PALEMBANG

PALEMBANGIbu kota provinsi Sumatera Selatan ini merupakan kota dengan urutan kedua terbesar yang ada di Sumatera Selatan setelah kota Medan. Mendengar nama Palembang membuat kita ingat akan kuliner khas yang dimiliki oleh mereka, apalagi kalau bukan Pempek. Rasa gurih dari ikan dan olahan bumbu rempah yang begitu pas di mulut,  membuat siapa saja menggemari makanan ini sebagai camilan saat sedang santai. Selain dikenal dengan makanan khas mereka, di kota Palembang juga terdapat banyak wisata yang dapat dinikmati oleh para wisatawan, mulai dari tempat wisata alam, hingga wisata buatan yang tentunya memberikan pesona terhadap siapapun yang melihatnya. Berikut ulasan beberapa tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi :

  1. Jembatan Ampera

Jembatan yang memiliki panjang 1.177 m ini terletak di tengah-tengah Kota Palembang. Jembatan Ampera membentang dan menjadi penghubung daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir Kota Palembang yang dipisahkan oleh Sungai Musi, sungai yang terpanjang di Pulau Sumatera. Maka dari itu ikon Palembang yang satu ini dahulu dinamakan Jembatan Musi karena terletak di Sungai Musi.

Menikmati keindahan Jembatan Ampera saat malam hari bisa jadi aktivitas pilihan saat berada di Kota Palembang. Disarankan bila hendak menyaksikan Jembatan Ampera, salah satu titk terbaik yang dapat dikunjungi ialah pelataran Benteng Kuno Besak (BKB). BKB terletak tak jauh dari Jembatan Ampera, persisnya di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang. Dari titik tersebut seluruh badan Ampera akan terlihat secara utuh dari sisi Ulu hingga Ilir.

Di lokasi wisata ini, pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang Jembatan Ampera, memancing di Sungai Musi, menaiki sepeda kayuh berhias lampu warna-warni untuk mengelilingi pelataran BKB sambil menikmati keindahan Ampera, hingga menyantap kudapan khas Palembang di sekitar sungai yang dijajakan oleh para pedagang.

  1. Benteng Kuto Besak
JAKARTA

Destinasi wisata di Palembang satu ini terletak tak jauh dari Jembatan Ampera. Jadi para wisatawan bisa mengunjungi jembatan ikonik tersebut dan singgah ke lokasi wisata selanjutnya, Benteng Kuto Besak.

Dahulu dijadikan bukti sejarah Kesultanan Palembang, kini Benteng Kuto Besak dijadikan markas militer oleh pemerintah. Maka dari itu pengunjung tidak dapat memasuki area utama benteng. Walau demikian, pengunjung masih bisa melihat lokasi wisata di plaza Benteng Kuto Besak yang terletak di depan bangunan.

Sisi belakang benteng ini menyimpan restoran tepi sungai dan juga warung terapung untuk memberi pengunjungnya pengalaman unik yang tak terlupakan. Ketika malam hari, lokasi ini dipenuhi oleh pedagang makanan lainnya.

  1. Gunung Dempo

Untuk para wisatawan yang memiliki kegemaran mendaki gunung, destinasi ini menjadi tempat yang tepat untuk berlibur, bertualang, sekaligus berolahraga. Gunung Dempo memiliki ketinggian 3.159 mdpl dan menduduki posisi 3 besar gunung tertinggi di daerah pulau Sumatera. Gunung ini terletak di Kabupaten Pagaralam, yang mana dari pusat Kota Palembang untuk sampai di kawasan pegunungan ini harus menempuh jarak sekitar 300km, atau menghabiskan waktu sekitar 8 jam perjalanan melewari Kabupaten Prabumulih dan Lahat. Di kaki Gunung Dempo akan terlihat pemandangan indah, tidak heran ketika memasuki waktu akhir pekan dan liburan tiba, tempa ini menjadi salah satu tempat yang banyak diminati oleh para wisatawan. Juga, di lokasi kaki Gunung Dempo ini memiliki banyak fasilitas penunjang wisata, seperti tempat penginapan dengan berbgai fasilitas hingga pusat belanja oleh-oleh.

  1. Sekanak Sidewalk

Pasar yang sudah ada sejak zaman Belanda ini memang menjadi salah satu pasar tradisional yang menjadi pusat lalu lintas perahu dan kapal, beberapa bangunan di sana juga sudah dibangun sejak tahun 2900an, bahkan mungkin lebih tua lagi.

KALIMANTAN BARAT

Bila ingat Palembang sebagai salah satu kota dilaksanakannya Asian Games 2018, Sekanak Sidewalk adalah salah satu tempat wisatawan yang diresmikan untuk menyambut pertandingan olahraga Asia tersebut. Memiliki khas cat yang berwarna-warni, tempat ini cocok bagi kalian yang memiliki kegemaran mengabdikan moment indah dengan ponsel dan mengunggahnya di instagram. Teruntuk wisatawan yang tertarik dengan Heritage Walk, Sekanak menjadi salah satu destinasi yang cocok. Karena di tempat ini terdapat beberapa gedung-gedung tua yang bersejarah ditambah dengan adanya Sikanak Sidewalk.

  1. Kampung Arab Palembang, Al-Munawar

Wisata tidak melulu tentang alam, museum dan taman, namun sebuah kampung bisa disulap menjadi wisata menarik mata dengan menonjolkan keunikannya. Karena tak dipungkiri bahwa kota tua atau kampung dengan sejarah tersendiri seringkali dijadikan objek wisata oleh para wisatawan. Palembang salah satu kota yang memiliki satu kampung yang dikenal dengan keunikannya yaitu Kampung Arab. Kampung Arab Palembang yang bernama Al-Munawar ini juga merupakan salah satu tempat wisata Palembang yang dipersiapkan untuk Asian Games. Kampung Al-Munawar berisi orang-orang keturunan arab dan juga dengan berbagai budayanya. Rumah tua di daerah kampung ini memang menjadi sorotan utama wisatawan yang sedang berkunjung. Memiliki panorama rumah klasik dengan bahan bangunan asal Eropa, para wisatawan bisa mengambil foto dengan bangunan bersejarah yang masih dihuni oleh warga Indonesia keturunan Arab.

Cara berkunjung ke kampung Al-Munawar sangatlah mudah, bisa menggunakan jalur darat, yaitu dengan menyebrang melewati jembatan sisi Ulu Palembang. Kampung ini terletak di daerah 13 Ulu, Seberang Ulu II, Kota Palembang. Tepat di sisi sungai Musi yang letaknya tak jauh dari Jembatan Ampera.

  1. Danau Ranau

Danau Palembang satu ini merupakan danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba, dengan luas kurang lebih 125,9 km. Danau ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatera Selatan, rupanya danau ini juga dikelilingi oleh perbukitan dan lembah.

PONTIANAK

Danau Ranau memang memiliki akses masuk yang cukup sulit bagi pengunjungnya, karena untuk sampai ke lokasi, para wisatawan haru terlebih dahulu menempuh jarak kurang lebih 330 km atau sekitar 8,5 jam perjalanan darat dari Kota Palembang. Selain itu, pengunjung perlu menempuh kurang lebih satu jam dari Muara Dua untuk sampai ke situs danau. Karena masih sepi akan pengunjung disebabkan jalurnya yang cukup susah dilalui, para pengunjung yang ingin bersinggah ke tempat yang jauh dari hiruk pikuk Palembang dapat mengunjungi lokasi wisata yang satu ini.

  1. Amanzi Waterpark

Berbeda dari 6 rekomendasi sebelumnya yang mempunyai unsur alam dan sejarah, Amanzi Waterpark cocok untuk liburan keluarga karena menyediakan kolam renang dengan wahana slide besar melingkar untuk para wisatawan yang menyukai wisata air dan tantangan. Amanzi WaterPark mulai beroperasi pada akhir tahun 2011. Beralamat di Kecamatan Alang-Alang Lebar, tempat wisata ini rupanya dbangun di atas lahan seluas 3,5 hektar, sehingga tak heran bila Amanzi WaterPark mampu menciptakan berbagai macam wahana.