Pengertian Kesenjangan Sosial, Penyebab, Contoh dan Solusinya

3 min read

Pengertian Kesenjangan Sosial, Penyebab, Contoh dan Solusinya – Sosiologi menjadi salah satu bidang keilmuan yang menjadi materi pelajaran pada jenjang pendidikan menengah. Dalam bidang keilmuan tersebut, dibahas banyak poin penting mengenai masyarakat, kebudayaan dan masalah yang bisa timbul di dalamnya. Sosiologi sekaligus membahas apa yang menjadi penyebab dari fenomena di masyarakat serta cara mengatasinya.

Salah satu yang menjadi masalah dalam masyarakat sekaligus yang sering dibahas dalam ilmu Sosiologi adalah kesenjangan sosial. Masalah kesenjangan sosial juga terus menjadi perhatian utama bagi pemerintah dari dulu hingga sekarang. Di masyarakat, kesenjangan sosial masih saja menjadi masalah yang sampai sekarang belum ada solusinya secara nyata. Di bawah ini adalah penjelasan lengkap mengenai kesenjangan sosial.

Definisi Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial secara singkat diartikan sebagai ketimpangan di masyarakat. Ketimpangan tersebut terjadi di hampir semua bidang kehidupan, seperti pendidikan, ekonomi sampai politik. Akibatnya perbedaan antara kalangan masyarakat atas dan bawah sangat terlihat jelas sampai kesejahteraan pun menjadi tidak merata. Pengertian kesenjangan sosial juga diutarakan oleh beberapa ahli berikut ini.

  • Menurut Abad Badruzaman, kesenjangan sosial adalah suatu ketidakseimbangan sosial yang ada di masyarakat. Ketidakseimbangan itu menjadikan suatu perbedaan yang sangat mecolok. Menurut ahli ini, kesenjangan sosial dapat juga diartikan suatu keadaan dimana orang kaya mempunyai kedudukan lebih tinggi dan lebih berkuasa dari pada orang miskin.
  • Menurut Soerjono Soekanto, pengertian kesenjangan sosial adalah ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.
  • Sebagai teoritisi struktural fungsional, Emile Durkheim melihat ketimpangan sosial sebagai pembedaan fungsi dalam struktur sosial yang tak terhindarkan.
  • Max Weber menilai ketimpangan sosial sebagai hasil dari perbedaan kepentingan masing-masing individu yang diekspresikan dalam sistem perilaku dan tindakan.
  Cara mengajar calistung untuk anak TK

Faktor Penyebab Kesenjangan Sosial

Menurut pengertian kesenjangan sosial, masalah tersebut bukan terjadi begitu saja. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya masalah tersebut di masyarakat. Mengetahui faktor penyebabnya bisa menjadi langkah antisipasi atau menentukan solusi. Faktor penyebab kesenjangan sosial itu sendiri juga berasal dari berbagai bidang yang akhirnya semakin memperparah kondisi.

  • Perbedaan Sumber Daya Alam

Sumber daya yang berada di suatu wilayah memang tidak bisa sepenuhnya dikendalikan oleh manusia. Biasanya sumber daya tersedia dengan sendirinya dan masyarakat hanya bisa memaksimalkannya. Perbedaan sumber daya di setiap daerah menjadi faktor penyebab kesenjangan sosial. Pada daerah dengan sumber daya melimpah, kehidupan masyarakatnya lebih makmur dan sejahtera.

  • Kebijakan Pemerintah

Aturan dan kebijakan yang ditetapkan pemerintah di suatu daerah menentukan keseimbangan masyarakat di tempat tersebut. Apabila kebijakan pemerintah mendukung rakyat untuk maju dan berkembang, maka keseluruhan wilayah tersebut juga akan lebih baik. Sedangkan pemerintah yang tidak memedulikan adanya ketidakseimbangan dalam masyarakat akan menghasilkan kesenjangan di wilayah tersebut.

  • Sikap terhadap Globalisasi

Globalisasi umumnya terjadi secara bersamaan dan bisa berdampak secara luas. Sayangnya perubahan akibat globalisasi seringkali sulit diterima oleh masyarakat kalangan tertentu. Masyarakat tersebut tentu akan lebih tertinggal dibanding masyarakat yang bisa menerima globalisasi dan mengikuti perkembangan ke arah yang lebih modern. Dalam hal ini dapat terbukti bahwa pengertian kesenjangan sosial juga bisa disebabkan faktor perubahan dari luar.

  • Pengaruh Demografis

Selain sumber daya, demografis di suatu daerah juga menjadi salah satu faktor penyebab kesenjangan sosial. Demografis sebuah wilayah yang tidak mendukung produktivitas masyarakat akan membuat penduduknya tertinggal. Masalah demografis ini seolah menjadi kesulitan yang sampai sekarang masih bisa ditemukan. Penyebab dari ketidakmerataan pembangunan menjadi pemicu kondisi demografis yang mengganggu produktivitas masyarakat.

  • Kondisi Ekonomi
  UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PEMBERDAYAGUNAAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Poin yang satu ini dilihat sebagai faktor utama penyebab kesenjangan sosial. Kondisi ekonomi selalu dianggap sebagai pemicu ketimpangan di masyarakat. Buktinya pun cukup jelas dan bisa terbukti dengan banyak kondisi. Seperti masyarakat miskin yang kurang bisa mendapat kesempatan di bidang pendidikan maupun pekerjaan dibanding masyarakat yang lebih kaya. Parahnya, kondisi yang sangat meresahkan ini berlangsung secara terus menerus.

Dampak Nyata Kesenjangan Sosial

Sebagai suatu masalah, kesenjangan sosial tentu saja memiliki dampak negatif atau dampak buruk. Pasalnya memang dari beberapa pengertian kesenjangan sosial memandang kondisi tersebut sebagai masalah masyarakat. Akibat buruk yang dihasilkan kesenjangan sosial biasanya menimpa kalangan yang tertinggal. Berikut ini adalah beberapa dampak buruk dari kesenjangan sosial yang biasa dialami masyarakat:

  • Menumbuhkan sifat malas karena menganggap kurang mampu mengubah keadaan
  • Ketidakpuasaan terhadap sesuatu sebab selalu melihat kekurangan pada hampir semua hal
  • Mudah putus asa yang menghambat mobilitas kerja sehingga tidak bisa keluar dari kondisi sulit
  • Timbulnya kecemburuan sosial pada masyarakat tertinggal kepada masyarakat yang lebih unggul dan sejahtera
  • Banyak terjadi tindak kriminalitas sebagai upaya untuk bertahan hidup dari tuntutan ekonomi yang semakin sulit dipenuhi

Dampak negatif dari pengertian kesenjangan sosial memang terlihat sangat jelas. Bahkan dampak buruk tersebut bisa merembet ke bidang lain hingga menimbulkan kekacauan yang sulit diatasi. Namun ternyata, ada dampak positif yang bisa dihasilkan dari kesenjangan sosial. Dampak positif tersebut bisa dirasakan hanya bagi orang-orang yang memandang kondisi sulit dengan optimis dan percaya diri. Inilah dampak positif yang dimaksud.

  • Meningkatkan semangat kerja untuk tujuan semakin memperbaiki kondisi hidup
  • Mampu melihat kesulitan orang lain dan menimbulkan rasa simpati serta ingin membantu
  • Mempercepat proses aktivitas manusia karena tidak mau terjebak dalam kesulitan terus menerus
  • Mempercepat usaha pemerintah meratakan kesejahteraan ekonomi termasuk peluang kerja
  DAMPAK GLOBALISASI

Solusi untuk Kesenjangan Sosial

Pengertian kesenjangan sosial yang menjadi masalah utama di masyarakat bisa terlihat dari banyak hal. Misalnya di bidang politik, banyaknya kasus korupsi oleh para pejabat menjadi tanda adanya kesenjangan sosial. Belum lagi penanganan hukum yang seolah memihak para pejabat sementara hukum itu sendiri sangat tajam pada kalangan masyarakat bawah. Kesenjangan di bidang hukum sekaligus politik itu bukan lagi isu baru di masyarakat.

Kesenjangan sosial juga begitu jelas terlihat di kehidupan ekonomi masyarakat. Banyak warga miskin yang semakin hari semakin sulit kehidupannya dikarenakan sulitnya mendapat akses pekerjaan. Kesulitan mendapatkan pekerjaan yang layak juga merupakan akibat dari minimnya akses pendidikan yang disebabkan kurangnya biaya. Permasalah ini seolah terus menerus menimpa masyarakat bawah tanpa ada solusi yang berarti.

Dari banyaknya masalah tersebut, solusi yang bisa diambil juga harus fokus di setiap bidang. Misalnya memberikan pendidikan yang terjangkau bagi masyarakat miskin. Selanjutnya, mereka juga harus diberi kesempatan untuk bekerja sehingga kehidupan ekonominya semakin baik. Sementara di bidang hukum, para penegak hukum juga harus diberikan aturan ketat mengenai pemberlakuan aturan yang seharusnya adil.

Dari tahun ke tahun, masalah kesenjangan sosial tidak pernah bisa benar-benar berakhir. Hal tersebut disebabkan terlalu meluasnya masalah tersebut hingga solusinya kurang bisa menjangkau. Namun bukan berarti pengertian kesenjangan sosial diabaikan karena sebetulnya semua orang bisa melakukan langkah pencegahan maupun menerapkan solusi dari cara yang paling mudah.