Mengenal Jenis-jenis Penyakit Anak Usia 1-5 Tahun

Mengenal Jenis-jenis Penyakit Anak Usia 1-5 TahunUsia 1 hingga 5 tahun, merupakan salah satu masa – masa dimana periode emas petumbuhan memang terjadi. Disinilah pertumbuhan dan perkembangan organ tubuh sedang dalam kondisi masa – masa keemasan. maka memerlukan asupan nutrisi yang seimbang dan juga mencegah kesehatan tubuh buah hati anda, tentu merupakan salah satu hal yang perlu untuk dilakukan. Hal ini agar nantinya buah hati anda bisa tercegah dari penyakit anak yang kerap menimpa usia anak – anak 1 hingga 5 tahun.

Ada banyak jenis penyakit anak yang kerap menimpa pada usia tersebut. Memang untuk awalnya sendiri terlihat merupakan penyakit yang sepele, namun jika hal ini terus menerus dibiarkan, maka yang terjadi adalah anak atau buah hati anda akan mengalami masalah kesehatan yang serius. Apa saja jenis penyakit anak yang menimpa usia 1 hingga 5 tahun, maka berikut ini, adalah beberpaa ulasannya yang bisa anda ketahui dan menjadi hal yang bisa anda lakukan untuk mengantisipasinya.

Jenis-jenis Penyakit Anak Usia 1-5 Tahun

  • 1. Malnutrisi

Usia 1 hingga 5 tahun, merupakan periode emas dalam pertumbuhan dan tentu saja sangat memerlukan asupan gizi yang cukup. Namun, beberpa anak justru mengalami hal yang ironis, yaitu adanya kekurangan gizi, atau yang kerap disebut sebagai malnutrisi. Misalnya saja seperti pertumbuhan yang lambat, perut membengkak, anemia, hingga pilek, infeksi bahkan rabun ayam, atau dalam kasus yang lebih serius bisa sampai menimbulkan kecerdasan yang berkurang. Sebaiknya cukupi asupan gizi buah hati anda, agar tidak sampai terkena malnutrisi.

  • 2. Diare

Diare ini sendiri, bisa terjadi karena frekuensi buang air besar yang dialami lebih besar, bahkan lebih dari 4 kali dalam sehari, dan juga bahkan bisa disertai muntah. Balita tentu memerlukan asupan cairan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Maka sebaiknya sesegera mungkin untuk menangani diare. Dan jika masih dalam masa pemberian ASI, tetaplah untuk melanjutkan dalam memberikan ASI kepada buah hati anda, dan makanan yang bergizi.

  • 3. Demam
7 Makanan Rentan Menjadi Penyebab Kanker Payudara

Yang selanjutnya adalah demam. Demam ini sendiri, merupakan salah satu kondisi tubuh yang ketika diukur melebihi suhu normal, yaitu 37,5 derajat. Jika tidak segera ditangani, akan menyebabkan kerusakan pada otak buah hati anda. Segera mungkin kompres menggunakan air hangat, dan setelah itu, anda bisa memberikan obat pereda demam, dan juga berikan banyak cairan seperti air putih, atau ASI. Dan jangan lupa untuk mengajak putra dan putri anda beristirahat secara cukup.

  • 4. Cacingan

Cacingan yang merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan karena infeksi yang disebabkan gangguan parasit ini, merupakan salah satu hal yang mesti secepatnya diatasi, karena akan menggangu asupan nutrisi buah hati anda nantinya. Maka pastikan untuk mencegahnya dengan tetap menjaga kebersihan, dan juga minum air rebusan atau murni dan juga jangan makan daging dan ikan yang masih setengah matang.

Demikian beberapa ulasan dan pemaparan mengenai apa saja penyakit yang kerap menimpa si kecil usia 1 hingga 5 tahun, sehingga nantinya para orangtua bisa mengatasipasinya untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut pada si kecil. Semoga bermanfaat.