sulit untuk membedakan mana yang termasuk simple present tense dan juga tatanan yang lainnya. Hal ini terjadi karena banyaknya aturan yang terdapat pada masing-masing type pola kalimat. Nah, buat kalian yang masih bingung berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar terhindar dari kesalahan.

Melupakan Penggunaan akhiran –s/-es

Ketika menggunakan subjek he/she/it harusnya ditambahkan –s/-es  pada bagian kata kerja. Namun, kebanyakan yang terjadi ialah tidak ada penambahan yang dilakukan. Sehingga kalimat pengertian simple present tense tersebut menjadi salah.

Contoh:

He watch Tv (salah) = He watchs Tv(benar)

She eat meal (salah) = she eats meal (benar)

  Pengertian Literasi, Tujuan, Manfaat dan Jenis-jenisnya

Menyatakan  Hal yang Tidak Sedang Terjadi

Saking banyaknya pola kalimat yang ada tidak jarang kita seriing tertukar dalam menyampaikan apa yang akan dikatakan. Oleh karena itu, kalian haruslah paham dulu masing-masing konsep dari 16 tenses dalam belajar grammar, paling tidak tahu di mana harus menggunakannya.

Contoh:

I am cooking now (salah) = I am cook everyday (benar)

She is eating chocholate (salah) = she eats chocholate at Sunday (benar)

Sering Tertukar Penggunaan Do/Does

Do dipakai ketika subjek yang dibicarakan ialah I/you/they/we, sedangkan untuk penggunaan does ialah ketika subjek yang dibicarakan he/she/it. Oleh karena itu, kalian harus jeli dalam penggunaanya, agar tidak ditemukan kesalahan penggunaan do/does.

Belajar tatanan bahasa Inggris memang cukup menguras pikiran, kalian harus paham akan tanda-tanda pengertian simple present tense yang menjadikan kalimat tersebut masuk simple past, simple present, atau pola kalimat lainnya. hal terpenting dalam mempelajari tenses selain hafal akan rumusnya, kalian juga harus paham dan mengerti kegunaan masing-masing pola.

Misalnya simple present tense digunakan untuk menyatakan kebiasaan, simple past untuk menyatakan yang sudah terjadi, dan lain sebagainya. Semoga pembelajaran di atas dapat membantu kalian memahami simple present tense dengan mudah. Agar lebih mudah memahaminya, kalian bisa sering-sering membuat kalimat tersebut agar terbiasa.