Mengenal Pengertian Mamalia, Ciri-Ciri Beserta Klasifikasinya

Mengenal Pengertian Mamalia, Ciri-Ciri Beserta Klasifikasinya – Dari berbagai jenis dan spesies hewan yang ada di dunia, salah satunya adalah hewan yang termasuk jenis mamalia. Di Indonesia sendiri memiliki ratusan hewan mamalia yang hidup berkelompok dan memiliki habitatnya sendiri.

Sedangkan yang tersebar di seluruh penjuru dunia jumlah hewan mamalia ini mencapai ribuan spesies. Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan mamalia, bagaimana ciri-ciri dan klasifikasinya, simak pembahasan berikut ini

Pengertian Hewan Mamalia

Sebelum mempelajari pengertian mamalia, Anda harus mengetahui terlebih dahulu arti kata mamalia itu sendiri. Yaitu dari kata “Mamae” yang artinya adalah kelenjar susu. Dengan kata lain, mamalia ini adalah hewan yang memiliki kelenjar susu.

Jenis hewan yang satu ini masuk dalam kelas hewan vertebrata, yaitu hewan bertulang belakang yang sebagian besar berkembang biak dengan cara melahirkan. Sedangkan sebagian mamalia lagi berkembang biak dengan cara bertelur (monotremata).

Tidak hanya itu, hewan ini juga memiliki ciri-ciri tertentu dan juga klasifikasi yang dibedakan berdasarkan ordo. Jika digolongkan berdasarkan berat tubuh, mamalia terbagi menjadi dua golongan, yaitu mamalia kecil dengan berat antara 2 gram hingga 5 kilogram dan mamalia besar yang beratnya diatas 5 kilogram.

Tingkat metabolisme dan reproduksi dari mamalia kecil cukup tinggi, tapi rentang usia hidupnya jauh lebih pendek jika dibandingkan dengan mamalia berukuran besar. Berdasarkan pengertian mamalia tersebut, hewan ini ada yang hidupnya di laut seperti lumba-lumba dan paus. Namun, sebagian besar mamalia hidup di daratan. Contohnya adalah koala, kambing, kucing, sapi, dan lain-lain.

Ciri-Ciri Mamalia

Hewan mamalia ini memiliki beberapa ciri yang spesifik, diantaranya adalah:

  • Kelenjar Susu

Ciri pertama yang bisa ditemukan pada mamalia adalah memiliki kelenjar susu (glandula mammae) seperti halnya manusia yang berfungsi untuk menyusui anak-anaknya.

  • Rambut atau Bulu
Kumpulan Soal Bahasa Inggris Kelas 7 Semester 2

Ciri kedua setelah kelenjar susu adalah memiliki rambut atau bulu yang menutupi permukaan kulit hewan mamalia.

  • Berdarah Panas dan Suhu Tubuh Tetap

Selain kelenjar susu yang menjadi ciri utama yang tercantum dalam pengertian mamalia. Hewan ini juga masuk dalam kategori homoiterm atau hewan berdarah panas. Itu sebabnya suhu tubuh yang dimiliki mamalia cenderung tetap dan tidak terpengaruh oleh suhu yang ada di sekitar lingkungannya.

Ini dikarenakan pada bagian kecil otaknya memiliki reseptor yang mampu mengatur suhu tubuh yang secara otomatis menyesuaikan dengan lingkungannya. Jadi, mereka bisa melakukan aktivitas di suhu lingkungan yang berbeda.

  • Terdapat 4 Ruang Jantung

Pada hewan mamalia memiliki ciri berupa organ jantung yang terdiri dari 4 ruang, yaitu 2 serambi dan 2 bilik. Keempat ruang tersebut mampu bekerja secara terus menerus dan bersamaan untuk memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh.

  • Bernafas dengan Paru-paru

Oksigen yang dihirup oleh hewan mamalia masuk ke paru-paru yang kemudian dialirkan ke seluruh jaringan tubuh.

  • Otot Diafragma

Berdasarkan pengertian mamalia yang termasuk hewan vertebrata ini juga memiliki ciri berupa otot diafragma yang letaknya di bagian bawah paru-paru yang bergerak saat bernafas. Otot ini akan membantu paru-paru jadi mengembang sehingga mampu menampung oksigen dalam jumlah yang cukup, begitu pula saat akan mengeluarkan karbondioksida.

  • Fertilisasi Internal

Hewan mamalia berkembang biak seperti manusia yaitu dengan cara fertilisasi internal dan melahirkan.

  • Rangka

Ciri berikutnya yang bisa ditemukan pada mamalia adalah memiliki rangka pembentuk tubuh yang terdiri dari tulang dan otot.

  • Volume Otak Besar

Hewan yang satu ini juga memiliki volume otak yang berkembang dengan baik dan memiliki peran dalam mengatur peredaran darah.

  • Kulit Tebal
Pengertian Litosfer, Ciri-ciri, Fungsi, Manfaat, Bagian, dan Penyebabnya

Mamalia memiliki kulit yang cenderung tebal dan terdapat kelenjar minyak serta kelenjar keringat.

  • Anggota Gerak

Selain pengertian mamalia yang memiliki kelenjar susu, hewan ini juga memiliki anggota gerak yang bisa digunakan untuk beraktivitas seperti berenang, melompat, berjalan, atau untuk memegang sesuatu.

  • Kuku Cakar

Mamalia mempunyai kuku dan cakar pada bagian jarinya yang berguna untuk berburu makanan.

  • Formasi Gigi Lengkap

Selain cakar, gigi yang dimiliki mamalia juga lengkap formasinya yaitu terdiri dari gigi taring, geraham, dan gigi seri.

Berdasarkan ciri-ciri khusus yang dimilikinya ini membuat hewan mamalia terlihat berbeda jika dibandingkan dengan hewan lainnya. Bahkan jika dilihat dari taksonomi hewan, pengertian mamalia sebagai hewan dengan kelenjar susu ini tergolong sebagai kelas yang tertinggi.

Hal ini bukan tanpa alasan karena hampir di seluruh penjuru dunia atau habitat yang ada di muka bumi, hewan mamalia ini hadir di semua ekosistem yang berbeda. Mulai dari pegunungan, daratan, laut dalam, hutan, laut dangkal, gurun pasir, atau kutub sekalipun.

Klasifikasi Mamalia

Dari ribuan jenis yang ada pada kelompok mamalia ini, secara ilmiah digolongkan berdasarkan ordo atau kelasnya, diantaranya adalah:

  • Ordo Primata

Berdasarkan ciri dan pengertian mamalia, hewan ini digolongkan sebagai ordo primata. Ciri utama yang nampak pada ordo ini adalah bentuk jarinya yang terlihat lebih panjang dan besar. Fungsi dari jari tersebut untuk memudahkan mereka saat memanjat atau akan mengambil makanan.

Ordo primata ini juga termasuk sebagai golongan hewan karnivora, herbivora, dan omnivora. Hewan yang masuk ordo primata ini adalah kera, simpanse, gorila, monyet, lutung, dan orang utan.

  • Ordo Dermaptera

Ini merupakan hewan mamalia yang memiliki ciri berupa parasut berbulu (patagium). Parasut ini terletak diantara sela-sela empat kakinya dan bukan merupakan sayap. Makanan utama hewan jenis ini adalah dedaunan atau buah. Contoh hewan ordo Dermaptera adalah beberapa jenis serangga, tupai terbang, dan monyet terbang.

  • Ordo Insektivora

Berdasarkan pengertian mamalia beserta ciri-cirinya, ada golongan mamalia yang memiliki ciri khusus. Yaitu berupa telapak kaki depan cenderung melebar, mata tertutup, dan cakar yang tebal dan kuat.

Pengertian, Fungsi, dan Hakikat bahasa

Walau demikian, mamalia Insektivora ini tergolong sebagai mamalia kecil. Asupan makanannya berupa cacing, biji-bijian, serangga, dan hewan kecil lainnya. Binatang yang termasuk dalam ordo ini adalah tikus tanah dan tapir.

  • Ordo Marsupialia

Merupakan hewan mamalia yang mempunyai kantung di bagian perutnya dan berfungsi sebagai tempat untuk membawa sekaligus untuk menyusui anak mereka. Contohnya adalah kanguru, koala, dan kuskus.

  • Ordo Carnivora

Ciri yang dimiliki hewan dengan golongan carnivora ini adalah memiliki gigi taring yang tajam. Fungsi dari taring ini untuk mengunyah daging. Cakarnya yang kuat digunakan untuk mencabik mangsanya. Contohnya adalah anjing, singa, harimau, beruang, dan lain-lain.

  • Ordo Chiroptera

Ciri khusus pada ordo yang satu ini adalah mirip dengan fisik hewan mamalia ordo demoptera. (ada selaput yang terhubung antara kaki depan dan belakang). Perbedaannya terletak pada ukuran kaki depan yang lebih besar dibandingkan kaki bagian belakang, contohnya adalah kelelawar.

  • Ordo Rodentia

Merupakan hewan mamalia yang memiliki gigi seri tebal dan besar serta hidup sebagai hewan pengerat. Contohnya adalah tupai, landak, tikus, dan lain-lain.

Masih banyak lagi klasifikasi hewan mamalia ini berdasarkan ordonya yang bisa dipelajari selain dari mengetahui pengertian mamalia dan ciri-cirinya. Seperti cetacea, lagomorpha, proboscidea, proboscidea, dan beberapa ordo lainnya. Berdasarkan informasi tersebut di atas, adakah hewan di sekitar Anda yang termasuk golongan hewan mamalia?.