Mengatasi Motherboard yang Kepanasan

Motherboard merupakan komponen hardware yang sangat penting pada sebuah PC, tanpa itu semua hardware tidak dapat terhubung dan terhubung satu sama lain, karena pada motherboard terdapat berbagai port dan socket yang disediakan untuk membuat komponen lain terhubung dan berfungsi Nama item harus memiliki “masalah”, seperti motherboard yang terlalu panas. Apa yang mulai terlalu panas untuk waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan fatal pada motherboard Anda sendiri.

Jadi ini tidak boleh dibiarkan, Anda perlu melakukan metode berikut. Karena salah satu efek dari motherboard yang terlalu panas adalah komputer atau laptop yang tiba-tiba mati sendiri. Untuk mengetahui suhu motherboard dan komponen lainnya seperti VGA, RAM, hardisk dll bisa menggunakan software. Langsung saja berikut ini cara mengatasi motherboard overheat :

Mengatasi Motherboard yang Kepanasan

  1. Pastikan suhu udara sekitar tidak terlalu panas

Di zaman sekarang ini dimana polusi ada dimana-mana, tidak mungkin dingin di siang hari, pasti panas. Oleh karena itu, usahakan untuk menggunakan komputer atau laptop di tempat/ruangan yang sejuk dan tidak terlalu panas. Untuk laptop sebaiknya jangan menggunakan laptop di atas kasur tanpa kipas tambahan, karena jika bagian bawah laptop langsung terkena kasur dikhawatirkan akan menyumbat aliran udara dan membuat laptop menjadi overheat.

  1. Gunakan casing

Saat ini banyak sekali casing PC yang memiliki desain yang keren, harga yang murah dan sirkulasi udara yang baik, sehingga tidak terlalu sulit untuk digunakan, jangan biarkan PC “telanjang” atau tanpa casing, walaupun banyak udara yang masuk, tapi udara sangat banyak. mengandung kotoran, sehingga kotoran tersebut akan berakhir pada komponen motherboard dan komponen hardware lainnya, sehingga jika hal ini terjadi maka motherboard dan kawan-kawan akan kepanasan.

  1. Bersihkan Komputer atau Laptop Anda Secara Rutin

Ya, bersih-bersih itu sulit bagi pria, termasuk saya, hehe. Pengguna PC dan laptop perlu melakukan pembersihan secara rutin terutama pada bagian hardware untuk menghindari debu dan partikel kotor lainnya. Lakukan saja beberapa kali dalam sebulan, untuk pengguna PC sangat mudah dibersihkan, namun untuk laptop, jika Anda tidak pandai merakit laptop lebih baik bawa ke teknisi.

  1. Rapikan bagian dalam PC

Jangan biarkan kabel berkeliaran di mana-mana, rapikan kabel yang menutupi motherboard dengan teknik Cable Management, karena kabel yang berkeliaran juga dapat berperan dalam proses pemanasan motherboard dan kabel yang berkeliaran dan tidak rapi juga dapat membahayakan komponen lainnya.

  1. Jangan Sering Overclock

Overclocking atau meningkatkan kinerja PC atau laptop adalah suatu tindakan yang bertujuan untuk mencapai kinerja komputer atau laptop yang maksimal untuk menghasilkan kinerja yang ekstrim seperti bermain game dengan spesifikasi yang berat atau menjalankan aplikasi yang sangat berat lainnya, Jadi tentunya Overclocking memaksa semua komponen untuk bekerja keras terutama motherboard dan vga. Bagi yang sudah ahli dalam Overclocking tentunya hal ini tidak menjadi masalah, namun bagi anda yang masih amatir sebaiknya belajar dari ahlinya terlebih dahulu. Tapi saran saya, lebih baik jangan overclock, seperti Anda “mematikan” komponen komputer atau laptop Anda lebih cepat karena Rodi dipaksa bekerja.

  1. Pemasangan Kipas CPU

Memasang CPU fan atau kipas CPU sangat membantu sirkulasi udara di dalam case, akan lebih baik lagi jika menggunakan Water Cooling Kit. Water Cooling Kit adalah utilitas yang membantu mendinginkan motherboard dan komponen lainnya dengan air. Air akan mengalir melalui selang khusus, agar komputer Anda tidak basah. Tapi hati-hati dengan kebocoran!

Cara Download Video Youtube