Mengatasi Kursor Mouse yang Hilang di Windows

Berbicara tentang kursor mouse, ada beberapa masalah dengan objek yang sama, seperti mouse terus-menerus memuat, mengklik dua kali, sulit ditekan dan sebagainya. Dari pengalaman saya, saya pernah mengklik dua kali dan kursor mouse tiba-tiba menghilang ketika saya selesai menginstal ulang laptop teman saya. Lalu, apakah kursor mouse Anda juga hilang? Jika kursor mouse Anda hilang, jangan berasumsi bahwa Anda tidak dapat menekan apa pun di komputer, laptop, dan notebook Anda, Anda masih dapat menekan apa pun dengan bantuan keyboard. Tombol Tab akan berguna untuk memindahkan teks atau objek yang digulir, tombol panah untuk arah, dan Enter.

Langsung saja caranya di bawah ini ya berlaku untuk semua windows baik windows 7, windows 8, maupun windows 10, tampilan dan tulisan bisa di sesuaikan.

Mengatasi Kursor Mouse yang Hilang di Windows

1.Gunakan Tombol Fungsi

Setelah selesai install laptop dan kursor anda tidak muncul, tenang saja mungkin ini hanya masalah sepele. Bisa jadi kursor mouse anda terkunci, masalah ini bisa diatasi dengan menekan kombinasi tombol fungsi yaitu tombol FN yang ditekan dengan tombol F1, F2, F3, atau F4. Bingung tombol yang mana? Biasanya pada keyboard laptop dan notebook terdapat icon mouse, coba lihat. Jika tidak, silakan periksa situs web resmi notebook Anda atau coba satu per satu. Misal: di laptop ACER bisa coba kombinasi FN+F7, di laptop Lenovo Yoga 720 bisa coba kombinasi FN+F6.

  1. Periksa kursor melalui BIOS

Cara ini merupakan cara yang cukup mudah, jika cara nomor 1 tidak berhasil, anda bisa mencoba masuk ke menu BIOS laptop, komputer dan notebook anda.

  • Mulai ulang laptop Anda
  • Dan saat muncul logo motherboard, klik tombol menu BIOS sesuai merk laptop anda, contoh : tombol menu BIOS laptop ACER yaitu F2
  • Setelah masuk, coba masuk ke tab Utama, lalu lihat apakah ada Touchpad
  • Jika ada, silahkan ubah dari ADVANCED ke BASIC.
  • Kemudian simpan dan keluar dan laptop akan restart sendiri
  • Taraaaa…!!! kursor mouse telah muncul!!
  1. Periksa pengaturan Mouse/pointer di Mouse Properties

Terkadang, hilangnya kursor mouse disebabkan oleh pengaturan Mouse Properties-nya sendiri yang salah, sehingga Mouse tidak selalu disalahkan. Sebaiknya periksa dulu pengaturan properti mouse, coba ikuti metode berikut:

Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Menggunakan Kode IMEI 

Metode ini sebenarnya membutuhkan mouse untuk mengklik, tetapi karena kursor itu sendiri tidak ada, Anda harus menggunakan keyboard untuk mengganti klik mouse, gunakan tombol Tab untuk bergerak, tombol Panah untuk memilih dan Enter untuk mengonfirmasi.

  • Buka menu Start dengan mengklik logo Windows pada keyboard Anda dan ketik Control Panel kemudian buka.
  • Setelah itu pilih bagian Hardware and Sound.
  • Kemudian pilih Device and Printer lalu pilih Mouse.
  • Kemudian akan muncul jendela pop-up dan pilih Pointer Option
  • Kemudian kosongkan kotak centang yang bertuliskan “Sembunyikan Penunjuk Saat Mengetik”.
  1. Cara memperbaiki kursor mouse yang hilang di Windows 10 dari video Youtube

Sebelumnya ketika saya sedang mencari cara untuk menangani kursor atau touchpad yang hilang, saya menemukan video dengan banyak komentar yang mengatakan bahwa metode ini berfungsi, Anda dapat mencobanya sendiri, siapa tahu itu berfungsi dengan baik.

  1. Perbarui atau Instal Driver Mouse Anda.

Langkah terakhir untuk masalah ini adalah menginstal driver mouse Anda, mungkin setelah menginstal ulang driver mouse Anda tidak diinstal dengan benar atau bahkan tidak diinstal. Anda harus melakukan update sendiri, untuk tips cara memobilisasi dan memilih bisa menggunakan cara nomor 3. Ada 3 cara update driver mouse anda yaitu;

  • Menggunakan CD penginstal mouse
  • Instal driver universal seperti DriverPack
  • Atau anda bisa mendownload driver mouse anda sendiri sesuai dengan merk laptop anda