Mengenal Statistika Termasuk Pengertian dari Ukuran Penyebaran Data

3 min read

Pengertian ukuran penyebaran data

Pengertian ukuran penyebaran data. Ukuran penyebaran data menunjukkan besaran suatu data menyebar seberapa jauh dari rata-ratanya. Dalam statika, terdapat beberapa ukuran penyebaran data seperti jangkauan, simpangan rata-rata, simpangan baku, ragam dan kuartil.

Pengertian Statistika

Sebelum membahas mengenai pengertian ukuran penyebaran data baiknya kita mengenal tentang statistika. Statistika merupakan ilmu yang berhubungan dengan data. Lewat statistika kita akan mempelajari perihal cara merencanakan, mengumpulkan, analisis, menginterpretasikan, hingga kemudian mempresentasikan datanya. Statistika merupakan ilmu yang penting untuk dipelajari. Karena biasanya ilmu ini digunakan untuk menghitung nilai rata-rata hingga menghitung laju inflasi. Statistika berbeda dengan statistik. Statistik merupakan ilmunya sedang statistik merupakan datanya seperti informasi dari data perhitungan.

Beberapa Istilah dalam Statistika

Dalam statistika kita mengenal istilah datum dan data. Datum adalah informasi hasil dari pengamatan. Hasil yang diperoleh dari datum dapat berupa angka, sifat atau lambang dan lainnya. Sedangkan maksudnya data adalah kumpulan dari informasi. Hasil dari keterangan atau informasi dalam data dapat berwujud tulisan dan angka. Data juga bisa diartikan sebagai kumpulan dari datum.

Data merupakan hal penting dalam suatu statistik. Kamu bisa mendapatkan data lewat berbagai cara misalnya wawancara, observasi, dan questionary. Untuk memperoleh data,  kamu harus membedakan berdasar jenisnya. Data terbagi lagi dalam dua golongan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif.

  • Data kualitatif adalah data yang tidak bisa diukur secara numerik. Jadi data ini bentuknya bukan berupa bilangan.
  • Data kualitatif mudah dikenali karena menunjukkan keadaan suatu objek dengan ciri, sifat, atau gambaran dari kualitas objek.
  Jenis-Jenis Sumber Daya Alam dan Manfaatnya

Contoh dari data kualitatif misalnya data kualitas beras bulan lalu, kualitas pelayanan suatu kantor yang cukup bagus, dan lainnya.

Data kualitatif / kategorikal sendiri masih terbagi lagi menjadi dua jenis yaitu data nominal dan data ordinal.

  • Apa itu nominal? Nominal adalah data yang setara dan tidak memiliki tingkatan satu dengan lainnya, contohnya warna rambut, golongan darah.
  • Sedangkan ordinal adalah data yang tidak setara dan memiliki tingkatan serta memiliki ranking, contohnya ya dan tidak, urutan posisi balap.

Selanjutnya ada data kuantitatif. Data kuantitatif adalah data yang penyajiannya dalam bentuk angka atau bilangan dan sifatnya bisa berubah-ubah. Hasil dari data kuantitatif bisa berubah karena menunjukkan ukuran suatu objek. Sama seperti data kualitatif, data kuantitatif terbagi dua jenis.

  • Data cacahan

Cara memperoleh data melalui cara membilang, contohnya data tentang banyak anak dalam satu kelas.

  • Data ukuran

Cara memperoleh datanya melalui cara mengukur, contohnya pertumbuhan panjang tanaman kecambah.

Setelah mengetahui tentang data dan cara perolehannya, saatnya menentukan objek yang hendak diamati atau bahan penelitian. Dalam statistika objek dibedakan menjadi 2, populasi dan sampel. Lalu apa maksud dari keduanya?

  • Populasi merupakan objek yang menjadi bahan penelitian. Contohnya seperti, kamu akan melakukan penelitian tentang pengaruh pemberian nutrisi pada ayam potong. Maka yang menjadi populasi adalah ayam potong dari para peternak ayam. Jadi seluruh ayam potong termasuk dalam populasi.
  • Sedangkan yang dimaksud dengan sampel adalah bagian dari populasi yang menjadi bahan informasi. Contohnya kamu hanya mengambil sebagian objek populasi.

Jadi, kamu tidak perlu mengambil semua objek populasi yaitu ayam potong. Kamu hanya perlu mengamati beberapa ekor untuk bahan penelitian.

  Yuk Cari Tahu Lebih Dalam Tentang Arti Anomali

Setelah menentukan objek dan mengumpulkan data maka langkah selanjutnya adalah menyajikan data tersebut. Penyajian dapat memudahkan pembaca agar lebih paham.

Pengumpulan Data dan Teknik Sampling dalam Statistika

Sebelum memperoleh sebuah data, kita perlu melakukan berbagai cara. Salah satu cara yang dinilai mudah yaitu survei. Melakukan survei tidak perlu dengan langsung bertatap muka. Apalagi kini kemajuan teknologi juga berkembang pesat. Sehingga survei bisa dengan cara cepat yaitu lewat dunia maya. Kita bisa melakukan survei dengan wawancara atau kuesioner online.

Ada beberapa metode yang bisa kita lakukan dalam menghimpun data dalam jumlah banyak.

  • Metode sistematik
  • Metode sampel acak
  • Metode sampling kelompok
  • Metode sampling berstratifikasi

Pengertian ukuran penyebaran data

Kategorisasi Dalam Ilmu Statistika

Ada kategori besar dalam ilmu statistika yang perlu kamu ketahui, apa saja itu?

  • Statistika Deskriptif

Merupakan sebuah metode yang penerapannya dengan metode statistik dalam pengumpulan, pengolahan serta penyajian suatu data. Statistika deskriptif menggunakan data untuk memperoleh kesimpulan akan kelompok data tertentu. Biasanya, statistika deskriptif menjelaskan karakteristik data melalui ukuran lokasi, ukuran variabilitas, ukuran bentuk, dengan penyajiannya lewat tabel dan grafik.

  • Statistika Inferensial

Merupakan metode yang menyatakan keterkaitan antara kesimpulan dan populasi dari penelitian. Menggunakan data dari sebuah sampel untuk mendapatkan kesimpulan tentang populasi, asal sampel didapatkan. Tindakan dari inferensial berupa perkiraan, pengambilan keputusan, dan lainnya.

Statistika Penyajian Data

Untuk memberikan pemahaman dan kemudahan pada pembaca, maka sebuah data perlu disajikan dalam bentuk tabel atau diagram. Penyajian adalah salah satu materi dalam statistika. Berdasarkan cara penyajiannya, data dibagi menjadi dua jenis, data tunggal dan data berkelompok.

  • Data tunggal merupakan data yang penyajiannya secara utuh berbentuk tabel, diagram garis, batang, diagram kotak garis, lingkaran, diagram batang daun.
  • Data berkelompok merupakan data yang telah diolah dengan penyajiannya dalam bentuk interval-interval kelas.
  Karya Seni Rupa Murni Yaitu

Pengukuran Data

Setelah mengetahui tentang penyajian data, selanjutnya ada pengukuran data. Untuk pengukuran data, terbagi menjadi tiga kategori.

  • Ukuran Pemusatan Data

Merupakan ukuran pemusatan yang terdiri dari rata-rata, median, dan modus.

  • Ukuran Letak Data

Ukuran letak yang terdiri dari kuartil, desil, persentil.

  • Ukuran Penyebaran Data

Dan ukuran data yang terakhir adalah ukuran penyebaran yang terdiri dari jangkauan, simpangan, ragam.

Macam Ukuran Penyebaran Data

Seperti yang telah disebutkan pada paragraf awal, terdapat beberapa materi penyebaran data. Pengertian ukuran penyebaran data menyatakan sebaran kelompok data. Berikut penjelasan mengenai jangkauan, simpangan rata-rata, simpangan baku, ragam dan kuartil.

  • Jangkauan

Merupakan selisih antara nilai data besar dan data kecil. Biasanya jangkauan dilambangkan dengan R atau range.

Jangkauan mempunyai rumus:

R= Xmax – Xmin

  • Simpangan Rata-Rata

Nilai rata-rata dari selisih tiap data dengan rataan hitungannya. Lambang dari simpangan rata-rata adalah SR.

  • Simpangan Baku

Sering dikenal dengan nama standard deviation. Merupakan akar kuadrat dari varian. Simpangan baku digunakan untuk mengetahui keragaman kelompok data.

  • Ragam

Dikenal juga dengan nama variasi. Merupakan besarnya penyebaran data pada sebuah kelompok data.

  • Kuartil

Untuk memperoleh kuartil suatu data maka caranya yaitu dengan membagi data terurut menjadi empat bagian yang sama besar.

Begitulah poin-poin serta pengertian ukuran penyebaran data dalam ilmu statistika yang bisa kamu jadikan tambahan referensi bacaan.